Mengenang kembali Newmont Bootcamp …

Author: | Posted in Liputan 16 Comments

Sekitar seminggu mengikuti Newmont Bootcamp, rasa – rasanya saya hanya cukup mengerti kulit luarnya saja dari dunia tambang karena ini merupakan hal yang baru untuk dipelajari untuk saya. Mungkin untuk hal detil, sepertinya saya harus mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan dunia tambang hehe. Tapi tentunya, saya sangat bersyukur bisa melihat langsung bagaimana proses penambangan itu dilakukan, dan upaya yang sudah, sedang, dan akan Newmont lakukan ketika selesai pada saatnya nanti. Memang rasanya Newmont Bootcamp yang berlangsung dari tanggal 14 – 22 Februari 2016 ini terasa singkat (#kode hehe), karena semuanya berjalan begitu cepat.

Di tahun 2013, saya sempat naik pesawat ATR yang membawa saya terbang dari Bali menuju pulau Sumba. Karena saya tahu pasti kalau naik pesawat ATR akan terbang lebih rendah, saya selalu memilih untuk duduk di window seat sehingga saya bisa foto-foto. Di tengah penerbangan, saya memang banyak disuguhi pemandangan dari jendela pesawat, dan tiba – tiba saya mendapat pemandangan open pit. Memang kalau dari atas, tidak akan seperti di peta, yang di setiap pulau akan ada namanya, tapi saya sudah bisa menebak kalau itu adalah open pit Newmont, dan selang beberapa tahun kemudian, saya bisa berdiri di pinggir open pit itu untuk melihat lebih dekat melalui Newmont Bootcamp ini.

newmont-bootcamp-sumbawa-barat-nusa-tenggara-barat-indonesia-open-pit

Open Pit miik Newmont dilihat dari atas (Sumbawa – Indonesia)

Newmont Bootcamp

Selama sekitar seminggu ini, proses penambangan yang dipaparkan kepada kami, seperti misalnya mengenai bagaimana cara penambangan itu dimulai, bagaimana cara memrosesnya sehingga bisa memberikan hasil dengan kadar yang diinginkan, dan apa yang Newmont lakukan dalam hal reklamasi area tambang. Dalam hal lingkungan, kami dibagi menjadi beberapa kelompok, di mana saya termasuk di kelompok darat yang dibawa langsung ke lapangan dan melihat seperti apakah hasil reklamasi yang sudah dilakukan Newmont. Selain itu ada kelompok yang melihat bagaimana kondisi karang di area Sumbawa Barat, dan kelompok terakhir yang ikut kapal untuk memantau kondisi area sekitar tailing.

(Baca juga: Newmont dan lingkungan sekitar tambang)

newmont-bootcamp-sumbawa-barat-nusa-tenggara-barat-indonesia-menanam-di-area-reklamasi

Bunda Intan sedang menanam di area reklamasi Newmont 🙂

Kepedulian Newmont terhadap daerah sekitar

Ternyata tidak hanya sampai situ saja, karena dalam Newmont Bootcamp ini, kami juga diajak untuk melihat berbagai program Community Development (atau kadang disebut juga sebagai SR = Social Responsibility) yang melibatkan masyarakat sekitar tambang, seperti di Maluk, Jereweh, dan Kertasari. Bahkan kami juga mendapat kesempatan untuk berbagi cerita ke adik – adik di sekolah menengah di Sumbawa Barat.

newmont-bootcamp-smkn-1-maluk-sumbawa-barat-nusa-tenggara-barat-indonesia

Kakak – kakak di kelompok 2 Newmont Bootcamp V sedang menunggu untuk acara berbagi cerita di SMKN 1 Maluk (Sumbawa Barat – Indonesia)

Aturan mengikuti Newmont Bootcamp

Lalu kenapa namanya ‘bootcamp’, ya?

newmont-bootcamp-sumbawa-barat-nusa-tenggara-barat-indonesia-ban-haul-truck-tire

Berpose di depan ban haul truck yang super besar!

‘Bootcamp ‘kan sepertinya kegiatan yang sangat serius a la militer gitu?’

Dinamai bootcamp karena salah satunya adalah jadwalnya yang super ketat dari pagi hingga sore bahkan malam, di mana semuanya harus bisa mengatur waktu sendiri untuk mandi kemudian sarapan, karena ada banyak hal yang harus kami lihat dan tentunya kami semua harus mengikuti jadwal dari fasilitator Newmont yang sudah meluangkan waktu kerjanya untuk membagi pengetahuan kepada kami.

Sejujur dan sebenarnya, saya itu adalah orang yang lebih suka sunset dibandingkan sunrise hehe, makanya pada saat saya melihat jadwalnya yang dimulai dari pagi hari, saya yang malah memulai latihan bangun pagi beberapa hari sebelum keberangkatan, dan untunglah bangunnya tidak susah – susah amat selama bootcamp hehe.

Selain itu, di pertambangan memiliki aturan yang super ketat, terutama mengenai masalah keselamatan.

Aturan mengenai keselamatan dimulai dari diri sendiri, seperti kami harus memakai yang namanya ‘safety gears’, yang terdiri dari sepatu boots, rompi, helm, dan kacamata – semuanya khusus tambang, bahkan di area tertentu, kami harus menggunakan penutup kuping untuk meredam suara yang cukup keras dari mesin tambang. Semuanya ini menjadi tanggung jawab kami ketika kami beredar di area tambang, dan kami harus memakainya dari pagi hingga malam, lalu membawanya lagi keesokan harinya jika dibutuhkan.

newmont-bootcamp-sumbawa-barat-nusa-tenggara-barat-indonesia-safety-gears

Safety gears yang wajib dipakai di area tambang Newmont

newmont-bootcamp-sumbawa-barat-nusa-tenggara-barat-indonesia-id-card

id-card-tamu-newmont-nusa-tenggara-indonesia
ID card visitor selama Newmont Bootcamp

Hal penting lainnya adalah ID card sebagai ‘pengunjung.’ Area pertambangan merupakan restricted area alias tidak bisa dimasuki sembarang orang. Semuanya harus jelas, karena nanti akan ada petugas yang memindai tanda pengenal ketika kita masuk dan keluar dari area tambang, dan yang jelas, ID card tersebut penting kalau kita ingin masuk ke area tempat makan Newmont, karena kami peserta bootcamp sudah diberikan jatah makan sebanyak 3 kali dalam sehari.

Jadi secara tidak langsung kami sebenarnya sudah merasakan kehidupan ketika kami menjadi karyawan Newmont hehe.

Peserta Newmont Bootcamp

Di bootcamp ini, peserta terdiri dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari mahasiswa, dosen, blogger, dan fotografer, serta ada juga beberapa awak media. Yang membuat saya kagum adalah para mahasiswa/i-nya yang pintar – pintar sekali, jadi kadang atau malah sering, menjadi tempat saya untuk bertanya hal – hal yang saya kurang mengerti dari tambang. Salute! Selain itu, tentunya dari sekian banyak peserta bootcamp, bakal menambah dan memperluas lingkaran pertemanan, karena domisili yang beraneka ragam juga. Mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Sorowako, Lombok, bahkan ada yang dari Sumbawa juga. Jadi setidaknya sekarang saya tahu, mesti mengontak siapa kalau saya ada rencana bepergian ke daerah – daerah ini 🙂

Agenda wisata selama Newmont Bootcamp

Berbicara tentang bepergian, pastinya kami dibawa bepergian ke pulau Sumbawa, juga untuk diperkenalkan dengan keindahan alam dari pulau Sumbawa tersebut, ya. Walaupun jadwal kami padat merayap, tapi kami bersyukur masih bisa menikmati sunset di beberapa pantai yang masih jaaraaaannnng pengunjungnya dan air terjun yang airnya segar banget!

(Baca juga: An amazing spot called Perpas Waterfall)

Saya bersyukur sekali kalau selama Newmont Bootcamp berlangsung, cuaca cerah dan langit biruuuuuuu sekali, jadi sangat mendukung saya yang kali ini hanya mengambil foto menggunakan iPhone saya saja huehe.

Oh iya, di bawah ini foto keindahan salah satu pantai di Sumbawa yang kami kunjungi. Ini sekalian promosi akun Instagram deh ya haha 😉

Untuk tahu lebih lengkap mengenai pantai – pantai di Sumbawa, saya sudah membuat blog post mengenai itu.

(Baca juga: Introducing the Sumbawa Beach)

Cukup banyak yang saya dapatkan dari seminggu ini, dan semoga saja saya bisa membagikan banyak hal yang bermanfaat juga di blog ini berdasarkan pengalaman saya mengikuti Newmont Bootcamp ini. Tapi kalau kami mau langsung melihat kegiatan kami selamat bootcamp kemarin, bisa langsung cari menggunakan #NewmontBootcamp di Twitter dan Instagram.

Nah, kalau kamu berminat untuk mengikuti #NewmontBootcamp selanjutnya, pantau terus akun media sosial dari Newmont Nusa Tenggara di Twitter, Instagram, dan Facebook-nya 🙂

(Foto untuk featured image diambil oleh Iqbal Kautsar)

newmont-bootcamp-sumbawa-barat-nusa-tenggara-barat-indonesia-relax-ratung-cafe

peserta-newmont-bootcamp-bersantai-di-cafe-pantai-rantung
Santai setelah seharian beraktivitas dan sambil menunggu saat sunset di Pantai Rantung (Sumbawa Barat)

Setelah Newmont Indonesia diakuisi oleh Medco Energi Internasional, untuk saat ini nama Newmont Bootcamp berubah menjadi Batu Hijau bootcamp. Batu Hijau sendiri merupakan lokasi di mana terdapat open pit Newmont Indonesia.

Comments
  1. Posted by Aan Widhi Atma
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by puputs
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Iqbal Kautsar
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by wulan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Evi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by insanwisata
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by arikus
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Efenerr
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment