Advertisements

Ga hanya lomba marathon di Mandiri Jogja Marathon 2018

Author: | Posted in Lifestyle 2 Comments

Ga hanya lomba marathon di Mandiri Jogja Marathon 2018Bank Mandiri kembali mengadakan lomba marathon di tahun ini. Kalau sebelumnya di Jakarta pada bulan November 2017, Bank Mandiri udah mengadakan Mandiri Jakarta Marathon 2017, kali ini giliran Jogja.

(Baca juga: Ada apa aja di Mandiri Jakarta Marathon 2017)

Mandiri Jogja Marathon diadakan tanggal 15 April 2018 dan menggunakan lokasi di daerah Prambanan dan daerah sekitarnya sebagai rute lomba. Pastinya Mandiri Jogja Marathon 2018 menampilkan sesuatu yang beda dibandingkan dengan Mandiri Jakarta Marathon 2017 lalu. Tentunya setiap kota memberikan penampilan yang berbeda-beda, tapi bagi orang yang suka kangen Jogja, sepertinya bakal senang kalau ikutan di Mandiri Jogja Marathon 2018.

mandiri jogja marathon 2018 dengan candi prambanan - kadungcampur

Udah kelilatan kan, kalau Mandiri Jogja Marathon 2018 punya sesuatu yang beda 😉

Apa yang beda dari Mandiri Jogja Marathon 2018?

Jogja punya pemandangan tersendiri yang ga dipunyai oleh kota lain. Mulai dari Candi Prambanan, alamnya, budayanya, dan pasti makanannya. Uniknya, ini semua bisa kita lihat di dalam satu acara! Ya di Mandiri Jogja Marathon 2018 itu. Jadi memang acara Mandiri Jogja Marathon 2018, digunakan untuk mempromosikan sektor pariwisata daerah Jogja ?

Rute yang melewati alam serta candi

Sama seperti di lomba marathon sebelumnya, di Mandiri Jogja Marathon 2018 juga memberikan kesempatan bagi para peserta memilih klasifikasi lombanya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Mulai dari Full Marathon (42KM), Half Marathon (21KM), 10KM, dan juga 5KM. Semua rute diawali dan diakhiri di area yang sama, yaitu di Race Village Candi Prambanan.

mandiri jogja marathon 2018 full marathon - kadungcampur

Peserta Full Marathon siap-siap meluntjur

Kalau mau liat rute-rutenya, di bawah ini rute Full Marathon dan Half Marathon dari Mandiri Jogja Marathon 2018:

rute mandiri jogja marathon 2018 fm 42km - kadungcampur

Rute FM Mandiri Jogja Marathon 2018

rute mandiri jogja marathon 2018 hm 21km - kadungcampur

Rute HM Mandiri Jogja Marathon 2018

Wah, lokasi awal dan akhirnya aja ada di Candi Prambanan, bagaimana pas di tengah-tengah, ya?

Saat itu tentunya para pelari sempat merasakan dan menikmati keindahan alam Jogja, seperti di KM 13, para pelari menghadap Gunung Merapi. Selain itu juga ada rute yang melewati area persawahan, bahkan menurut website Jadi Mandiri, untuk rute Full Marathon, sampai melewati rute perkampungan lho. Sepertinya rute seperti ini ga ditemuin saat Mandiri Jakarta Marathon kan hehe.

mandiri jogja marathon 2018 rute melewati sawah - kadungcampur

Rutenya ada yang lewat sawah gini 🙂

Dan mendekati garis finish, para pelari juga melewati beberapa candi lagi yang memang lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan, seperti contohnya Candi Plaosan, Candi Sewu, Candi Bubrah, dan Candi Lumbung.

mandiri jogja marathon 2018 rute melewati candi prambanan - kadungcampur

Sebelum melewati Candi Prambanan, para pelari juga sempat melewati candi-candi lain yang lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan

Nah, mana ada kan ini bisa ditemui di kota lain hehehe.

Tampilan seni budaya di dalam rute lari

Biasanya kalau di dalam lomba lari, di beberapa titik rute lomba, suka ada rombongan teman yang selalu setia menemani si pelari biar tetap semangat. Kalau di Mandiri Jogja Marathon 2018 waktu lalu, ada lagi yang menemani para pelari di beberapa titik rute lomba nih. Bukan supporter, tapi para artis yang menampilkan kesenian dan budaya khas Jogja. Wow, keren banget nih, dan saya juga baru tau ada yang beginian di lomba marathon, lho! Contohnya aja nih, di KM 12 ada kesenian Karawitan yang ditampilkan, terus di KM 34 ada kesenian keroncong. Haha ini mah bener-bener unik ya, dan sekalian mempromosikan kesenian dan budaya khas Jogja deh ?

mandiri jogja marathon km 12 kesenian karawitan - kadungcampur

Penampilan kesenian Karawitan di KM12

mandiri jogja marathon km 34 kesenian keroncong - kadungcampur

Untuk penampilan para artis di acara Mandiri Jogja Marathon 2018 saat itu, pihak penyelenggara beserta Pemerintah Propinsi D.I. Yogyakarta dan Bank Mandiri bekerja sama dengan banyak pihak kok, mulai dari sekolahan, sanggar seni, komunitas seni, dan banyak lagi kelompok lainnya.

Kenyang karena cemilan dan makanan khas Jogja

Saat saya liburan ke Jogja, satu hal yang ga boleh terlewatkan adalah mencicipi makanan khas Jogja sampai keblinger hehe. Apalagi kalau makannya di warung pinggir jalan, pasti harganya lebih murah hehehe.

Dan di Mandiri Jogja Marathon, jajanan dan kuliner khas Jogja juga ga ketinggalan untuk dipromosikan di acara ini. Ada banyak stand-stand makanan yang dibuka, sehingga para peserta dan non peserta yang datang ke acara ini bisa mencicipi jajanan khas Jogja. Ada macam-macam lah jajanannya, coba aja lihat di bawah ini hehe.

 

mandiri jogja marathon 2018 jajanan khas jogja 3 - kadungcampur

Ngeliatin cemilan khas Jogja jadi ngiler, yak!

mandiri jogja marathon 2018 jajanan khas jogja 2 - kadungcampur

Ini ada lagi foto jajanan khas Jogja yang dijual saat acara

mandiri jogja marathon 2018 jajanan khas jogja 1 - kadungcampur

Nih ada lagi fotonya, biar tambah ngiler hehe

Tentunya biar bayarnya ga ribet, Bank Mandiri juga udah mempersiapkan sistem pembayaran dengan menggunakan e-Money Bank Mandiri.

Membantu masyarakat lokal

Di atas udah dikasih liat bagaimana banyaknya jajanan lokal khas Jogja ditonjolkan di acara Mandiri Jogja Marathon 2018. Ini sebenarnya dalam rangka membantu masyarakat dan para pedagang lokal juga kok, selain tentunya untuk memperkenalkan jajanan lokal khas Jogja di acara ini.

Dan bagi yang ikutan tahun lalu di acara Mandiri Jakarta Marathon, masih inget dong ya, setelah lari, disediakan cemilan sehat juga yang bisa membantu menggantikan mineral tubuh yang hilang saat lari? Iya betul, cemilan pisang hehe. Berbeda dengan saat di Jakarta, untuk yang di Jogja, para penyelenggara lebih memilih untuk lagi-lagi mendukung pedagang lokal, dan membeli 8.000 pisang dari mereka lho.

mandiri jogja marathon 2018 dengan 8000 pisang dari pedagang lokal - kadungcampur

Pihak penyelenggara sampai membeli 8.000 pisang dari pedangang lokal lho!

Selain itu, untuk acara dengan skala internasional seperti ini, ada banyak peserta dari manca negara juga, contohnya deh seperti negara Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei, India, China, Singapura, Australia, dan masih banyak lagi. Acara seperti ini bisa membantu mempromosikan dan memperkenalkan kekhasan Jogja ke mereka. Dan siapa tau setelah acara ini, mereka berniat untuk nambah hari tinggal di Jogja atau bahkan kembali lagi ke Jogja beberapa saat kemudian dengan membawa teman-temannya ?

mandiri jogja marathon 2018 peserta 2 - kadungcampur

Pesertanya tumpah ruah 😀

Dan bayangkan saja ya, dengan banyaknya jumlah peserta yang ikut acara ini baik yang dari luar kota atau luar negeri, ada satu hal lagi yang dibutuhkan, yaitu penginapan. Penyedia penginapan tentunya juga terkena efek positif dari acara ini. Ga hanya hotel-hotel ternama pastinya, karena di Jogja ada banyak juga penginapan lainnya yang dimiliki oleh warga lokal. Jadinya acara ini meningkatkan okupansi dari kamar-kamar mereka.

Sebelumnya juga udah sempat dibilang kalau ada rute yang sampai ke perkampungan. Tentunya pihak penyelenggara dan tentunya Bank Mandiri sudah mempersiapkan semuanya, termasuk dengan perbaikan infrastruktur dan sarana umum di daerah tersebut. Nah, seiring dengan penyelenggaraan acara ini, Bank Mandiri udah menyalurkan bantuan senilai Rp. 1 miliar lho ke Kabupaten Sleman.

See you on the next Mandiri Jogja Marathon!

Mandiri Jogja Marathon udah selesai. Kalau kamu mau tau siapa aja pemenangnya, bisa langsung dilihat di sini. Bagi kamu yang belum sempat ikutan di tahun ini, yuk siap-siap untuk Mandiri Jogja Marathon 2019 atau mungkin di seri marathon dari Bank Mandiri di kota lainnya ?

mandiri jogja marathon 2018 garis finish 21K - kadungcampur

Siap-siap latihan untuk lomba marathon dari Bank Mandiri selanjutnya 😉

(Note: foto-foto di blog post ini diambil dari koleksi Mas Rendy dan website Mandiri Jogja Marathon 2018)

Advertisements
Comments
  1. Posted by Hapudin
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment