Mudahnya mencari jasa praktisi hukum berkat Justika

Author: | Posted in Review 39 Comments

Pernah ga kira-kira kamu memerlukan sebuah jasa praktisi hukum? Ngomong-ngomong praktisi hukum itu ada macam-macam sih, mulai dari kebutuhan akan jasa pengacara/advokat, notaris, dan bahkan penerjemah tersumpah. Kalau diliat dari jenisnya ini, kira-kira kamu udah pernah pakai yang mana aja?

Pengalaman menggunakan jasa praktisi hukum?

Kalau diliat dari jenis jasa praktisi hukum yang saya sebutin di atas, paling yang pernah saya pakai adalah jasa penerjemah tersumpah. Kenapa perlu pakai penerjemah tersumpah, karena ini biasanya diperlukan sebagai salah satu persyaratan administrasi dari suatu hal. Misalnya dulu saya beberapa kali menggunakan jasa penerjemah tersumpah karena saya ingin melanjutkan studi saya keluar negeri. Kayaknya banyak banget yang perlu diterjemahin, karena saya juga perlu apply visa pelajar. Kalau udah urusan visa, berarti urusan dengan pemerintah ya, jadi ga bisa sembarangan orang yang nerjemahin sih. Mesti yang tersumpah! Kalo ga perlu yang tersumpah saya bisa aja sih ngerjain sendiri.

Selain untuk urusan studi lanjut, saya juga perlu penerjemah tersumpah ketika saya ingin jalan-jalan ke Australia. Bukan untuk urusan visa, tapi karena saya dan teman-teman ada rencana untuk menyetir selama kami wisata ke Australia Barat. Jadi kami waktu itu menerjemahkan SIM kami, karena menjadi salah satu persyaratan ketika ingin menyewa mobil.

menggunakan-praktisi-hukum-penerjemah-tersumpah-untuk-menyetir-di-australia

Dulu pakai penerjemah tersumpah untuk terjemahin SIM, sehingga bisa dipakai untuk nyetir pas jalan-jalan ke Australia

Karena saya hanya butuh penerjemah tersumpah sekali-kali saja, makanya saya ga sampai buat daftar penerjemah tersumpah gitu sih. Saya waktu itu nyari aja di internet, dan milihnya kayak cap cip cup kembang kuncup gitu, karena saya juga ga tau yang bagus yg mana. Ada juga saya milih karena faktor lokasi aja sih yang deket rumah. Tau dari mana kalau itu bagus atau ga? Ya udah, terima jadi aja hehe.

Selain itu, kalau dari keluarga besar sih, jasa praktisi hukum yang pernah dipakai palingan notaris ya. Kalau ditanya bagaimana menemukan notaris yang oke, jawabannya ya antara referensi atau ga balik lagi deh ke faktor lokasi yang deket rumah. Tau dari mana bagus atau ga nya? Ya udah, mudah-mudahan sesuai dengan yang direferensikan. Namun untungnya oke semua.

Cara mendapatkan jasa praktisi hukum yang mudah?

Tadi saya sudah ceritain kalau saya mencari penerjemah tersumpah atau notaris melalui online atau juga berdasarkan referensi. Melalui online sih memang kita akan bisa dapat daftar panjang dari jasa praktisi hukum yang kita ingini, tapi semakin banyak, biasanya semakin bingung, pilih yang mana ya, atau seperti saya dulu, pake cap cip cup hehe.

Nah, sekarang akan menjadi lebih mudah lagi kalau kamu ingin cari jasa praktisi hukum melalui online. Karena sudah ada sebuah platform marketplace di bidang hukum yang bisa bantu kamu dalam menentukan pilihan. Namanya mudah diingat, yakni Justika.com.

Cara kerja Justika.com

Justika.com menggunakan platform marketplace. Kalau denger kata marketplace, jadi teringat situs jual beli online, atau ga situ yang menyangkut urusan freelance gitu. Prinsipnya mirip-mirip kok. Misal si A ingin membuat suatu website, tapi dia ga tau cara membuat website bagaimana. Makanya dia ‘melempar’ keinginan dia ke suatu platform marketplace. Biasanya nanti si A akan mendapatkan banyak proposal dari banyak orang, sebutlah B, C, dan D, di mana orang-orang ini memiliki keahlian membuat website. B, C, dan D juga memiliki portofolio sebagai contoh dan bahan pertimbangan si A dalam memilih. Tentunya B, C, dan D juga memberikan harga dan estimasi waktu pengerjaan dari jasa tersebut.

Lalu tugas A selanjutnya apa?

Si A tinggal memilih mana yang disukai, misalnya D. Kalau pekerjaannya sudah selesai, maka si A harus membayar si D sesuai harga yang sudah disepakati, dan tentunya memberikan review dari pekerjaan si D.

Langkah-langkah untuk menemukan praktisi hukum yang tepat di Justika

Untuk memulai mencari jasa praktisi hukum di Justika.com, hanya diperlukan 5 langkah mudah kok, dimulai dengan pergi ke halaman utama Justika.com. Langkah selanjutnya tinggal ikuti ini aja:

cara-mencari-praktisi-hukum-di-justikacom

Cara mencari praktisi hukum di Justika.com

  1. Pilih jasa praktisi hukum yang kamu ingini: pengacara/advokat, notaris, atau penerjemah tersumpah
  2. Masukkan alamat email kamu
  3. Tuliskan persoalan kamu secara urut, termasuk di sini adalah lokasimu.
  4. Baca ‘Syarat & Ketentuan’ yang berlaku. Kalau setuju, maka kamu perlu tandai kotaknya
  5. Klik ‘KIRIM’, dan selesai.

Selanjutnya apa?

Nanti kamu akan mendapatkan verifikasi melalui email, kemudian kamu perlu melengkapi data-datamu terlebih dahulu (profile).

proses-aktivasi-keanggotan-justikacom-ketika-cari-praktisi-hukum

Kamu perlu melengkapi data-datamu di website Justika.com terlebih dahulu, ya 🙂

Setelah itu, nanti permintaanmu untuk jasa praktisi hukum akan disebarluaskan di jaringan Justika.com, dan sesuai dengan cara kerja marketplace, nanti kamu akan mendapatkan banyak proposal dari berbagai praktisi hukum. Untuk saat ini sudah ada sekitar 300 lebih praktisi hukum yang bergabung di Justika.com. Selanjutnya, tugasmu sekarang adalah memilih, berdasarkan proposal yang mereka berikan, lokasi dari si praktisi hukum tersebut, dan kredibilitasnya yang bisa dilihat dari profilnya serta review dari orang-orang yang sudah menggunakan jasanya.

direktori-praktisi-hukum-di-justikacom

Ada 300 lebih praktisi hukum di Justika.com yang siap membantumu kok

Di bawah ini ada video singkat sebagai rangkuman bagaimana sih cara menggunakan Justika.com:

Bantuan hukum gratis apakah ada?

Kalau kamu penggemar TV series ‘How to Get Away with Murder’, di season ke-3 ini, si pengacara handal yang menjadi tokoh utama serial ini, Annalise Keating, mengambil langkah untuk melayani di Klinik Hukum di universitas tempat dia mengajar. Di sini, Annalise Keating harus memberikan bantuan hukum secara gratis alias pro bono. Walaupun itu pro bono, namun tentunya kasus yang dihadapi juga bervariasi, misalnya saja ada seorang imigran yang terancam dideportasi karena ada tuduhan bahwa dia menyimpan obat terlarang. Melayani kasus yang pro bono bukan berarti Annalise asal-asalan. Dia mengerahkan segala keahliannya berdasarkan pengalaman bertahun-tahun untuk bisa memenangkan perkara di pengadilan atau setidaknya merasionalisasi jumlah hukuman sesuai dengan hukum yang berlaku.

praktisi-hukum-di-how-to-get-away-with-murder

Annalise Keating dan timnya di How to Get Away with Murder yang memberikan bantuan pro-bono di season ke-3 (gambar diambil dari when-will.net)

Lalu apakah di Indonesia ada? Tentu ada dong!

Selain lembaga bantuan hukum yang sudah ada di Indonesia, Justika.com juga menyediakan bantuan hukum gratis alias pro bono. Caranya juga sama dengan kalau kamu mau mencari praktisi hukum tadi. Bedanya di sini kamu memilih ‘Bantuan Hukum Gratis’ di halaman utama Justika.com. Langkah selanjutnya mirip dengan langkah memilih jasa praktisi hukum seperti yang sudah diuraikan di atas.

bantuan-praktisi-hukum-gratis-di-justikacom

Pilih yang ‘Bantuan Hukum Gratis’

Saya rasa Justika.com akan menjadi platform marketplace yang sangat membantu untuk orang yang membutuhkan jasa praktisi hukum. Kalau kamu sendiri, apakah ada yang sudah menggunakan jasa praktisi hukum melalu Justika.com? Atau mungkin kamu punya pengalaman yang berhubungan dengan hukum. Boleh lho, monggo, share di kolom komen di bawah, ya 🙂

Justika Siar Publika (Justika.com)

Puri Imperium Office Plaza, G-9
Jl. Kuningan Madya Kav 5-6,
Kuningan Jakarta 12980

Telepon               : (021) 29475695
Email                   : layanan@justika.com
Website               : http://www.justika.com

(gambar featured image diambil dari sini).

FIND ME HERE
FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
email: mixedupalready@gmail.com
SNAPCHAT: timo_wp

Kalau kamu suka blog post Mudahnya mencari jasa praktisi hukum berkat Justika, tolong share juga ya, siapa tau temennmu ada yang perlu 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by PutriKPM
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Noe
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Andiyani Achmad
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Dani
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Shintaries
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Deddy Huang
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Mirna Kei Rahardjo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by mariana
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Dunia Fauna
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by UNA
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Haya Aliya Zaki
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by Awan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  13. Posted by Khair
    • Posted by Timothy W Pawiro
  14. Posted by Choirul Huda
    • Posted by Timothy W Pawiro
  15. Posted by Levina
    • Posted by Timothy W Pawiro
  16. Posted by Iqbal Kautsar
    • Posted by Timothy W Pawiro
  17. Posted by Dewitya Irwan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  18. Posted by icha pista
    • Posted by Timothy W Pawiro
  19. Posted by Ki Demang
    • Posted by Timothy W Pawiro
  20. Posted by Ahmad

Add Your Comment