Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia

Author: | Posted in Lomba, Otomotif, Review 8 Comments
nissan-mobil-terbaik-pilihan-keluarga-indonesia

Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia

Ketika saya membaca tagline ‘Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia,’ membuat saya berpikir apa yang menyebabkan Nissan Motors Indonesia (Nissan) memilih tagline itu.

Nissan, sebagai salah satu pemain otomotif penting di Indonesia, tentunya sudah melihat kalau Indonesia merupakan market yang besar. Market di Indonesia sendiri dapat dilihat dari berbagai macam segi. Contoh market dari sebuah keluarga, misalnya keluarga itu sendiri, bisa keluarga inti maupun keluarga besar, lalu sang ayah yang merupakan seorang eksekutif, atau mungkin seorang wiraswasta yang mempunyai bisnis antar jemput atau pengantaran barang. Sang ayah pun mungkin juga mempunyai jiwa petualang, yang suka melakukan trip off-road. Kemudian kita bisa lihat anak – anaknya. Misalnya sang anak tersebut sangat gaya dan trendy, dan mungkin suka akan hal yang praktis dalam berkendara. Nampaknya dari sebuah keluarga saja, Nissan berusaha untuk mengakomodir beraneka ragam kebutuhan keluarga tersebut, dengan meluncurkan berbagai macam mobil terbaiknya.

Tetapi apakah benar, Nissan sudah bisa mengakomodir semua kebutuhan dari sebuah keluarga?

Mungkin kita bisa lihat dari beberapa varian mobil yang sudah diluncurkan oleh Nissan. Misalnya untuk konsumen keluarga, Nissan mempunyai Nissan Serena untuk level menengah ke atas, dan Nissan Grand Livina untuk level menengah.

Nissan Serena, yang sudah mendapat pergantian eksteriornya beberapa kali sehingga memiliki rupa seperti yang sekarang ini, memang cocok dikategorikan sebagai mobil keluarga, dikarenakan bisa menampung banyak penumpang hingga 8 orang. Bahkan karena kabinnya yang luas bisa membuat penumpang nyaman apabila menggunakan Nissan Serena untuk jarak yang jauh, terlebih dengan adanya panoramic roof yang membuat penumpang Nissan Serena memiliki pemandangan yang lebih banyak. Selain kabin yang luas, pengaturan kursi belakang Nissan Serena pun bisa dimodifikasi untuk menampung lebih banyak barang di bagian bagasi.

nissan-serena

Nissan Serena

Senada dengan Nissan Serena, Nissan Grand Livina juga cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, di mana Nissan Grand Livina juga menawarkan kapasitas yang besar, dan kursi penumpang pun bisa dimodifikasi untuk menambah ruang di bagasi. Berdasarkan website Nissan, Nissan Grand Livina bisa dibilang cocok untuk kalangan menengah karena harganya dibandrol mulai dari Rp. 198,5 juta yakni hampir setengah dari harga Nissan Serena yang dipatok mulai dari Rp. 369 jutaan itu.

nissan-grand-livina

Nissan Grand Livina

Kemudian selanjutnya, bagaimana dengan target market seorang eksekutif yang berjiwa petualang?

Pilihannya menurut saya pasti akan jatuh ke Nissan X-Trail. Nissan X-Trail, yang memiliki harga mulai dari Rp. 385 jutaan ini, merupakan sebuah SUV yang tangguh, namun mampu memberikan kenyamanan dan memiliki design yang stylish. Selain dapat menghasilkan tenaga yang tinggi dari mesin 2.0L ataupun 2.5L, ternyata Nissan X-Trail bisa dibilang hemat bahan bakar juga. Apalagi sekarang Nissan sudah mengeluarkan versi Hybrid dari Nissan X-Trail ini. Nissan X-Trail Hybrid ini merupakan ‘The 1st Hybrid SUV in its class‘, yang bisa menghemat pemakaian bahan bakar hingga 17 km/l, namun tetap mampu memberikan performa yang tinggi dan memiliki suara mesin yang halus atau bahkan nyaris tanpa suara sehingga bisa meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

nissan-x-trail-2

Nissan X-Trail

Lalu bagaimana dengan si anak yang trendy tetapi menyukai hal – hal yang praktis dalam berkendara? Nissan pun menyediakan Nissan March yang memiliki bentuk yang mungil, sehingga cocok dijadikan sebagai city car, di mana bisa bermanuver walaupun di ruangan yang sempit atau di jalanan yang padat. Nissan memberikan harga yang kompetitif untuk Nissan March ini, yakni mulai dari Rp. 167 jutaan.

nissan-march

Nissan March

Masih ada beberapa lagi mobil yang sudah diluncurkan oleh Nissan, yang bisa mengakomodir banyak segmen. Namun untuk menjadikan ‘Nissan mobil pilihan keluarga Indonesia,’ Nissan pun tentunya juga sudah mendukungnya dengan menyisipkan teknologi dan level keamanan yang baik di setiap mobilnya.

Misalnya di Nissan X-Trail sudah diterapkan teknologi Around View Monitor, di mana teknologi ini dapat memantau keadaan di sekitar mobil secara 360° dengan menggunakan 4 kamera yang terletak di kendaraan Nissan X-Trail ini dan akan ditampilkan di layar yang terletak di head unit Nissan X-Trail yang canggih. Fitur ini akan sangat memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraannya, terutama jika tidak ada orang yang memberikan aba – aba.

nissan-x-trail-around-view-monitor

Fitur Around View Monitor di Nissan X-Trail

Di Nissan X-Trail sendiripun, Nissan sudah memberikan banyak fitur keamanan penting. Selain Dual SRS Airbag, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake force Distribution), dan Brake Assist. Kemudian ada fitur lain bernama Vehicle Dynamic Control, yang sangat membantu pengemudi ketika dalam keadaan oversteer atau understeer, sehingga mobil tidak keluar jalur. Dan masih banyak lagi fitur keamanan yang dibenamkan Nissan ke dalam mobil Nissan X-Trail ini. Sederetan fitur keamanan ini sudah dikategorikan oleh Nissan sebagai Nissan Safety Shield, di mana teknologi ini akan membantu mengawasi system kendaraan Nissan dengan lingkungan sekitar.

nissan-x-trail-nissan-safety-shield

Nissan Safety Shield

Banyaknya variasi mobil yang dimiliki oleh Nissan, dan juga teknologi serta fitur keamanan yang ditanamkan ke mobil – mobilnya, maka menjadikan Nissan mobil terbaik di Indonesia. Dengan demikian, sudah pantaslah kalau disebut kalau ‘Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia.’

 

(Semua gambar diambil dari website https://www.nissan.co.id)

Advertisements
Comments
  1. Posted by lindaleenk
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Kang Alee
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Adiitoo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Ahmad
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment