Ada apa aja di Mandiri Jakarta Marathon 2017

Author: | Posted in Liputan 2 Comments

Mandiri Jakarta Marathon 2017 memang udah selesai, tapi nampaknya euforia dari event Mandiri Jakarta Marathon yang diadakan tiap 1 tahun sekali di minggu terakhir bulan Oktober ini masih belum pudar. Masih sering saya lihat foto-foto keseruan teman-teman yang ikutan Mandiri Jakarta Marathon bersliweran di Instagram, mulai dari foto saat berlari, dan foto memegang medali yang berhasil didapatkan. Saya yang baru pertama kali melihat Mandiri Jakarta Marathon pun juga merasakan keseruan event-nya yang berlangsung dari subuh itu.

suasana malam cideng jakarta

Subuh-subuh udah berangkat dari Cideng nih πŸ˜€

mandiri jakarta marathon 2017 monas runners kumpul subuh

Dan sampai Monas udah rame aja haha! Ya iyalah, secara mulainya pagi πŸ˜€

Ada apa aja di Mandiri Jakarta Marathon 2017?

Kategori lombanya

Sama seperti tahun sebelumnya, Mandiri Jakarta Marathon membagi kategorinya menjadi 5, mulai dari Full Marathon, Half Marathon, 10K, 5K, hingga Maratoonz – yang merupakan lomba lari untuk anak-anak dengan jarak 1KM. Semua kategori lomba Mandiri Jakarta Marathon 2017 dimulai dan diakhiri di Monumen Nasional (Monas). Dan karena Jakarta ingin menjadi salah satu kota marathon dunia, seperti Berlin, Boston, dan Tokyo, tentunya rute larinya dibuat sedemikian rupa, sehingga bisa melewati landmark-landmark Jakarta, mulai dari tentunya Monas, Museum Bank Mandiri, Bundaran HI, dan masih banyak lagi.

rute full marathon mandiri jakarta marathon 2017

Rute Full Marathon

Tentunya setiap kategori lomba juga punya peminatnya masing-masing, well, ini di luar Maratoonz ya huehe. Kalau dilihat dari jumlah peserta Mandiri Jakarta Marathon 2017 yang berjumlah 16.000 peserta itu, ternyata kategori Mandiri Jakarta Marathon yang 10K pesertanya tuh yang paling banyak, mencapai 6.500 peserta! Bahkan peserta Full Marathon dari Mandiri Jakarta Marathon juga peminatnya lumayan lho, sekitar 2.500 peserta. Oh iya, ini pesertanya ga hanya orang Indonesia lho, karena ada sekitar total 50 negara yang kumpul di acara ini. Wuidih, mantebh deh, ya! Dan sempat juga spotted beberapa artis yang ikutan marathon lho, contohnya si Melanie Putri yang bawa balon-balon hehe.

melanie putri mandiri jakarta marathon 2017

Melanie Putri ikutan juga HM Mandiri Jakarta Marathon 2017 lho!

Masih mengenai jumlah peserta, tahun ini jika dibandingkan dengan saat awal-awal diselenggarainnya Mandiri Jakarta Marathon di 2013, pastinya mengalami peningkatan. Apalagi dengan meningkatnya antusias orang-orang terhadap kegiatan lari, plus dengan terbentuknya beberapa grup lari yang bisa menjadi support group serta latihan bareng untuk ikutan berbagai event lari. Masih inget ga kira-kira tahun 2013 tuh pesertanya berapa? Ternyata untuk Mandiri Jakarta Marathon 2013, pesertanya aja udah 10.000 lho. Jadi peningkatannya hingga tahun ini udah sekitar 60% aja!

mandiri jakarta marathon peserta runners

Nah ini para peserta 10K dan 5K udah berkumpul. Rame bangets!

Fasilitas di tempat start dan finish

Karena ini event yang besar, tentunya semua butuh persiapan, termasuk fasilitas penunjang di area Monas yang menjadi tempat start dan finish ini. Selain mushola dan toilet umum, tentunya sarana medik serta ambulance penting banget di event olah raga seperti marathon ini. Memang pastinya semua peserta sudah banyak melakukan persiapan, tapi tetep aja ya, 42.5KM itu ga pendek huehehe, dan mungkin aja ada yang super kelelahan. Jadinya sarana medik sangat diperlukan.

tenda medical mandiri jakarta marathon 2017

Tenda medik dan ambulance penting banget di event olah raga besar seperti ini πŸ™‚

 

Untuk pemulihan

Selain itu, fasilitas penunjang juga didukung oleh banyak brand yang berpartisipasi di acara ini, misalnya Salonpas. Salonpas punya satu tenda recovery, hmm bisa disebut seperti itu kali ya. Karena di tenda ini, para pelari – sebenarnya non-runners sepertinya juga boleh sih – bisa mendapatkan pijat gratis. Pastinya perlu banget, ya, apalagi setelah lari jauh dan dalam durasi yang lama. Apabila diperlukan, runners juga bisa kok minta salonpas, bentuknya juga pas di kaki deh. Di samping tendanya, Salonpas menyediakan area untuk recovery juga, tapi berupa 2 kolam dengan air dingin, serta satu area kotak yang isinya bebatuan dan pasir. Kalau ga salah, ini untuk melancarkan / menormalkan aliran darah deh, ya, karena kaki kita kan dalam jangka waktu yang lama dikekep sepatu terus.

mandiri jakarta marathon massage therapy

Ada pijet gratis lho di tenda Salonpas!

mandiri jakarta marathon 2017 salonpas

Kalau perlu, ya minta aja Salonpas hehe

area pemulihan salonpas mandiri jakarta marathon 2017

Nah kalau ini kolam yang isinya air dingin

area pemulihan salonpas mandiri jakarta marathon 2017

Kalau yang ini biar melancarkan aliran darah di telapak kaki yang udah dikekep sepatu selama lari

Refreshment

Setelah Salonpas, ada juga tenda Sunpride! Sunpride sebagai penyedia buah-buahan berkualitas, bahkan sampai memberikan refreshment berupa pisang gratis dan minuman Pocari Sweat ke runners. Dan tenda refreshment ini tentunya pada banyak peminatnya, sampai antri! Haha. Soalnya pada tau sih ya, manfaat dari pisang itu apa aja, eh sebenarnya manfaat dari mineral Kalium yang terkandung di dalam pisang, ya. Kalau saya baca-baca sih, beberapa manfaat Kalium yang berhubungan dengan olah raga misalnya bisa mengurangi risiko kram, menyeimbangkan cairan tubuh, dan tentunya Kalium juga berfungsi sebagai elektrolit. Pastinya setelah olah raga dengan durasi yang cukup lama, tubuh kita bisa aja kekurangan cairan serta elektrolit yang keluar melalui keringat, toh?

antrian menuju tenda refreshment

Ini antrian menuju tenda refreshment

runners dapat pisang sunpride di tenda refreshment

Apa aja yang didapat sebagai refreshment? Salah satunya pisang

runners menikmati refreshment

Istirahat dulu sambil menikmati refreshment!

mandiri jakarta marathon 2017 tenda sunpride

Oh iya, Sunpride juga ada tenda buat leyeh-leyeh nih.

Fun!

Setelah berolah raga dan memeras keringat, rasanya enak juga kalau santai dan bersenang-senang. Salah satunya di tenda Bank Mandiri, yang menjadi sponsor utama dari Mandiri Jakarta Marathon ini. Di tenda Mandiri ada #lifein360id photo booth. Jadi di situ ga hanya satu kamera yang dipakai untuk mengambil foto, tapi ada belasan kamera yang akan menjepret dalam satu waktu. Akhirnya hasil yang didapat adalah bukan foto 2D aja, tapi lebih seperti video singkat yang memperlihatkan mulai dari sisi kirimu ke tengah dan kemudian ke kanan.

tenda bank mandiri jakarta marathon

Tenda Bank Mandiri di Mandiri Jakarta Marathon 2017

runners lifein360id photo booth bank mandiri jakarta marathon 2017

Ada foto ala #lifein360id di tenda bank Mandiri

Oh iya, ada yang fun lagi di booth Bank Mandiri ini, terutama bagi seorang collector dan penggemar komik dari DC! Bener banget, ada kartu e-money dari Bank Mandiri yang memiliki logo para super heroes Justice League, mulai dari Batman, Superman, Wonder Woman, Flash, Cyborg, dan Aquaman. Saya sebagai salah satu penggemar, dan ga sabar untuk nonton Justice League, langsung beli lho, tapi baru 3 doang sih, yaitu yang 3 pertama saya sebutin sebelumnya. Eh tapi kalau kamu mau nambahin koleksi saya, boleh banget, cusss πŸ˜€

mandiri jakarta marathon kartu emoney justice league

Baru punya 3 nih kartu e-money Justice League-nya πŸ˜€

Inovasi baru

Menonton sebuah pertandingan secara live memang menyenangkan, seperti waktu saya dulu nonton F1 Live di Singapura. Dan sebenarnya saya juga hadir sih waktu Mandiri Jakarta Marathon 2017 ini, tapi saya cuma di kawasan Monas aja sih, dan muter-muter dari tenda ke tenda, sambil merhatiin siapa yang udah finish hehehe. Oh atau ya pas dari awal, juga sempat melihat pelepasan dari runners di 5K sih, tapi setelah itu ya ga liat larinya seperti gimana. Makanya ada inovasi baru dari Mandiri Jakarta Marathon, yaitu ada live streaming di YouTube melalui channel MNC Sports dan XL Axiata. Makanya teman saya bisa komen kalau dia sempat melihat streaming Mandiri Jakarta Marathon di tenda media. Saat itu katanya pelari Kenya di kategori Full Marathon masih unggul di depan, dan yang seperti kita ketahui, untuk pemenang Full Marathon adalah peserta dari Maroko.

pelepasan pelari 5k mandiri jakarta marathon 2017

Sempet lihat secara langsung pelepasan pelari dari kategori 5K

peserta fm mandiri jakarta marathon 2017

Nah peserta Kenya ini yang kata teman sempat unggul pas lihat di live streaming, tapi ternyata finish setelah peserta Maroko

Inovasi baru lainnya dari Mandiri Jakarta Marathon adalah virtual race. Jadi kalau ada orang-orang yang ingin banget berpartisipasi di Mandiri Jakarta Marathon, tapi ternyata ga bisa hadir karena di luar kota, dia juga bisa ikutan ternyata dengan menggunakan virtual race dari developer 99 Virtual Race. Jadi orang tersebut lari aja sesuai kategori yang diinginkan, dan nanti bisa dapat amenitis yang berlaku. Inovatif memang, ya!

Berlari untuk Berbagi

Ada yang istimewa dari Mandiri Jakarta Marathon kemarin. Jadi selain event lari, Mandiri Jakarta Marathon juga bekerja sama dengan komunitas Berlari Untuk Berbagi membuat sebuah Run for Charity. Jadi ada runners dari komunitas Berlari Untuk Berbagi yang ikut serta Mandiri Jakarta Marathon, dan dari setiap kilometer yang dicapai, Berlari Untuk Berbagi akan menawarkan perorangan atau organisasi untuk berdonasi. Hasil donasinya ga akan berhenti sampai situ aja, karena dari komunitas Berlari Untuk Berbagi akan meliipat gandakan hasil donasinya.

Theme Song β€˜Kuberlari’

Olah raga sambil mendengarkan musik itu menyenangkan juga kok, asalkan kamu ga ikutan bernyanyi sambil berlari — secara kamu pake headset sedangkan orang lain yang dengerin ga haha. Nah, makanya biar lebih semangat dalam berlari, udah ada theme song Mandiri Jakarta Marathon 2017 lho, dengan judul Kuberlari yang dinyanyikan oleh Alina. Lagunya cukup enak didengar apalagi dengan irama upbeat.

Nah, di bawah ini video dari Kuberlari, siapa tau bisa jadi soundtrack mu saat olah raga.

So, gimana, kamu berminat untuk ikutan Jakarta Marathon 2018?

Koleksi foto-foto yang lain dari event ini

Oh iya, ini beberapa foto dari Mandiri Jakarta Marathon 2017

peserta runners female 5k mandiri jakarta marathon 2017

Peserta perempuan untuk kategori 5K di Mandiri Jakarta Marathon 2017

mandiri jakarta marathon runners 10k

Peserta-peserta saling menyemangati dan memberi selamat udah kelar race 10K nya!

peserta kenya hm mandiri jakarta marathon 2017

Banyak runners dari luar negeri juga lho yang ikutan Mandiri Jakarta Marathon 2017

peserta maratoonz mandiri jakarta marathon 2017

Nah, ini peserta Maratoonz! Banyak juga pesertanya!

runners area mandiri jakarta marathon 2017

Ada tenda khusus runners juga

photo booth mandiri jakarta marathon 2017

Banyak photo booth di sini

harris maulana blogger peserta 5k mandiri jakarta marathon 2017

Wah, ketemu blogger Mas Harris Maulana juga lho! Mantebh πŸ™‚

dukungan asian games 2017 mandiri jakarta marathon 2017

Di Mandiri Jakarta Marathon 2017 juga ada dukungan untuk Asian Games 2018

mandiri jakarta marathon 2017 timo wp

Sampai jumpa di Jakarta Marathon 2018!

Advertisements
Comments
  1. Posted by Ikrom
  2. Posted by Kurnia amelia

Add Your Comment