Jaga kesehatan mulut, cegah flu dan bau mulut

0
396
jaga kesehatan mulut dengan betadine obat kumur antiseptik featured image - kadungcampur

Jaga kesehatan mulut, cegah flu dan bau mulut – Sakit tenggorok sepertinya merupakan salah satu penyakit yang agak lumayan sering saya alami deh. Biasanya sih banyak faktor ya, mulai dari keseringan makan gorengan (abis enak sih, ya!), terus cuaca yang ga menentu (kadang panas, kadang hujan), dan pastinya akibat badan kurang fit (kebanyakan begadang haha). Kalau udah sakit tenggorok, dan ternyata badan masih kurang fit, biasanya bakal lanjut nih ke flu dan batuk-batuk. Pasti pernah merasakan, ya? Soalnya biasanya saya pun demikian.

Penyebab sakit tenggorok tentunya bisa dari virus, bakteri, atau malahan campuran virus – bakteri. Dan ternyata, di saat puasa, risiko terkena sakit tenggorok bisa lebih tinggi. Ini dikarenakan karena frekuensi minum kita lebih sedikit dari saat kita lagi ga puasa. Akibatnya mulut bisa kering, yang kemudian menyebabkan produksi air liur juga berkurang. Selain itu di saat puasa, kegiatan kunyah-mengunyah juga lebih rendah dari saat ga puasa.

Nah, sebenarnya produksi air liur dan kegiatan kunyah-mengunyah, merupakan cara untuk ‘membilas’ rongga mulut dan ‘membuang’ bakteri. Jadi ketika produksi air liur dan kegiatan kunyah-mengunyah lagi berkurang, keadaan asam di rongga mulut kita bisa meningkat, sehingga bakteri bisa tumbuh lebih subur.

Oleh karena itu, kita harus selalu bisa jaga kesehatan mulut, biar terhindar dari sakit tenggorok. Tentunya untuk urusan jaga kesehatan mulut, ga hanya pas di saat puasa dong. Di saat ga puasa juga harus, intinya sih setiap hari hehe. Lagian kalau kita jaga kesehatan rongga mulut, bisa mengurangi risiko bau mulut kok.

blogger gathering dengan betadine obat kumur antiseptik - kadungcampur
Dr. Mery Sulastri (tengah) dan Dr. Fiastuti Witjaksono memberikan tips jaga kesehatan mulut saat berpuasa 

Tips jaga kesehatan mulut

Di bawah ini ada beberapa tips jaga kesehatan mulut, terutama di saat lagi berpuasa

1 | Menghindari makanan yang bisa menyebabkan bau mulut

Contohnya apa aja nih? Ya misalnya bawang putih hehe

2 | Hindari rokok dan kurangi kafein

3 | Perbanyak buah-buahan dan minum air putih

4 | Hindari makan makanan yang keras saat sahur

Sebelumnya udah sempat disinggung kalau di saat puasa, berarti kondisi rongga mulut bisa lebih kering. Makanya disarankan agar kita jangan berbuka dengan makanan yang keras. Bisa dengan sup atau makanan yang lembut. Soalnya kalau kita makan makanan yang keras, bisa aja menyebabkan iritasi di rongga mulut deh. Dan kalau udah iritasi, berarti risiko terkena sakit tenggorok lebih tinggi ?

Hayooo, contoh makanan yang keras apa tuh? Contohnya aja ya gorengan hehe.

5 | Hindari yang manis-manis

Kalau bisa menghindari makan yang manis-manis, ya, tapi kalau lagi pengen makan yang manis-manis, inget untuk membersihkan gigi dengan telaten, ya. Sisa-sisa gula di dalam mulut plus rongga mulut yang lagi asam, merupakan kondisi yang disukai oleh si bakteri. Maka dari itu, jangan lupa bersih-bersih rongga mulut, ya ?

Tips membersihkan rongga mulut, termasuk gigi dan gusi

Pastinya udah pada tau lah, ya, bersih-bersih rongga mulut kek gimana, terutama membersihkan gigi dan gusi.

1 | Membersihkan gigi dan gusi

Membersihkan gigi dan gusi semestinya udah sering kita lakukan setiap hari. Ternyata ga hanya gigi dan gusi yang harus dibersihkan. Lidah pun juga harus dibersihkan, tapi sikatnya pelan-pelan aja ya, biar ga sakit hehe.

Selain sikat gigi, kita juga disarankan untuk membersihkan sela-sela gigi dengan dental flosh atau benang gigi. Ini berguna banget kalau ternyata ada sisa makanan yang ga terjangkau sama bulu sikat gigi.

Nah, kalau kamu pakai kawat gigi, harus bisa lebih ekstra nih cara bersihinnya. Saya dulu sempat pakai kawat gigi, dan ternyata sikatnya agak berbeda dengan sikat gigi reguler. Karena agak susah ya pakai dental flosh saat dipasang kawat gigi, makanya saya sempat punya alat semprot kecil untuk membersihkan sela-sela gigi.

Bagaimana kalau pakai gigi palsu?

Walaupun itu palsu, bukan gigi asli, ternyata kita harus memperlakukan gigi palsu seperti gigi asli. Dulu kalau saya lihat oma atau opa saya ya, biasanya kalau mau dibersihin, gigi palsunya dicopot dulu, dan disikat dengan pasta gigi.

2 | Kumur dengan antiseptik

Sebenarnya saya termasuk orang yang belum terlalu reguler pakai obat kumur antiseptik. Padahal kumur dengan antiseptik itu bermanfaat banget, salah satunya adalah untuk mencegah risiko infeksi tenggorok. Namanya juga obat kumur antiseptik, pastinya berguna untuk mengontrol pertumbuhan bakteri di rongga mulut.

Waktu di acara blogger gathering bersama dengan Betadine, obat kumur antiseptik ini, dikasih tau cara kumur yang benar. Ternyata kumur-kumur yang benar itu ada dua tahapan.

  • Kumur-kumur biasa aja dengan obat kumur antiseptik sebanyak 15 ml selama 30 detik
  • ‘Gargle’ selama 30 detik

Gargle tuh caranya seperti ini:

Masukkan obat kumur antiseptik sebanyak 15 ml ke dalam rongga mulut, kemudian kita menengadahkan kepala setinggi 45 derajat, dan tahan obat kumur antiseptic pada tenggorok (atau bisa dibilang juga ini rongga mulut di bagian dalam, ya). Lalu kita buang napas deh dengan menggunakan mulut secara perlahan selama 30 detik. Itu lho, yang sampai bunyinya krrrrrrrr haha. Ini disebut juga dengan ‘gargle’.

Biar lebih enak, coba deh nonton video cara kumur yang benar ?

Cegah sakit tenggorok, dengan gargle menggunakan obat kumur antiseptik

Sakit tenggorok ternyata bisa dicegah kok, dan caranya mudah ternyata ya, yaitu dengan gargle menggunakan obat kumur antiseptik.

Kalau masih bingung contoh obat kumur antiseptik, bisa mulai melirik Betadine. Ini karena Betadine mengandung Povidone-iodine sebanyak 1%. Povidone-iodine ini merupakan antiseptik yang bisa mengendalikan penyebaran infeksi, dan memiliki spektrum yang luas. Karena spektrumnya luas, makanya Betadine pernah digunakan untuk membersihkan pesawat ulang-alik Apollo 11 saat kembali dari bulan. Ini karena kita ga tau, ada kuman apakah di luar angkasa itu.

Dan untuk mengurangi risiko sakit tenggorok di saat puasa, kita disarankan untuk jaga kesehatan mulut dengan berkumur pakai obat kumur antiseptik sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu di saat setelah sahur, dan sebelum tidur malam. Atau kalau misalnya gejala sakit tenggorok udah mulai terasa, langsung aja gargle dengan obat kumur antiseptik.

gargle dengan betadine obat kumur antiseptik - kadungcampur
Untuk mencegah sakit tenggorok, jangan lupa gargle dengan Betadine Obat Kumur antiseptik 🙂 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here