Advertisements

Jangan jajan terus, inget investasi properti juga ya!

Author: | Posted in Keuangan, Liputan 18 Comments

Jangan jajan terus, inget investasi properti juga ya! – Beberapa waktu lalu saya sempat ikutan talkshow investasi properti yang diadakan oleh Mall@Bassura. Di situ disebutkan kalau kaum millennials sekarang lebih senang membeli experience, seperti jalan-jalan. Jalan-jalan tentu aja boleh banget, apalagi untuk refreshing abis kerja keras selama berbulan-bulan. Namun, jangan keterusan dan ga inget untuk mulai punya aset. Nah, makanya kita jangan lupa untuk menyisihkan pendapatan kita, sesaat setelah kita menerima penghasilan, biar ga tinggal sisanya aja hehe.

Investasi pun sangat penting untuk dilakukan sejak dini dan harus disiplin juga. Karena semakin dini, tentunya akan semakin banyak pula dana yang bisa kita kumpulkan toh? Dan ini nanti bisa aja menjadi penyelamat kita di masa depan, ketika kita sudah tidak produktif lagi. Lho kok bisa? Bisa, karena nanti investasi yang kita kumpulkan sejak dini, bisa menjadi passive income untuk kita. Jadi istilahnya, biarkan nanti uang yang bekerja untuk kita, bukan sebaliknya ?

Emang kita bisa investasi di mana aja?

talkshow investasi properti bassura city at mall@bassura - kadungcampur

Talkshow peluang & prospek investasi properti di Bassura City

Contoh investasi untuk portofolio kita

Aset likuid

Yang namanya jenis aset likuid, pastinya yang gampang cairnya, seperti di tabungan dan deposito. Makanya ini lebih cocok digunakan untuk kebutuhan transaksional atau untuk dana darurat. Jadi sewaktu-waktu dibutuhkan, bisa langsung diakses.

Boleh ga sih kita investasi di sini? Ya, boleh-boleh aja kok ga ada yang ngelarang, namanya juga bagian dari portofolio investasi kita, ya. Tapi yang patut diingat adalah return yang kita dapatkan dari aset likuid ini. Contohnya aja deposito. Sekarang kira-kira kita hanya bisa dapatkan sekitar 6% per tahun untuk bunganya. Belum lagi itu dipotong ama pajak 15%. Jadinya semakin sedikit deh return yang kita dapatkan.

Sebagai salah satu bagian dari investasi portofolio, kita bisa kategorikan si aset likuid ini sebagai aset yang bisa memberikan cashflow dari bunga bulanan yang kita dapatkan dari deposito atau bunga tabungan, dan sebagai collateral atau dijadikan jaminan untuk kredit Back-to-back.

Bisnis & Pasar modal

Untuk poin yang ini, kita bisa menaruh uang kita dengan membuat bisnis sendiri. Dan kalau misalnya kita belum punya bisnis sendiri, kita bisa kok menaruh uang kita di perusahaan lainnya, dengan membeli saham di pasar modal atau dengan melalui reksadana. Tapi tentunya untuk investasi saham atau di reksadana, harus memiliki pemahaman yang baik akan pergerakan saham dan mengerti akan profil risiko kita. Jadi jangan karena ikut-ikutan ya hehe.

Nah, lalu apa yang bisa kita dapatkan dari investasi pada bisnis kita dan pasar modal? Tentunya kita bisa mendapatkan cashflow, biasanya dalam bentuk dividen tiap tahunnya, atau dengan capital gain. Untuk capital gain, tentunya nilai dari sebuah saham ditentukan oleh banyak hal dan kondisi, dan kita harus siap kalau misalnya ternyata di bulan atau tahun berikutnya nilainya turun.

Aset tetap

Lalu apa aja, yang termasuk di investasi pada aset tetap?

Contohnya adalah di properti ataupun emas. Untuk properti, tentunya ada beberapa jenis, mulai dari rumah, apartemen, hingga ruko. Untuk pembelian pun juga bisa dibeli dengan uang tunai atau pun cicilan.

Kenapa kita disarankan untuk mulai investasi properti?

Karena properti merupakan salah satu investasi yang bisa memberikan 3 hal, mulai dari cashflow, capital gain, dan juga collateral.

Menurut Pak Ghozali, seorang perencana keuangan yang hadir pada acara talkshow tersebut, cashflow yang bisa kita dapatkan dari properti adalah harga sewa yang bisa kita dapatkan, baik itu bulanan maupun tahunan? Memangnya bisa berapa sih yang kita dapatkan? Rata-rata sih antara 8% – 11% per tahun setelah dikurangi pajak 10%. Waktu itu sih sempat dikasih contoh, kira-kira berapa sih harga sewa untuk tipe studio dari apartemen Bassura City yang harganya waktu peluncuran adalah Rp. 178 juta. Ternyata per bulannya bisa mendapatkan sekitar Rp. 3.5 juta hingga 4 juta per bulannya. Ini kan lumayan banget, ya, dan kalau kita kalikan 12 bulan, jadi per tahun kita bisa dapatkan tambahan pendapatan sekitar Rp. 42 juta. Berarti return yang kita dapatkan kalau dibandingkan dengan harga beli saat peluncuran, udah sekitar 23% per tahun! Dan terserah kita deh, selanjutnya tambahan pendapatan ini mau diapakan. Mending sih untuk investasi lagi dong, ya!

tipe one bedroom di bassura city - kadungcampur

Tipe one bedroom di Bassura City yang bisa dijadikan alternatif untuk investasi properti

Lalu bagaimana dengan capital gain?

Pastinya yang namanya investasi properti, harganya kemungkinan besar akan naik. Ini sudah dibuktikan sih dari unit di Bassura City yang tipe studio. Tadi saya udah sempat bilang kalau harga 1 unit tipe studio pada saat peluncuran adalah Rp. 178 juta dan harganya sekitar 1.5 tahun lalu udah naik hingga Rp. 280 juta. Itu dalam jarak 1.5 tahun aja udah naik 50% ya! Wow, banget! Jarang-jarang kan ada investasi yang bisa seperti ini?

Selanjutnya untuk keuntungan collateral, udah disebutkan sebelumnya, yaitu properti yang kita punya sekarang, bisa dijadikan sebagai jaminan dalam kredit. Dan tentunya kreditnya bisa kita gunakan untuk usaha lah ya, biar lebih tokcer lagi kantong kita ?

Investasi properti di Bassura City

Bassura City merupakan salah satu proyek dari Synthesis Development. Synthesis Development udah berpengalaman dengan beragam proyek property, seperti Kalibata City dan Casablanca Mansion, makanya udah memperhitungkan banyak hal, termasuk memperhitungkan tingkat hunian dari propertinya. Coba cek aja Kalibata City hehe.

Sama halnya dengan Kalibata City yang memiliki tingkat hunian tinggi, Bassura City pun demikian juga memiliki tingkat hunian yang tinggi. Bahkan jumlah tower-nya sekarang udah sampai 9 tower lho! Alasannya karena lokasinya yang strategis, jadi cukup dekat dengan pusat kota di area Sudirman. Saya aja pernah lho, pas ke sana dari area di Dr. Satrio, tinggal lurus aja ke Bassura City melewati Kota Kasablanka. Dan wow, ternyata ga jauh, ya. Padahal awalnya saya pikir jauh lho, karena judulnya di Jakarta Timur hehe, dan saya pun salah.

site plan apartemen bassura city - kadungcampur

Site plan dari apartemen Bassura City

Dengan lokasi yang strategis, jadinya tinggal di apartemen Bassura City, bisa lebih praktis dan efisien, apalagi kalau kita bekerja di daerah Jakarta Pusat, seperti Sudirman. Kalau commuting, bisa naik transportasi publik atau ya udah naik taksi online aja haha. Kalau mau naik kendaraan pribadi juga aksesnya semakin banyak, apalagi dengan diresmikannya Tol Becakayu baru-baru ini oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, ada hal yang menyenangkan lainnya kalau memiliki investasi properti di Bassura City, yaitu di dekat apartemen ada mall-nya (bahkan ada juga tower apartemen yang di atasnya mall). Nama mall-nya Mall@Bassura. Dan udah banyak tenant-tenant yang nangkring di sini, mulai dari Yoshinoya, Starbucks, Imperial Kitchen, Inul Vista, dan bahkan ada Studio XXI.

pertunjukan musik mall@bassura - kadungcampur

Di Mall@Bassura suka ada acara lho, seperti contohnya talkshow tentang investasi properti, dan ada juga pertunjukan musik 🙂

Nah, makanya investasi properti di Bassura City merupakan pilihan yang bagus, apalagi sekarang tinggal sekitar 50 unit apartemen. Unitnya pun udah ready dan sudah dilengkapi dengan kitchen set juga. Dan dalam rangka #BassuraCityJualHabis , ada banyak program promosi yang tentunya bisa meringankan kita yang ingin menghabiskan unit apartemen di Bassura City. Misalnya ada apa aja nih program promosi dari Bassura City?

living room tipe one bedroom bassura city - kadungcampur

Ini contoh living room dari tipe one bedroom Bassura City yang bisa kamu miliki untuk investasi properti 🙂

  • Booking Fee senilai Rp. 5 juta, yang bisa mendapatkan diskon Rp. 1 juta kalau kamu adalah pemegang kartu ‘S’ loyalty card dari Mall@Bassura
  • Pembayaran ringan tunai sebanyak 3 kali atau 12 kali
  • Pembayaran cicilan selama 5 tahun dari developer (cicilan 60x)
  • KPA dari bank Mandiri dengan bunga flat sebesar 4.19% selama 3 tahun

Menarik kan ya program promosinya? Jangan lupa cek Instagram Bassura City dan Mall@Bassura , siapa tau ada program atau acara menarik, ya! Kalau mau langsung tanya-tanya, bisa juga telepon ke 02122807300. Dan kalau udah penasaran banget, bisa aja langsung datengin show unit-nya di dekat Mall@Bassura.

So, udah siap menyongsong masa depan yang lebih cerah?

Makanya jangan lupa mulai mempersiapkan dengan baik, salah satunya dengan mulai investasi properti deh ya! ?

Bassura City dan Mall@Bassura:

Instagram:

 

investasi properti bassura city timo wp unit apartemen - kadungcampur

Yuk, jangan lupa mulai investasi properti! 😉

Advertisements
Comments
  1. Posted by Sadewi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Agung Han
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Jun Joe Winanto
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by ivonie
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Liswanti
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Kania Safitri
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Selamet Hariadi Mobile
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Siti Nurjanah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Andri Mastiyanto
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment