Pentingnya asuransi perjalanan saat jalan-jalan

Author: | Posted in Keuangan, Liputan 2 Comments

Pentingnya asuransi perjalanan saat jalan-jalan – Kalau yang pernah beli tiket secara online, pasti pernah ngeh, kalau ada opsi untuk membeli sebuah asuransi perjalanan sebagai tambahan dari pembelian tiket tersebut. Sebagian dari kita antara ada yang ga menggubris, tapi ada juga yang memilih setuju untuk membeli asuransi perjalanan tersebut. Harganya kalau dilihat memang ga seberapa mahal sih, tapi ternyata akan membantu kita di saat membutuhkan.

pentingnya asuransi perjalanan saat jalan-jalan

Pentingnya asuransi perjalanan saat jalan-jalan

Pentingnya asuransi perjalanan saat jalan-jalan

Asuransi perjalanan itu ternyata secara ga kita sadari merupakan sebuah produk penting yang perlu kita punyai, saat kita melakukan perjalanan baik domestik maupun internasional. Ada beberapa situasi yang menjadikan asuransi perjalanan menjadi teman yang berguna sepanjang kita jalan-jalan.

Rencana penerbangan ditunda atau dibatalkan

Seberapa sering pesawat yang kamu tumpangi sempat mengalami keterlambatan penerbangan hahaha. Atau bahkan sampai ada yang dibatalkan sama sekali? Kalau saya paling lama berapa jam ya? Hmm, sepertinya sempat delay lama saat penerbangan ke Padang deh. Itu rencananya janjian sama temen di Bukittinggi makan siang, eh ternyata nyampenya malah pas makan malam hahaha! Sesuatu banget memang kalau udah delay.

Keterlambatan penerbangan memang di luar kehendak kita, entah karena alasannya itu perbaikan pesawat, cuaca buruk, atau keterlambatan karena jadwal sebelumnya udah telat, pastinya merugikan kita lah, ya. Apalagi kalau orang tersebut mempunyai penerbangan lanjutan. Terkadang kita suka membeli tiket pesawatnya ketengan ya, bukan jenis yang flight-through, misalnya dari rute A-B, kemudian ganti pesawat untuk rute B-C. Biasanya kita suka membeli jadwal penerbangan yang jedanya sekitar 3 jam, untuk jaga-jaga kalau ada keterlambatan penerbangan, panjangnya antrian di imigrasi, atau lamanya ngambil bagasi. Namun sekali lagi, keterlambatan penerbangan di luar kuasa kita, dari yang jeda 3 jam itu terasa cukup, akhirnya menjadi ga cukup, dan orang tersebut pun harus ketinggalan pesawat, sehingga mengakibatkan jadwalnya kacau.

contoh jaminan asuransi klaim ketidaknyamanan dalam perjalanan

Ini contoh benefit yang bisa kita dapatkan kalau klaim ketidaknyamanan dalam perjalanan (source: MSIG)

Memang sih, kacaunya rencana kita karena keterlambatan penerbangan atau bahkan pembatalan penerbangan, ga sebanding dengan ganti rugi uang, tapi bolehlah sebagai penawar hati sedih karena jadwal kacau haha. Kompensasi mengenai hal ini juga sekarang udah diatur oleh pemerintah, seperti misalnya kalau delay sekian jam, penumpang harus diberikan snack, kemudian kalau masih delay lagi, penumpang harus diberikan makan, lalu seterusnya kompensasi dalam bentuk uang, dan bahkan penginapan.

Nah, sama halnya dengan benefit membeli asuransi perjalanan, asuransi ini bisa memberikan kita kompensasi serupa ketika ada penerbangan yang ditunda atau dibatalkan. Kalau pada peraturan yang ditetapkan pemerintah, keterlambatan lebih dari 240 menit, kita baru dapat pengganti berupa uang Rp. 300.000, tapi sekarang udah ada asuransi perjalanan, seperti MSIG Online, yang bisa memberikan kompensasi uang, kalau penerbangan tertunda lebih dari 3 jam. Lumayan deh, ga perlu nunggu 4 jam, udah bisa dapat kompensasi uang. Eh tapi janganlah berharap penerbangan kita ditunda untuk claim kompensasi haha, kan kasian dengan itinerary yang udah kita susun 😀

Menderita sakit di tempat tujuan

Sakit itu sebenarnya memang kondisi yang ga mengenakkan, apalagi kalau sakitnya pas orang tersebut lagi jalan-jalan. Duh amit-amit sih ya. Bayangin aja, seharusnya kita bisa have fun saat jalan-jalan, ealah, baru juga hari pertama, orang tersebut langsung drop dan sakit. Buyarlah itinerary 5 hari ke depan di destinasi impian kita. Mau gimana lagi ya, soalnya kan kesehatan itu nomor satu dan mesti diutamakan, ya.

Oh iya, selain sakit itu ga mengenakkan, sakit di luar negeri itu mahal, boss! Haha.

Saya pernah tinggal di Singapura selama 1 tahunan untuk kuliah, dan saat itu untunglah saya sehat walafiat senantiasa. Pernah suatu saat, teman saya yang sesama orang Indonesia tiba-tiba komen, kalau biaya dokter dan obat di sini mahal juga, ya! Bisa mulai dari puluhan hingga ratusan dollar. Dan saya jadi keinget saat kami sekeluarga jalan-jalan di Singapura baru-baru ini. Sekeluarga di sini itu termasuk keluarga kakak saya yang anaknya masih berumur 2 tahunan.

Awalnya keponakan saya yang lucu ini, ceria sekali ketika sampai di airport Soekarno Hatta dan kemudian di airport Changi. Eh tapi kemudian tiba-tiba pas masih di airport Changi, keponakan saya ini muntah-muntah. Jeng-jeng, paniklah kami, apalagi masih di airport, dan bukan di negara sendiri. Langsung lah kami buru-buru panggil Uber XL, dan meluncur ke tempat penginapan kami. Ternyata oh ternyata, keponakan saya itu bukannya membaik, malah muntah-muntah lagi, yang akhirnya kami memutuskan untuk dicek di Rumah Sakit terdekat. Pemeriksaan ternyata juga harus membutuhkan pemeriksaan darah di laboratorium, sehingga kami harus beberapa kali balik ke Rumah Sakit.  Total biaya sekitar SGD250.00.

Sayangnya waktu itu kami ga keingetan untuk membeli asuransi perjalanan dan belum menyadari pentingnya asuransi perjalanan. Kan kalau begini, bisa mendapat penggantian biaya pengobatan, ya. Tentunya besaran penggantian bisa beda-beda untuk tiap asuransi, ya. Kalau saya lihat-lihat di MSIG Online lagi, seseorang bisa mendapatkan jaminan biaya-biaya pengobatan yang disebabkan sakit pada perjalanan, bisa sampai Rp. 750.000.000. Besaran ini tentunya tergantung dari jenis paket yang kita ambil, atau jenis perjalanan kita – apakah liburan atau business trip.

pentingnya asuransi perjalanan klaim biaya pengobatan medis

Ini benefit yang bisa didapat dari klaim asuransi perjalanan untuk biaya pengobatan medis (source: MSIG)

Perabot rumah tangga kebakar selama dalam perjalanan

Sebelum seseorang pergi jalan-jalan, apalagi kalau jalan-jalannya lama, pastinya suka mati-matiin lampu, atau listrik – ini bagi yang ga ada pembantu atau orang lain di rumah, ya. Tapi kan ya, secara rumah ditinggal, ga ada yang jagain, siapa tau ada tikus masuk ke dalam rumah, lalu gigit-gigitin kabel sampai korslet, dan malah mengakibatkan kebakaran. Perabot kesayangan pun hangus tanpa sisa, sedih pastinya abis pulang jalan-jalan menyenangkan, terus tiba-tiba menemukan rumahnya terbakar. Duh amit-amit *knock on wood*

Kayak begini sih ya mana orang itu tau ya kalau ada yang bolong di pintunya, sehingga si tikus bisa masuk. Makanya sekali lagi, inilah pentingnya asuransi perjalanan ketika kita jalan-jalan. Soalnya ada satu perlindungan yang saya baru tau ada di sebuah asuransi perjalanan, yaitu perlindungan terhadap perabot rumah tangga karena kebakaran selama dalam perjalanan. Jaminan penggantiannya kalau di MSIG Online bisa sampai Rp. 50 juta lagi. Ini kok ya sepertinya jarang-jarang, ya, atau saya yang ketinggalan berita ada beginian haha. Tapi yang penting sih kalau ada ini, jalan-jalan akan lebih semakin nyaman ya, karena ga perlu mikirin, rumah bagaimana, aman ga ya, dan sebagainya.

Situasi lainnya?

Masih ada beberapa situasi lainnya yang bisa membuat kita berpikir pentingnya asuransi perjalanan. Misalnya sampai orang tersebut meninggal dunia / cacat tetap akibat sebuah kecelakaan, kehilangan bagasi, dokumen perjalanan, uang, ataupun barang pribadi.

Oh iya, selain dari pentingnya asuransi perjalanan, sebenarnya asuransi perjalanan udah menjadi salah satu persyaratan ketika kita apply visa untuk ke satu negara atau sekelompok negara, seperti misalnya negara yang masuk di dalam perjanjian Schengen. Untuk apply visa Schengen, minimal uang pertanggungan dari asuransi perjalanan tersebut adalah sertara dengan Euro 30,000 atau US$50,000.

Mudahkah beli asuransi perjalanan?

Sebenarnya ada beberapa cara kita membeli asuransi perjalanan. Pertama adalah yang saya ceritakan di awal, yakni membeli asuransi perjalanan saat kita membeli tiket online. Jadi semacam produk tambahan dari website online travel yang kita datangi tadi. Selain di website online travel, tentunya kamu juga bisa membelinya di kantor tour and travel.

Namun tentunya selain di kedua tempat di atas, sekarang udah banyak perusahaan asuransi yang membuat produk asuransi perjalanan dan dapat dibeli secara online, seperti yang udah saya sebutin di atas, yaitu si MSIG Online.

mudahnya beli asuransi perjalanan secara online

Sekarang udah lebih mudah beli asuransi perjalanan secara online

Saya kalau jalan-jalan keluar negeri memang lebih sering beli travel insurance secara online, karena memang mudah banget lah, dan sepertinya manfaat yang diberikan bisa lebih besar daripada kalau kita beli asuransi perjalanan sebagai tambahan dari pembelian tiket – saya belum pernah membandingkan sih, menurutmu gimana?

Kita tinggal buka website-nya, dan tinggal memilih beberapa kategori di website tersebut. Biasanya kategori berupa jenis perjalanan, pilihan destinasinya, periode, dan jumlah anggota. Oh iya, pembelian asuransi perjalanan MSIG Online bisa dilakukan via laptop ataupun handphone. Jadi mudahlah, kita bisa belinya sembari lagi makan, lagi di perjalanan naik commuter line, atau sambil tiduran leyeh-leyeh 😀

Ini saya pura-pura membeli asuransi perjalanan MSIG Online, dan isiannya mudah, kok, ga pake ribet. Dan kita juga bisa milih jenis paket yang kita mau kok. Jenis paket berarti juga menentukan besaran penggantian yang bakal kita dapat, serta harga dari premi asuransi tersebut.

paket asuransi perjalanan msig online

Di MSIG Online, kita bisa memilih tingkatan paket dari asuransi perjalanan

Klaimnya mudah ‘kan, ya?

Biasanya kalau membeli asuransi, pertanyaan yang sering muncul bisa jadi adalah soal klaim. Gampang ga ya? Tapi asalkah semua persyaratan udah komplit, mudah-mudahan proses klaim bisa lancar sih, ya. Nah, ini ada beberapa tips cara pengajuan klaim yang efektif:

  1. Kita harus paham dulu deh manfaat asuransi yang kita dapatkan apa aja
  2. Kalau terjadi klaim, kita harus segera melapor dulu melalui layanan Call Center agar dibantu prosesnya atau menanyakan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Untuk Call Center MSIG Online sih 24 jam bisa di +62 21 2927 9631 atau bahkan bisa via WhatsApp +62 812 9464 4004
  3. Kemudian ya kita lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai dengan klaim yang diajukan.

Misalnya nih, dokumen apa aja yang harus dilengkapi untuk klaim keterlambatan penerbangan?

Mulai dari mengisi formulir klaim, polis asuransi juga harus disiapkan, kartu identitas, boarding pass, dan surat keterlambatan dari penerbangan. Nah, untuk yang terakhir, kita juga bisa cek online, mengenai jadwal penerbangan kita di flightstats.com. Ini semacam global flight tracker gitu, jadi bisa ketauan, penerbangan kita berangkat jam berapa.

Mudah-mudahan kalau udah lengkap semua, proses klaim akan lebih mudah dan cepat, apalagi nanti juga bisa dibantu oleh customer service-nya.

Nah, kalau kamu sendiri suka beli asuransi perjalanan ga kalau jalan-jalan? Oh iya, kamu bisa beli asuransi perjalanan MSIG di: MSIG Online.

Terima kasih udah diundang oleh Mobil123.com yang merupakan portal otomotif no. 1 serta MSIG Online, ke acara ‘Tips Cara Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan yang Efektif’

blogger gathering pentingnya asuransi perjalanan

Blogger gathering bersama Mobil123 dan MSIG

Advertisements
Comments
  1. Posted by Dede Ariyanto
  2. Posted by syaifuddin sayuti

Add Your Comment