Ngopi bareng Tiket dan peluang untuk blogger

Author: | Posted in Liputan, Lomba, Tips 18 Comments

Acara kumpul – kumpul bareng Tiket.com atau juga disebut Ngopi Bareng Tiket.com baru saja diadakan, dan mengambil tema ‘bagaimana menghasilkan uang melalui blogmu.’ Narasumber utama di Ngopi Bareng Tiket kali ini adalah Mak Indah Juli yang akan membicarakan mengenai ‘how to brand your blog’, ditambah dengan beberapa perwakilan dari Tiket.com, seperti Gaery Undarsa yang merupakan Co-Founder dan Chief Communication Officer dari Tiket.com, Novasta, Head B2B Tiket.com, dan sebuah testimoni dari Affiliate Partner Tiket.com.

How to Brand Your Blog

Sebagai seorang blogger yang ingin serius di dunia blogging, tentunya kita harus memperhatikan gaya penulisan di setiap blog post, karena itu akan merepresentasikan kita di hadapan para pembaca. Gaya penulisan serius, becanda, ataupun puitis, tentunya akan mempunyai kalangan pembaca yang berbeda, dan mungkin saja akan ‘mempunyai’ kalangan brand tersendiri yang ingin mengajak bekerja sama. 

Lalu misalnya ada orang yang baru pertama kali mengunjugi blog kita, bagaimana mereka bisa mengetahui karakter dari blog kita?

Salah satunya adalah dari halaman ‘About Me’, karena di sinilah kita bisa ‘menjual’ diri kita kepada pembaca ataupun brand. Seperti apakah diri kita, tulisan apa sajakah yang bisa didapatkan di blog ini, dan lain – lainnya.

Selain itu menurut Mak Indah Juli, yang perlu diperhatikan dari blog kita adalah tampilannya atau biasa disebut sebagai ‘theme.’ Karena kalau tampilannya datar atau tidak menarik, mungkin orang akan kurang berminat. Lalu hal penting lainnya dari theme ini adalah apakah theme tersebut sudah mobile responsive atau belum. Ini penting karena sekarang sudah banyak orang yang menggunakan smartphone untuk segala hal, mulai dari mencari informasi, membaca artikel, bahkan hingga melakukan transaksi secara online, orang – orang sudah mulai banyak yang menggunakan smartphone.

ngopi-bareng-tiket-blogger-indah-julianti

Mak @IndahJuli sedang sharing mengenai ‘How to brand your blog’

Hal lain yang ditekankan oleh Mak Indah untuk para blogger adalah memperhatikan pembacanya. Makanya kita harus dibantu oleh Analytics atau halaman statistik blog yang sudah disediakan dari blog tersebut secara otomatis. Di sini kita bisa mengetahui asal pembaca kita, tulisan kita yang menjadi favorit, atau apakah pembacanya lebih menggunakan smartphone atau desktop / laptop ketika membaca blog kita. Kalau saya sendiri, porsi pembaca yang menggunakan smartphone hampir mendekati pembaca yang menggunakan desktop.

Kemudian bagaimana peluang yang bisa kita dapatkan sebagai blogger?

Ada beberapa peluang yang disampaikan oleh Mak Indah, seperti contohnya program afiliasi tiket.com (atau menjadi partner), Google Adsense, content placement, Backlink review, dan paid content (product / brand review). Dari kesemuanya itu, apabila kita melihatnya dari sisi income yang akan kita dapat, Mak Indah mengatakan kalau yang terakhir, yakni paid content atau kita bisa menyebutnya sebagai ‘job review,’ yang bisa memberikan hasil yang oke lho!

peluang-blog-blogger-program-afiliasi-adsense-job-review

Beberapa peluang untuk seorang blogger

Dari job review ini, ada beberapa hal yang harus kita lihat, misalnya kita harus mengetahui jenis job yang kita terima. Kita harus memahaminya dengan membaca brief yang diberikan oleh klien sehingga kita bisa membuat tulisan dengan baik. Kita juga harus membaca surat perjanjian pekerjaan ini, terutama bentuk pekerjaan yang harus kita kerjakan – seperti berapa banyak blog post atau tweet, dan juga periode pekerjaannya. Mak Indah juga menekankan, kalau ada baiknya kita tidak pelit dengan klien kita, misalnya hanya diharuskan nge-tweet 10 kali, kita bisa saja menambah hingga 15 kali. Ini semua tergantung bagaimana cara kita menerangkan, termasuk dengan adanya pembukaan dan penutup, sehingga tidak terkesan hard selling. Tapi semua ini lagi – lagi balik ke brief yang diberikan oleh klien, dan balik ke kita, apakah kita setuju dengan keinginan klien atau tidak. Selain itu, kalau misalnya job review adalah me-review sebuah produk, ada baiknya kita mencoba produk tersebut dahulu. Me-review sebuah produk itu tidak baik kalau menulisnya berdasarkan google search atau hanya berdasarkan ‘katanya ….’ Hal yang terakhir dari job review ini adalah membagikan hasil tulisan kita ke semua akun social media kita.

How to get the benefit from Tiket.com?

Dalam kesempatan kali ini, Tiket.com, diwakili oleh Gaery Undarsa – sebagai Chief Communication Officer, juga mengajak kita untuk melihat bagaimanakah keadaan industry online travel agent di Indonesia. Ngomong – ngomong soal Tiket.com, kamu kira – kira sudah pernah mengakses websitenya belum? Hehe …

Kalau belum, kamu bisa mengaksesnya di sini:

Tiket.com

Untuk Tiket.com sendiri, ternyata penjualan mereka di tahun 2015 sudah melebihi dari 3 juta booking / tiket, atau kalau dilihat lebih mendalam, itu berarti sama saja dengan lebih dari 10,000 tiket setiap harinya di tahun 2015. Sehingga bisa dikatakan di tahun 2015, Tiket.com mengalami pertumbuhan sebesar 300%. Oleh karena besarnya jumlah booking, dan walaupun Tiket.com merupakan perusahaan online, mereka tetap membutuhkan karwayan yang cukup banyak, hingga saat ini berjumlah 250 orang.

ngopi-bareng-tiket-gaery-undarsa

@Gaery, selaku salah satu co-founder dan Chief Communication Officer dari Tiket.com

Kamu bisa menebak tidak, perkiraan pertumbuhan industri ini di tahun 2025?

Menurut Gaery, nanti market ini akan memiliki potensi sekitar $25 – 30 miliar. Bayangkan betapa banyaknya itu! Lalu apakah kita bisa mencicipi dari market yang sedang berkembang ini?

Pak Novasta, selaku Head division untuk B2B market Tiket.com, mengatakan kalau kita, sebagai blogger, bisa juga mengambil bagian dari perkembangan industry online travel agent.

ngopi-bareng-tiket-novasta

Novasta, Head B2B dari Tiket.com, menjelaskan peluang menjadi partner dari Tiket.com

Sebelumnya Mak Indah sempat mengatakan kalau salah satu peluang yang bisa diambil oleh blogger adalah dengan mengikuti program afiliasi (partner) Tiket.com. Nah di sinilah kita, blogger, bisa juga mendapatkan keuntungan dari industri online travel agent ini dengan menjadi partner dari Tiket.com. Ada beberapa jenis dari afiliasi ini, seperti kita bisa memasang widget dari Tiket.com booking di blog kita, atau secara offline, kita juga bisa menjadi salah satu agen distribusi atau juga disebut sebagai DOTA (Distribution Online Tiket.com Agent).

widget-tiket.com-blog-nuniek.com

Ini tampilan widget dari Tiket.com di blog Mbak @nuniek di http://www.nuniek.com/

Lalu kenapa kita lebih baik bekerja sama dengan Tiket.com?

Karena Tiket.com sudah bekerja sama dengan 14 maskapai lokal, dan sekitar bulan Mei, Tiket.com akan bekerja sama dengan maskapai asing. Selain pesawat, di Tiket.com juga sudah terdapat menu booking untuk hotel, kereta api, penyewaan mobil, dan juga tiket untuk event.

main-page-tiket.com

Tiket.com sudah menyediakan fasilitas booking untuk berbagai keperluan, seperti pesawat, hotel, kereta api, sewa mobil, dan event

Coba bayangkan kalau kita ingin menjadi agen travel booking sendiri. Kita harus melakukan kerja sama dengan airline sendiri, dan dalam bentuk kerja sama tersebut, kita diharapkan menaruh sejumlah uang sebagai deposit. Bayangkan misalnya kalau ada airline yang tutup, lalu bagaimana dengan deposit uang kita tersebut? Selain deposit, kalau kita ingin jalan sendiri, kita juga harus mengerti bagaimana cara menginput booking tersebut ke sistem travel agent. Bingung, ‘kan?

Dari kesemuanya itu, yang terpenting adalah sisi keamanan. Menurut Natali, Chief Technology Officer dari Tiket.com, mengatakan kalau Tiket.com sudah bekerja sama dengan BCA untuk proses pembayaran, dan juga salah satu payment getaway di Singapore yang juga dipakai oleh Amazon.com dan Apple, dan terakhir adalah adanya fitur 3DS. Mudahnya, sistem 3DS ini akan memberikan konfirmasi transaksi ke nomor telepon orang yang melakukan transaksi tersebut. Dengan adanya 3DS ini, maka Tiket.com sudah free fraud yang ‘tidak membayar’ sejak Agustus 2014.

ngopi-bareng-tiket-cto-natali-ardianto

Natali sebagai Chief Technology Officer dari Tiket.com menjelaskan tentang keamanan dari Tiket.com

Acara Ngopi Bareng Tiket kali ini asyik sekali karena bisa mendapatkan banyak informasi dari Mak Indah mengenai nge-blog, ataupun dari pihak Tiket.com yang sudah sharing mengenai industry online travel agent / ticketing dan juga kesempatan untuk mendapatkan uang lebih dengan menjadi partner dari Tiket.com sendiri. Tapi mungkin sebagai masukan untuk acara Ngopi Bareng Tiket selanjutnya, ada baiknya untuk mencari tempat yang lebih nyaman untuk mengadakan sharing session. Nyaman mungkin bisa diartikan sebagai tempat yang lebih ‘tertutup’ di mana nanti acaranya menggunakan semacam ruangan tersendiri, sehingga peserta bisa lebih fokus mendengarkan informasi yang dibagikan.

Ditunggu keseruan berikutnya! 🙂

ngopi-bareng-tiket-narasumber

Foto grup pengisi acara Ngopi Bareng Tiket

Wow, senang banget kalau ternyata saya bisa menang dan mendapatkan voucher dari Tiket.com sebesar Rp. 1.500.000,-. Sayang waktu itu kalau tidak salah ada pengumumannya, tapi saya tidak ingat untuk save posternya. Jadi ini dia pengumuman dari emailnya hehe!

ngopi-bareng-tiket-pemenang-blogger

Yeay! Dapat Travel Voucher dari Tiket.com. Terima kasih ya! 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by arif rahman
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Indah Juli
    • Posted by Kornelius ginting
      • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Febriyan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Sally
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Kornelius ginting
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Eni Martini
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Chocky Sihombing
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Iqbal Kautsar
  9. Posted by mas gobed
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment