Cari Tiket Kereta Lebaran Rute Semarang Tegal? Cek Jadwal & Harga

0
646
cek jadwal kereta rute semarang tegal featured image - kadungcampur

Cari Tiket Kereta Lebaran Rute Semarang Tegal – Kota Semarang merupakan salah satu kampung saya, karena salah satu orang tua saya berasal dari Semarang. Dan untuk menuju ke Semarang dari kota lain pun juga gampang banget kok. Saya aja pernah diajakin naik mobil dari Jakarta ke Semarang hehe. Eh tapi mah sekarang lebih sering naik kereta atau pesawat ya.

Gimana dengan arah sebaliknya, misalnya dari Semarang ke kota lain? Ya gampang juga lah. Tinggal pilih mau naik transportasi darat, laut, atau udara.

Tentunya sebagai ibu kota propinsi Jawa Tengah, Semarang menjadi salah satu kota tujuan untuk tinggal, kuliah, atau bahkan mencari kerja bagi masyarakat dari kota lain. Makanya pas liburan atau pas hari raya keagamaan, seperti Lebaran, banyak banget orang yang balik ke daerah asalnya dari kota Semarang. Misalnya aja nih ya, salah satu rute kereta api mudik Lebaran yang paling banyak dicari adalah Semarang – Tegal. Dengan jarak yang cukup jauh, perjalanan Semarang ke Tegal memerlukan waktu paling sedikit dua jam naik kereta api.

stasiun kereta senen - kadungcampur
Nanti pulang kampung naik kereta aja, yuk 🙂

Daripada naik kendaraan sendiri, naik kereta api udah jadi salah satu alternatif transportasi yang nyaman. Makanya jadwal kereta api Semarang Tegal banyak diburu sejak jauh hari. Apalagi ketika momen mudik, pasti banyak yang pulang ke kampung halaman sambil bareng banyak keluarga.

Eh tapi, walaupun banyak peminatnya, ternyata ada banyak pilihan jadwal kereta api Semarang Tegal juga kok. Coba cek di bawah ini beberapa kereta yang bisa kamu naiki untuk tujuan Tegal dari Semarang.

Info Lengkap Harga dan Jadwal Kereta rute Semarang Tegal

1. KA Kaligung

Kereta api tujuan Semarang Brebes ini bisa dinaiki untuk tujuan Tegal. Berangkat dari Stasiun Semarang Poncol pada pukul 06:20, 09:10, 12:50 dan 16:30 setiap harinya. Harga tiket KA Kaligung mulai dari Rp 50 ribu per orang.

2. KA Brantas

Jadwal kereta api Semarang Tegal lainnya yang bisa kamu pilih adalah KA Brantas. Kereta ini berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 20:54 dan tiba di Tegal pada pukul 23:35. Harga tiketnya Rp 80 ribu sekali jalan.

foto:Faiz Andhika/Wikipedia.org

3. KA Kertajaya

Kalau kamu mau sampainya pagi hari, kamu bisa pilih kereta dengan jadwal malam hari, misalnya KA Kertajaya. Kereta ini berangkat dari Semarang Tawang pada pukul 01:42 dan tiba di Tegal pada pukul 04:10. Harga tiketnya mulai dari Rp 100.000.

4. KA Matarmaja

Jika ingin berangkat menjelang subuh, KA Matarmaja bisa jadi pilihan. Berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 02:37, Matarmaja tiba di Tegal pada pukul 04:50. Untuk naik KA Matarmaja, harga tiketnya mulai dari Rp 104 ribu.

5. KA Majapahit

Jadwal kereta Semarang Tegal berikutnya adalah KA Majapahit. Berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 03:50, kereta ini tiba di Tegal pada pukul 05:58. Harga tiketnya mulai Rp 150 ribu untuk kelas ekonomi.

6. KA Argo Sindoro

Ingin naik KA eksekutif, kamu bisa naik Argo Sindoro yang berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 06:00 dan tiba di Tegal pada pukul 07.58. Harga tiketnya mulai Rp 225 ribu. Lebih mahal dibandingkan yang lain, tapi tentunya lebih nyaman, ya ?

7. KA Menoreh

Kalau kamu mau berangkat agak siangan sedikit, bisa aja pilih KA Menoreh yang berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 08:00 dan tiba pukul 10:13. Harga tiket kereta kelas ekonomi ini dipatok mulai dari Rp 160 ribu.

8. KA Argo Muria

Pilihan lain untuk jadwal kereta rute Semarang Tegal kelas eksekutif adalah KA Argo Muria. Berangkat dari Semarang Tawang pada pukul 16.00, kereta ini tiba pukul 17.58. Harga tiketnya mulai Rp 225 ribu.

9. KA Ciremai

KA Ciremai memiliki dua pilihan kelas, bisnis dan eksekutif. Berangkat dari Semarang Tawang pada pukul 17:35, tiba pukul 19:50. Harga tiketnya mulai Rp 120 ribu untuk kelas bisnis, dan Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif.

stasiun kereta tegal - kadungcampur
Rute Semarang Tegal ternyata merupakan rute terlaris saat mudik (foto : reno73.blogspot.com)

10. KA Gumarang

Kereta ini juga terdiri dari dua kelas, bisnis dan eksekutif. Berangkat dari Semarang Tawang pada pukul 20.01, KA Gumarang tiba di Tegal pada pukul 22.15. Harga tiket kelas bisnis mulai Rp 160 ribu, sementara eksekutif mulai Rp 240 ribu.

11. KA Tawang Jaya Premium

Kereta kelas ekonomi ini berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 20:20 dan tiba pukul 22:43. harga tiketnya mulai Rp 175 ribu.

12. KA Harina

KA Harina ini sebenarnya melayani rute Surabaya Pasarturi ke Bandung, tapi juga melintas kota Semarang dan Tegal kok. Kereta ini berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pukul 20:57 dan tiba pukul 23:01. Kamu bisa pilih tiket kelas ekonomi yang harganya mulai Rp 150 ribu, atau kelas eksekutif yang harganya mulai Rp 270 ribu.

13. KA Sembrani

Kereta eksekutif ini berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 22:00 dan tiba pukul 00:05. harga tiketnya mulai Rp 255 ribu.

14. KA Bangunkarta

Terakhir, ada kereta eksekutif Bangunkarta yang berangkat dari Semarang Tawang pukul 22:39 dan tiba di Tegal pukul 00:49. Harga tiketnya mulai Rp 345 ribu.

Kehabisan Tiket Kereta Lebaran? Traveloka Solusinya

Wuih, ada banyak kan ya pilihan naik kereta Semarang Tegal, tinggal disesuaikan dengan budget dan jadwalnya aja deh. Eh atau kalau kamu tau ada jadwal kereta lainnya, monggo dikasih tau, ya.

Nah, selain kereta-kereta di atas, kamu juga sebenarnya bisa membeli tiket kereta lanjutan untuk pulang mudik Lebaran 2019 nanti. Kereta Lanjutan atau Connecting Trains ini hanya tersedia di Traveloka, dan dibuat untuk membantu masyarakat ketika tidak kebagian tiket kereta langsung. Kereta Lanjutan adalah kereta yang membawa kamu dari stasiun di Semarang ke stasiun transit, dan dari stasiun transit ke stasiun di Tegal.

Tentunya kamu juga bisa menunggu kereta tambahan yang disediakan oleh pemerintah, tapi ya gitu, tidak ada kepastian kapan ketersedian kursi ini diumumkan. Makanya sekarang di Traveloka juga memiliki fitur kereta baru untuk membantu pembeli mendapatkan informasi kereta tambahan secara realtime. Caranya dengan mengaktifkan Notifikasi Kereta Tambahan di aplikasi Traveloka.

Biar makin lengkap kamu bisa memaksimalkan fitur Traveloka lainnya, yaitu Train Seat Alert. Fitur ini akan membantu kamu mendapatkan notifikasi via aplikasi ketika kursi kereta api di rute yang kamu pilih telah dibuka. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan info lebih awal akan ketersediaan kereta. Dengan demikian kamu bisa segera mengamankan tiket kereta api di rute Semarang Tegal ketika pulang kampung alias mudik nanti.

Selamat berburu tiket mudik Lebaran 2019!

(Foto featured image : Faiz Andhika/Wikipedia.org)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here