Icip-icip makanan khas Papua di Papoea by Nature

0
658
papoea by nature pakubuwono jakarta featured image - kadungcampur

Icip-icip makanan khas Papua di Papoea by Nature – Siapa yang udah pernah ke Papua? Saya belum pernah sih, tapi pastinya masuk ke dalam travel bucket list, alias Papua jadi tempat yang ingin dikunjungi. Tentunya dengan Raja Ampat di salah satu menunya hehe. Kenapa baru masuk bucket list? Karena konon katanya untuk ke sana biayanya tuh mahal, makanya mesti rajin menabung dan investasi biar impian ke Raja Ampat cepat tercapai nih hehe.

Nah, biar impian cepat tercapai, selain investasi, ternyata kita harus bisa visualisasikan impian kita. Lah bagaimana caranya ya, kan belum pernah ke sana? Nah, ya udah lah, tinggal cari foto-foto di Papua, trus kita tempelin di mana gitu, sama paling icip-icip dan merasakan makanan khas Papua. Jadi feel kita untuk ke Papua bisa lebih naik lagi hehe.

Untuk icip-icip makanan khas Papua, sekarang udah ga perlu bingung lagi, apalagi untuk yang tinggalnya di Jakarta. Karena udah gampang banget ya, ada beberapa restoran yang menyediakan makanan khas Papua, salah satunya ada di daerah Kebayoran Baru / Pakubuwono. Nama tempat makan Papua di Pakubuwono adalah Papoea, yang lokasinya emang persis di depan apartemen Pakubowono Residence, berarti di sebelah kanan jalan, ya. Plang nya memang tidak terlihat, tapi kalau kamu melihat angka 77, nah berarti kamu udah sampai!

papoea by nature pakubuwono jakarta 2 - kadungcampur
Papoe by Nature di depan apartemen Pakubuwono, Jakarta
papoea by nature pakubuwono jakarta 1 - kadungcampur
Ini tampak depan rumah makan Papoea by Nature 😉

Mengenal sedikit kebudayaan Papua

Berhubung Papoea baru aja pindah dari yang sebelumnya berlokasi di Kemang, maka baru-baru ini mengadakan acara pre-opening Papoea by Nature. Di situ kami yang hadir dikenalkan beberapa kebudayaan dari Papua, termasuk cara memasaknya yang menggunakan batu bakar. Agak unik cara memasaknya kalau kita perhatiin, karena semacam membuat layer-layer gitu, dan di antara layer nya diselipin makanan yang ingin dimasak. Layer pertama tentunya batu yang dibakar, kemudian layer kedua dan seterusnya ditaruh kayu-kayu. Tinggi layer ya berarti tergantung dari jenis dan banyak makanannya. Wah kalau pesta katanya bisa tinggi banget haha.

timo wp holding kerajinan asmat papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Di rumah makan Papoea by Nature, juga ada beberapa kerajinan tangan asal suku Asmat

Selain itu sempat dibahas juga koteka! Pasti tau dong ya hehehe. Ternyata koteka itu terbuat dari kulit labu air yang dikeringkan. Awalnya saya pikir terbuat dari bahan yang keras, tapi setelah dipegang, emang terasa agak rapuh sih. Nah, mungkin penasaran ya, kalau ukuran kotekanya besar berarti seperti apa ya hehehe. Ternyata, koteka juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan hehe. Tentunya simpen barang-barang yang muat aja hehe.

Icip-icip makanan khas Papua di Papoea by Nature

Setelah mengenal sedikit kebudayaan Papua, kami pun disuguhi banyak macam varian masakan khas Papua. Makanan yang disajikan memang tidak 100% tradisional, tapi bisa dibilang udah di fuse dengan budaya lain, jadi memang bisa akrab dengan lidah kita yang belum terbiasa.

Beberapa makanan khas Papua di Papoea by Nature

Fried Sagoo with Red Curry Soup

Mungkin bagi yang pernah makan cireng, akan merasa familiar dengan rasanya hehe. Untuk jenis masakan yang ini, sagunya digoreng dan kemudian dicampur dengan kuah kari. Tentunya kebanyakan dari kita udah familiar dengan rasa kuah kari ya, termasuk saya deh. Makanya ini masuk salah satu makanan favorit saya di sini hehe.

fried sagoo with red curry soup papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Enak deh kuah karinya!

Papeda and Yellow Fish Soup

Beda dengan makanan yang sebelumnya, makanan yang ini bentuk sagunya masih seperti ‘lem.’ Jadi unik rasanya, karena saya baru pertama kali itu makan sagu khas Papua. Nah, yang membuat enak dan lebih cepat akrab dengan lidah saya adalah karena kuahnya ada campuran ikan makarel.

Beef Chimichuri

Mayoritas dari kita pastinya demen beef alias daging sapi, ya. Kalau Beef Chimichuri ini termasuk makanan ringan sih, karena beef nya udah di slice dan dicampur dengan sayuran, termasuk juga dengan potato gratin. Kalau saya cari info tentang ‘chimichuri’, ini ternyata saus khas dari negara Argentina dan Uruguay.

Makanan khas Papua lainnya

Tentunya saya ga bisa icip-icip semuanya ya haha, tapi ada beberapa lagi makanan yang disajikan, seperti Sago Wrap Chicken, yang mirip kebab ini, kemudian ada Smoked Tuna with seafood buah merah, yang kuahnya dibuat dengan campuran buah merah.

makanan khas papua papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Sagoo wrap chicken dan Beef Chimichiru (sisi kanan)
nasi goreng papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Oh, di sini juga ada nasi goreng kok, dan ada 3 jenis, dengan daging ayam, jamur, atau ikan roa khas Manado 😉

Beberapa makanan ringan khas Papua di Papoea by Nature

Selain makanan berat, ada juga kreasi makanan ringan, termasuk dessert, yang dicampur dengan bahan makanan khas Papua.

Buah Merah Sagoo canapes with Seasoned Chicken

Coba tebak ini terbuat dari apa? Hehe. Yang pasti ini terbuat dari ubi yang dicampur dengan sagu. Dan karena ini bentuknya canape jadi kecil-kecil gitu sih, sekali makan hap, abis. Nah, nanti kamu pasti akan merasakan ada suwiran daging ayam dan parutan kelapa di sini hehe.

buah merah sagoo canapes with seasoned chicken papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Buah Merah Sagoo canapes with seasoned chicken

Caramelised Coconut Lime Sagoo

Ini salah satu dessert khas Papua yang saya makan. Pastinya udah bisa nebak kalau ada unsur sagu di makanan ini. Nah untuk di atasnya yang berbentuk seperti kepingan itu merupakan gula yang dikaramelisasi. Selain itu pas kamu makan, akan terasa juga ada rasa parutan kelapa tercampur di sini.

caramelised coconut lime sagoo papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Dessert favorit inihhh!

Makanan ringan khas Papua lainnya di Papoea by Nature

Selain kedua makanan di atas, masih ada lagi kok makanan ringan lainnya, seperti contohnya Doughnut Buah Merah, durian egg tart, dan grilled banana.

makanan ringan khas papua papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Ini beberapa makanan ringan khas Papua lainnya

Udah siap meluncur ke Papua?

Nah, udah siap meluncur ke destinasi impianmu di Papua? Kalau udah, mampir dulu yuk ke Papoea by Nature ?

dekorasi khas papua papoea by nature pakubuwono jakarta - kadungcampur
Mudah-mudahan kalau sering makan di Papoea by Nature, bisa cepet-cepet ke Raja Ampat deh nantinya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here