Baca ini dulu kalau mau jual mobil bekas

Jaman sekarang kalau mau jual mobil bekas udah ada banyak alternatifnya, ya. Beda banget ama dulu. Saya masih inget dulu ketika orang tua mau jual mobil bekas, mesti bawa mobilnya ke satu dealer kemudian ke dealer yang lain. Ada juga yang malah barter dengan mobil baru dengan salah satu petinggi sebuah showroom. Kalau begini ya berarti nambah uang sih ya.

Selain nawarin ke showroom mobil, dulu juga pernah pasang iklan di koran. Nah, kalau pasang iklan di koran, berarti kami mesti janjian ketemu di mana, atau ya datang ke rumah deh. Sempet deg-degan sih ya kalau begini, karena kami ga tau juga orangnya seperti apa, apalagi termasuk pas dia minta test drive. Jeng-jeng. Untungnya semua berakhir dengan baik-baik aja, tapi ya gitu mesti mau repot, apalagi mesti melewati proses negosiasi, terus terkadang orangnya hilang tanpa jejak haha.

Sama seperti kalau kamu mau jual rumah (bukan baru), pastinya kamu ingin semuanya purrfect saat dilihat calon pembeli, ‘kan? Sama halnya dengan mobilmu yang ingin dijual. Kamu harus bersihin mobilnya luar dalam sampai kinclong dan wangi, karena kesan pertama begitu penting hehe.

Setelah itu, cara jual mobil bekas mulai berubah sejak ada internet. Kita mulai bisa jualan mobil di internet, ya. Kebetulan sekarang juga udah ada website marketplace jual beli mobil bekas. Saya dulu juga pernah nih bantuin orang tua untuk jual mobilnya di salah satu marketplace. Kalau di sini, walau kita ga perlu pergi ke dealer satu-satu, berarti kita kudu foto-foto sendiri mobil yang mau dijual dan di-upload di website marketplace tersebut. Proses selanjutnya ya berarti mirip-mirip dengan sebelumnya, mulai dari negosiasi harga, ketemu calon pembeli agar dia bisa lihat mobilnya langsung, dan test drive.

Nah, sekarang ternyata udah ada alternatif jual mobil bekas selain di atas, yaitu namanya Belimobilgue.co.id.

Kenalan dulu dengan Belimobilgue.co.id

Kalau ngomongin tentang situs marketplace yang di atas udah saya singgung, itu lebih merupakan situs C2C alias consumer-to-consumer alias kamu bisa berhubungan langsung dengan calon pembelinya yang merupakan pembeli perorangan. Berbeda dengan Belimobilgue.co.id, karena ini menggunakan model bisnis C2B alias consumer-to-business. Yang dimaksud dengan ‘business’ di sini adalah para car dealers (showroom mobil) yang sudah berpartner dengan Belimobilgue.co.id. Untuk saat ini, katanya sih udah berpartner sekitar 600an dealer mobil di Jabodetabek, ya.

Lalu, ngomong-ngomong, siapa sih Belimobilgue.co.id itu?

website belimobilgue jual mobil bekas

Ini tampilan website Belimobilgue.co.id

Jadi ini merupakan sebuah startup yang baru diluncurkan pada tahun ini. Bahkan website mereka di http://Belimobilgue.co.id baru diluncurkan di bulan April 2017. Konsep bisnis yang mereka terapkan ini dicontoh dari sebuah platform di Eropa, yang bernama Auto1.com. Konsep ini kemudian digodok biar menjadi lebih lokal untuk diterapkan di Indonesia. Selain di Indonesia, ternyata konsep bisnis C2B seperti ini udah ada juga di negara lain, seperti India (Cars24), Brazil (Instacarro), serta Rusia, Jepang, dan UEA (CarPrice).

belimobilgue c2b consumer to business jual mobil bekas

Konsep bisnis Belimobilgue.co.id itu C2B alias Consumer-to-business

Tentunya sebelum terjun dan membuka layanan ini, orang-orang di balik layar Belimobilgue.co.id, udah melakukan riset mengenai pasar otomotif di Indonesia yang memang cukup besar, khususnya pasar mobil bekas. Perkiraan nilai transaksi di pasar mobil bekas di Indonesia itu sekitar US$35 miliar lho atau sekitar 300.000 unit mobil bekas setiap bulannya. Ga usah muluk-muluk lah, kalau misalnya mereka bisa mengeruk 1% aja dari jumlah mobil bekas yang diperdagangkan, kan ya udah lumayan, ya ?

Caranya jual mobil bekas di Belimobilgue.co.id

Yang menarik dari cara kita untuk jual mobil bekas di Belimobilgue.co.id adalah mudah, cepat, serta pastinya aman. Mudah, karena prosesnya hanya berlangsung dalam 3 tahapan saja. Cepat karena mereka menjanjikan kalau proses menjual mobilnya dapat berlangsung dalam waktu 1 jam aja. Aman, karena kamu ga perlu tuh yang namanya ketemu pembelinya secara langsung.

Nah, waktu Belimobilgue.co.id adain blogger gathering baru-baru ini, kami sempat coba-coba secara langsung proses menjual mobil di Belimobilgue.co.id itu.

Tahap pertama: Dapetin perkiraan harga mobil secara gratis

Tahap pertama mudah banget, karena kamu tinggal mengisikan data-data mobilmu, seperti merek mobil, model mobilnya, serta tahun keluaran mobil tersebut. Data selanjutnya yang perlu diisi adalah tipe mobil (dilihat dari besaran kapasitas mesin serta bahan bakar yang dipakai) dan kilometer terakhir pada mobilmu. Selanjutnya adalah mengisi data pribadi agar nanti kamu bisa dikontak oleh Customer Service Belimobilgue.co.id.

tahap 2 jual mobil bekas belimobilgue

Tahap pertama itu mengisi informasi mengenai mobil yang ingin dijual

tahap jual mobil bekas belimobilgue estimasi harga

Dapat estimasi harga sementara setelah memasukkan data mobil di website Belimobilgue.co.id

Tahap kedua: Booking inspeksi mobil gratis di cabang terdekat

Kalau kamu setuju dengan perkiraan harga yang diberikan, kamu bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu booking waktu inspeksi mobilmu di cabang terdekat dari Belimobilgue.co.id. Saat ini Belimobilgue.co.id udah memiliki 14 cabang di Jadetabek. Kamu bisa cek cabang terdekatnya di sini.

Biasanya ga lama setelah kamu mem-booking waktu dan tempat untuk melakukan inspeksi, kamu akan langsung ditelepon oleh Customer Service Belimobilgue.co.id untuk melakukan konfirmasi. Saat ditelepon, kamu juga akan diingatkan untuk membawa dokumen lengkap dari kendaraanmu, seperti STNK, BPKB, dan lainnya, saat berkunjung ke cabang tersebut.

tahap 4 jual mobil bekas belimobilgue

Booking jadwal untuk inspeksi mobil di cabang Belimobilgue terdekat

Tahap ketiga: Datang ke cabang terdekat dan jual mobilmu

Di tahap ini, berarti kamu tinggal membawa kendaraan yang ingin dijual ke cabang terdekat. Jangan lupa untuk membawa dokumen kendaraan dengan lengkap. Kenapa mesti lengkap? Karena transaksi penjualan mobilmu akan terjadi di cabang Belimobilgue.co.id saat itu juga!

cabang belimobilgue cozy

Cabang Belimobilgue.co.id dibuat se-cozy mungkin, biar customer bisa menunggu hasil penawaran dari partner dengan nyaman

Tapi sebelum terjadi transaksi, mobilmu akan diinspeksi secara menyeluruh oleh staff dari Belimobilgue.co.id. Periksanya sampai 300 titik deh, termasuk bagian eksterior, interior, mesin, oli, dan sebagainya. Tentunya kamu akan dikasih tau kalau misalnya ada yang ga bener dari mobilmu. Nah, setelah diinspeksi, mobilmu akan dinilai lagi, berapa perkiraan harga berdasarkan inspeksi tadi. Di sini kamu boleh setuju, dan boleh juga ga setuju. Kalau kamu setuju, berarti nanti mobilmu akan ditawar oleh partner-partner yang udah bergabung dengan Belimobilgue.co.id. Pastinya kamu akan mendapatkan penawaran tertinggi dong, ya, dan mungkin bisa aja kamu akan dapat harga yang lebih tinggi dari hasil inspeksi lho.

Terus, emang beneran bisa dalam 1 jam ya prosesnya? Jadi begini, yang dimaksud dengan 1 jam normalnya adalah 30 menit untuk pemeriksaan mobil, dan 30 menit untuk proses penawaran dari dealer mobil rekanan Belimobilgue.co.id.

Eh iya, ada lho cerita sukses waktu GIIAS 2017 kemarin. Jadi kan, Belimobilgue.co.id juga buka stand di sana, dan ada orang yang tertarik jual mobilnya. Setelah terjual saat itu, eh ternyata dia langsung DP mobil baru hari itu juga haha! Keren lah, cepet banget prosesnya ?

Bisa ga sih, ternyata mobil kita ga bisa dijual. Bisa aja kalau BPKB-nya ga ada, kan takutnya bodong deh! Eh iya, kalau misalnya memang jenis mobilnya susah atau udah tua, dan saat itu belum ada partner yang berminat, Belimobilgue.co.id akan tetap coba membantu selama 2 – 3 x 24 jam atau mungkin beberapa hari ke depannya lagi. Tentunya dengan persetujuan si konsumen ya ?

Strategi Belimobilgue.co.id ke depannya

Pastinya kalau udah jalanin bisnis ingin berkembang dong, ya. Sama aja dengan Belimobigue.co.id yang merupakan ‘A New Kid in Town’ itu, udah punya visi ke depannya.

Karena saat ini masih fokus di daerah Jakarta dan sekitarnya yang berplat B, maka ke depannya akan ada rencana untuk berkembang ke plat F alias Bogor, dan pastinya ke semua pulau Jawa dan akhirnya ke seluruh Indonesia. Nantinya Belimobilgue.co.id akan menjadikan Indonesia sebagai role model untuk bisnisnya di South East Asia.

alexander alvin rolf monteiro belimobilgue

Alexander Alvin (kiri) dan Rolf Monteiro dari Belimobilgue.co.id

Emang kenapa sih fokusnya di daerah Jakarta dan sekitarnya dulu? Ga bisa dipungkiri deh, menurut riset yang dilakukan oleh team Belimobilgue.co.id, pada tahun 2016 aja, sekitar 58% dari total seluruh mobil di Indonesia bergerak di Jabodetabek!

Tentunya kalau ingin berkembang ke daerah-daerah lain, ada beberapa hal yang mesti disiapin oleh mereka nih, seperti mengedukasi masyarakat tentang cara kerja Belimobilgue.co.id. Soalnya jarang banget kan yang jual mobil bekas online yang menggunakan sistem C2B ini. Selain itu, pastinya Belimobilgue.co.id harus memperbanyak cabang-cabangnya di daerah sebagai inspection points kendaraan-kendaraan yang ingin dijual.

Gimana menurutmu tentang Belimobilgue.co.id? Semoga Belimobilgue.co.id bakal jadi alternatif jual mobil bekas yang bisa diandalkan nih ?

Advertisements
Comments
  1. Posted by Tanti Amelia
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Jun Joe Winanto
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Ikrom
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Yati Rachmat
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Kurnia amelia
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment