Wisata ke Kincir Ria Tertinggi di Cakung

Author: | Posted in Wisata 14 Comments

Kincir Ria Tertinggi? Di Cakung? Yes, bener banget! Sebenarnya udah sempat baca beritanya mengenai ini beberapa waktu lalu, dan akhirnya menyempatkan diri untuk datang ke Cakung. Dan ini merupakan kunjungan pertama ke Cakung, beneran deh hehe!

Oh iya, ternyata si kincir ria tertinggi di Indonesia ini letaknya ada di AEON Mall Jakarta Garden City. Ini beda banget ama yang di Serpong ya, lokasinya aja beda hahaha. Dan saya baru tau kalau ada AEON Mall yang kedua pulak!

Jadi, bagaimana caranya ke sini?

Kalau dari daerah Bintaro ke Cakung emang terkesan jauh, ya, eh tapi setelah dicek bagaimana cara menuju ke Cakung, malah baru ngeh kalau ternyata Cakung dilewatin oleh Commuter Line yang ke arah Bekasi haha. Jadinya malah enak banget ke sananya, tinggal ganti di Tanah Abang, kemudian naik kereta yang menuju Manggarai, dan terakhir ganti kereta yang menuju ke arah Bekasi. Tinggal tunggu aja beberapa perhentian sampai di Cakung.

stasiun cakung commuter line

Gampang banget tinggal naik commuter line, trus turun di Cakung

Lalu, apa masih jauh tuh dari stasiun Cakung ke lokasi kincir rianya?

Sebenarnya ga terlalu jauh kok. Jadi dari stasiun Cakung, waktu itu saya langsung order aja taksi online, dengan tujuan AEON Mall Jakarta Garden City. Selanjutnya, pilihan ada di tanganmu, antara mau lewat jalan tol Lingkar Luar Timur atau jalan biasa. Kalau saya sih pilih lewat tol aja deh biar lebih cepat. Sebenarnya kalau lancar sih, perjalanannya hanya memakan waktu sekitar 15 menit aja. Cepet kan, ternyata?

jakarta tol lingkar luar timur jsky ferris wheel

Lalu naik taksi online aja lewat tol Jakarta Lingkar Luar Timur. Tuh udah keliatan kan ferris wheel-nya 🙂

exit-cikirang-timur-jsky-ferris-wheel

Exit di Cikarang Timur ya

jakarta garden city

Lalu tinggal masuk aja deh ke area Jakarta Garden City

aeon mall jakarta garden city jsky ferris wheel

Horeee akhirnya sampe!

Siapakah ini si Kincir Ria Tertinggi di Indonesia?

Jadi si kincir ria tertinggi di Indonesia ini memiliki nama J-Sky Ferris Wheel. Ferris wheel itu ga lain dan ga bukan adalah bahasa Inggris dari ‘kincir angin’. Sedangkan pake nama ‘J-Sky’ karena ini singkatan dari Jakarta Sky. Oalah!

aeon mall jakarta garden city jsky ferris wheel

Udah sampe, tinggal naik aja ke atas lantai 3 dari AEON Mall Jakarta Garden City deh

Tentunya pembuatan #Jskyferriswheel ini ga sembarangan lah, karena semua pembangunan dan keamanannya mengikuti standar Jepang. Ini karena si kincir ria tertinggi ini di bawah pengelolaan PT. Momozen Amusement Indonesia, yang merupakan perusahaan Jepang dengan spesialis di bisnis dunia hiburan. Momozen ini udah pengalaman juga dengan kincir ria, karena sebelumnya sukses membangun di Jepang dan di Filipina.

gondola jsky ferris wheel

Udah siap naik kincir ria tertinggi di Indonesia?

Nah, kamu penasaran ga dengan tinggi si J-Sky Ferris Wheel ini? Kan katanya tertinggi di Indonesia, ya?

Disebut tertinggi di Indonesia, karena titik tertinggi dari kincir ria J-Sky ini mencapai 69 meter dari permukaan tanah. Ini juga karena kincir ria tertinggi ini dibangun di atas lantai 3 dari AEON Mall Jakarta Garden City. Wow banget kan, jarang-jarang ada kincir ria dibangun di atas mall. Jadi beneran bisa semacam alternatif tempat wisata di Jakarta deh, ya.

Oh, ngomong-ngomong #ferriswheeltertinggidiindonesia, ternyata J-Sky Ferris Wheel ini menerima penghargaan rekor MURI juga lho untuk ‘Wahana Kincir Ria Tertinggi’. Ternyata saat penghargaan diserahkan, momemnya pas banget dengan grand opening-nya J-Sky Ferris Wheel ini.

rekor muri jsky ferris wheel

Cihuyyy, dapat rekor MURI nih!

J-Sky Ferris Wheel ini memiliki 32 gondola, dan bisa menampung maksimal 6 orang dewasa. Saat ini sih kalau dilihat memang warna tiap gondolanya masih senada deh, ya. Tapi ke depannya udah ada rencana untuk memberikan design dengan konsep berbeda di tiap gondola, mungkin ada yang bernuansa Jepang, atau negara lain deh. Kalau gini kan lucu ya, jadi ntar minggu ini dapat yang nuansa Jepang, eh pas minggu depan balik lagi, dapat nuansa Ostrali, gitu aja terus 😀

Pengalaman naik J-Sky Ferris Wheel

Waktu kunjungan ke sana, saya sempet nyobain naik dua kali deh, pas siang dan malam. Jadi dapat dua nuansa yang berbeda.

timo wp jsky ferris wheel

Yuk nyobain J-Sky Ferris Wheel

Pas pergi ke sana memang siang tuh pas terik-teriknya, ya, terus sempet khawatir, wah, panas ga ya di atas, ntar kepanggang dong haha. Gilss ga lah ya, secara di tiap gondola J-Sky Ferris Wheel ini, udah dipasangin AC Daikin. Beneran deh tiap gondola dapet 1 AC. Jadi makanya pas naik kincir ria tertinggi siang-siang, ga kerasa panas sama sekali. Malahan bisa ngadem deh dari panasnya di luar hahaha. Ternyata kenapa dipasangin AC gini, ini karena mengikuti ferris wheel mereka yang di Jepang, yang dipasangin AC juga, jadi biar nyaman.

timo wp gondola jsky ferris wheel

Ngadem dulu di dalem gondolanya

Terus ga perlu khawatir ga sempet foto-foto atau menikmati pemandangan dari atas deh. Setiap putaran, kita dapat kesempatan selama 12 menit untuk menikmati ini, dan pastinya muternya ga buru-buru lah. Ntar pusing deh, ya.

view siang hari jsky ferris wheel

View dari salah satu sisi gondola J-Sky

Eh iya, serem ga ya naik itu?

Ga kok, malah saya asyik-asyik aja lah. Yang nyobain siang hari kan memang sengaja nyobain berdua sama si Riyardi Arisman doang, jadi biar legaan dikit gitu. Yah namanya baru nyobain pertama kali, jadinya malah pecicilan ya, pindah sini, terus ga lama, pindah lagi tempat duduk biar dapat view yang beda, terus pindah duduk berdampingan – ets dah – tetap aman kok, ga perlu khawatir.

timo wp jsky ferris wheel

Ga serem kok naik ini!

Oh iya, biar lebih aman sih, ternyata si gondola itu dikunci dari luar, jadi yang hanya bisa buka, ya staf J-Sky nya dari luar. Aman deh ya kalau bawa anak-anak.

Selain itu, di tiap gondolanya juga udah ada anti-petir dan strukturnya juga anti-gempa deh. Apalagi konstruksi kincir ria ini, memang udah diperhitungkan dari awal, termasuk saat perencanaan bangun AEON Mall ini.

gondola teratas jsky ferris wheel

Ferris wheel ini udah ada anti petir dan anti gempa kok, jadi aman kok 🙂

Pernah ga kepikiran pas naik kincir ria terus tiba-tiba mati lampu? Wakwawww, apa yang terjadi? Tenang aja sih kalau naik J-Sky ini. Sempat diberitau kalau tiba-tiba mati lampu, udah ada petugas yang siap mengengkol alias memutar secara manual kincir ria ini, jadi bisa mengeluarkan setiap penumpang di dalamnya. Tentunya yang penting, setiap kita yang naik harus tenang, ya.

Lalu bagaimana pas malam hari?

Malam hari pastinya berbeda lah nuansanya. Lampu-lampu pada dinyalain, dan tentunya semakin rame lah suasana di roof top AEON Mall ini.

Bagaimana dengan view dari atas pas naik ferris wheel-nya?

kincir ria tertinggi di indonesia

Makin malem rasanya semakin cakep nih!

Tentunya berbeda. Malah lebih apik rasanya. Saya jadi penasaran pas sunset bagaimana, ya? Mungkin lebih cakep lagi? Duh, apakah ini tandanya saya mesti ke sana lagi, dan naik pas sunset 😀

view malam hari gondola jsky ferris wheel

View nya emang lbh cakep sih ya, dengan lampu-lampu dinyalain hehe

view jalanan pada malam hari jsky ferris wheel

View jalanan dari J-Sky Ferris Wheel

Jam buka dan tiket dari J-Sky

Kincir ria tertinggi J-Sky ini akan buka tiap hari lho! Senin ketemu Senin! Tapi yang beda jam bukanya aja sih.

Jam buka J-Sky Ferris Wheel:

  • Minggu – Kamis : 10:00 – 22:00
  • Jumat – Sabtu                 : 10:00 – 24:00

Kenapa Jumat dan Sabtu lebih malam? Yah, namanya juga weekend ya hehehe, boleh lah kita pulang malam.

Lalu bagaimana dengan harga tiketnya?

tiket counter jsky ferris wheel

Beli tiketnya di sini, ya

Harga tiketnya bervariasi sih, tergantung kamu mau sendiri atau berduaan, atau ramean se-geng.

Tiket J-Sky Ferris Wheel:

  • Satu orang reguler : Rp. 50.000
  • Couples : Rp. 160.000
  • VIP (grup – 6 orang) : Rp. 350.000

Untuk yang reguler, berarti kamu harus mau campur sama orang lain di satu gondola. Berbeda dengan couples. Kalau kamu pilih couples, berarti 1 gondola ya hanya untukmu berdua deh, ya. *uhuk*

Eh iya, bagaimana untuk anak-anak? Ternyata untuk tiket sih ga bergantung pada usia, tapi lebih ke tinggi badan. Jadi kalau tinggi badannya kurang dari 90 cm, maka tiketnya gratis.

Oh satu lagi. J-Sky juga udah menyiapkan satu gondola khusus untuk orang difabel, jadi nanti kamu tinggal request aja ya ke petugasnya kalau memang membutuhkan.

So, kapan kamu meluncur ke sini untuk nyobain kincir ria tertinggi di Indonesia. Siapa tau kan nanti kamu pas lagi naik ini bareng sang kekasih, sambil melihat langit Jakarta, kamu bisa merangkai sebuah #skystories setelah naik J-Sky ini. Uhuy!

Eh iya, ke depannya, PT. Momozen Amusement Indonesia akan bangun lagi nih kincir ria di beberapa kota di Indonesia, seperti di Bandung, Balikpapan, dan Samarinda. Dapat bocoran nih, kalau untuk yang di Bandung, areanya di Setiabudi dan konsepnya lebih ke taman Belanda gitu sih – jadi ga di atas gedung lagi.

riyardi arisman gondola jsky ferris wheel

Jangan mau kalah ama kakak Arisman ya, dia udah nyobain 2 kali lho! Kamu kapan? 😀

J-Sky Ferris Wheel Indonesia:

Facebook            : https://www.facebook.com/JSky.Momozen/
Instagram           : https://www.instagram.com/ferriswheel.jsky/
Website              : http://ferriswheel-indonesia.com/

Lokasi J-Sky Ferris Wheel Indonesia di AEON Mall Jakarta Garden City pada Google Maps:

malam hari jsky ferris wheel

Makin cakep kan pas malam hari?

Advertisements
Comments
  1. Posted by Ikrom
  2. Posted by PutriKPM
  3. Posted by Sari Novita
  4. Posted by riyardiarisman
  5. Posted by Lia Harahap
  6. Posted by Andri Mastiyanto
  7. Posted by Marga
  8. Posted by unggulcenter
  9. Posted by Reh Atemalem
  10. Posted by kurnia amelia
  11. Posted by Atisatya Arifin
  12. Posted by andiyani achmad
  13. Posted by Liswanti
  14. Posted by Siti mudrikah

Add Your Comment