Mau selfie yang cakep mesti kudu pake Oppo F1s

Author: | Posted in Gadget, Lomba 10 Comments

Beberapa waktu lalu saya sempat ikutan kumpul-kumpul Oppo Community di Tjendana Bistro, Bandung. Ini baru kali pertama saya ikutan acaranya Oppo Community. Di situ juga sempat menjajal cameraphone Oppo yang terbaru, yakni Oppo F1s, yang menggantikan Oppo F1 Plus. Walaupun menuju tempat pertemuan butuh perjuangan, tapi pastinya ga nyesel dateng deh, karena ajang untuk bertemu kawan baru dan networking 😉

oppo-f1s-community

Kumpul-kumpul Oppo Community Bandung

Selfie cakep ala Oppo F1s

Oh iya, kenapa sih saya nyebutnya cameraphone, bukan smartphone? Mengambil istilah dari Bang Aswi, Oppo F1s cocok disebut sebagai ‘cameraphone’ karena memang didedikasikan sebagai handphone untuk foto-foto, terutama selfie. Bahkan Oppo F1s sudah digadang-gadang sebagai Selfie Expert! Memangnya kenapa sih?

Secondary camera dengan 16 Megapixels

Pada umumnya, kamera primer alias yang berada di bagian belakang handphone, memiliki piksel yang lebih tinggi dari kamera sekunder – atau yang berada di permukaan depan handphone. Nah, sepertinya sejak ada kegemaran melakukan selfie alias swafoto, maka Oppo pun mulai menaruh kualitas piksel yang tinggi di bagian depan, agar kualitas hasil selfienya pun menjadi oke. Coba bayangin aja, secondary camera di Oppo F1s memiliki kualitas kamera 16 MP! Eh tapi jangan salah, kualitas kamera primer Oppo F1s juga tetap oke kok, dengan 13 MP 🙂

oppo-f1s-community-selfie-result-2

Hasil selfie dengan Oppo F1s yang terang dan cakep!

Lebih terang dengan screen flash

Pernah ga sih, mau foto tapi ternyata cahaya di ruangan agak-agak redup? Mau foto biasa aja susah ya, apalagi mau selfie! Tapi waktu saya coba-coba selfie di salah satu ruang makan di Tjendana Bistro, saya agak-agak terkesima. Ruangannya pada waktu itu memang cahayanya ga terlalu terang, namun hasilnya oke! Kok bisa, ya? Oppo F1s sudah dilengkapin dengan screen flash, jadi hasilnya tetap akan baik walaupun cahaya pada waktu foto ga mendukung. Cobain deh bandingin di foto bawah ini, hape saya yang sekarang (kiri) dengan Oppo F1s (kanan). Ya mungkin brightness, di layer hape saya kurang, ya, tapi kan itu ga ngefek ke hasil kameranya hehe.

oppo-f1s-community-screen-flash

Ajib banget ya screen flash dari Oppo F1s nya

oppo-f1s-community-selfie-result-1

Nih tampilan layar dari Oppo F1s, pas Mbak Gita lagi selfie. Padahal ruangannya ga terang-terang amat kan ya

Efek skin care serta fitur Beautify 4.0 dan filter

Waktu itu ada pertanyaan mengenai beda dari make up dan skin care. Jawabannya sih, kalau make up itu kan ‘perbaikan’ dari luar, sedangkan kalau skin care tuh bisa dibilang ‘perbaikan’ dari dalam. Pastinya akan lebih terlihat natural yang skin care, ya. Itulah yang dipakai oleh Oppo F1s, efek ‘skin care’ pada kameranya, yang akan memberikan hasil natural pada saat kita selfie. Lebih enak hasilnya yang terlihat natural kan ya?

Selain efek skin care, ternyata Oppo F1s juga sudah menerapkan fitur Beautify 4.0 di mana para penggunanya bisa mengatur level ‘beautify’-nya hingga level tertentu. Pastinya Oppo F1s juga sudah menyisipkan filter-filter, seperti fitur ‘memory’, ‘sweet’, atau ‘mono’. Jadinya nanti pengguna bisa memilih mana yang sesuai dengan karakternya deh.

oppo-f1s-community-various-filter

Berbagai macam filter yang tersedia

Selfie Panorama

Sekarang secondary camera sudah bisa panorama juga. Bedanya kalau yang ini selfie panorama, jadi cakupan fotonya pun lebih luas. Caranya juga sama kok seperti kita ngambil foto panorama dengan primary camera. Tinggal gerakin ke kiri dan ke kanan. Jadi deh 😉

oppo-f1s-community-selfie-panorama

Nyobain selfie panorama

oppo-f1s-community-seflie-result-3-panorama

Hasil dari selfie panorama. Irham pun ga tau kalau dia masuk kamera hahaha.

Klik mudah dengan Palm shutter

Apa sih, salah satu hal yang susah ketika lagi selfie pake tongsis? Biasanya untuk mencet tombol shutter-nya ya, agak susah ya, kadang harus pilih timer dulu berapa detik, trus diklik dan buru-buru membentangkan tongsisnya ke atas. Namun si Oppo F1s udah mempermudah kita untuk ambil foto selfie lho. Nama fiturnya ‘palm shutter’! Iya tinggal menghadapkan telapak tangan kita ke kamera, maka tombol shutter akan diklik secara otomatis. Atau misal kamu pakai timer, maka kalau kamu hadepin telapak tangan ke kamera, maka hitungan mundur akan dijalankan.

oppo-f1s-community-palm-shutter

Kang Hilman lagi praktekkin palm shutter 😀

Spesifikasi pendukung Oppo F1s lainnya

Selain selfie, ternyata ada 3 hal lagi kalau dilihat dari spesifikasi Oppo F1s yang saya lihat.

RAM 3GB

Sepertinya di jaman sekarang, memori RAM tuh harus minimum 3GB deh seperti Oppo F1s ini. Apalagi terkadang saya tuh orangnya multi-tasking #tsahh. Aplikasi ini lagi jalan, terus buka Twitter, terus buka Instagram, game Clash Royale, Facebook, dan seterusnya. Itu kalau memory kurang dari 3GB, kayaknya si hape bakal jalannya empot-empotan deh.

Baterai 3.075 mAh

Baterai jaman sekarang kalau masih di bawah 2.000 mAh, kayaknya harus selalu kudu bawa power bank. Hape saya yang lama tuh power baterainya Cuma sekitar 1.500 mAh, bayangin aja kalau ada event seharian, itu mesti nenteng-nenteng power bank ke mana. Kan ga enaknya ya, lagi live tweet tapi megangin power bank juga. Pfft! Makanya untuk hape sekarang, minimum harus 3.000 mAh deh, seperti Oppo F1s yang baterai-nya 3.075 mAh ini.

oppo-f1s-community-box

Spesifikasinya Oppo F1s juga mumpuni kok dengan memori RAM 3GB, baterai 3.075 mAh 🙂

Kapasitas memory sampai 256 GB

Kapasitas penyimpanan merupakan bagian terpenting lainnya. Walaupun kapasitas internal Oppo F1s hanya 32 GB, tapi kapasitasnya bisa ditambah hingga 256 GB dengan tambahan SD card. Hape saya yang lama itu kapasitas internalnya 16 GB, dan ga bisa ditambah pake kartu eksternal. Bayangin aja, dengan app bejibun, setiap mau update, mesti proses cleaning dulu, saking ga muatnya kapasitasnya haha. Apalagi, setiap abis jalan-jalan, harus selalu transfer foto-foto ke laptop. Kalau ga, siap-siap nangis keilangan momen karena kapasitas penyimpanannya udah abis :-/

Eh iya, karena Oppo F1s adalah selfie expert, jadi pas ketemuan waktu itu, Bang Aswi sempat bagi-bagi tips untuk selfie.

Tips selfie agar hasilnya oke

Pakai timer atau fitur seperti palm shutter

Namanya selfie, kan berarti kita ambil foto kita sendiri tanpa bantuan orang lain ya. Makanya kita harus dibantu dengan fitur-fitur seperti timer atau palm shutter. Dengan begitu, kita bisa taruh tuh hape di tempat-tempat tertentu, sambil kita bergaya deh.

Tau sisi mana yang cakep

Ini penting agar hasilnya oke. Kita mesti tau sisi mana dari diri kita yang cakep. Well, mungkin seperti Brad Pitt sisi mana pun akan cakep ya. Makanya kita mesti coba liat diri kita dulu di cermin deh, sudut mana yang oke ketika kita ambil foto 😉

Lokasi selfie juga menentukan

Menurutmu selfie di kamar sendiri dengan selfie di Paris yang latar belakangnya Menara Eiffel akan terlihat oke yang mana huehe. Oke lah kita cinta dengan kamar kita sendiri, tapi dengan adanya Menara Eiffel sebagai background kok rasanya akan jadi plus point untuk foto itu ya huehe.

Ambil lebih dari satu foto

Kalau mau selfie tuh langsung sekaligus ambil beberapa foto. Jadi jangan foto sekali, diliat hasilnya, eh kok kurang bagus, foto lagi. Mending foto selfie dulu beberapa, baru deh dipilih-dipilih.

oppo-f1s-community-wefie

Abis kumpul-kumpul, jangan lupa selfie dulu! Eh, wefie ding!

Well, ini hanya tips selfie untuk lucu-lucuan, mungkin kamu punya tips yang lain? Boleh lho di-share di kolom komen. Trus kalau kamu juga udah punya Oppo F1s dan mau berbagi saran atau ilmu, juga boleh di-share di komen 🙂

Kalau kamu suka dengan blog post tentang Mau selfie yang cakep mesti kudu pake Oppo F1s, jangan lupa di-share ya di social media kamu. Jangan lupa subscribe blog ini melalui kolom ‘subscribe’ di bagian kanan 🙂

Eh iya ini ada TVC Oppo F1s Selfie expert yang dibintangi Reza Rahadian dan Chelsea Islan.

Advertisements
Comments
  1. Posted by Evi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Cerita Melalak
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Hanif Insanwisata
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by syaifuddin sayuti
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by andyhardiyanti
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment