Advertisements

Nabung untung dengan tabungan online

Author: | Posted in Keuangan, Liputan, Lomba 23 Comments

Nabung untung dengan tabungan online – Seperti yang kita ketahui, digital sekarang udah ‘menyerang’ banyak sektor, termasuk sektor finansial. Adanya disrupsi digital ini, membuat banyak bank yang berlomba-lomba untuk turut serta terjun ke dunia digital dengan membuat tabungan online dan mulai mengembangkan digital branch-nya. Lalu bagaimana dengan lembaga keuangan yang lain, seperti koperasi? Apakah udah siap dengan ‘hantaman’ dari digital juga?

Masih ingat koperasi, ga?

Ngomong-ngomong koperasi, kok saya jadi ingat saat saya jaman SMP, ya. Saat itu di dalam sekolah terdapat satu koperasi yang letaknya di bawah tangga sekolah. Jualannya juga ada macam-macam, mulai dari kebutuhan sekolah, sampai mungkin jajanan deh, tapi saya juga udah ga terlalu ingat sih hehe.

Oh trus saya juga masih ingat, beberapa tahun lalu, teman saya pernah menawari untuk membuat deposito. Pas saya tanya, ternyata teman saya kerja di salah koperasi simpan pinjam. Dan ternyata saya baru tau kalau koperasi pun boleh menghimpun dana, ya, dan nanti dananya juga bisa disalurkan. Penyaluran dananya sih lebih kepada anggotanya ya. Namanya juga koperasi, tujuannya adalah menyejahterakan anggotanya sih. FYI, kamu juga kalau berminat juga bisa mendaftar jadi anggota koperasi kok.

Balik lagi ke teman saya tadi, kemudian dia pun menjelaskan kalau untuk simpanan di koperasi akan memiliki bunga yang lebih tinggi daripada bunga yang ditawarkan oleh bank, ini salah satunya adalah karena pajak yang dikenakan oleh koperasi lebih rendah daripada pajak yang dikenakan oleh bank. Faktor lainnya adalah karena di koperasi juga terdapat SHU alias Sisa Hasil Usaha yang dibagikan tiap tahun kepada anggotanya. Ternyata menarik juga ya menyimpan dana di koperasi.

Koperasi saat sekarang

Saat teman saya menawarkan produk simpanan kepada saya, semuanya masih berbentuk brosur-brosur kertas, bahkan formulirnya juga demikian. Untuk mengisi formulir dan mengambil semacam bilyet deposito itu pun, saya harus bolak-balik ketemu teman saya. Saya jadinya malah ga enak sama teman saya, karena harus bolak-balik ketemuan haha. Tapi itu dulu, beda dengan sekarang.

Seperti yang saya utarakan di awal, digital udah mendisrupsi berbagai sektor, termasuk salah satunya sektor keuangan. Bank-bank udah mulai masuk ke dunia digital, lalu bagaimana dengan koperasi?

Menurut Pak Dodong Cahyono, salah satu pengawas dari Koperasi Simpan Pinjam Mitra Sejati (KSP Mitra Sejati), Pak Jokowi sempat bilang saat perayaan Hari Koperasi Nasional 2017 yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan, bahwa koperasi jangan mau kalah dengan yang lainnya di sektor finansial dalam hal pengembangan di bidang teknologi. Oleh karena itu, pada tanggal 12 Juli 2017 lalu, KSP Mitra Sejati pun meluncurkan sebuah tabungan online, bernama Sobatku.

dodong cahyono sobatku simpanan online sahabatku

Pak Dodong yang merupakan pengawas dari KSP Mitra Sejati memberikan keterangan singkat mengenai Sobatku

Sobatku si tabungan online

Sobatku yang dikembangkan oleh KSP Mitra Sejati ini merupakan singkatan dari Simpanan Online Sahabatku. Kalau membaca dari kata ‘sahabatku’, ini memang karena KSP Mitra Sejati didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna. Dan kalau membaca kata Sampoerna, berarti kita udah tau ya, seberapa besar dan kuat grup Sampoerna itu.

Kalau ngomongin soal tabungan online, saya termasuk salah satu yang mendukungnya. Masih ingat cerita di atas mengenai teman saya yang menawarkan deposito di salah satu koperasi. Semua formulir hingga bilyetnya masih berupa kertas. Dan bayangin aja, saat pencairan, bilyet depositonya harus diserahkan kembali. Coba, bagaimana tuh kalau sampai hilang ya. Makanya saya senang banget deh sama yang namanya tabungan online.

Lalu bagaimana dengan Sobatku sendiri?

Menurut informasi di website-nya, Sobatku setidaknya mempunyai 6 keunggulan, dan saya pun udah merasakannya sebagian.

Buka rekening cukup dengan smartphone

Hello! Namanya digital semua tentunya bisa diakses dengan menggunakan internet, bukan? Dan pastinya juga, kita bisa mengakses internet dengan smartphone kita, yes?

Sama halnya dengan Sobatku ini, tabungan online Sobatku bisa dibuka dengan hanya menggunakan smartphone. Proses pendaftarannya pun cepat banget, dan saya ga bohong lah, secara saya juga udah buka!

proses registrasi sobatku simpanan online sahabatku mudah

Proses registrasi Sobatku yang mudah

Kita tinggal download aplikasi Sobatku yang udah tersedia di Android dan iOs, dan kemudian mengisi form registrasi. Pastikan nomor handphone yang kamu isi itu benar, ya, karena nomor handphone kamu akan menjadi nomor rekening Sobatku. Enak, ‘kan? Nomor rekening merupakan nomor rekening juga, sesimpel itu lah! Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk meng-upload foto KTP-mu. Hmm, bisa sih kalau kamu ga bawa KTP-mu saat itu, tapi kamu hanya mendapatkan fasilitas sebagai Pengguna Standar aja, misalnya tabungan maksimal Rp. 1 juta dan kamu ga bisa mengikuti Undian Milyaran Rupiah? Eh, apa tuh undian milyaran rupiah segala? Sabar, ya, makanya kamu langsung buka rekening Sobatku dulu deh, dan langsung upload KTP agar kamu jadi Pengguna Upgrade! Haha 😀

sobatku simpanan online sahabatku android sobatku simpanan online sahabatku ios apple

 

 

Setor dan tarik tunai di Alfamart / Alfamidi

Ini sebenarnya salah satu hal yang menarik ya, secara Alfamart udah ada di mana-mana. Bahkan kalau saya jalan-jalan ke daerah pun, salah satu hal yang dicari adalah Alfamart buat beli perlengkapan mandi dan cemilan haha!

Hal lain kenapa saya bilang ini menarik adalah biasanya lokasi Alfamart tuh dekat dengan kita. Eh, bener ga? Kalau di tempat saya sih iya, dekat dengan rumah haha. Nah, kalau udah dekat dengan rumah, berarti bisa aja dong ke Alfamart atau Alfamidinya tinggal jalan. Jadinya karena menurut saya alasan yang dekat dengan rumah inilah, kenapa bisa membuat orang yang tadinya agak ogah-ogahan untuk pergi ke bank dengan tujuan menyetor dananya, jadi bisa diatasi dengan menyetor di Alfamart atau Alfamidi ini.

Proses untuk menyetor atau menarik tunai dari rekening Sobatku di Alfamart atau Alfamidi itu mudah banget kok. Mirip-mirip lah dengan menyetor atau menarik tunai di bank. Oh, ini caranya menyetor uang tunai di Alfamart yang saya ambil dari website-nya Sobatku.

setor tarik tunai sobatku simpanan online sahabatku alfamart alfamidi

Cara setor tunai di Alfamart / Alfamidi (gambar dari website Sobatku)

Bagaimana, mudah, ‘kan?

Kalau mau tarik, ya prosesnya sama sih, tapi tinggal bilang aja mau tarik hehe.

Transfer uang pakai nomor HP

Wah, transfer uang pakai nomor HP merupakan hal yang menarik lagi dari Sobatku! Lho kok banyak yang menarik ya dari si Sobatku ini hehe.

Jadi begini, kan di Sobatku ini, nomor HP merupakan nomor rekening, makanya tadi udah saya wanti-wanti kan, jangan sampai salah ya nomornya pas registrasi tabungan online Sobatku hehe. Penting banget soalnya.

Kalau nomor HP merupakan nomor rekening, berarti kalau mau transfer pun mudah banget! Ga perlu ngapalin nomor rekening orang, duh ngapain juga, ya hahaha. Nah, kalau si nomor HP orang yang ingin kita kirimin uang ini ada di phone book kita, berarti saat mau transfer, kita tinggal buka phone book kita di HP kita, dan tinggal pilih orang tersebut. Kalau sampai ga ada bagaimana? Ya udah, tinggal ketik nomor HP-nya secara manual sih, ya. Mudah lah.

Menabung tanpa biaya admin

Wah! Siapa yang sebel sama biaya admin! Saya pasti ngacung lah hahaha. Entah kenapa saya sebel banget sama yang namanya biaya admin hehe, soalnya bunga ga seberapa, terus digerogotin ama biaya admin bulanan. Nehi nehi lah, ya.

Makanya seneng banget deh kalau Sobatku itu ga ada biaya admin!

Dapat bunga 1% lho

Oke, udah tanpa biaya admin, kemudian menabung di Sobatku dapat bunga 1% (per tahun) lagi! Vvah! Making menambah nih kalau begini. Bener, ga? Daripada uangnya dibiarin di bawah bantal, mending nabung uang nganggur tersebut biar dapat bunga dong!

Hadiah milyaran rupiah

Wooh ini tadi sempat disinggung dikit ya si undian milyaran rupiah. Glek! Beneran ga nih? Beneran lah, bahkan saya sempat hadir pas acara pengumuman pemenang grand prize senilai Rp. 100 juta. Eng ing eng.

pemenang grand prize undian milyaran rupiah sobatku

Nih, beneran lho pemenang grand prize Rp 100 jutanya dari Sobatku

Jadi ini merupakan undian berhadiah dari Sobatku, yang udah berlangsung sejak diluncurkannya Sobatku pada bulan Juli 2017. Pengundian sebenarnya dilakukan tiap bulan, tapi untuk pengundian grand prize, dilakukan tiap 3 bulan. Dan masih ada kesempatan satu lagi untuk kamu mendapatkan undian grand prize yang berakhir pada bulan Desember 2017 ini.

Tunggu dulu, kenapa bisa bilang undian milyaran rupiah ya, sedangkan hadiah grand prize nya aja Rp. 100 juta. Itu karena tiap ada pengumuman pengundian, pemenangnya ada sekitar 100-an tiap bulan! Dan walaupun untuk grand prize diumumkan setiap 3 bulanan, sebenarnya di tiap bulan juga ada pengumuman untuk undian bulanan reguler kok.

Mau tau nominal undiannya? Oke, dimulai dari:

  • Rp. 100.000,-
  • Rp. 500.000,-
  • Rp. 1.000.000,-
  • Rp. 5.000.000,-
  • Rp. 10.000.000,-
  • Rp. 100.000.000,-

Masa ga berminat nih ikutan undian milyaran rupiah dari Sobatku? Hehe.

Lainnya

Tentu ada benefit lain dengan membuka rekening di Sobatku misalnya melakukan pembayaran Telkom, internet, PDAM, PLN, HP pasca bayar, dan lainnya. Selain itu kita juga bisa beli pulsa HP dan token listrik kok ?.

Oh iya, untuk top up saldo Sobatku, selain melalui Alfamart, kamu juga bisa langsung top up Sobatku melalui transfer dari rekening bank kamu.

Peran penting dari Sobatku

Sebenarnya Sobatku tuh juga memiliki peran penting lainnya lho.

Saat ini masih banyak orang Indonesia yang belum memiliki rekening bank, tentunya dengan berbagai alasan, ya. Mungkin bank-nya jauh, atau ga sempat lah. Makanya Sobatku yang merupakan tabungan online ini, juga hadir dengan proses yang mudah, hanya perlu smartphone dan jaringan internet (KTP juga perlu kalau mau di-upgrade rekeningnya). Dan, sekarang kan smartphone udah mulai banyak yang terjangkau, ya.

Untuk setor dan tarik tunai juga udah dipermudah dengan berbagai alternatif. Selain Alfamart, di Sobatku kan juga ada fitur ‘transfer uang pakai nomor HP’ atau ‘transfer sesama Sobatku’. Jadi misalnya kamu mau top up saldo di Sobatku, tapi kamu ga punya rekening bank, kamu bisa minta tolong temanmu untuk top up saldomu. Kamu tinggal berikan uang tunai ke temanmu yang juga punya akun Sobatku, dan dia nanti akan transfer uangmu itu ke rekeningmu. Mudah, ‘kan? Jadi ada banyak alternatif untuk menabung di Sobatku deh.

fitur menarik sobatku simpanan online sahabatku

Banyak fitur menarik dari Sobatku

Menurut Bu Yelly, yang merupakan Business Development dan PMO Director dari Sobatku, diharapkan dengan adanya fitur ini serta kemudahan lain dari Sobatku, bisa membantu meningkatkan inklusi keuangan (bahasa kecenya ‘financial inclusion’) dari masyarakat Indonesia. Ini berarti meningkatkan jumlah penduduk Indonesia yang ingin menyimpan uangnya di lembaga keuangan, termasuk Sobatku.

Kalau ngomongin soal financial inclusion, menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks inklusi keuangan di Indonesia di tahun 2016 udah sebesar 67.82%. OJK juga udah pasang target nih di tahun 2019, yakni untuk menembus angka 75%.

Nah, semoga Sobatku bisa membantu dalam peningkatan financial inclusion di Indonesia ini ya ke depannya.

So, kamu sendiri udah punya rekening Sobatku belum? Cus, daftar! Masa ga mau ikutan undian milyaran rupiah dari tabungan online Sobatku? Hehe ?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

Advertisements
Comments
  1. Posted by Mirna Kei Rahardjo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Ikrom
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by PHADLI Hasyim HARAHAP
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Dewi Na Irawan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by kurnia amelia
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Dede Ariyanto
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Riyardiarisman
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by dicapriadi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Melly Feyadin
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Awan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Agung Han
  12. Posted by Dina Mardiana
  13. Posted by Evi Sri Rezeki

Add Your Comment