Menuju Indonesia 2020 yang lebih berkibar!

1
313
indonesia 2020 takdir kejayaan featured image - kadungcampur

Beberapa waktu lalu saya sempat hadir di acara Sembutopia dengan beberapa pembicara seperti Kafi Kurnia. Acaranya sebenarnya bukan acara formil juga, tapi lebih ke acara rembukan, jadi ga hanya Pak Kafi aja yang bicara. Inti acaranya adalah Indonesia 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan.

kafi kurnia dan kawan-kawan di indonesia 2020 takdir kejayaan - kadungcampur
Kafi Kurnia (kedua dair kanan) dan kawan-kawan di acara Indonesia 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan 

Kalau seorang dokter mata, pasti ngerti yang namanya istilah 20/20 alias perfect vision atau seseorang yang bisa melihat jelas tanpa perlu bantuan kaca mata. Tapi angka 2020 juga bisa juga menandakan tahun 2020, yang juga merupakan tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Emang apaan tuh Indonesia 2020?

Indonesia 2020 tuh sebenarnya merupakan ajakan kepada kita semua agar kita memiliki sebuah visi agar Indonesia bisa lebih berkibar lagi dan bisa menuju ke ‘Takdir Kejayaan’-nya.

Nah, bersamaan dengan ajakan itu, Indonesia 2020 juga akan membuat acara secara regular setiap tanggal 20 pada tiap bulannya. Acaranya bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada rang-orang. Selain itu, juga akan direkrut para profesional dan ahli yang bisa membantu dalam memvisualisasikan ide Indonesia 2020 ke dalam karya atau prestasi. Karyanya bisa berupa karya seni, sastra, kuliner, dan lainnya kok.

Emang kenapa sih, perlu ada Indonesia 2020?

Kita semua pasti udah tau deh, kalau Indonesia itu kaya banget, mulai dari alamnya, budayanya, bahasanya, dan lainnya. Kalau ngeliat jumlah pulau di Indonesia aja udah ada sekitar 17,000 pulau lebih. Lebih banyak lho, ya. Nah, coba kita bayangin aja apa yang dimiliki tiap-tiap pulau itu dan apa yang bisa dikembangkan.

Tiap pulau di Indonesia pastinya punya keunikan dan keindahan tersendiri. Kalau yang terlintas di benak saya setiap ngomongin soal ‘pulau’ adalah pantai! Kita tuh punya banyak banget pantai yang cakep-cakep. Paling gampang ambil contoh memang Bali sih, ya. Di satu pulau Bali aja, ada beberapa pantai yang cakep, dan belum semuanya juga saya eksplor haha. Selain itu ada Lombok, Sumba, Flores, dan seterusnya. Katanya sih, semakin ke timur, alamnya semakin cakep, ya hehe. Sayangnya saya belum sampai ke Indonesia Timur, seperti Papua sih.

(Baca juga: 15 Indonesian Islands to Visit)

timo wp belitung - kadungcampur
Indonesia indah, kan? Ini pas lagi berkunjung ke Belitung. Hayoo tau ga namanya pulau apa? 

Selain alam, pastinya di tiap pulau, penduduk lokalnya juga memiliki makanan khas daerah masing-masing, tradisi masing-masing, pakaian daerah masing-masing, bahkan bahasanya juga bisa beda-beda. Ngomongin soal bahasa, tau ga, kalau jumlah bahasa yang digunakan di Indonesia ada sekitar 700-an bahasa.

Memang kalau saya pergi ke daerah yang sudah ramai dengan turis, biasanya suka nongkrong di cafe hehe, tapi saya ga pernah melewatkan nyobain makanan khas daerah tersebut. Apalagi kalau misalnya saya ditemenin sama temen saya yang emang asli sana. So pasti dia lebih ngerti deh mana aja yang enak hehe.

sate ikan lombok - kadungcampur
Sempet diajak temen icip-icip makanan khas Lombok. Udah ada yang pernah cobain ini? 

Keindahan alam, kelezatan makanan lokal, dan keragaman budaya, merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan daerah tersebut, terutama dari sektor pariwisata. Mestinya ini juga bisa menjadi daya tarik wisatawan, terutama asing untuk berkunjung. Namun yang menarik adalah, ternyata di tahun 2017, angka wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia hanyalah sekitar 10-12 juta. Masih jauh di bawah Malaysia yang bisa menarik 25 wisman berkunjung ke negaranya, serta Thailand yang angka kunjungan wisman mencapai 30 juta.

Apa yang mesti kita lakuin nih?

Seperti yang udah diomongin sebelumnya di atas, itulah kenapa ada ide Indonesia 2020 yang mengajak kita semua untuk mempunyai visi untuk Indonesia di tahun 2020. Visi yang bisa membawa Indonesia ke takdir kejayaan.

Lalu apa yang bisa kita lakukan nih untuk selaras dengan ide Indonesia 2020.

Gampang kok!

Mengutip dari almarhum petenis Arthur Ashe:

‘Start where you are. Use what you have. Do what you can’

Kita bisa mulai dari apa yang menjadi keahlian dan kemampuan kita dulu. Misalnya saya yang merupakan seorang blogger, berarti saya bisa membagikan cerita tentang potensi Indonesia melalui tulisan saya. Saya bisa posting cerita dan foto-foto setelah saya berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia. Seperti yang tadi saya udah bilang, kalau saya jalan-jalan ke suatu daerah, selain menikmati alamnya, so pasti saya juga akan menikmati makanan lokalnya. Pastinya karena tulisan ini saya posting di blog, jadinya bisa dibaca oleh banyak orang, ya.

mie so pekalongan - kadungcampur
Yang pernah ke Pekalongan, pasti tau ini apa? 🙂 

Demikian juga dengan lagu. Kalau kamu seorang penyanyi, tentunya kamu akan dengan mudah mempromosikan Indonesia melalui lagu. Dan lagu pun sekarang udah bisa diakses di mana-mana dengan adanya internet.

Siap berkarya?

Gampang kan caranya?

Nah, sekarang kita tinggal berkarya aja agar Indonesia bisa lebih berkibar menuju takdir kejayaan di tahun 2020 dan seterusnya! ?

timo wp wearing indonesia 2020 t-shirt - kadungcampur
Yuk, promosikan Indonesia melalui karyamu 🙂

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here