Ikan Colo Colo untuk Jelajah Gizi

Author: | Posted in Lomba, Review lainnya 40 Comments

Awalnya hanya mau ikut kompetisi Jelajah Gizi, kemudian baca-baca submission terdahulu kok kemudian jadi bingung. Saya baca sekilas beberapa postingan blog-nya, ada yang mengenai sejarah sebuah rumah makan, ada yang tentang cerita di balik oleh-oleh berupa sate, sedangkan saya kok ga ada cerita atau sejarah di balik masakannya haha. Jadi bagaimana kalau saya cerita di balik membuat ikan colo colo asal Maluku saja, biar termasuk dengan temanya ‘Kreasi Olahan Makanan Laut‘ hehe.

The hunt for Jelajah Gizi

Ketika mau ikutan lomba Jelajah Gizi ini, saya diskusi sama orang rumah, termasuk tante saya yang jago masak. Kira-kira apa ya yang enak buat diceritakan, soalnya masakan kalau di rumah tuh sederhana-sederhana aja, paling ikan goreng biasa yang dibeli di tukang sayur yang suka lewat di depan rumah. Akhirnya tante saya usul bagaimana kalau masakan Manado yang pakai sambal dabu-dabu itu. Tapi kok saya pikir pasti udah banyak yang bahas, akhirnya diusulin lagi ada masakan yang namanya ikan colo colo yang mirip dengan ikan dabu dabu. Miripnya di sambal yang dibalur di atas ikannya sih. Nah, kalau colo colo tuh bisa diartikan seperti โ€˜dicocol-cocolโ€™ alias daging ikannya diambil trus dicocol ke sambal colo colo itu hehe. Boleh juga sih, sambal colo colo ditaruh di atas ikannya. Woohoo, akhirnya dapat satu makanan buat ditulis deh ๐Ÿ˜€

Cara membuat ikan colo colo

Ikan sambal colo colo ternyata bisa dimakan dengan kangkung plecing. Dengar kata โ€˜plecingโ€™ saya jadi teringat pedesnya dan pulau Lombok hehe. Jadi sembari membuat ikannya, juga mempersiapkan kangkungnya. Untuk ikannya diputuskan menggunakan ikan tongkol saja yang ukurannya cukup besar untuk dimakan satu keluarga.

Menyiapkan ikan tongkol

Setelah membersihkan ikan tongkol dari sisiknya, kita bisa potong ikan tongkol menjadi beberapa bagian, dan cuci potongan ikan tersebut dengan air. Selanjutnya kita tinggal lumuri potongan ikan tongol dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Setelah itu, ya ditinggal bentar aja sambil mempersiapkan yang lain. Tenang aja, ikannya ga bakal kabur deh hehe.

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp

Potongan ikan tongkol untuk ikan colo colo

Bumbu-bumbunya apa aja?

Nah, ini dia yang suka dari ikan colo colo itu. Bumbu yang dipakai untuk melumuri ikannya pada saat dipanggang dan dimakan. Syedapp dan gurih!

Apa saja sih bumbu-bumbu yang dipakai untuk lumuran ikan tongkol ini?

15 butir bawang merah
6 siung bawang putih
6 butir kemiri sangrai
1 sdt terasi
4 buah cabe merah keriting
6 buah cabe merah rawit merah
50 ml air
2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-bahan-bumbu

Beberapa bumbu yang dibutuhkan untuk lumuran ikan colo colo

Namanya pakai cabe, jadi nanti rasanya agak pedes-pedes semriwing gitu sih, dan pasti saya suka masakan yang pedes juga.

Lalu bumbunya diapain dong?

Bumbunya tinggal dihaluskan aja bisa dengan menggunakan blender, kemudian setelah itu ditumis menggunakan sedikit minyak yang sudah dipanaskan. Setelah itu, kita tinggal lumuri bumbu tersebut ke atas permukaan potongan ikan tongkol, dan tunggu sekitar 30 menit biar bumbunya meresap sap sapp. Hmm โ€ฆ. Sudah kebayang nanti sedapnya bagaimana? Kok saya jadi ikutan ngiler.

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-bumbu-blender

Haluskan bumbu bisa dengan menggunakan blender

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-masak-bumbu

Tumis bumbu untuk olesan ikan tongkol

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-tongkol-dilumuri-bumbu

Olesi ikan tongkol dengan bumbu yang sudah ditumis

Membuat sambal colo colo

Sambal colo colo tuh memang mirip dengan sambal dabu dabu, bedanya ini ditambah dengan daun kemangi. Mau tau apa aja bahan sambal colo colo? Monggo disimak โ€ฆ

6 butir bawang merah dan potong tipis-tipis
15 buah cabe rawit merah, potong tipis-tipis juga
1 buah tomat merahm potong jadi kotak kecil
2 buah tomat hijau, potong kotak kecil
3 lembar daun jeruk, potong halus
1 sdm minyak goreng dan dipanaskan
Sedikit air
Daun kemangi secukupnya
1 jeruk nipis, dan peras airnya

Udah itu aja sih untuk komponen sambalnya ((( komponen ))).

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-persiapan-bahan-timo-wp

Beberapa bahan untuk membuat sambal colo colo

Terus diapain?

Yang penting minyaknya dipanaskan terlebih dahulu, karena nanti kita akan tuang minyaknya ke atas bahan-bahan tadi yang sudah dipotong halus dan ditaburi garam dan gula. Setelah itu tinggal tambahin air hangat sedikit, aduk rata, dan dikucuri denganย perasan air jeruk nipis. Mirip dabu-dabu kan sampai sini. Biar jadi sambal colo colo maka kita tambahin aja dengan daun kemangi.

Jadi deh sambal colo colo-nya.

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-persiapan

Sambal colo colo sudah siap

Kangkung plecing sebagai side dish

Kangkung plecing sih sebagai tambahan aja ya. Untuk siapin kangkungnya seperti biasa aja kok. Setelah kita mencuci kangkung dengan air bersih, kita rebus kangkungnya, kemudian kita rendam kangkung ke dalam air es biar ga layu.

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-rebus-kangkung-plecing

Merebus kangkung untuk dijadiin kangkung plecing

Selanjutnya kita tinggal siapin sambalnya aja deh ya. Ini dia bahan untuk sambal kangkung plecing:

5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
Terasi secukupnya (kira-kira 1 sdt)
Tomat merah
3 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit merah
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdt garam
ยฝ sdt gula pasir
1 buah jeruk limau

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-tumbuk-ulek-bumbu-sudah-dimasak-1

Ulek bumbu plecing

Kalau tadi yang bahan sambal colo colo kan hanya dituang minyak aja ya, kalau bahan sambal plecing nih mesti kita tumis sampai layu, ya. Setelah itu kita ulek ulek ulek sambil tambahin garam dan gula sedikit aja. Biar lebih uenak, kita peras jeruk limau di atasnya, oke.

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-timo-wp-masak-bumbu-2

Tumis bumbu plecing

Bagaimana kandungan gizinya?

Kalau ditanya mengenai kandungan gizi dari sebuah ikan tongkol sih, menurut dokter:

  • Kalori ย  ย  ย  ย  ย  ย  : 142 kkal
  • Lemak ย  ย  ย  ย  ย  : 3,89 gram
  • Protein ย  ย  ย  ย  ย : 24,79 gram
  • Karbohidrat : 0,79 gram

Selain itu, manfaat dari ikan tongkol sendiri ada beberapa yang tentunya bagus untuk kesehatan, seperti contohnya bisa menjaga kesehatan mata karena kandungan omega 3, bisa menyembuhkan penyakit rematik, mencegah anemia, menjaga kesehatan jantung, detoksifikasi hati, dan masih banyak lagi (daftar manfaat diambil dari: ย http://manfaat.co.id/manfaat-ikan-tongkol).

Lalu, kenapa bisa dibilang kalau ikan colo colo ini termasuk sehat? Karena ikannya dipanggang, dan bukanย digoreng, karena pastinya kalau digoreng, berarti kandungan lemaknya bisa jauh lebih tinggi. Bener kan ya, Pak dan Bu dokter? Kalau ada yang salah, kabari ya di kolom komen di bawah ๐Ÿ˜‰

jelajah-gizi-ikan-sambal-colo-colo-plus-nasi-timo-wp

Ikan colo colo dan kangkung plecing

logo-jelajah-gizi-sulawesi-utara-minahasa

Advertisements
Comments
  1. Posted by unggulcenter
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Riza Firli
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Eko Jusmar
    • Posted by Timothy W Pawiro
      • Posted by Dedy Purwanto
        • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Cerita Melalak
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Liswanti
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Nasirullah Sitam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by evrinasp
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Awan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by zata ligouw
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Intan Rosmadewi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Okti Li
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by Adiitoo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  13. Posted by Belajar Online
    • Posted by Timothy W Pawiro
  14. Posted by Syamsiah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  15. Posted by cumilebay
    • Posted by Timothy W Pawiro
  16. Posted by Dee - @HEYDEERAHMA
    • Posted by Timothy W Pawiro
  17. Posted by UNA
    • Posted by Timothy W Pawiro
  18. Posted by Ani Berta
    • Posted by Timothy W Pawiro
  19. Posted by Halim
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment