Mudahnya membuka Rekening Online Bank Sinarmas

Author: | Posted in Lomba, Review lainnya 6 Comments

Apa sih kira-kira hal yang tidak kamu suka ketika melakukan kegiatan perbankan, seperti misalnya pembukaan rekening bank hingga meminta pin baru karena masalah lupa pin haha? Kalau saya, hal yang tidak saya suka pastinya dan tentunya adalah antri yang memakan waktu. Pernah saya ke suatu bank pada saat jam makan siang, padahal antrian sedikit dan butuh waktu hampir satu jam sebelum akhirnya giliran saya. Sangat memakan waktu. Untungnya sekarang kegiatan perbankan sudah mulai merambah ke ranah digital, sehingga sangat memudahkan sekali dan tidak perlu buang waktu untuk pergi dan antri di bank. Seperti contohnya Bank Sinarmas dengan Digital Banking Bank Sinarmas – nya.

rekening-online-bank-sinarmas-featured-image

Mudahnya membuka rekening online (gambar diambil dari website Bank Sinarmas)

Rekening Online Bank Sinarmas

Digital Banking dari Bank Sinarmas sudah dimulai dari tahapan awal, di mana seseorang ingin menjadi nasabah dari Bank Sinarmas, dengan memberikan kemudahan pembukaan rekening online Bank Sinarmas. Kita bisa mengucapkan selamat tinggal kepada yang namanya antri dan membuang waktu pergi ke bank, karena kegiatan perbankan sudah bisa kita lakukan melalui online saja. Tinggal buka laptop dan sambungkan laptop kita dengan internet, dan kita siap membuka Rekening Online dari Bank Sinarmas. Masih tidak percaya? Yuk, kita cobain sama-sama.

Langkah-langkah membuka Rekening Online

Pendaftaran Rekening Online

Pendaftaran dapat dilakukan dengan menggunakan form aplikasi elektronik yang dapat diakses melalui website Bank Sinarmas di bawah ini:

https://www.banksinarmas.com/tabunganonline/eform

rekening-tabungan-online-bank-sinarmas-pendaftaran

Pendaftaran rekening online

Di sini kamu tinggal mengisi biodata-mu dengan benar dan jelas sesuai kartu identitasmu. Kamu juga bisa memilih Program Tabungan Online yang tersedia, seperti program Regular, Voucher Belanja, Secure Credit Card, dan Deposito Online. Untuk program Voucher Belanja, tentunya kamu bisa mendapatkan voucher belanja, yang untuk saat ini adalah voucher belanja Alfamart dengan melakukan setoran dana ke Rekening Online Bank Sinarmas, sedangkan untuk Secure Credit Card dan Deposito Online akan saya jelaskan nanti di bawah.

Setelah selesai mengisi bagian pertama, maka kamu siap ‘Apply’ Rekening Online

Jangan lupa baca Syarat dan Ketentuan dari pembukaan Rekening Online, dan kemudian masukkan kode security, serta klik kalau kamu setuju dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Selanjutnya tinggal klik ‘Apply’ dan kamu sudah bergabung dengan Digital Banking Bank Sinarmas.

rekening-tabungan-online-bank-sinarmas-apply

Baca syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum klik Apply

Lakukan setoran awal

Kamu harus melakukan setoran awal senilai Rp. 50.000,- ke rekening virtual yang sudah disiapkan untuk menampung setoran awal tabunganmu. Jangan lupa cek inbox email-mu untuk keterangan lebih lanjut (kalau misal tidak ada, kamu bisa cari di folder junk / spam). Setoran awal ini tidak boleh lebih dan kurang. Cukup Rp. 50.000,- saja ya, karena saya beberapa waktu lalu pernah coba setor lebih dan ternyata tidak bisa. Nah, setoran ini bisa dilakukan dengan transfer melalu ATM, internet banking, dan juga setor tunai ke Bank Sinarmas (kode bank: 153).

rekening-tabungan-online-digital-banking-bank-sinarmas-cek-email

Cek email untuk melihat nomor rekening virtualmu

Petugas Bank Sinarmas akan menghubungi nomor kontakmu

Jadi pastikan nomor handphone-mu aktif sehingga bisa dikontak oleh petugas Bank Sinarmas untuk proses selanjutnya, termasuk janji temu dengan petugas Bank Sinarmas untuk diantarkan ATM dan tanda tangan form. Kamu juga akan ditanya terlebih dahulu mengenai lokasi tempat tinggalmu atau tempat pertemuannya untuk mencocokkan dengan lokasi Bank Sinarmas terdekat.

Saya waktu karena ada travel ke luar negeri, makanya saya tidak bisa dikontak. Akhirnya, saya coba telepon ke Bank Sinarmas CARE di 1500153 (atau di 021-50188888) dan meminta untuk dilanjutkan kembali proses pembukaan rekening online Bank Sinarmas ini. Prosesnya tidak memakan waktu lama, dan saya langsung dikontak untuk membuat janji temu dengan petugas Bank Sinarmas.

Rekening Online siap dipakai

Setelah semuanya beres, kamu akan menerima email notifikasi untuk aktivasi pembukaan rekening online tersebut, dan kamu bisa mulai menggunakan ATM. Asyiknya lagi, kamu bisa menarik di ATM Bersama dan bebas biaya penarikan, jika minimum saldomu itu Rp. 1 juta lho!

Tapi, jangan lupa untuk aktivasi ATM-mu dengan mengklik link di email dari Bank Sinarmas, ya 🙂

rekening-online-bank-sinarmas-approved

Wah, rekening online Bank Sinarmasnya sudah aktif! Tinggal aktifin ATM-nya aja nih 🙂

Eh iya, kamu nantinya juga bisa menggunakan mobile banking dengan menggunakan aplikasi Simobi Plus untuk lebih memudahkan kegiatan perbankanmu lagi. Apabila pada penggunaan Simobi Plus dibutuhkan SMS token yang dikirim untuk finalisasi proses transaksi, maka untuk saat ini masih bebas biaya! (peraturan mengenai biaya bisa berubah sewaktu-waktu). Ini akan sangat membantu, ketika saya ingin membeli pulsa telepon melalui online banking ketika pulsa saya sudah nol! Haha.

buku-tabungan-atm-bank-sinarmas

Yeay … my Bank Sinarmas ATM and savings book!

Deposito Online

Setelah kita melakukan pembukaan Rekening Online, kita sekarang sudah bisa membuka rekening Deposito Online Bank Sinarmas yang minimal penempatan dananya sebesar Rp. 8 juta.

Lalu bedanya apa dengan membuka rekening deposito langsung di bank?

deposito-online-bank-sinarmas

Enaknya membuka deposito online (gambar diambil dari website Bank Sinarmas)

Bedanya tentu dalam hal kepraktisan dan juga suku bunganya. Praktis, karena kita bisa membuka rekening deposito melalui online banking, dan tidak perlu pergi ke bank dan mengantri ke Customer Service. Selain itu, biasanya suku bunga deposito bisa lebih tinggi daripada suku bunga yang ditawarkan ketika kita pergi ke bank. Saat ini Deposito Online Bank Sinarmas menawarkan bunga 7% per tahun (suku bunga bisa berubah kapan saja). Untuk bilyetnya, kamu tidak lagi mendapatkan bilyet dalam bentuk fisik, tapi dalam bentuk e-bilyet (dalam PDF) yang dikirim ke email-mu, sehingga kamu tidak perlu repot menyimpan bilyet deposito tersebut, atau khawatir akan kehilangan bilyet tersebut.

Jika kamu berminat membuka Deposito Online Bank Sinarmas, kamu bisa langsung klik di sini.

Secure Credit Card

Secure Credit Card? Jenis kartu kredit apalagi tuh? Bedanya apa dengan kartu kredit yang biasa?

Bedanya dengan kartu kredit biasa, si Secure Credit Card ini akan mempunyai koneksi dengan Rekening Online Bank Sinarmas -mu.

secured-credit-card-bank-sinarmas

Secure Credit Card (gambar diambil dari website Bank Sinarmas)

Ingat, tidak, misalnya ketika kamu mau apply sebuah kartu kredit, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, seperti contohnya, minimal penghasilan, memiliki penghasilan tetap, dan syarat lainnya. Nah dengan Secure Credit Card, kamu tidak perlu lagi menemui persyaratan demikian, karena limit kartu kredit kamu akan ditentukan oleh 80% jumlah dana dari tabunganmu, bukan lagi dilihat dari penghasilanmu. 80% dana ini juga akan di-hold/lock oleh pihak Bank Sinarmas, yang akan dijadikan sebagai jaminan atas Secure Credit Card. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena dana tabunganmu yang di-hold ini, akan tetap mendapatkan bunga tabungan. Untuk pembayarannya, sistem Secure Credit Card menerapkan metode pembayaran penuh atau full payment, sehingga akan melindungimu dari bunga kartu kredit yang tinggi.

Semuanya jadi mudah kan dengan kehadiran Rekening Online Bank Sinarmas? Dari rumah, mall, café, atau dari mana saja, kamu bisa mengakses rekening online, atau bahkan membuat Rekening Online tersebut. Saya paling suka yang praktis, mudah, dan tidak merepotkan. Kalau kamu sendiri bagaimana?

Advertisements
Comments
  1. Posted by Evi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Haya Aliya Zaki
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Dani
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment