Ngopi detikINET: ‘BeCreative with IM3 4GPlus’

2
343

Di acara Ngopi detikINET tanggal 25 Februari 2016, yang baru pertama kali saya datangi, mempunyai tema ‘BeCreative with IM3 4GPlus’ di mana dihadiri 2 bintang tamu seperti Dennis Adhiswara dan Rini Wulandari – dulu kita kenal dengan nama Rini Idol.

Rini yang sekarang memang bergerak secara indie tanpa menggunakan major label untuk album musiknya, tentunya lebih mencari alternatif promosi yang murah, misalnya dengan mempromosikan single – single-nya di media sosial, seperti Youtube, Twitter, dan lainnya, seperti single ‘Oh Baby’ milik Rini yang sudah melanglang buana terlebih dahulu ke Jepang dan Amerika, sebelum akhirnya diputar di radio dalam negeri. Itu karena inisiatif dari fansnya yang mention beberapa radio di luar negeri tentang single ini di media sosial. Hebat ‘kan efek dari media sosial itu?! Rini juga sekarang mulai aktif di Youtube Channel-nya deh, di mana dia mau coba isi dengan vlog dan menyanyi ‘cover song.’

Kalau mau cek, tinggal klik gambar di bawah ini:

rini-wulandari-youtube-channel
Youtube Channel Rini Wulandari

Dari dulu memang kagum dengan suaranya Rini deh, apalagi kalau sudah nyanyi pake falsetto. Nah, ini cuplikan penampilan Rini, ketika menyanyikan lagu ‘Rapuh’ di acara Ngopi ini:

Kalau Rini lebih menceritakan pengalamannya menggunakan media sosial dan internet untuk promosi lagunya, maka Dennis lebih ke arah video marketing.

Dennis tentunya sudah memiliki pengalaman segudang dalam hal pembuatan video dan pemasarannya, maka dari itu, Dennis lebih membagi berbagai kesalahan yang dia sudah pernah lakukan atau temukan dalam hal pembuatan video atau dalam pemasaran videonya sehingga kita tidak mengulang kesalahan yang sama.

Yang pertama adalah ketika si brand ‘takut kehilangan kontrol’ pada saat pembuatan video atau iklan. Misalnya si brand merasa kurang ini dan itu dari videonya, kemudian ditambah logo brand di sini, ditambah itu di sana, dan lainnya, sehingga lama – lama videonya bisa kehilangan feel-nya. Padahal yang terpenting tuh sebenarnya kontennya ya, misal dalam pembuatan sebuah iklan, buatlah agar penonton merasa tidak menonton sebuah ‘iklan’ tapi semacam sebuah short movie dengan cerita, padahal sebenarnya yang lagi ditayangkan adalah iklan.

Kalau ini kok sepertinya saya sering perhatikan iklan dari Thailand – yang sering beredar di timeline Facebook saya, di mana di iklan tersebut lebih seperti video singkat yang menarik untuk ditonton dan tidak memunculkan produk si brand sama sekali lho. Nama si brand baru muncul pas di akhir iklan tersebut.

Youtube Channel Rini Wulandari
@OmDennis lagi berbagi informasi mengenai pembuatan video dan pemasarannya di acara Ngopi detikINET (Jakarta – Indonesia)

Contoh kesalahan berikutnya adalah ‘Blind date’ alias brand yang memilih influencers atau channel hanya berdasarkan jumlah subscribers-nya. Padahal masih ada beberapa hal lainnya yang mesti dilihat, seperti relevansi dengan produk, konsistensi dalam hal jadwal upload konten terbarunya, dan juga level engagement dengan subscribers-nya. Selain itu, sepertinya brand juga mulai bisa melirik channel yang kecil dan medium dalam hal ukuran subscriber-nya. Jadi misal dengan sejumlah uang, pilihannya bisa mendapatkan 1 influencer besar saja atau banyak influencers kecil tapi bisa mendapatkan variasi penonton dan konten.

Kesalahan ketiga adalah ‘keinginan untuk menjadi viral secara cepat’ namun … minta harganyanya murah huehe. Wah, ini mah … karena untuk membuat sesuatu secara viral, kita harus mempunyai yang namanya ‘multi-platform strategy.’ Jadi semua media sosial kita mainkan, termasuk juga TV. Kebayangkan jadinya kalau ternyata semuanya butuh energi dan biaya, ya?!

Tetapi … misalnya mau mencoba taktik dengan biaya yang rendah, kita bisa lho bereksperimen menggunakan mini kontes untuk meningkatkan ‘brand awareness’ terhadap suatu produk.

Poin yang berikutnya adalah mengenai durasi, di mana terkadang menceritakan sesuatu dalam video itu butuh waktu. Jadi sebenarnya yang terpenting di sini adalah konten ceritanya, bukan durasinya. Mau durasi iklannya panjang, tetapi menarik untuk diikuti sih, oke – oke saja ya.

Nah, berbicara mengenai durasi, kamu pasti familiar dengan tombol ‘skip’ untuk video iklan di YouTube, ‘kan?

Di sini menjadi menarik, karena ternyata iklan di YouTube hanya punya waktu 5 detik saja untuk menyampaikan pesannya yang menarik, kalau tidak, pasti penonton akan skip iklan tersebut. Walaupun sekarang ada iklan yang ‘menghilangkan’ opsi skip tersebut, sejujurnya saya sendiri kalau pada saat di awal merasa iklan tersebut menarik, saya akan menontonnya sampai selesai kok. Jadi para brand mestinya tidak perlu khawatir ya hehe. Intinya buatlah agar menarik di 5 detik pertama.

Dennis juga memberikan beberapa contoh menarik yang berkaitan dengan peraturan iklan yang 5 detik di YouTube:

Dengan begini, malah orang jadi tertarik untuk menonton iklannya terus ‘kan ya tanpa ‘skip’? 🙂

Terakhir, Dennis juga menyarankan kalau ada baiknya kita juga belajar menambah ilmu sendiri, seperti misalnya melalui website YouTube, di paling bawah ada menu untuk ‘Creators.’ Di sini kita bisa banyak menambah ilmu yang kita minati lho!

Kalau kamu mau tahu lebih lanjut mengenai YouTube for Creators, monggo tinggal klik gambar di bawah ini:

youtube-for-creators
YouTube for Creators

Eh iya … kamu tahu tidak kalau ternyata Dennis juga CEO dari Layaria.com?

Nah, Layaria ini semacam penghubung antara kamu sebagai video creators dan brand. Kamu sebagai video creators, bisa mencari potential sponsors untuk proyek video kamu, sedangkan nanti brand juga bisa mencari video creators yang kira – kira cocok dengan produknya mereka.

Kalau kamu seorang video creator, coba cek Twitter-nya Lavaria deh untuk info lebih lanjut 🙂

Layaria

So, kalau kamu banyak menggunakan smartphone untuk akses media sosial dan upload video ke Youtube atau kanal lainnya, kamu bisa pake Indosat IM3 Ooredoo nih, karena ada paket keren namanya Freedom Combo.

Kenapa freedom combo?

Karena dengan menggunakan paket ini, kamu bisa menelpon dan SMS sepuasnya, plus kamu bisa menggunakan jaringan 4G yang super keren ini!

Coba dilihat, kira – kira paket freedom combo mana yang cocok untuk kamu, dan kalau kamu berminat untuk membeli paketnya, tinggal klik gambar di bawah ini, nanti kamu akan digiring ke website Indosat IM3 Ooredoo kok 🙂

ngopi-detikinet-bareng-indosat-im3-ooredoo-featured-image-paket-freedom-combo
Paket Freedom Combo untuk IM3 Ooredoo kamu 🙂

Overall, acaranya cakep banget, tempat dan makanannya juga sedap!

Banyak dapat informasi mengenai pemasaran video secara online dari Om Dennis.

Ditunggu di acara Ngopi detikINET selanjutnya 😉

Yeay, senangnya ketika mendapat telepon kalau saya menjadi salah satu pemenang lomba blog dari detikINET ini untuk acara ‘BeCreative with IM3 4GPlus’. Hadiahnya mau tahu apa?

Ini dia … Samsung Galaxy J5. Hore!

Lumayan, bisa kasih kado buat orang tua nih!

samsung-galaxy-j5-2
Terima kasih detikINET atas Samsung Galaxy J5 – nya 🙂

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here