Mau pergi ke objek wisata di Australia ini pada musim panas?

Author: | Posted in Lomba, Wisata 22 Comments

Coba kunjungi beberapa objek wisata di Australia ini pada musim panas – Kalau berbicara mengenai wisata ke Australia, saya jadi ingat beberapa waktu lalu saya sempat liburan musim panas di Australia, tepatnya mengunjungi Sydney dan Melbourne, di bulan Januari 2012. Periode musim panas di Australia memang berbeda dengan musim panas di Amerika atau di Eropa yang terletak di belahan bumi utara. Karena terletak di belahan bumi selatan, musim panas di Australia mulai dari bulan Desember ke Februari. Enaknya kalau pergi pada saat musim panas, tidak perlu membawa pakaian tebal dan berlapis-lapis, dan tentunya akan ada banyak objek wisata yang bisa dilihat. Nah ini ada beberapa ide objek wisata di Australia, terutama di Sydney atau Melbourne, yang bisa kamu kunjungi saat musim panas 🙂

Objek wisata di Sydney

Bondi Beach

Bagi negara yang memiliki 4 musim, mengunjungi pantai merupakan salah satu favorit yang dilakukan pada saat musim panas. Di pantai orang-orang bisa menikmati panasnya matahari, bisa dengan hanya berjemur atau bermain di pantai bersama keluarga atau melakukan kegiatan surfing. Pantai Bondi bisa menjadi objek wisata di Australia pertama yang kamu kunjungi di Sydney, apalagi ini merupakan salah satu pantai favorit di Sydney. Lucunya ketika saya dan teman saya ke pantai Bondi di Sydney, kami memutuskan untuk memakai sweater, karena walaupun saat itu musim panas, namun anginnya kencang dan dingin.

bondi-beach-sydney-objek-wisata-di-australia-timo-wp

Bondi Beach di Sydney

Akses / transportasi menuju Bondi Beach bisa dilakukan dengan 2 cara. Waktu itu kami naik bus nomor 380 dari Circular Quay menuju Pantai Bondi karena memang jaraknya tidak terlalu jauh dengan kota. Ternyata bisa juga menggunakan kereta, walaupun nanti juga menyambung menggunakan bus menuju Pantai Bondi.

Manly Beach

Beberapa orang yang saya temui ketika berkunjung ke Sydney, selalu bertanya apakah saya lebih menyukai Bondi Beach atau Manly Beach? Tentunya setiap orang akan memiliki jawaban yang berbeda, saya sendiri kalau bisa akan memilih dua-duanya hehe. Pantai Manly memang tidak sepanjang Pantai Bondi, tapi saya cukup suka dengan objek wisata di Australia ini yang merupakan salah satu pantai utara Sydney.

Ketika kami mengunjungi Pantai Manly, situasinya agak berbeda dengan Pantai Bondi. Waktu itu pantai Manly sudah cukup ramai dikunjungi orang-orang, ada yang hanya berjemur, surfing, memasang tenda, dan banyak juga yang bermain voli pantai.

manly-beach-sydney-objek-wisata-di-australia-timo-wp

Bermain voli pantai di Manly Beach, Sydney

Memang ada beberapa alternatif akses / transportasi menuju Manly Beach, tapi nampaknya pilihan kami untuk menggunakan feri menuju Pantai Manly merupakan pilihan yang tepat. Feri menuju Manly Beach akan berangkat setiap 30 menit dari Dermaga 3 di Circular Quay. Perjalanan dari Circular Quay menuju Pantai Manly akan memakan waktu sekitar 45 menit saja. Terkesan cukup lama, namun kami mendapat pemandangan indah sepanjang perjalanan, mulai dari melewati Sydney Opera House hingga dua teluk yang menjadi ‘pintu’ menuju Laut Tasman.

Taronga Zoo

Berkunjung ke kebun binatang di Sydney? Saya awalnya berpikir buat apa, ya, tapi pas sampai di Taronga Zoo, wah, saya langsung berpikir kalau saya salah. Beruntung deh kami memasukkan Taronga Zoo sebagai objek wisata di australia yang kami kunjungi, karena ternyata tempatnya bagus dan cantik sekali. Selain binatang-binatang pada umumnya, pada waktu itu lagi ada pameran dinosaurus, jadi ada banyak replika dinosaurus, termasuk bayi dinosaurus yang dibawa-bawa oleh petugas kebun binatangnya.

taronga-zoo-sydney-objek-wisata-di-australia-timo-wp

Replika dinosaurus di Taronga Zoo, Sydney

Yang menarik dari Taronga Zoo adalah akses / transportasi menuju kebun binatang Taronga itu. Sekali lagi, ada beberapa cara menuju sana, bisa dengan menggunakan feri, bis, atau bahkan dengan kendaraan sendiri. Tentunya saya lebih memilih opsi yang pertama, karena pemandangannya lebih oke pastinya, karena rute feri menuju Taronga Zoo mirip sedikit dengan rute menuju Manly Beach. Feri menuju Taronga Zoo ada di dermaga 2 di Circular Quay.

Sydney Opera House

Pada waktu kami membuat daftar objek wisata di Sydney, tentunya saya memasukkan Sydney Opera House yang sudah sangat terkenal dan menjadi icon di Sydney itu. Kami tidak bisa melewatkannya begitu saja. Walaupun ini sebenarnya bisa dilakukan di musim apa aja saja, tapi boleh lah menjejakkan kaki di dalam, sekedar mengikuti tur Sydney Opera House di mana kami bisa melihat beberapa bagian dalam dari opera house tersebut, serta mendengar sedikit sejarahnya, ataupun menonton salah satu pertunjukannya.

sydney-opera-house-objek-wisata-di-australia-timo-wp

Sydney Opera House merupakan salah satu objek wisata di Australia yang terkenal

Menuju ke Sydney Opera House sangat mudah. Menuju Sydney Opera House bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Circular Quay.

Objek Wisata di Melbourne

Great Ocean Road

Walaupun Melbourne merupakan ‘The Most Livable City’, tapi kalau sudah sampai di Melbourne, bolehlah melakukan perjalanan menuju Great Ocean Road sebagai salah satu objek wisata di Australia pada musim panas. Sebenarnya bisa juga misalnya kamu menyetir kendaraan sendiri secara santai selama beberapa hari melewati panjangnya Great Ocean Road, tapi kalau tidak punya banyak waktu, cukup ambil paket Great Ocean Road Tour selama 1 hari dari Melbourne saja.

twelve-apostles-great-ocean-road-melbourne-objek-wisata-di-australia-timo-wp

Twelve Apostles menjadi atraksi utama di Great Ocean Road

Great Ocean Road Tour memakan waktu sekitar 12 jam karena melewati beberapa spot cantik yang mengundang decak kagum saya. Kenapa bisa cantik? Karena Great Ocean Road terletak di sepanjang pantai tenggara dari Victoria, di mana atraksi utamanya adalah keindahan alam dari batu kapur yang berdiri berjajar di lepas pantai dari Port Campbell National Park. Keindahan alam ini namanya The Twelve Apostles, walaupun jumlahnya tidak sampai 12 ketika saya menghitungnya. Kenapa ini patut dikunjungi? Karena batu kapur ini mungkin saja akan ‘ambruk’ atau hilang akibat erosi terus menerus dari ombak laut.

Ngomong-ngomong, keindahan alam selama mengikuti Great Ocean Road Tour ada beberapa lho selain ‘The Twelve Apostles’ ini. Misalnya saja, ada yang namanya Bells Beach yang merupakan ‘rumah’ dari Rip Curl Pro, lalu ada London Bridge, dan Loch Ard Gorge.

Kalau misalnya kamu bingung untuk memilih perusahaan travel mana di Australia yang menyediakan tour ini, kamu bisa cek paket tour dari H.I.S.. Di sini sudah terdapat beberapa paket tour dari Melbourne yang bisa kamu pilih, dan pastinya kamu juga bisa mendapatkan Great Ocean Road tour di H.I.S.. Selain Great Ocean Road Tour, ada juga beberapa paket tour yang bisa kamu pilih, misalnya seperti ini:

his-travel-opsi-tour-melbourne-objek-wisata-di-australia

Paket tour H.I.S. untuk di Melbourne, Australia

Menonton Australian Open

Apakah kamu penggemar tenis? Kalau iya, kamu wajib menonton langsung Australian Open di Melbourne yang biasanya berlangsung di bulan Januari 2013.

Kami yang gemar menonton tenis tentu tidak mau melewatkan kesempatan ini. Kami akhirnya membeli tiket harian pada siang hari untuk Rod Laver. Kalau kamu menonton Australian Open pada siang hari, kamu bisa menonton 3 pertandingan, sedangkan pada malam hari, hanya ada 2 pertandingan. Oh iya, kami sempat menonton Novak Djokovic bertanding juga lho.

australian-open-melbourne-objek-wisata-di-australia-timo-wp

Menonton Australian Open di Melbourne

Kalau sudah membeli tiket Rod Laver, maka kamu bisa menonton pertandingan gratis di Margaret Court. Selain itu kamu juga bisa menonton para pemain latihan di Australian Open. Saya waktu itu sempat menonton Maria Sharapova dan Venus Williams latihan.

Oh iya, Melbourne terkenal dengan candaan ‘kota dengan 4 musim’ dan saya mengalaminya dalam 1 hari ketika menonton Australian Open ini. Pagi hari dimulai dengan udara yang sejuk, kemudian hujan, lalu disambut dengan cuaca yang panas, dan hari itu diakhiri dengan cuaca dingin dengan angina yang lumayan kencang hehe.

Makanan khas Australia

Meat Pies

Biasanya kalau di film, saya suka melihat makanan pie, di mana biasanya berisi buah-buahan. Namun kalau di Australia pie tersebut berisi daging, yang dicampur dengan tomat, bawang bombai, jamur, dan keju. Hmm, jadi mau coba nih.

objek-wisata-di-australia-makanan-khas-meat-pies

Meat Pies di Australia (gambar dari: http://blog.his-travel.co.id/)

Pavlova

Kalau meat pies bisa dikategorikan sebagai snack, beda dengan pavlova yang lebih berjenis sebagai dessert. Bertekstur renyah di luar dan lembut di dalam, pavlova memang patut dicoba ketika berkunjung ke Australia. Pavlova biasanya disajikan dengan whipped cream dan topping buah-buahan segar.

objek-wisata-di-australia-makanan-khas-pavlova

Dessert khas Australia, Pavlova (gambar dari: http://blog.his-travel.co.id/)

Selain objek wisata di Australia, sebenarnya kamu bisa juga melihat beberapa hal ketika berlibur ke Australia, termasuk budayanya. Berbicara mengenai budaya di Australia, salah satunya adalah budaya dari suku Aborigin. Tentunya kamu bisa saja mengunjungi museum untuk melihat budaya Aborigin di Australia, tapi kadang kamu juga bisa melihatnya di tempat umum seperti di Circular Quay, Sydney, di mana suka ada pertunjukan musik kecil dari seorang suku Aborigin, yang memainkan alat musik khas Aborigin. Kamu juga bisa kok membeli CD-nya jika tertarik 🙂

sydney-circular-quay-aborigin-objek-wisata-di-australia-timo-wp

Penampilan seniman dari suku Aborigin di Circular Quay, Sydney

Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata di Australia yang bisa kamu kunjungi pada saat musim panas, apalagi ini hanya dari dua kota saja. Biar kamu bisa mendapat ide tentang objek wisata di Australia, kamu bisa berkunjung dan Like halaman Facebook Page dari H.I.S. untuk mendapatkan ide.

Facebook Page H.I.S.: https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Dan kalau kamu mau mengunjungi beberapa objek wisata di Australia pada musim panas secara gratis, kamu bisa coba ikutan kompetisi blogging di bawah ini (klik gambar di bawah)

Advertisements
Comments
  1. Posted by UNA
    • Posted by Timothy W Pawiro
      • Posted by Una
        • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Awan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Deddy Huang
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Haryadi Yansyah | Omnduut.com
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by zata ligouw
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Dina Mardiana
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Kartes
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Iqbal Kautsar
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by lindaleenk
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Cindy Vania
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment