Olahraga singkat, hasil maksimal

Author: | Posted in Review lainnya 25 Comments

Olahraga singkat, hasil maksimal – Libur Lebaran telah usai, dan saatnya mulai aktif kembali. Waktu liburan ternyata kegiatan gerak-gerak tubuh saya pun ikutan liburan. Entah lah, padahal sebagai seorang yang saat ini lagi freelance, hari biasa dan libur itu sebenarnya ga ada bedanya ya haha. Sekarang sudah harus mulai diaktifin lagi deh, ya!

Walaupun kegiatan ga seabrek-abrek seperti orang kerja kantoran, saya bersyukur masih ada aja kegiatan. Maka dari itu, saya paling suka ngikutin metode home fitness yang sekarang sudah banyak bertebaran di Youtube, ya. Kenapa gitu? Soalnya yang seperti itu bisa olahraga singkat, paling lama sekitar 30 – 45 menit aja sih, tinggal mengikuti panduan dari si empunya kanal olahraga di Youtube itu. Well, pikir saya, at least saya bisa gerak-gerak sedikit dan tetap bisa menjaga kebugaran gitu. Bener, ga?

Bugar dalam 20 menit

Terus baru beberapa bulan ini, saya mulai melihat ada salah satu alternatif dalam menjaga kebugaran dalam waktu singkat. Waktu yang dibutuhkan pun hanya 20 menit aja, dan benar sih dengan slogan ‘Why you spend 2 hours at gym, if you could get the same result in 20 minutes’ alias ‘kenapa harus menghabiskan waktu di tempat fitnes selama 2 jam, kalau kamu bisa dapat hasil yang sama dalam waktu 20 menit aja’. Olahraga singkat yang saya maksud ini namanya 20FIT yang juga dimiliki oleh salah satu penyanyi jelita nan cantik, Andien.

Kenapa 20FIT hanya butuh 20 menit?

Memangnya benerankah bisa olahraga singkat tapi bisa mendapatkan hasil yang sama dengan fitnes selama 2 jam? Bedanya olahraga singkat dengan 20FIT dan olahraga di tempat fitnes apa?

olahraga-singkat-20fit-studio

Tipikal suasana di studio 20FIT (screenshot dari sini)

Mungkin itu pertanyaan yang terlintas, ya? Mungkin kita berpikir, bahwa kalau olahraga lama berarti hasil yang didapat juga bisa lebih banyak, seperti misalnya lebih banyak lemak yang terbakar, atau lebih banyak otot yang terbentuk, dan sebagainya. Mungkin benar, mungkin belum tentu benar. Mungkin ada yang mau membantu menjawab? Hehe.

Lalu kenapa kok bisa hanya 20 menit waktu yang diperlukan untuk berlatih dengan 20FIT?

Itu karena 20FIT menggunakan teknologi Electro Muscle Stimulation (EMS) dan peralatan Miha Bodytec dalam setiap sesi latihannya. Jadi dengan EMS ini, hasilnya akan memiliki efek yang sama dengan latihan di tempat fitnes pada umumnya, seperti latihan angkat beban begitu, tapi tentunya dengan waktu yang lebih singkat dan ternyata bisa lebih efektif. Bahkan biasanya, kalau latihan dengan program dari 20FIT, selain olahraga singkat selama 20 menit, kamu cukup melakukannya 2 kali aja setiap minggu.

Mencoba olahraga singkat dengan 20FIT

Nah, beberapa waktu lalu saya mendapat kesempatan untuk mencoba dan membuktikan program dari 20FIT ini. Ternyata kalau melihat di website 20FIT, cabang 20FIT sudah ada 28 cabang di Indonesia plus 1 di Cambodia. Cabang 20FIT di Jakarta, misalnya ada di Pondok Indah, Central Park, Menteng, Setiabudi, Senayan, Tebet, Pantai Indah Kapuk, dan Kelapa Gading. Sedangkan kalau yang di luar kota sudah ada di Bandung, Bali, Jogja, Semarang, Medan, dan Surabaya. Saya waktu itu cobanya di 20FIT Pondok Indah sih yang ada di Pertokoan Taman Hijau Baru. Dan kalau dilihat dari lokasinya, memang ga ada yang di mall sih, jadi semacam ruko gitu. Tinggal parkir, trus masuk ke cabang 20FIT, dan mulai olahraga 🙂

Persiapan sebelum mulai latihan

olahraga-singkat-20fit-inbody-body-composition-analyzer

Alat timbang khusus InBody (screenshot diambil dari sini)

Karena ini merupakan kunjungan pertama saya, makanya saya harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, sekaligus memberitahukan apakah ada riwayat penyakit, asalkan bukan sakit hati aja ya. Kalau sakit hati mah tinggal baca 5 tips mengatasi patah hati.

Nanti, kamu akan dikasih kaos dan celana khusus yang super ketat untuk latihan, serta handuk besar dan kecil. Jadi kalau latihan di sini, ga perlu repot-repot bawa perlengkapan ini itu, bahkan tempat mandi beserta sabun dan shampoo sudah tersedia.

Kemudian, kita mesti menimbang badan kita di satu alat khusus yang bernama InBody, sebuah ‘Body Composition Analyzer’, yang ga hanya bisa mengukur berat badan kita, tapi juga berapa jumlah lemak dan massa otot kita. Keren banget deh, ya. Hasil pengukurannya juga cepat. Walau hasi saya semuanya masih di dalam range normal, tapi tetap harus ada yang diturunkan dan dinaikkan. Berat badan yang sekitar 68 kg ini, masih dalam ukuran normal jika dibandingkan dengan tinggi badan yang sekitar 175 cm. Yang masih perlu diturunkan adalah lemaknya (teteup ya!), sedangkan yang perlu dinaikkan adalah massa ototnya. Kalau sudah tercapai semuanya, kemungkinan berat badannya masih di hasil yang sama. Jadi lemak turun, massa otot naik, sama dengan sekitar 68 kg. Begitu.

Sesi latihan 20FIT

Selama latihan, kita akan dipasangkan semacam rompi yang akan melapisi beberapa area di badan kita, seperti paha, bokong, perut, dada, (tentunya termasuk punggung juga) dan lengan. Jadi kira-kira otot yang akan ‘dilatih’ dalam sesi olahraga singkat bersama 20FIT itu berjumlah sekitar 8 otot besar. Selain itu, rompi ini juga akan dikaitkan dengan kabel. Namanya juga EMS, jadi nanti akan menggunakan aliran listrik. Eits, aman ga tuh? Ini saya ambil penjelasannya dari website 20FIT ya, terjemahannya kira-kira begini:

Teknologi EMS ini sudah terbukti aman dan efektif kok dalam membentuk otot. Teknologi EMS juga tidak memberikan tekanan terhadap sendi, sehingga ini membuat EMS lebih aman dari latihan konvensional.

olahraga-singkat-20fit-persiapan-latihan-membasahi-vest

Trainer, Tony Kho, lagi membasahi rompi khusus yang akan dipakai

Tahap 1 – penyesuaian

Latihan dengan program 20FIT dimulai dengan tahap penyesuain badan yang berlangsung selama 3 menit. Latihannya ya, yang mudah-mudah dulu, mirip seperti pemanasan gitu deh, misalnya kayak berdiri agak membungkuk dengan tangan dikepal dan perutnya ditekan, jadi kayak ngeden gitu, tapi sambil berdiri haha. Selama pemanasan ini, tentunya sudah ada aliran listrik yang menjalar. Rasanya seperti geter-geter gitu sih ya. Intensitas getarannya dapat disesuaikan kok dengan kemampuan kita, kalau sudah merasa cukup, berarti ya sudah  cukup segitu aja. Yang penting terasa getarannya hehe.

olahraga-singkat-20fit-rompi-khusus

Dengan rompi khusus dairi 20FIT

Tahap 2 – latihan yang sebenarnya

Haha! Ya begitulah! Jadi tahap ke-2 ini akan berlangsung selama 10 menit saja. Pastinya yang ini akan terasa lebih berat dari yang pertama. Gerakan-gerakannya sudah mulai bervariasi, seperti misalnya gerakan untuk melatih biceps dan triceps. Ternyata di sini lah baru terasa efek dari listrik yang menjalar itu. Rasanya memang sama kayak kalau saya angkat beban. Jadi efek latihan yang gerakannya menggerakkan lengan saya menekuk ke atas pada posisi siku dari posisi lurus ke bawah, itu sama dengan ketika saya mengangkat beban dari posisi bawah menekuk ke atas pada posisi siku. Dan yang terpenting adalah kita harus mengkontraksikan otot kita, agar lebih terasa efeknya. Kalau misalnya kita santai-santai aja, efeknya kurang terasa deh.

sesi-di-olahraga-singkat-20fit-

Salah satu sesi di program 20FIT

Tahap 3 – relaksasi

Setelah berjibaku selama 10 menit, di tahap ke-3 ini merupakan tahap relaksasi. Sebenarnya di sini ya ga ngapain-ngapain juga sih, mau sambil berdiri, mau sambil tiduran juga boleh, tapi aliran listriknya tetap jalan sih. Dan udah deh selesai. Beneran gitu doang, beneran olahraga singkat haha.

Setelah latihan ngapain?

Ya tinggal mandi trus pulang lah, emang mau ngapain lagi haha!

Anyway, intinya nanti kalau memang kamu berminat dengan program olahraga singkat 20FIT, pastinya program latihannya macem-macem, nanti kamu bisa latihan pakai Swiss ball, atau ga, latihan pake strap TRX yang bisa digunakan untuk melatih kekuatan, fleksibilitas, dan kekuatan. Dan enaknya lagi, kalau kamu mau latihan di sini, kamu bisa booking jam latihannya dulu, jadi kamu ga perlu antri menunggu giliran pake alat dengan orang lain di tempat fitnes.

sesi-di-olahraga-singkat-20fit-

Nanti bisa latihan menggunakan TRX juga

So, olahraga singkat, bugar dalam waktu singkat, sehat dalam waktu singkat, itu mungkin kok.

Kalau kamu berminat untuk olahraga singkat dengan 20FIT dan melihat cabang terdekat, serta booking, kamu bisa langsung ke website 20FIT di sini.

Misalnya kamu mau coba-coba dulu, kamu bisa ikutan free trial dari 20FIT dengan klik di sini. Lumayan bisa dapat diskon Rp. 100.000 dari harga free trial normal sekitar Rp. 250.000 🙂

Di bawah ini, ada video tentang olahraga singkat dengan 20FIT, jadi bisa memberikan sedikit gambaran ke kamu :).

olahraga-singkat-20fit-trainer

Pose setelah olahraga singkat dengan sang trainer dari 20FIT, Tony Kho

(Featured image dari blog post ‘Olahraga singkat, hasil maksimal’ diambil dari sini)

Advertisements
Comments
  1. Posted by Anita Makarame
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Unggulcenter
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Lidya
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Travelling Addict
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Haya Aliya Zaki
  6. Posted by Haryadi Yansyah| Omnduut.com
  7. Posted by quiksilver indonesia
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by DSquad
  9. Posted by kresnoadi DH
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Yoga Purnama Putra Perdana
  11. Posted by Cindy Vania
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by cumilebay
  13. Posted by Choirul Huda
    • Posted by Timothy W Pawiro
  14. Posted by Kilua
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment