Jasa antar barang masa kini

Author: | Posted in Review lainnya No comments

Jasa antar barang masa kini – Masih ingat ga kira-kira di jaman baheula, kalau kita mau antar barang dalam kota, pakai apa biasanya? Hmm, mungkin antar gang di dalam kompleks rumah deh hehe. Ah, kalau yang terakhir masih bisa sih ya kita antar sendiri, mau jalan kaki kek, naik sepeda kek, atau kendaraan lainnya. Nah, itu tetep sih ya, bisa kita lakukan sendiri kalauuu kita punya waktu. Kalau ga punya waktu, jadi gimana dong? Ya bisa juga sih minta tolong antar orang rumah untuk antar barangnya, ya.

Trus, gimana kalau jaraknya lebih jauh dari gang di sebelah kita, ya anggaplah dari Jakarta Selatan ke Jakarta Barat hehe. Ya masa mau minta tolong orang rumah kita untuk anterin barang. Kalau mereka ada keperluan ya tidak apa juga sih hehe, tapi kalau ga ada keperluan, terpaksa kita harus pakai jasa antar barang dong, ya. Nah, kalau sekarang sih, saya pengen ngomongin spesifik ke salah satu jasa antar barang favorit saya. Apalagi kalau bukan Go-Send dari Go-Jek hehe.

Keunggulan Go-Send apa aja tuh?

Mudah kok

Saya agak-agak ga inget sih ya, kira-kira bagaimana jasa antar barang di jaman baheula, tapi kira-kira kalau jasa antar barang dulu mungkin ga semudah sekarang sih, ya. Kalau dulu mungkin kita kalau mau antar barang harus telepon dulu ke jasa antar barang ketika kita lagi butuh, atau bahkan kita perlu ke tempatnya si jasa antar barang ini untuk mendaftarkan barang yang ingin kita antar.

Lah kalau sekarang bagaimana?

Kalau sekarang sih jadinya lebih mudah, ya, karena semua udah tinggal dari genggaman kita aja sih. Bukan genggaman tangan pacar, tapi maksudnya adalah smartphone kesayangan kita. Sekarang dengan adanya era digital ini, semuanya jadi lebih mudah deh. Contohnya ya di industri jasa pengiriman barang ini. Dengan adanya Go-Send, kita udah ga perlu repot-repot pergi ke tempat jasa pengiriman barang, tinggal order aja Go-Send dari smartphone, dan nanti akan ada babang Go-Jek yang nyamperin kita untuk ambil barang.

gosend aplikasi gojek

Salah satu service dari Go-Jek adalah Go-Send, si jasa antar barang

Jumlahnya ga hanya satu

Bener ga? Bener lah hehehe.

Kalau contohnya seperti di awal tadi, kita mau minta tolong kakak kita untuk anterin barang. Ya kalau dia sempet, kalau ga, masa kita mau nungguin dia sampe kelar urusannya, baru kita bisa antar barang hehe. Yang ada ntar udah keburu telat deh.

Makanya beda banget ama yang namanya Go-Send ini, karena jumlah driver Go-Jek bisa lebih dari satu. Bisa aja kalau posisimu di lokasi yang cukup strategis, kamu dikerumunin oleh banyak pengendara Go-Jek yang juga bisa Go-Send. Jumlah pengendara Go-Send sebagai layanan jasa antar barang yang cukup banyak, bakal sangat membantu di kala kita lagi buru-buru banget, dan mesti detik itu juga barang dikirim cusss.

Bisa cek ongkir

Saya termasuk salah satu orang yang sungkanan, makanya kalau misalnya minta tolong orang, seperti kakak saya, atau ya udah deh temen deket untuk antar barang, saya bingung, apa saya perlu kasih uang sebagai jasa terima kasih, atau gimana, ya? Nanti kalau kasihnya kesedikitan, ya gimana, ya hehe.

Sama juga ketika kita pakai jasa antar barang, biasanya kita baru tau saat kita datang ke tempat jasa pengiriman barang, terus baru bisa cek ongkir alias ongkos kirim deh. Males juga kalau misalnya kita lagi ga bawa uang yang cukup, dan jasa antar barang tersebut ga terima pembayaran dengan metode lain, mau ga mau ya udah deh, ambil uangnya dulu, trus balik lagi ke sini, baru dianter.

cek ongkir gojek gosend lokasi jemput antar

Bisa cek ongkir lho via app kalau pake Go-Send

Nah, bedanya kalau kita pakai Go-Send, ongkos kirim tuh bisa dicek langsung via smartphone tersayang kita, dengan memasukkan tempat lokasi pick-up alias pengambilan barang, kemudian muncul deh ongkos kirim berdasarkan jarak.

Ga usah khawatir dengan jarak

Kalau sebelumnya ngomongin ongkir yang berdasarkan jarak, memangnya jaraknya sampai segimana sih?

Kebetulan banget, tagline Go-Send mereka tuh ‘Pengiriman tanpa batas’, tapi dengan syarat, masih di satu area, ya. Barusan iseng coba cek apakah bisa mengirim barang dari daerah Tangerang Selatan ke Kelapa Gading yang ada di Jakarta Utara? Ternyata masih bisa banget, keluar ongkirnya juga kok. Beda hal kalau ke Bandung ya. Ya kalii …  

Bisa tracking pengiriman barang kita

Apa aja sih yang bisa membuat kita khawatir? Salah satunya adalah ketidakpastian, termasuk ketidakpastian keberadaan barang kita ketika kita menggunakan jasa antar barang. Udah sampai di manakah barang kita itu? Di utara, selatan, barat, timur, di mana dong?

Lagi-lagi oh lagi-lagi, gara-gara teknologi digital, kita bisa lho live tracking dari aplikasi Go-Jek, keberadaan barang kita udah ada di mana ketika melakukan pengiriman barang menggunakan Go-Send. Sebenarnya yang di-tracking bukan barang kita sih, tapi keberadaan si babang Go-Jek yang mengantarkan barang kita. Jadinya tuh tracking menggunakan GPS dari aplikasi Go-Jek si babang tersebut. Mau belok kanan, ke kiri, bisa keliatan deh. Pastinya kalau begini, rasa khawatir kita akan berkurang, karena bisa kita pantau deh.

Berapa lamakah?

Nah, karena masih dalam kota, atau nyerempet ke daerah suburban gitu, misalnya Jakarta dengan Bintaro deh, makanya pengiriman barang menggunakan Go-Send bisa dilakukan dalam tempo sehari. Pertanyaan selanjutnya adalah, berapa lamakah nyampenya dalam sehari itu, atau berapa jamkah nyampenya itu barang kita? Ya, tergantung jarak dan lalu lintas dong ya hahaha.

Eh tapi sebenarnya mau ngomongin fasilitas Go-Send lainnya sih, yaitu fasilitas pengiriman barang dari e-commerce atau toko online langganan kita. Di situ kan kita bisa pilih, kira-kira barang yang kita beli, mau dikirim menggunakan jasa antar barang apa? Kalau pilihannya Go-Send, maka ada pilihan ‘instant courier’ dan ‘same-day delivery’. Bedanya apaan tuh?

Beda instant courier dan same-day delivery

Awalnya saya pun bertanya-tanya perbedaannya apaan? Yang keliatan pertama kali sih dari segi harga huehe. Harga ‘instant courier’ ternyata lebih mahal daripada ‘same-day delivery’. Ini karena kalau kita pilih ‘instant courier’, maka si babang Go-Jek, hanya akan mengirim barang kita aja tuh, jadi seperti personal courier kita deh. Beda halnya dengan ‘Same-day delivery’, maka si babang Go-Jek kita akan melakukan pengambilan beberapa barang di satu area, dan akan mengirimkan barang-barang tersebut ke tujuan yang serupa. Ya contohnya aja, ada beberapa penjual di daerah Bintaro, maka si babang Go-Jek akan ambilin tuh barang-barang dari penjual yang lokasinya di Bintaro dan sekitarnya, kemudian akan mengantarkan barang-barang ke beberapa pembeli yang lokasinya searah atau berdekatan.

Kalau begini akan muncul perbedaan selanjutnya, yaitu dari segi lamanya barang itu nyampe. Pastinya kalau ‘instant courier’ akan lebih cepat sampai, karena barang yang diantar hanya satu aja. Kalau ‘same-day delivery’ berarti akan lebih lama sampainya deh, tetapi masih di hari yang sama kok. Jadi kalau ga buru-buru, boleh aja pilih yang ‘same-day delivery’ 🙂

Cara penggunaannya bagaimana?

Pastinya kalau mau menggunakan Go-Send yang merupakan salah satu jasa dari Go-Jek, kita harus install dulu tuh aplikasi Go-Jek. Tinggal pilih di bawah kalau mau download aplikasi Go-Jek:

gojek gosend google play storegojek gosend apple store

 

 

Setelah registrasi, kita tinggal klik jasa layanan Go-Send, lalu tentukan lokasi pengambilan barang dan tujuannya untuk menentukan jarak beserta ongkir, dan terakhir tinggal memasukkan nama pengirim dan penerima beserta nomor kontak mereka deh.

Untuk sistem pembayarannya, ada dua pilihan saat ini, yaitu dengan menggunakan Go-Pay dan lainnya adalah dengan uang tunai. Enaknya pakai Go-Pay apaan nih? Selain kita ga perlu repot siapin uang tunai untuk bayar, kita juga bisa dapat diskon sebesar 15% kalau memakai Go-Pay.

gojek gosend pembayaran gopay cash

Pembayaran Go-Send bisa pakai Go-Pay biar dapat diskon

Yuk, coba Go-Send untuk jasa antar barang

Kalau udah tau kegunaan dari Go-Send apa aja, termasuk kemudahannya, yuk deh mulai dicoba-coba Go-Send sebagai jasa antar barang pilihanmu 😉

go send keenan pearce

Keenan Pearce aja udah pakai Go-Send, kamu kapan? 😀 (photo credit: website Go-Jek)

Advertisements

Add Your Comment