Lari unik dan sehat ala Kung Fu Run

Author: | Posted in Liputan 4 Comments

Event lari beberapa tahun terakhir udah banyak banget, mulai dari fun run, hingga lari marathon, baik yang half- maupun yang full-marathon. Kebanyakan event lari, memang hanya lari seperti biasa, tapi berbeda dengan Kung Fu Run yang baru aja diadakan di Jakarta tanggal 20 Agustus 2017 lalu.

maskot kung fu run jkt

Maskot Kung Fu Run Jakarta 2017

Apa beda Kung Fu Run dengan yang lainnya?

Kung Fu Run, yang jarak larinya 5-kilometer ini, bisa dibilang beda dari event lari lainnya. Dari namanya aja udah bisa ditebak, kok ada kata ‘kung fu’ segala. Emang pas lari mesti nendang sana, nendang sini? Atau jangan-jangan mesti ngelawan siapa gitu sebelum garis finish hehe?

peserta kung fu run jkt garis start

Para peserta siap-siap di garis start

kung fu run jkt car free day lari pagi

Rute Kung Fu Run yang melewati Jalan Sudirman, Jakarta

Ga ada musuh yang mesti dilewatin lah di Kung Fu Run ini.

Kung Fu Run hanya ingin memadukan konsep bela diri Kung Fu pada lari dengan memberikan rintangan rintangan sebanyak 6 buah sebelum mereka garis finish. Rintangannya sederhana aja, ga seperti di Ninja Warrior kok, karena ini selain untuk kesehatan, juga untuk fun, misalnya menjaga keseimbangan di papan jungkat-jungkit (see saw fly), lompat mengayun pada tali (sky swing), atau naik-turun jaring (eagle claw).

Ini beberapa foto rintangannya dari kakak blogger Lidya Fitrian:

kung fu run jkt rintangan sea saw fly

Rintangan Sea Saw Fly

kung fu run jkt rintangan sky swing

Rintangan Sky Swing

kung fu run jkt rintangan power slide

Rintangan Power Slide

Selain itu, dengan menyelesaikan ke-6 rintangan ini, maka peserta juga diikutkan pada door prize yang berhadiah mobil Agya. Yang lucu pas pengambilan door prize, sampai beberapa kali disebut nomor peserta, ga ada yang muncul, udah pada pulang mungkin ya haha. Untunglah setelah sekian kalinya pengambilan nomor, ada juga yang maju ke depan.

pemenang door prize kung fu run jkt

Nah, ini dia pemenang door prize Kung Fu Run Jakarta 2017

Berlari melawan kanker

Beberapa waktu lalu saya pernah diundang ke sebuah rumah singgah YKAKI. Rumah Singgah ini digunakan oleh para penderita kanker yang sedang berobat di Rumah Sakit terdekat, dan biasanya ditemani oleh salah satu anggota keluarganya. Rumah Singgah ini merupakan salah satu program dari YKAKI atau Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, karena kalau ga ada Rumah Singgah, mereka harus tinggal di mana selama proses pengobatan? Sedangkan untuk proses tersebut memerlukan jangka waktu yang lama, kan?

Lalu, apa hubungannya antara YKAKI dengan Kung Fu Run.

Daan Mogot City Apartment (DAMOCI) sebagai penyelenggara dari Kung Fu Run ini, bekerja sama dengan YKAKI, untuk mendonasikan hasil dari Kung Fu Run ini. Eh, tapi hasil dari mana, soalnya kan biaya peserta gratis, ya? Nah, jadi DAMOCI mengkonversikan jumlah peserta Kung Fu Run ini dengan nominal sebesar Rp. 20.000,-. Karena total peserta ada 1.500 orang, maka DAMOCI otomatis mendonasikan sejumlah Rp. 30.000.000,- kepada YKAKI. Namun ga hanya sampe di situ deh, karena selain dari jumlah peserta, DAMOCI juga menambahkan donasi senilai 30 juta juga. Maka total donasi yang diterima oleh YKAKI adalah sebesar Rp. 60.000.000,-.

penyerahan donasi damoci ke ykaki

Penyerahan donasi sebesar Rp. 60 juta ke YKAKI

Sekilas tentang Daan Mogot City Jakarta

DAMOCI memang sengaja membuat konsep lari yang beda dari yang lain yaitu Kung Fu Run, yang merupakan perpaduan dari olah raga lari dengan konsep bela diri kung fu pada rintangan. DAMOCI juga ingin memperlihatkan ke orang-orang kalau konsep dari hunian apartemen pada DAMOCI adalah 60% akan digunakan sebagai ruang terbuka hijau dengan taman dan kebun di area sekitarnya.  Diharapkan dengan demikian, DAMOCI akan menjadi pilihan hunian yang tepat bagi penghuninya, dan bisa menjaga keharmonisan dari gaya hidup masa kini dengan pola hidup sehat. Rencananya di DAMOCI juga akan ada kolam renang, tempat fitness, serta jogging dan bicycle track. Jadi nantinya selain sehat, para penghuni bisa menikmati kesegaran alam di dalam kompleks apartemen ini, ya.

stand damoci daan mogot city kung fu run jkt

Stand DAMOCI di Kung Fu Run Jakarta

DAMOCI sendiri merupakan proyek properti dari China Communications Construction Group (CCCG), yang merupakan salah satu perusahaan yang masuk di dalam daftar Fortune 500 pada tahun 2017. DAMOCI bukan merupakan proyek pertama CCCG ini, karena sebelumnya udah ada proyek seperti Jembatan Suramadu, Kualanamu Toll, dan JICT Tanjung Priok.

Untuk lebih lengkapnya, monggo meluncur ke: http://damoci.com/

peserta kung fu run jkt medali

Yeay dapat medali Kung Fu Run Jakarta 2017!

Advertisements
Comments
  1. Posted by Yulia
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by deddyhuang.com
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment