Indonesia yang sekarang lebih menjadi digital

Author: | Posted in Lomba, Teknologi 2 Comments

Indonesia yang sekarang lebih menjadi digital – Sepertinya sudah beberapa blog post di Kadungcampur.com membahas mengenai era digital yang terjadi sekarang ini, seperti misalnya disrupsi digital di dunia perbankan, termasuk juga industri finansial yang sudah mulai menjadi digital. Dulu pun pernah buat juga tentang pengalaman berinternet dari masa ke masa hehe. Jadi menurutmu sendiri bagaimana, apakah Indonesia saat ini sudah bisa disebut negara yang menjadi digital? Jawabannya tentu saja hehe. Atau mau kita coba flashback ke belakang dulu, bagaimana kita saat dulu dibandingkan dengan sekarang?

memanfaatkan wifi untuk kerja

Sekarang kalau mau konek ke internet lebih mudah deh dengan adanya Wi-Fi. Mau kerja pun di cafe juga bisa 🙂

Commuting jadi lebih mudah

Transportasi online

Sepertinya kalau bicara mengenai transportasi yang menjadi digital, sepertinya mudah, karena sekarang sudah menjamur banyak transportasi online, mulai dari ojek, hingga taksi online.

Coba kalau saya ingat-ingat masa lalu ketika jaman saya masih sekolah dan kuliah, waktu itu masih belum ada jamannya yang serba online. Dulu waktu SD, saya sempat tinggal di sebuah perumahan di daerah Kebon Jeruk Baru, dan tentunya ga ada angkot yang masuk ke dalam kompleks tersebut. Angkot terdekat paling bisa dijangkau kalau jalan dulu ke Jalan Panjang atau Jalan Kebon Jeruk Raya – duh jadi bernostalgia dan kangen daerah sana. Nah, untuk mencapai jalan tersebut, memang harus jalan kaki sih, atau naik becak hehe. Toh kalau pun mau naik taksi, mesti telepon dulu, tidak seperti sekarang yang bisa order taksi via app juga.

Makanya dengan transportasi yang menjadi digital, sekarang kita bisa dengan lebih mudah mencari transportasi menggunakan smartphone kita.

Petunjuk arah

Tentunya selain transportasi online, yang memudahkan kita dalam hal commuting adalah petunjuk arah.

Kok kemudian saya jadi ingat-ingat kejadian masa lalu, ketika saya harus hadir di acara yang diadakan di sebuah café di Kemang. Saya waktu itu memang tidak terlalu familiar dengan daerah Kemang, tapi untungnya menuju ke sana saya masih tau. Nah, masalah timbul ketika sudah sampai di Kemang, saya pun bingung arahnya ke mana, tanya orang pun kurang paham, kemudian telepon café-nya pun, arahan yang diberikan kurang paham juga. Untungnya setelah sekian lama belok sana belok sini, ketemu juga café-nya. Lega!

Beda banget ‘kan dengan sekarang? Petunjuk arah sudah bisa dilihat dengan menggunakan berbagai app di smartphone. Tinggal memasukkan tujuan kita ke mana, langsung deh terlihat rutenya lewat mana dan perkiraan durasi perjalanannya.

Akses internet yang lebih mudah

Hayoo, siapa yang masih ingat dengan koneksi dial-up? Itu lho yang menggunakan sambungan telepon hehe. Oh iya, seperti yang sudah saya bilang di awal, ini sih sudah pernah saya bahas di blog post pengalaman berinternet dari masa ke masa hehe. Eh tapi ya sudah diobrolin sedikit aja di sini.

Saya masih ingat banget dulu waktu saya dan keluarga mau pasang internet dengan koneksi dial-up, kami perlu membeli kabel telepon dulu yang cukup panjang. Ini karena terminal teleponnya ada di bawah, sedangkan komputer beserta modemnya ada di kamar saya di atas. Jadi kami perlu menyambungkan kabelnya dari bawah lalu lewat bagian luar rumah, dan menyelipkan kabelnya di jendela kamar. Sudah kebayangkan panjangnya seberapa dan ini masih koneksi dial-up yang 56kbps. Mungkin masih ingat, berapa lama halaman dari sebuah website ke-load secara utuh, apalagi kalau berencana download video yang ukurannya 50Mb. Saya pernah coba, dan itu kalau tidak salah, bisa lebih dari satu hari.

Setelah dial-up, muncul beberapa provider internet, mulai dari jenis internet cable, koneksi satelit, hingga jaringan fiber optic. Sempat baca-baca di internet, ternyata perbedaan kecepatan dari internet cable dengan internet yang sudah menggunakan jaringan fiber optic cukup signifikan. Contohnya aja layanan internet dari CBN Indonesia.

CBN Fiber dengan fiber optic

cbn digital nation bandung

Acara CBN Nation di Bandung

CBN Indonesia baru saja meluncurkan CBN Fiber di acara CBN Digital Nation. CBN Fiber merupakan kerja sama antara CBN Indonesia dengan FiberStar yang menyediakan layanan jaringan internet dengan menggunakan fiber optic, dan kamu tau berapa kecepatan maksimal yang bisa kamu dapat dari layanan ini? Up to 1Gbps! Wow, 1 Gigabit per second?! Dan saya pun langsung membayangkan, berapa detik video dengan ukuran 50Mb dilibas hehe.

Dan beruntunglah untuk kamu yang ada di Jawa Barat, karena CBN sudah berencana untuk menyediakan hingga 500.000 jaringan internet dengan fiber optic ke area perumahan di Jawa Barat. Khusus untuk di Bandung sendiri, targetnya adalah tersedia 150.000 rumah yang terkoneksi dengan jaringan internet fiber optic.

Oh iya, kenapa dulu lebih banyak digunakan kawat tembaga ketimbang fiber optic. Itu karena masalah harganya sih, yang mana kawat tembaga lebih murah daripada fiber optic. Seiring berkembangnya jaman, sepertinya bisa dibilang layanan internet dengan menggunakan fiber optic sudah lebih murah. Bisa dilihat dari tabel harga di bawah dari CBN Fiber. Untuk paket Fiber 15 dengan kecepatan 15Mbps aja harga segitu bisa dibilang cukup murah lho. Bener ga? Dan pastinya internet cepat, cocok banget dengan kamu yang suka main game online. Bakal ga gampang nge-lag, lah! Bahkan saat CBN Digital Nation, CBN Indonesia juga menggandeng NVIDIA untuk membuat acara #NVIDIAGamersEvent , dan mengundang gamers untuk mencoba langsung koneksi internet dari CBN Fiber.

paket internet cbn fiber

Paket internet CBN Fiber

Akses Internet dengan Wi-Fi

Selain itu, sekarang untuk konek ke internet, udah ga perlu lagi kabel yang dicolokin ke laptop, karena udah ada yang namanya Wi-Fi. Dengan adanya Wi-Fi yang wireless ini, kita bisa konek ke internet dengan lebih mudah, tanpa ada batasan panjang kabel. Mau di dapur, di kamar atas, di halaman belakang, kita bisa aja mengakses internet dengan mudah. Makanya ini memudahkan banget bagi freelancer atau blogger yang suka kerja di luaran, alias di cafe atau taman. Tinggal bawa laptop, beli minuman atau cemilan lainnya, kemudian tinggal kerja deh – oh iya, tanya password Wi-Fi-nya juga jangan lupa :D. Entah ya, tapi kok kerja di luar seperti kerja di cafe itu lebih menyenangkan, karena suasanya sih ya bukan suasana kantoran 🙂

freelancer memanfaatkan teknologi digital internet wifi

Asik kan kalau kerja di cafe, tinggal minta password Wi-Fi aja 😀

Bicara tentang Wi-Fi, CBN Indonesia juga sudah bekerja sama dengan Google dan FiberStar untuk menyediakan Public Wi-Fi yang bernama Google Station lho. Jadi semakin memudahkan masyarakat untuk akses internet. Untuk saat ini Google Station baru direncanakan di kota Bandung terlebih dahulu sih 🙂

Menonton film atau TV series jadi lebih mudah

Hmm, kalau obrolin tentang menonton TV pada jaman baheula, saya pernah banget waktu itu jamannya menggunakan antena luar, bahkan antena dalam – walau sekarang pun terkadang saya sempat pakai juga antena dalam, ya. Tentunya kalau menggunakan antena, saluran TV yang bisa kita dapat hanya yang saluran TV gratis saja. Dan itu pun kualitas gambarnya tergantung dari ke mana kita mengarahkan antenanya, dan masalah cuaca juga sih hehe. Ini berlaku untuk antena luar dan dalam sih.

Lalu, siapa yang masih ingat jamannya parabola yang ukurannya dari kecil sampai besar. Jumlah saluran TV luar negeri yang didapat, sepertinya selaras dengan ukuran parabolanya, semakin besar ukurannya, semakin banyak pula channel yang didapat hehe.

Semakin ke sini, menonton TV pun menjadi digital juga dan lebih mudah, karena kita bisa menonton tayangan film atau TV series dari mana aja, mulai dari TV bahkan dengan menggunakan smartphone. Kok bisa dari smartphone? Ya, karena semuanya sudah lebih menjadi digital dengan adanya internet. Tayangan film atau TV series pun bisa disaksikan dengan menggunakan internet. Nah, ini lah yang dinamakan dengan IPTV alias Internet Protocol Television.

layanan iptv denstv cbn digital provider

Layanan Dens.TV dari CBN Indonesia

Salah satu contoh penyedia layanan IPTV adalah Dens.TV yang menjadi salah satu layanan digital dari CBN Indonesia, yang baru saja bertransformasi dari yang dulunya hanya internet service provider dan sekarang menjadi penyedia layanan digital. Tentunya untuk melakukan streaming film atau TV series, diperlukan jaringan internet cepat dan oke, makanya layanan Dens.TV ini cocok banget jika disandingkan bersama dengan CBN Fiber yang kecepatan internetnya aja dimulai dari 15Mbps hingga 1Gbps.

Dens.TV

Salah satu keunggulan layanan IPTV Dens.TV yang saya suka adalah tayangan videonya bisa di-pause, serta kita bisa menonton film atau TV series yang sudah tayang hingga 7 hari ke belakang. Pastinya saya yang penggemar menonton film cocok banget dengan layanan ini, atau bisa juga disebut dengan video on demand. Saya suka sebel karena kadang-kadang pas lagi ganti-ganti channel TV, eh ternyata ketemu film favorit saya sudah terlewat, atau tinggal tayangan credit title-nya. Makanya dengan layanan video on demand, kita ga perlu menunggu jadwal tayang dari film itu, kita tinggal pilih langsung film yang ingin ditonton dan klik play.

keunggulan layanan iptv denstv

Beberapa keunggulan dari layanan Dens.TV

Biasanya kalau sudah menggunakan fiber optic, maka tayangan video atau TV series yang diberikan adalah dengan kualitas High Definition alias HD. Makanya semakin menyenangkan toh menontonnya di TV, apalagi yang layar lebar, makin sedap deh.

Oh iya, selain film dan TV series, Dens.TV bekerja sama dengan Skoline untuk menyediakan e-classroom yang isinya tayangan video e-learning yang dikemas dengan animasi menarik, sehingga proses belajar lebih menyenangkan. Untuk saat ini di Dens.TV baru ada video e-learning untuk Sekolah Dasar kelas 1 – 6.

Dan, seperti yang sudah diomongin di atas, dengan adanya internet dan smartphone, akhirnya kita bisa menonton tayangan film atau TV series dengan menggunakan smartphone juga. Asik banget lah ya, sambil leyeh-leyeh sekalian menonton TV series favorit dari smartphone.

Kalau kamu mau menonton melalui smartphone, kamu harus meng-install app Dens.TV terlebih dahulu yang sudah tersedia di Apple Store dan Google Play Store. Tinggal klik di bawah ini kalau kamu mau install app Dens.TV, ya:

denstv google play store android downloaddenstv apple store ios download

 

 

Customer service yang sudah lebih menjadi digital

Pastinya kamu masih ingat waktu dulu ketika ingin melakukan pendaftaran, ada banyak form yang harus diisi. Contohnya saja untuk pembukaan rekening di bank. Ada berapa lembar form, ya? Tapi sekarang bank pun sudah mulai berubah biar ga ketinggalan jaman dan lebih menjadi digital. Dengan lebih menjadi digital, bank mulai menggunakan e-form untuk pembukaan rekening tabungan, bahkan ada juga bank yang memberikan kemudahan membuka rekening tabungan dengan hanya dari smartphone saja. Ga hanya bank kok, bahkan digital service provider CBN Indonesia juga sudah menggunakan aplikasi online untuk memudahkan calon pelanggannya.

diCBN App

diCBN app merupakan aplikasi virtual customer service yang sudah bisa didapat melalui Apple Store dan Google Play Store. Ada banyak hal lho yang bisa kita dapatkan dari diCBN app ini, mulai dari pendaftaran layanan CBN Indonesia, mengecek informasi tagihan atau jenis paket langganan kita, mencari tau lokasi Wi-Fi, bahkan ada customer support 24 jam lho. Menyenangkan banget kalau mau tanya-tanya jika tiba-tiba ada masalah dengan koneksi internet kita, kan kadang tuh suka sedih kalau kita lagi telpon customer service terus disuruh menunggu mulu ya, terus terkadang suka lama lagi nunggunya. Sekarang jadinya lebih enak banget kalau ada apa-apa, tinggal buka app diCBN aja sih memang.

Kalau kamu mau install app diCBN, bisa klik di bawah ini ya:

dicbn app android google play store download dicbn app apple store download

 

 

So, sekarang menurutmu bagaimana? Apakah Indonesia, khususnya kita, sekarang lebih menjadi digital? Kamu bisa ceritakan dengan versimu sendiri, sekaligus ikutan lomba blog CBN Digital Nation dengan tema ‘The Breakthrough for Indonesian Digital Future’. Masih ada waktu kok untuk ikutan, karena deadline-nya itu tanggal 28 November 2017. Jangan lupa setelah buat postingannya, langsung didaftarkan di sini.

cbn-digital-nation-lomba-blog-competition

Yuk, ikutan!

Advertisements
Comments
  1. Posted by Utie adnu
  2. Posted by deddyhuang.com

Add Your Comment