Ku ingin kembali ke Bali

Author: | Posted in Lomba, Wisata 26 Comments

Ku ingin kembali ke Bali – Bali, siapa sih yang ga mau berlibur ke sana? Walau udah berkali-kali ke Bali, tetap aja ada ‘magnet’ yang suka menarikku ke sana. Bahkan, saat lihat-lihat foto liburan di Bali, entah kenapa, langsung bikin kangen yang sangat dengan Bali. Bali memang ngangenin, ingin rasanya tinggal berlama-lama di sana, bersantai di sana, atau mungkin pindah ke sana deh, ya. Belum pernah sih tinggal berbulan-bulan di sana, paling lama kalau ga salah sekitar 2 mingguan deh.

bandara airport ngurah rai bali

Kangen ingin kembali ke Bali

Sebenarnya apa aja sih yang membuat saya ingin kembali ke Bali? Ini saya udah buat 4 hal, yang membuat saya ingin kembali ke Bali.

4 hal yang ingin membuatku ingin kembali ke Bali

Road trip ke Bali bagian barat

I love road trip! Makanya setiap ke Bali, pasti saya sewa mobil dan tanpa supir, jadi biar saya bisa nyetir sendiri mobilnya, apalagi untuk urusan arah, bisalah pake Google Maps atau Waze ?. Road trip sepertinya bakal tambah seru kalau perginya bareng temen-temen, jadi serasa piknik deh.

Biasanya saya selalu mengawali road trip dari airport Ngurah Rai, tempat saya bertemu dengan yang menyewakan mobil. Kemudian pastinya mampir dulu ke SPBU terdekat, karena biasanya kalau sewa mobil, bensinnya memang disisakan sekitar 1 garis aja. Setelah itu, melipir dulu ke minimarket terdekat deh, untuk menimbun snack dan minuman yang banyak haha. Males banget lagi di tengah perjalanan terus perut keriyuk-keriyuk, trus ga ada warung atau tempat makan. Dan langsung cuss deh, buka Google Maps menuju destinasi sesuai itinerary yang udah disepakati.

road trip bali

Yuk, road trip ke Bali <3

Waktu dulu, pernah banget nyetir dari airport, kemudian road trip ke utara Bali via timur Bali. Wow, perjalanan yang ga terlupakan deh, secara walau perginya sama temen, tapi doi ga bisa nyetir. Alhasil saya doang yang nyetir. Sampe di Bali utara udah malem, dan langsung cari makan, abis itu menggelepar di kamar hotel haha.

Kenapa sih, kok suka banget road trip di Bali. Entah kenapa, emang suka aja sih, apalagi kalau pas jalan gitu, suka berhenti di tempat-tempat tertentu untuk foto ini-itu. Atau, pernah juga berhenti di destinasi yang ga direncanain karena tiba-tiba terlintas di otak spot tersebut haha.

Nah, kalau nanti ada kesempatan untuk kembali ke Bali lagi, pengen banget, road trip ke barat Bali, karena belum pernah. Hmm, atau misalnya ke utara Bali juga boleh sih, secara masih asri di sana ?

Hopping pantai Bali yang eksotis

Pastinya udah ga perlu disuruh lagi sih ya, kalau ke Bali pastinya ke pantai haha. Direncanain atau ga, entah selalu kaki-kaki ini menggiring saya ke pantai, mulai dari pantai populer yang udah pernah saya kunjungi sebelumnya, bahkan pantai yang belum pernah. Mulai dari pantai-pantai di Pulau Bali, bahkan pantai di pulau-pulau sekitar pulau Bali, seperti di Nusa Lembongan.

Emang ngapain aja toh di pantai – secara udah sering banget ya ke pantai kalau di Bali? Ngapain? Lah, ya ngapain aja deh, ya. Tapi so pasti yang paling sering dilakuin adalah ya foto-foto deh. Selanjutnya ya enjoy and relax aja. Biarkan telapak kaki ini main-main dan ngubek-ngubek pasir di pantai. Secara kalau kembali ke kehidupan di kota, kaki biasanya dikekep di dalam sepatu kan, ya? Bebaskan telapak kaki agar bisa menyentuh sang pasir.

Eh iya, biasanya sih ya, tujuan saya ke pantai selain untuk relaxing, adalah untuk menikmati matahari terbenam, alias sunset. Saya penyuka sunset sih ya. Alasan pertamanya adalah saya kadang suka susah bangun pagi haha, dan yang kedua, sunset tuh terasa lebih romantis, ga sih?

makan bakso di pantai bali

Yang udah pernah makan bakso di pantai ini pasti tau kalau antrinya panjang haha!

Nah, sambil menikmati sunset, biasanya suka ada tuh ibu-ibu yang jualan bala-bala, alias bakwan, yang dicampur ama bumbu kacang. Atau ga, saya juga pernah tuh sambil makan bakso di sebuah pantai – yang belinya aja suka ngantri dari yang matahari masih keliatan jelas dan baru dapet baksonya pas saat-saat mendekati sunset haha.

Menuju pantai-pantai di Bali ini juga kadang suka membuat mulut menganga dulu karena mesti menuruni tangga yang jumlahnya banyak itu. Turunnya boleh lah ya, tapi udah mikir dulu saat nanti pas naik ke atas haha. Tapi, it’s okay lah, demi pantai gitu lho! Contoh pantai yang seperti ini itu adalah pantai Suluban ama pantai Green Bowl. Suluban itu pantai favorit saya, karena pantainya seperti tersembunyi di antara batu-batu karang yang tinggi. Kalau pantai Green Bowl, kenapa dinamakan seperti itu, karena pantainya terlihat ‘bolong-bolong’ seperti mangkok kebalik hehe.

turun tangga pantai suluban bali

Menuruni tangga demi ke Pantai Suluban

turun tangga ke pantai suluban bali

Masih turun terus, ya!

pantai suluban bali

Hore, akhirnya sampai juga ke pantai Suluban! 😀

Melihat tarian Kecak saat sunset di uluwatu

Sebenarnya saya udah pernah melihat tarian Kecak di Pulau Bali, tapi biasanya tariannya dilakukan di atas panggung gitu sih. Salah satu impian saya yang sebenarnya terdengar sederhana ini, yaitu untuk melihat tarian Kecak di Pura Uluwatu saat matahari terbenam. Duh, rasanya pasti magis banget, ya, dan tentunya pesona tariannya berkali lipat karena ‘latar belakang’-nya adalah sunset.

tari kecak pura uluwatu bali

Melihat tarian Kecak dari kejauhan … Hiks!

Emang kenapa toh kok belum pernah?

Hmm, mungkin karena belum sempat aja sih ya, atau mungkin belum disempatkan hehe. Kalau ke Pura Uluwatu – nya sendiri udah pernah dikunjungi beberapa kali. Terakhir ya tahun ini sih, tapi waktu itu bareng rombongan ke sananya, dan kalau ga salah tiket untuk menonton tari Kecak di Pura Uluwatu cukup mahal, ya? Makanya kami yang serombongan itu, mengurungkan niat untuk menonton tarian Kecak.

upacara hindu bali pura uluwatu

Karena ga menonton tari Kecak, saya jadinya melihat-lihat Pura Uluwatu aja. Kebetulan saat itu, warga Bali lagi mengadakan upacara di sini 🙂

Kalau kamu sendiri gimana, udah pernah menonton tarian Kecak di Pura Uluwatu? Lalu, gimana pendapatmu?

Nusa Penida yang sudah lama kunanti

Yang terakhir – tapi mungkin aja bukan alasan yang terakhir ya, adalah berkunjung ke Nusa Penida. Padahal dulu saya pernah ke tetangganya Nusa Penida, alias Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, tapi sayangnya waktu itu saya lagi ga sempat berlama-lama di Pulau Bali.

Saya tuh suka mupeng pake banget, kalau melihat foto-foto orang yang lagi liburan di Nusa Penida. Spot destinasinya cakep-cakep, apalagi pantai Kelingking. Kan, orang suka banget tuh foto lagi duduk menghadap ke Pantai Kelingking sambil menikmati pemandangan. Eh, tapi bisa kan ya ke pantai di bawahnya, kalau ga salah pernah lihat foto yang ada tangganya. Lagi-lagi udah ngebayangin naiknya segempor apa ya nanti haha. Eits, tapi ga apa lah demi ke pantai haha.

Selain itu pengen juga main ke Angel’s Billabong, yang katanya ada kolam renang alami di situ huehe. Pengen mengambang di sana deh, walau dari dulu belum bisa ngambang telentang sih kalau di air huehe.

Belum tau apakah nanti ke sininya bakalan sehari doang atau disempetin nginep. Lebih suka nginep sih emang, jadi biar bisa enjoy dan merasakan nikmatnya tinggal di Pulau Nusa Penida deh. Tapi, kalau sempetnya cuma sehari ya ga apa juga. Kalau itu mah emang lebih enakan ambil paketan tur sehari ke sana, biar ga ribet sih. Paketan tur seharian udah banyak trip provider-nya lah ya, tinggal dipilih-dipilih, mana yang cucok.

Sekarang sih baru kepikiran empat hal yang bisa membuat saya ingin kembali ke Bali. Tapi kayaknya bisa lebih sih ya, karena entah kenapa, Bali itu destinasi di Indonesia yang menurut saya ga ngebosenin walau udah dikunjungin berkali-kali. Saya ga berlebihan kan, ya? Hehe.

Kalau kamu sendiri gimana, apakah kamu kangen untuk berkunjung ke Bali? Apa aja sih yang membuatmu ingin kembali ke Bali lagi dan lagi dan lagi?

kembali ke bali

Enakan kalau mau mikir tuh di tepi pantai, sambil menikmati semilirnya angin laut 😀

Advertisements
Comments
  1. Posted by deddyhuang.com
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Jalan-Jalan KeNai
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Adi Pradana
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Ikrom
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by mbak avy
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Riyardiarisman
  7. Posted by ivonie
  8. Posted by Reh Atemalem
  9. Posted by Kania
  10. Posted by Andri Mastiyanto
  11. Posted by Anesa nisa
  12. Posted by Idfi pancani
  13. Posted by unggulcenter
  14. Posted by Liswanti
  15. Posted by Noe
  16. Posted by PutriKPM
  17. Posted by Dewi Puspasari
  18. Posted by andiyani achmad
  19. Posted by Marga
  20. Posted by Wian
  21. Posted by Siti mudrikah

Add Your Comment