Ketika memilih kredit mobil daripada membeli mobil secara tunai

Author: | Posted in Liputan, Otomotif 20 Comments

Ketika memilih kredit mobil daripada membelinya secara tunai – Alasan orang untuk membeli mobil tentunya ada berbagai macam, ada yang memang karena kebutuhan, alasan kenyamanan, mungkin saja karena ingin gaya-gayaan, atau bahkan karena ga mau kalah dengan tetangganya hehe. Apapun alasan orang untuk membeli mobil, tentunya ada dua cara bagaimana dia bisa memiliki mobil, mulai dari membelinya secara tunai, atau dengan kredit mobil.

Kenapa memilih kredit dibandingkan membeli secara tunai?

Memilih kredit mobil dibandingkan dengan tunai, memang ada kelebihan dan kekurangannya, itu juga balik lagi ke kebutuhan serta kemampuan orang dalam membeli mobil. Kalau dilihat dari harga mobilnya, memang harga mobil ketika kredit mobil akan lebih mahal daripada kalau membelinya secara tunai. Ini karena ketika kredit, akan ada tambahan bunga kredit yang mempengaruhi total harga mobil tersebut. Namun tentunya ada beberapa alasan orang memilih kredit mobil daripada membelinya secara tunai.

tips kredit mobil menguntungkan mobil123 mpm finance

Pak Indra dari Mobil123.com dan Bu Betty dari MPM Finance di acara ‘Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan’

Kredit mobil lebih ringan

Memilih untuk kredit mobil tentunya akan terlihat lebih ringan dibandingkan membelinya secara tunai. Ketika membeli secara tunai, pembeli harus langsung menggelentorkan uang dalam jumlah besar dalam satu waktu. Bagi sebagian orang, ini akan terasa lebih berat. Dengan alasan ini, orang akan memilih kredit mobil.

Menjaga cashflow tetap ringan

Dengan alasan yang sama dengan sebelumnya, ketika memilih kredit mobil, orang hanya akan menggunakan beberapa persen dari pendapatannya sebagai angsuran. Dan angsuran ini tentunya akan berjumlah sama setiap bulannya, sehingga orang bisa mengukur dan menjaga cashflow keuangan pribadinya setiap bulannya. Kalau langsung membeli secara tunai, untuk sebagian orang, bisa saja akan langsung mengganggu cashflow keuangan orang tersebut.

Susah menabung

Untuk sebagian orang, kebiasaan dalam menggunakan pendapatannya berbeda-beda. Ada yang bisa menabung untuk mewujudkan goal-nya dalam membeli suatu produk atau lainnya, ada juga yang sukar menabung, karena berbagai alasan, misalnya karena lebih suka shopping, atau karena ada kewajiban lain yang harus dipenuhi. Untuk orang yang masuk di dalam golongan kedua, tentunya akan lebih mudah memilih kredit mobil ketika membeli mobil, kan?

Tips dalam memilih kredit mobil

Ketika sudah memutuskan untuk kredit mobil, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, agar kita tidak mengalami kesulitan ke depannya.

tips kredit mobil menguntungkan

Bu Betty dari MPM Finance memberikan tips-tips untuk kredit mobil

Pilih unit kendaraan yang tepat

Ketika membeli sebuah produk, kita harus tau terlebih dahulu, apakah produk tersebut termasuk salah satu kebutuhan kita, atau hanya masuk ke dalam daftar ‘keinginan’ kita. Terkadang kita membeli sesuatu berdasarkan keinginan, padahal kita ga butuh. Jadinya setelah kebeli, eh malah ga terpakai, jadinya mubazir.

Ini sama aja dengan membeli mobil. Kalau orang tersebut sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak, mungkin lebih enak membeli mobil pertamanya yang berjenis mobil keluarga yang lega, dan memiliki kursi yang banyak. Ini lebih baik dibandingkan membeli mobil sport yang mahal tapi hanya memiliki dua kursi saja.

Pilih perusahaan pembiayaan yang tepat

Memilih perusahaan pembiayaan yang tepat itu penting, karena kita akan berhubungan dengan perusahaan ini untuk jangka waktu yang lama. Apabila kita kurang sreg dengan perusahaan itu, bayangkan saja kalau kita harus berhadapan dengan perusahaan ini, misalnya dalam 5 tahun ke depan. Tentunya kita ga suka kalau kita berhadapan dengan perusahaan yang ketika proses awal saja lama banget, ya, apalagi nanti ketika kita sudah selesai cicilannyaย dan ingin mengambil dokumen kendaraan kita.

Angsuran sesuai dengan kemampuan

Tujuan kita memilih kredit mobil adalah agar cashflow kita terjaga dengan baik. Makanya kita harus mengukur kemampuan kita dalam membayar cicilan kredit mobil. Biar mudah, kita perlu perhatikan rumusnya deh. Untuk kredit mobil, besaran cicilan maksimal adalah 1/3 dari penghasilan kita setelah dikurangi pengeluaran reguler bulanan kita.

Jangan lupa asuransi

Kalau sudah kredit mobil, biasanya memang juga otomatis di-cover dengan asuransi kendaraan bermotor, ya. Kalau bisa malahan kita memilih asuransi mobil yang berjenis comprehensive dibandingkan dengan TLO alias Total Loss Only. Ini karena asuransi mobil comprehensive akan cover semua kerusakan.

(Baca juga: Punya kendaraan, jangan lupa pakai asuransi kendaraan bermotor juga)

Pelajari isi perjanjian

Ketika kita memutuskan untuk kredit mobil, kita akan mendapat kontrak perjanjian kredit. Tentunya sebelum kita menandatangani perjanjian tersebut, kita harus pelajari secara detil tiap poinnya. Apalagi di perjanjian tersebut, akan ada pembahasan mengenai risiko yang ditanggung pembeli ketika terjadi gagal bayar cicilan mobil. Penting banget nih!

Tips memperoleh persetujuan kredit

Ketika kita sudah menemukan perusahaan pembiayaan yang tepat, tentunya ga serta merta ketika kita mengajukan kredit mobil, akan langsung disetujuin. Ada beberapa hal yang harus kita penuhi terlebih dahulu nih, selain tentunya kamu ga pernah masuk blacklist APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia) dan BI checking.

Dokumen lengkap

Sama seperti ketika kita mengajukan kredit lainnya, dalam mengajukan kredit mobil, akan ada beberapa dokumen yang kita harus lengkapi untuk memenuhi persyaratan. Contohnya dokumen yang harus dilengkapi adalah KTP, Kartu Keluarga, bukti penghasilan, bukti kepemilikan rumah (misalnya rekening listrik, PBB, dsb.). Nah, untuk kalangan blogger seperti kita yang ga punya slip gaji, kita bisa saja memberikan bukti pendapatan kita dari mutasi rekening tabungan kita kok.

Besaran angsuran sesuai dengan kapasitas

Seperti yang sudah dibicarakan di atas, besaran angsuran sangat penting. Tentunya perusahaan pembiayaan akan melihat kemampuan kita dalam membayar angsuran selama beberapa waktu ke depan. Kalau besarnya cicilannya aja mencapai 50% dari penghasilan kita, maka kemungkinan untuk gagal bayar ke depannya akan lebih besar, bukan?

Penuhi syarat uang muka

Membeli secara kredit mobil, sama saja ketika kita membeli rumah dengan KPR. Pembeli harus menyiapkan uang muka atau Down Payment (DP), biasanya besarnya adalah 20% dari harga mobil. Jadi kalau harga mobilnya Rp. 100 juta, maka uang muka yang harus dipenuhi adalah Rp. 20 juta. Memang, ada beberapa perusahaan pembiayaan yang mempunyai keluwesan dalam besaran DP-nya, seperti misalnya MPM Finance, yang bisa memberikan besaran DP hingga maksimal 70%.

Oh iya, ketika kita menyiapkan DP, kita juga harus cari tau terlebih dahulu, apakah ini DP murni, atau Total DP yang harus kita bayar di saat awal. Karena kalau kita bicara Total DP, maka akan ada beberapa komponen di dalamnya, seperti DP murni itu sendiri, biaya administrasi, biaya provisi, dan premi asuransi. Jadi kalau kita sudah cari tau, kita bisa menyiapkan jumlah uang yang benar untuk pembayaran awal kredit mobil tersebut, ya.

Memiliki tempat tinggal yang jelas

Ketika kredit mobil, tentunya perusahaan pembiayaan ingin suatu kejelasan dari kita. Apalagi ketika perlu untuk urusan korespondensi, perusahaan tersebut butuh alamat tempat tinggal kita yang jelas. Alasan memiliki tempat tinggal yang jelas, tentunya juga untuk jaga-jaga dari perusahaan pembiayaan, kalau misal terjadi gagal bayar, dan perusahaan tersebut ingin mengontak kita untuk mengurus sisa cicilan kredit. Eh tapi kalau kamu masih kontrak rumah, tetap bisa saja kok, asalkan periode kontrak rumahmu harus lebih lama daripada periode kreditmu.

Kooperatif ketika proses survei

Tentunya dalam suatu relasi, kita harus jujur dalam memberikan jawaban, apalagi saat proses survei. Misalnya dalam hal penghasilan kita. Jangan karena kita ingin membeli mobil yang mahal, kita markup penghasilan kita agar masuk dalam range besaran cicilan kita tiap bulannya. Hmm …

โ€ฆ

Nah, mudah-mudahan setelah membaca ini, bisa melengkapi pemahamanmu tentang kredit mobil, ya. ๐Ÿ™‚

Oh iya, terima kasih juga kepada Mobil123.comย –ย Portal Otomotif no 1ย – ย dan MPM Finance atas undangannya ke acara โ€˜Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan.โ€™

tips kredit mobil menguntungkan mobil123

Acara ‘Tips kredit mobil yang menguntungkan’ dari Mobil123 dan MPM Finance

Advertisements
Comments
  1. Posted by zata ligouw
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Yusep Hendarsyah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Dickie
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Dhanang Sukmana Adi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Hastira
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Febrianty Rachma
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by cK
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Yulia Rahmawati
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Choirul Huda (@roelly87)
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by yayat
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment