Inovasi bahan bangunan dari MU-Weber

Author: | Posted in Liputan 6 Comments

Inovasi bahan bangunan dari MU-Weber – Kira-kira kamu tau ga, apa aja bahan dasar ketika mendirikan suatu bangunan? Beberapa di antaranya itu ada semen dan pasir. Kedua bahan bangunan ini biasanya digunakan sebagai perekat keramik, atau pelapis dari batu bata ketika mendirikan dinding. Kalau kita perhatikan, biasanya metode yang digunakan para tukang sekarang adalah mencampur semen dan pasir, kemudian mengayaknya, dan terakhir mencampurnya dengan air. Hasil akhirnya akan berupa semacam adonan semen yang berfungsi perekat.

mu weber hasil akhir gunakan semen instan mortar

Hasil akhir lebih baik dengan menggunakan semen instan dari Mu-Weber (kiri)

Metode ini sudah sering banget kita liat ya, tapi apa yang terjadi kalau adonannya kurang tepat? Atau mungkin pasir yang digunakan sudah mengandung unsur-unsur lain, seperti misalnya kotoran hewan yang ga sengaja ada di pasir yang sudah diletakkan di luar. Bisa aja ada unsur kesalahan dari manusianya, misalnya ketika mengaduk semen dan pasir, komposisi awal semen dan pasir itu ada di 1:5, kemudian di tengah hari jadi 1:7, dan bisa aja waktu malam berubah lagi komposisinya. Kesalahan mungkin juga terjadi ketika mengayak semen. Saat pagi hari ketika tukangnya masih segar, bisa mengayak campuran semen dan pasir dengan telaten. Namun menjelang siang atau sore, ketika tukangnya sudah lelah, mungkin sudah ga telaten lagi. Beberapa risiko yang bisa terjadi akibat ini, misalnya retak rambut pada dinding yang bisa timbul suatu saat nanti, atau mungkin perekat keramiknya kurang oke sehingga bisa menyebabkan keramik terangkat pada suhu tertentu.

Semen instan untuk proses membangun yang lebih efisien

Kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi dari metode manual di atas, sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan semen instan siap pakai atau sering disebut juga sebagai premixed mortar atau mortar saja. Sama seperti bumbu masak instan, yang sudah mengandung berbagai bumbu yang diperlukan, di dalam semen instan juga sudah mengandung beberapa komponen, seperti semen, pasir, filler, dan zat aditif yang diperlukan. Semua komponen yang diperlukan sudah ditakar sedemikan rupa dan dicampur menggunakan mesin, untuk mengurangi kesalahan-kesalahan. Yang perlu dilakukan oleh kita yang menggunakan adalah mencampur semen instan dengan air pada takaran yang tepat. Ini tentunya lebih mudah dan lebih efisien daripada harus mempersiapkan semen dan pasir satu-satu, kemudian mencampurnya.

produk mu weber semen instan mortar mu 480 renofix

Beberapa produk dari MU-Weber

Inovasi semen instan ini, merupakan salah satu inovasi dari perusahaan bahan bangunan seperti MU-Weber. Inovasi ini dirancang untuk memudahkan konsumennya, apalagi untuk kalangan konsumen retail yang memang terkadang sebisa mungkin melakukan renovasi atau perbaikan sendiri di tempat tinggal mereka. Oleh karena itu, ada banyak jenis dari semen instan ini, misalnya untuk perekat keramik. Perekat keramik sepertinya sudah biasa ya, tapi produk perekat keramik MU-480 Renofix LowDust dari MU-Weber menjadi lebih unik, karena produk MU-480 Renofix LowDust ini memungkinkan kita untuk memasang keramik di atas keramik. Ini tentunya lebih enak kalau kita hanya mempunyai waktu singkat untuk memasang keramik yang baru, karena kita ga perlu membongkar keramik yang lama.

Dust Lock Technology untuk mengurangi debu

Ketika berbicara mengenai renovasi rumah, hal yang saya kurang suka adalah — selain berisik tentunya — debu. Debu ini berasal dari semen, apalagi si debu bakal bertebaran ke mana-mana waktu dituang keluar dari sak-nya. Ga hanya ruangan yang direnovasi jadi kotor, tapi tentunya partikel debu yang bertebaran ini ga bagus untuk kesehatan juga. Apalagi kalau kita terpapar terus dengan debu terlalu sering, bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Karena saking kecil dan banyaknya, pastinya bisa aja kehirup kita ketika bernapas.

MU-Weber yang merupakan perusahaan terdepan di industri mortar melihat, mencoba membantu mengurangi risiko yang ditimbulkan akibat banyaknya debu bertebangan ketika masa proyek renovasi atau pembangunan. Ada sebuah inovasi baru bernama Dust Lock Technology yang membantu untuk mengurangi debu ketika semen instannya digunakan. Teknologi Dust Lock ini memang tidak sampai menghilangkan debu sama sekali, tapi bisa mengurangi debunya secara signifikan.

mu weber product dust lock technology slogan

Debu lebih sedikit, kualitas lebih baik, jadi slogan untuk Dust Lock Technology

Hal yang ditambahkan oleh MU-Weber ketika menerapkan teknologi ini adalah dengan menambahkan senyawa ‘white oil’ ke dalam campuran semen instan tersebut. Masih ingat ‘kan, dalam membuat adonan semen, komponen yang ada adalah semen, pasir, filler, dan aditif lainnya. Nah, pada saat pembuatan semen instan ini, si white oil ini akan ditambahkan ke pasir untuk membentuk sebuah lapisan perekat. Ketika nanti pasir dicampur dengan semen, si white oil ini akan membantu merekatkan pasir dengan partikel debu dari si semen. Namun, dengan ditambahkan white oil ke campuran ini, tentunya ga akan mengurangi kualitas dari semen instan MU-Weber.

Dust Lock Technology ini sudah mulai ditambahkan ke berbagai produk MU-Weber, termasuk produk MU-480 Renofix yang bisa digunakan untuk merekatkan keramik di atas keramik. Namanya juga berubah menjadi MU-480 Renofix LowDust atau disingkat menjadi MU-480 LowDust.

Jadi Dust Lock Technology ini sesuai banget dengan slogan MU-Weber yang berbunyi:

‘Debu lebih sedikit, kualitas lebih baik’

MU-Weber App untuk informasi mengenai bahan bangunan

Untuk orang awam yang kurang memiliki pengetahuan mengenai bahan bangunan, terkadang suka sulit menemukan jawaban atau solusi dari permasalahan yang terjadi di bangunan tempat tinggalnya. Mau tanya tukang bangunan, tapi belum ada kenalan. Mau pergi ke toko bahan bangunan, lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal. Untungnya sekarang udah ada yang namanya Mobile Application MU-Weber atau disingkat MU-Weber app.

mu-weber-app

Weber App untuk cari informasi mengenai bahan bangunan 🙂

MU-Weber app ini merupakan inovasi lainnya dari perusahaan MU-Weber yang bisa memudahkan orang awam dalam mencari informasi mengenai produk, mencari solusi dari permasalahannya, di mana lokasi outlet MU-Weber terdekat, dan bahkan ada juga tutorial video yang bisa membantu pelanggannya dalam menggunakan produk MU-Weber.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai MU-Weber app ini, kamu bisa download MU-Weber App ini melalui Google Play store untuk Android maupun App Store untuk iOs:

mu weber app android download mu weber app apple download

 

 

Keunggulan service dari MU-Weber

Perusahaan mortar sekelas MU-Weber, tentunya ga hanya melakukan inovasi di produknya saja, tapi juga menciptakan inovasi dalam memberikan service kepada konsumennya, misalnya technical services maupun STAS alias Sistem Teknologi Aplikasi Silo.

Bantuan technical services akan diberikan kepada pelanggan retail MU-Weber yang membutuhkan bantuan dalam hal edukasi produk hingga bagaimana cara menggunakan produknya. Biasanya kalau konsumennya memerlukan bantuan ini, staff technical service-nya akan datang 3×24 jam dari request bantuan. Layanan technical services dari MU-Weber ini juga gratis, tanpa dipungut biaya apa pun.

Selain itu, untuk proyek besar seperti high rise building, MU-Weber mempunyai layanan servis berupa STAS atau sistem silo, yang membantu dalam hal penyimpanan semen dan membawa semen ke lantai atas dari proyek bangunan tersebut. Dengan sistem silo ini, jadi ga perlu pusing dalam menyediakan tempat khusus untuk semen, dan bahkan membawa sak semen dari truk ke lantai atas. Sistem silo dari MU-Weber ini menggunakan conveyor untuk mengangkut semen instant MU-Weber ke lantai-lantai di proyek bangungan tersebut, kemudian di lantai-lantai tersebut sudah disediakan mixer untuk mengaduk sesuai dengan kebutuhan.

mu-weber-sistem-silo

STAS (Sistem Teknologi Aplikasi Silo) atau sistem silo untuk pembangunan high rise building

Sistem Silo ini tentunya memberikan banyak keuntungan untuk konsumen MU-Weber, karena dengan menggunakan mortar dari MU-Weber, maka ga perlu repot-repot lagi menyediakan bahan bangunannya sendiri-sendiri, seperti semen sendiri, pasir sendiri, dan bahan lainnya. Kemudian dengan digunakannya conveyor untuk mengangkut semen ke lantai-lantai di proyek bangunan tersebut, bisa mempersingkat waktu, dan tentunya bisa menggunakan tenaga pekerja di proyek tersebut untuk hal lainnya. Ke semuanya ini tentunya akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja, sehingga terhindar dari denda yang bisa diberikan kalau proyek bangunannya molor.

Sekilas tentang MU-Weber

Perusahaan MU-Weber awalnya bernama PT. Cipta Mortar Utama yang berdiri pada tahun 1996. Perusahaan ini merupakaan perusahaan yang bergerak di bidang industri bahan bangunan, terutama memproduksi semen instan siap pakai.

Pada bulan Juni 2011, perusahaan Saint-Gobain bergabung dalam kepemilikan PT. Cipta Mortar Utama melalui anak perusahaan mereka, Weber, sehingga namanya menjadi MU-Weber. Perusahaan Saint-Gobain merupakan perusahaan yang 79% bergerak di bisnis habitat — alias yang berhubungan dengan tempat manusia berada, seperti rumah, mall, dan rumah sakit. Selain Weber, mungkin kamu pernah mendengar Solar Gard yang bergerak di kaca film otomotif?

Saat ini MU-Weber sudah memiliki lebih dari 8.000 outlets yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dan berdasarkan survei di akhir tahun 2016, MU Weber menjadi ‘the most truster brand’ di industri mortar.

Mortar Utama-Weber

Website               : https://www.mortarutama.com

mu weber bagian produsen mortar indonesia promindo

MU-Weber bagian dari Perkumpulan Produsen Mortar Industri Indonesia (Promindo)

Advertisements
Comments
  1. Posted by tomi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by goiq
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Oeky
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment