ARTOTEL Surabaya, hotel cakep bernuansa seni

Author: | Posted in Tempat Inap 10 Comments

ARTOTEL Surabaya, hotel cakep bernuansa seni – Sudah lama tau kalau hotel ARTOTEL mengusung konsep ART di dalam design-nya. Sudah sering kali lewat, dan mencoba rooftop bar di ARTOTEL Thamrin Jakarta, yang bernama BART – Bar at the Rooftop. Bahkan pernah ada gallery exhibition di lantai mezzanine, yang menampilkan lukisan-lukisan cakep dan karya lainnya di situ. Suka dengan konsepnya.

hotel-artotel-surabaya

Hello, ARTOTEL Surabaya!

Rasa penasaran untuk melihat dan mencicipi kamar hotel ARTOTEL akhirnya bisa terwujud juga ketika saya sedang berada di Surabaya. Trip di Surabaya sebenarnya bukan trip utama saya, karena sebenarnya saya ada trip ke Madura selama 4 hari 3 malam. Kemudian saya berpikir, kenapa tidak extend saja, karena selama ini biasanya hanya semalam saja atau sekadar transit, dan sekalian mencicipi makanan khas Surabaya juga nantinya.

Welcome to ARTOTEL Surabaya

ARTOTEL Surabaya terlihat sedikit berbeda dengan ARTOTEL di kota lainnya. Ini karena lokasi ARTOTEL Surabaya yang terletak di Jalan Dr. Soetomo, merupakan salah satu area heritage di Surabaya. Jadinya konsep bangunan di sini tidak bisa ‘menonjol’ seperti properti ARTOTEL lainnya. Kalau kamu perhatikan, contohnya di ARTOTEL Thamrin, Jakarta, maka kamu bisa melihat murals di dinding luar bangunan ARTOTEL Surabaya lebih sederhana. Ke mana murals-nya ya?

Konsep murals di ARTOTEL Surabaya memang tidak ‘diletakkan’ di dinding luar dari bangunan, tapi ‘disembunyikan’ di bagian dalam, tepatnya di dinding tangga melingkar yang posisinya ada di bagian sudut. Karena letaknya di bagian sudut, makanya lukisan murals di dinding ARTOTEL Surabaya masih terlihat, karena di sudut bangunan tersebut, hanya dilapisi kaca pada sebagian dindingnya.

hotel-artotel-surabaya-paintings-murals

Murals di bagian tangga ARTOTEL Surabaya

hotel-artotel-surabaya-stairs-paintings-murals

Murals di tangga melingkar kalau dilihat dari dalam

Kesan art dari ARTOTEL Surabaya juga bisa dilihat dari deretan patung bebek dengan kalung hurufnya, yang kalau dilihat agak menjauh, huruf-huruf ini terbaca menjadi ‘ARTOTEL’, serta lukisan pada sliding doors ketika masuk ke dalam hotel.

hotel-artotel-surabaya-art-statue-duck

Bebek-bebek pun pakai kalung 🙂

hotel-artotel-surabaya-art-statue-duck

Cakep ya lukisan di sliding doors-nya 🙂

Saat masuk, saya pun merasakan kesan fun and santai dari hotel ARTOTEL Surabaya. Lihat saja tempat duduk berwarna-warni nan empuk di bagian lounge area, yang bisa kamu duduki sembari menunggu kamarmu ready saat check-in. Kemudian saat kamu check-in, selain Mbak dan Mas-nya yang ramah-ramah, kamu pasti juga terhibur dengan lukisan kartun lucu tergantung di belakang bagian reception-nya.

hotel-artotel-surabaya-reception

The reception area di ARTOTEL Surabaya

hotel-artotel-surabaya-reception

Bisa duduk-duduk di sini sambil menunggu check-in

Dining at ROCA Restaurant

Karena saya check-in nya terlalu pagi, seperti biasa, saya duduk santai sembari buka laptop di café terdekat. Asyiknya tidak perlu jauh-jauh keluar untuk mencari café, karena ARTOTEL Surabaya punya ROCA Restaurant & Bar, yang buka 24 jam! Saya sempat kaget ketika tau kalau restaurant di dalam hotel ini buka 24 jam. Setau saya, kebanyakan restaurant dalam hotel ga buka 24 jam, tapi memang in-room dining service-nya yang buka 24 jam.

hotel-artotel-surabaya-dining-roca-aglio-olio

Aglio Olio a la Roca Restaurant di ARTOTEL Surabaya

Cerita lucu ketika mau mencoba makan di ROCA Restaurant & Bar saat jam 1. Sebenarnya saya mau in-room dining aja, kemudian saya coba telepon ke ROCA dan diberitau kalau ada discount sebesar 50 % dari jam 1 – 3 subuh kalau makan di ROCA Restaurant & Bar. Wah, saya pikir seru juga nih, makan subuh-subuh kemudian dapat discount. Dasarnya saya pelor ya, saya pikir ya sudah, 10 menit lagi turun ke bawah deh, sekarang mau leyeh-leyeh dulu. Pas bangun, lho kok sudah jam 7 pagi aja. Yahhh!! 🙁

hotel-artotel-surabaya-dining-roca

Roca Restaurant & Bar

hotel-artotel-surabaya-wine-collection

Suka wine? Di Roca juga sedia Wine kok 🙂

hotel-artotel-surabaya-music-performance

Jangan lupa cek, apakah ada live music malam ini 🙂

Kalau misalnya ga bisa menikmati discount pas subuh, sebenarnya kita bisa menikmati discount kalau kita pesan makanan dan makan di kamar. Saya sih karena hari pertama lagi malas turun, ditawarin untuk in-room dining service karena bisa discount 25%. Lumayan, kan? Selain itu, ketika saya masuk kamar, ada surprise discount di post-it yang ditempel di pintu kamar mandi saya. Awalnya saya pikir ini post-it salah tempel kali ya, kok ditempel di sini, atau mungkin punya tamu sebelum saya? Eh ternyata saya salah, karena tiap hari discount post-it di dalam kamar akan berubah-rubah, jadi tiap hari akan berbeda nih discount-nya hehe.

hotel-artotel-surabaya-studio-20-room-daily-voucher

Check for the post-it discount di kamarmu. Tiap hari discount-nya bisa beda-beda lho!

ROCA Restaurant ini juga digunakan sebagai tempat breakfast untuk ARTOTEL Surabaya. Ada beberapa pilihan untuk breakfast buffet-nya, mulai bubur ayam, atau nasi beserta aneka lauknya. Kalau kamu lebih suka sarapan dengan roti, di ROCA Restaurant juga tersedia kok.

hotel-artotel-surabaya-dining-roca-breakfast

Breakfast at Roca!

hotel-artotel-surabaya-dining-roca-breakfast

Mau breakfast yang simpel juga ada 🙂

A studio to stay

Kamar di ARTOTEL Indonesia itu bernamakan Studio, kemudian diikuti dengan angka yang menunjukkan ukuran dari kamarnya. Misalnya aja ARTOTEL Surabaya punya 3 jenis kamar bernamakan Studio 20, Studio 25, dan Studio 30. Yang menyenangkan dari kamar Studio ARTOTEL Surabaya adalah dinding di belakang tempat tidur kita suka ada gambar kartun yang lucu-lucu nan menggemaskan. Di kamar saya bisa saja memiliki gambar yang berbeda dengan kamar yang kamu tempati. Jadi sering-sering aja tinggal di ARTOTEL Surabaya biar kamu bisa punya koleksi foto kamar yang berbeda-beda hehe.

hotel-artotel-surabaya-the-room

So, where’s your room? 🙂

hotel-artotel-surabaya-studio-20-room

Kamar Studio 20 di ARTOTEL Surabaya

hotel-artotel-surabaya-studio-20-room-cute-paintings

Dapat gambar apa di kamar ARTOTEL-mu? 🙂

Untuk kamar ARTOTEL Surabaya, memang tidak ada balkonnya sih, tapi sepertinya memiliki 3 view yang berbeda, ada yang menghadap ke samping kiri hotel – Jalan Diponegoro, bagian depan hotel – Jalan Dr. Soetomo, atau yang ke samping kanan – Jalan Trunojoyo. Waktu itu sih saya menghadap ke yang Jalan Diponegoro. Sebenarnya untuk saya sih, yang penting view-nya ke jalanan atau kota, dan yang terpenting, di lantai yang atas, biar pemandangannya tidak terhalang sama apa-apa gitu hehe.

hotel-artotel-surabaya-studio-20-room-cute-paintings

View sebagian kota Surabaya dari ARTOTEL Surabaya

Perlengkapan apa aja yang ada di kamar ARTOTEL Surabaya?

Tidak perlu khawatir kalau tidak bawa toiletries kamu. Di kamar mandi, kamu akan menemukan toiletries standard, seperti sikat gigi dan pasta giginya, ada juga hair cap kalau kamu perlu, dan pastinya sabun serta shampoo. Sedangkan untuk minuman sudah tersedia 2 botol air mineral gratis untuk kamu.

hotel-artotel-surabaya-studio-20-room-cute-paintings

Basic toiletries di setiap kamarmu

hotel-artotel-surabaya-studio-20-bathroom

Kamar mandi di tipe Studio 20

Kalau kamu juga bawa pekerjaan ketika stay di sini, pastinya kamu tidak perlu khawatir kalau kamu butuh tempat bekerja. Di kamar sudah ada meja kecil yang bisa jadi tempat kerja kamu, plus di kamar sudah ada 3 colokan buat laptop serta gadget-mu yang lain. Kalau kurang, kamu bisa bawa extension cable sendiri hehe. Pastinya, mau di kamar, di ROCA Restaurant, ARTOTEL Surabaya sudah menyediakan fasilitas Wi-Fi, jadi kita bisa selalu connect ke internet.

hotel-artotel-surabaya-studio-20-room-table

Ada air mineral free, dan look … ada colokan juga di sampingnya hehe.

What else is at ARTOTEL Surabaya?

Art Space

Di awal sudah saya beritau kalau di ARTOTEL Thamrin, Jakarta suka ada pameran seni di lantai mezzanine-nya. Sebenarnya di ARTOTEL Surabaya juga ada kok, namun karena tidak ada lantai mezzanine, makanya pameran lukisan bisa kamu lihat di Art Space yang terletak di lantai di depan area reception. Kamu akan melihat dinding hitam, yang suka ada beberapa lukisan digantung di sana.

hotel-artotel-surabaya-paintings-exhibition

Art space dengan lukisan di ARTOTEL Surabaya

#ARTOTELforHOPE

Kegiatan #ARTOTELforHOPE itu merupakan kegiatan amal yang diadakan serentak di setiap property ARTOTEL, namun memang target dari kegiatan amal di setiap property berbeda. Kalau di ARTOTEL Surabaya, nanti akan menyumbangkan dana yang terkumpul ke Yayasan Peduli Kanker Indonesia (YPKAI). Cara untuk berpartisipasi juga mudah kok, kamu hanya tinggal menuliskan harapanmu untuk tahun 2017 di post-it note, dan menempelkannya di Wall of Hope. Setiap lembar post-it, ARTOTEL Surabaya akan menyumbangkan Rp. 5.000,- ke yayasan yang diajak kerja sama.

hotel-artotel-surabaya-#artotelforhope

Tempel harapanmu untuk tahun 2017 di Wall of Hope #ARTOTELforHOPE

Art Bazaar Event

Tanggal 16 Desember 2016, akan ada Art Bazaar Event di ARTOTEL Surabaya. ARTOTEL akan mengajak beberapa lokal tenant kreatif, salah satunya pengrajin seni batik dari kawasan ex-Dolly Surabaya. Selain itu, ada juga partisipan bazaar yang menjual berbagai macam aksesoris, tas rajut, sketsa wajah, kebaya modern, dan masih banyak lagi, termasuk temporary tattoo! Oh, ada juga workshop untuk penggemar seni handycraft oleh @shabbycraft. Nanti setiap penjualan dari bazaar ini, 10%-nya akan disumbangkan ke YPKAI.

Wah, banyak kegiatan menarik di ARTOTEL Surabaya sepanjang bulan Desember 2016 ini. Selain kamu bisa menikmati kamar ARTOTEL Surabaya yang nyaman, kamu juga bisa ikutan kegiatan amal ini!

ARTOTEL Surabaya

Jalan Dokter Soetomo No.79-81, Tegalsari,
Surabaya, Jawa Timur 60264, Indonesia

Telepon               : +62 31 5689000
Website               : http://www.artotelindonesia.com/surabaya

Untuk booking kamar di ARTOTEL Surabaya, kamu bisa langsung saja klik booking.

Thanks to ARTOTEL Surabaya for having me to stay there. Although I was a guest at ARTOTEL Surabaya, but all opinions are my own.

FIND ME HERE
FACEBOOK
| TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
email: mixedupalready@gmail.com
SNAPCHAT: timo_wp

hotel-artotel-surabaya-#artotelforhope

So how’s your stay at ARTOTEL Surabaya?

Advertisements
Comments
  1. Posted by Molly
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Hastira
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Dhanang Sukmana Adi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Travelling addict
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Halim
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment