Akhirnya nyobain juga naik kereta bandara Soekarno Hatta

0
1436
kereta bandara soekarno hatta featured image - kadungcampur

Nyobain juga kereta bandara Soekarno Hatta – Ya ampun akhirnya ada tulisan juga tentang kereta bandara Soekarno Hatta haha. Padahal niatnya mau menulis dari sejak awal tahun 2018, dan sekarang udah di penghujung tahun 2018 aja ya haha. Begitulah, yang penting diniatkan dulu ya haha!  Anyway, di awal tahun 2018 ini, tepatnya di akhir Januari 2018, saya akhirnya nyobain naik kereta bandara Soekarno Hatta untuk pertama kali, setelah pulang dari Singapura abis melirik-lirik terminal T4 Singapura yang masih anyar.

Memang selama ini kenapa? Kok ga pernah naik kereta bandara Soekarno Hatta kalau mau travelling?

Akhirnya naik kereta bandara

Pas bulan Januari 2018 tersebut, sebenarnya saya iseng banget nyobain ingin naik kereta bandara Soekarno Hatta. Naik kereta bandaranya juga karena penasaran sih, masa udah ada tapi belum pernah naik hehe.

timo wp indonesian travel blogger menunggu kereta bandara stasiun sudirman baru - kadungcampur
Lagi nungguin kereta bandara Soekarno Hatta di Stasiun Sudirman Baru 😀

Sebenarnya alasannya saya kenapa baru naik saat itu simpel sih, karena saya tinggalnya di daerah Tangerang Selatan. Jadi rasanya kalau naik kereta bandara untuk menuju airport Soekarno Hatta, kok rasanya kudu muter-muter dulu, ya hehe. Begitu juga kalau pas baliknya. Agak repot sih kalau bawaannya banyak. Misalnya dari rumah saya ingin naik kereta bandara, berarti rute saya adalah naik commuter line dari arah Serpong menuju Tanah Abang, kemudian ganti jalur yang ke arah Bogor untuk turun di stasiun Sudirman. Dari situ, saya mesti jalan sedikit untuk ke stasiun Sudirman Baru (stasiun BNI City) yang merupakan salah satu stasiun kereta bandara Soekarno Hatta.

Eh tapi ternyata di sepanjang tahun 2018 ini, saya malah beberapa kali naik kereta bandara dari airport Soekarno Hatta, karena saya kudu langsung meluncur ke tempat kerja di daerah Kuningan hehe. Lumayan banget, ga usah bermacet-macetan di jalan, ya?

Rute kereta bandara Soekarno Hatta

Waktu awal-awal, rute kereta bandara Soekarno Hatta baru melayani beberapa stasiun aja, tapi saya baru baca-baca dari artikel finance.detik.com, kalau mulai Juni 2018, kereta bandara Soekarno Hatta juga melayani daerah Bekasi. Wah, ini lumayan banget sih ya, bisa jadi alternatif transportasi ke bandara Soekarno Hatta bagi yang tinggal di daerah Bekasi dan juga orang-orang yang naik kereta Argo Parahyangan dari Bandung atau Purwakarta.  

Berarti rute kereta bandara Soekarno Hatta saat ini melayani stasiun:

Bandara Soekarno Hatta <> Batu Ceper <> Duri <> Sudirman Baru <> Bekasi

Cara beli tiketnya gampang ga?

Selama ini, saya kalau beli tiket kereta bandara Soekarno Hatta on-the-spot hehe, karena biasanya merupakan perjalanan pulang, jadi lebih santai. Tapi kalau kamu mau naik kereta bandara untuk jadwal terbang, mending beli secara online aja sih ya, daripada nanti kehabisan.

Beli online bisa melalui aplikasi di smartphone atau bisa melalui website Railink. Pembayaran kalau kita beli tiket kereta bandara juga gampang kok, bisa pakai kartu kredit, ATM transfer, virtual account, atau online payment lainnya ?

beli tiket kereta bandara via aplikasi online
Beli tiket kereta bandara bisa dengan aplikasi Railink, atau …
beli tiket kereta bandara via website railink - kadungcampur
Bisa melalui website railink di https://reservation.railink.co.id/

Bagaimana kalau kita membeli tiket bandara on-the-spot seperti saya?

Gampang juga kok, karena di sana kita bisa beli tiket kereta bandara menggunakan vending machine yang tersedia. Prinsipnya sama sih, mulai dari menentukan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan beli berapa tiket. Kamu juga bisa beli untuk pulang-pergi juga kok, jadi sekalian. Step selanjutnya, ya kamu tinggal tentukan jam keberangkatan yang kamu ingini. Tenang aja, kalau belum fasih, akan ada staff yang bisa bantu kamu kok.

beli tiket kereta bandara soekarno hatta on the spot vending machine - kadungcampur
Kalau beli on-the-spot, bisa beli di vending machine ini. Nanti kalau ga ngerti, bisa dipandu sama staff nya juga kok 🙂

Lalu cara pembayarannya bagaimana? Gampang juga kok, karena ada tiga metode pembayaran tiket kereta bandara di vending machine, mulai dari menggunakan kartu debit, kartu kredit, hingga top-up card, seperti e-money. Kalau kamu menggunakan kartu kredit, berarti kamu harus udah punya PIN kartu kredit, ya. Karena ga mungkin juga pake tanda tangan di sini hehe.

beli tiket kereta bandara soekarno hatta menggunakan kartu kredit di vending machine - kadungcampur
Di vending machine, bayar tiket kereta bandara bisa pakai kartu debit, kartu kredit, atau ga pake top-up card, seperti e-money

Oh iya, kalau kamu beli tiket kereta bandara secara online, kamu bisa juga kok beli tiket kereta bandara Kualanamu yang di Medan itu. Ah, jadi teringat, udah lama banget ga ke Medan hehe.

Naik kereta bandara dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta

Ini pas awal-awal mau naik kereta bandara, saya sempat bingung, ini posisi stasiun untuk kereta bandaranya di mana sih, apa jadi satu dengan terminal 1, atau gimana? Oh ternyata lokasinya agak terpisah dengan para terminal di Bandara Soekarno Hatta.

skytrain kalayang bandara soekarno hatta 1 - kadungcampur
Stasiun kalayang Terminal 1

Lalu kalau terpisah naiknya bagaimana?

Tenang aja, kan udah ada kalayang alias skytrain di bandara Soekarno Hatta hehe. Dan di bulan Januari 2018 itu lah, saya juga perdana nyobain skytrain bandara Soekarno Hatta.

rute kalayang skytrain bandara soekarno hatta - kadungcampur

Skytrain juga memiliki stasiun sendiri kok, lokasinya di seberang dari terminal bandara, kecuali di Terminal 3 Soekarno Hatta yang lokasinya pas di bagian depan.

kalayang skytrain bandara soekarno hatta view dari dalam 4 - kadungcampur
Naik skytrain pun perdana pas bulan Januari 2018 hehe

Stasiun Bandara Soekarno Hatta

Sejauh ini paling saya hanya pernah naik kereta bandara dari stasiun bandara Soekarno Hatta menuju stasiun Sudirman Baru. Kalau stasiun bandara terdiri dari 2 lantai, yang mana untuk bagian resepsionis dan vending machine ada di lantai 1. Sedangkan sisanya paling hanya ruang tunggu, minimarket, dan tempat makan, seperti bakso A Fung. Kalau di stasiun Sudirman Baru, pernah lihat signage dari Starbucks coffee sih hehe.

stasiun kereta bandara soekarno hatta resepsionis 1 - kadungcampur
Welcome to Stasiun Bandara Soekarno Hatta
stasiun kereta bandara soekarno hatta ruang tunggu 1 - kadungcampur
Ini ruang tunggu di Stasiun Bandara Soekarno Hatta
minimarket stasiun kereta bandara soekarno hatta - kadungcampur
Kalau mau beli cemilan atau ganjel perut sambil nunggu keretanya dateng hehe
stasiun sudirman baru kereta bandara soekarno hatta - kadungcampur
Nah kalau ini di Stasiun Sudirman Baru. Kalau ada yang mau beli oleh-oleh Roti ‘O’ bisa deh dibeli di sini hehe

Nanti untuk naik kereta bandara, tentunya dari lantai 1 ya, di situ juga ada gerbang masuk dengan sistem tap-in pakai barcode yang tercetak di tiket kereta bandara, ya.

masuk kereta bandara soekarno hatta - kadungcampur
Untuk melewati gate keberangkatan, tinggal tap-in barcode yang tercetak di tiket kereta bandaramu, ya

Lalu seperti apa nih daleman kereta bandara?

Kalau kamu pernah naik kereta bandara Kualanamu, ya sama-sama aja kok. Keretanya bersih, lega, dan nyaman. Sayangnya belum ada Wi-Fi deh haha (teteup, ya). Untuk USB port untuk colokan charger hape juga ada. Posisinya di bawah sandaran tangan – di antara ke dua bangku. Kalau kamu bawa tas bagasi besar, juga ga perlu bingung naruhnya di mana, karena ada area di setiap gerbong untuk menaruh bagasi. Nah, yang saya belum pernah tuh ke toiletnya hehe. Kalau ga salah lokasi toilet di dalam kereta bandara tuh ada di gerbong ujung depan dan belakang haha.

kereta bandara soekarno hatta - kadungcampur
Masuk yuk masuk … 😀
kereta bandara soekarno hatta kursi penumpang - kadungcampur
Ini nih dalemannya kereta bandara Soekarno Hatta. Nyaman dan bersih ya 🙂
kereta bandara soekarno hatta tempat bagasi - kadungcampur
Di dalam gerbong juga ada tempat buat naruh tas bagasi yang besar-besar
kereta bandara soekarno hatta usb port charging - kadungcampur
Kalau lupa bawa powerbank, mayan nih ada charging port di setiap bangku

Kapan terakhir naik kereta bandara?

Saya terakhir naik kereta bandara tuh di bulan Juli 2018, itu karena mau lanjut jalan ke daerah Kuningan, ya. Menyenangkan memang kalau naik kereta bandara, karena nyaman sih. Apa mungkin saya perlu pindah tinggal ke daerah Sudirman atau Kuningan ya, biar lebih sering menggunakan naik kereta bandara kalau mau terbang? Aminnn.

Well, semoga nanti setelah Bekasi, ada lagi stasiun kereta bandara di daerah lain, ya. Semakin banyak mengkoneksikan area, jadi bisa semakin banyak orang yang bisa memanfaatkan kereta bandara sebagai alternatif transportasi menuju bandara Soekarno Hatta ?

kereta bandara soekarno hatta pemandangan dari luar - kadungcampur
Kapan ya naik kereta bandara lagi huehe.

Oh iya, kalau ada yang mau lihat video teman blogger lainnya pas naik kereta bandara Soekarno Hatta, bisa langsung aja cek ini ya:

Video Oom Salmanbiroe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here