Advertisements

Hidup lebih nyantai dengan chatbot

Hidup lebih nyantai dengan chatbot – Kalau ngomongin soal belanja online, pastinya kita udah sering deh ya, mulai dari yang remeh temeh sampai beli laptop segalak. Udah lebih enak memang belanja online, karena bisa langsung eksekusi dari smartphone atau laptop. Biasanya kalau belanja online di marketplace, penjualnya banyak yang masih perusahaan kecil atau bahkan perorangan. Kalau saya mau beli barang online, saya biasanya tanya dulu ketersediaan produknya. Kebetulan karena saya sukanya ngalong alias aktif di malam hari, saya tanyanya pas jam-jam subuh gitu sih. Belum tentu juga langsung dibalas sama si penjualnya, karena ya pada umumnya orang-orang udah pada tidur jam segitu huehe. Paling saya baru dapat balasannya pas pagi atau siang harinya.

Membalas pertanyaan atau pesan dari pembeli secepatnya memang penting sih. Coba kalau saya dapat jawabannya langsung, saya bisa eksekusi langsung saat itu juga. Mungkin aja si pembeli akan bertanya ke beberapa penjual yang menjual dagangan serupa. Tentunya si pembeli akan membeli di penjual yang pertama kali merespon tentang ketersediaan barang. Makanya di perusahaan besar tuh suka ada aturan, berapa lama kita harus merespon pertanyaan dari customer.

Tentunya untuk perusahaan besar, bisa aja tempatin beberapa orang untuk jagain customer service secara bergantian selama 24 jam. Namun kalau untuk perusahaan yang masih kecil, atau bahkan bisnis yang dijalankan oleh perorangan, bisa aja masih agak kesulitan menambah orang untuk jagain customer service 24 jam. Bahkan mungkin yang jagain bisa langsung si pemilik bisnisnya. Sayang memang kalau sampai kelewat kesempatannya, terutama dari pembeli seperti saya yang aktifnya suka saat subuh-subuh. Tapi kan si pemilik bisnisnya butuh istirahat juga ya pas malem huehehe.

buat siapa chatbot - kadungcampur

Lagi nonton bioskop, tapi diribetin sama urusan orderan? Mending minta bala bantuan chatbot deh! Jadinya kan nanti hidup lebih nyantai dengan chatbot.

Nah, ngomong-ngomong tentang pertanyaan ketersediaan barang, ternyata yang tanya hal itu bisa sampai beberapa orang lho. Dan bisa aja jaraknya berdekatan. Emang rasanya cape ya menjawab pertanyaan yang sama dari beberapa orang, mulai dari barangnya masih ada kah, warnanya apa aja, bisa langsung dikirim ga hari itu juga, dan sebagainya. Tapi pertanyaan seperti ini ya harus dijawab lah, kalau ga, orangnya ga jadi beli deh huehehe.

Bantuan buat si ‘one-man show’

Saya punya beberapa temen yang udah punya bisnis online. Dan seperti yang saya bilang tadi, temen saya ini tuh ya istilahnya ‘one-man show’. Dia yang posting produknya di marketplace, dia yang buat deskripsi produknya, kalau ada yang tanya, dia juga yang jawabin satu-satu, bahkan dia juga yang packing dan kirim ke jasa pengiriman. Saya yang merhatiin, kalau dia lagi selow, bisa aja sih ngerjain semuanya seorang diri, tapi kadang ada waktu yang dianya agak kelabakan. Belum sempet ngurusin ini lah, belum sempet packing itu lah, sampe kadang ga keingetan untuk balas pertanyaan dari pembeli.

launching bjtech chatbot with line business - kadungcampur

Chatbot pun bisa diintegrasikan dengan Line Business, yang saat ini sudah memiliki lebih dari 2,3 juta akun Line Business (Line@)

Kenapa temen saya masih ‘one-man show’? Karena menurut dia ya masih bisa di-handle dia seorang diri, dan omsetnya belum gede-gede juga untuk hire pegawai. Padahal kalau misal ada yang bantuin salah satu dari proses yang saya sebutin di atas, wah, bakal seneng banget dianya.

Hidup lebih nyantai dengan chatbot

Di jaman digital ini, semuanya udah bisa serba mudah. Bahkan sekarang udah ada produk digital yang udah bisa bantuin si temen saya yang ‘one-man show’ tadi di urusan balesin pertanyaan dari pembeli, alias customer service, yaitu dengan ‘chatbot’.

launching bjtech chatbot - kadungcampur

Acara launching chatbot dari BJtech

Chatbot alias chatting yang menggunakan bantuan ‘robot’ atau otomatis memang lagi cukup dipakai oleh beberapa perusahaan. Karena ini bisa membantu mengurangi ‘beban’ dari si customer service. Kalau pertanyaannya masih sederhana, bisa dibantu aja oleh si chatbot ini, tapi kalau udah lebih spesifik, bisa berhubungan langsung sama staff dari customer service-nya. Kalau perusahaan besar aja udah pakai, pastinya ini cocok juga dipakai oleh perusahaan kecil apalagi bisnis perorangan deh. Si empunya bisnis bisa hidup lebih nyantai dengan chatbot. Ga perlu repot-repot keluar dari studio bioskop saat lagi nonton film, buat hanya balesin pertanyaan pembeli, karena si chatbot udah bisa langsung beraksi menjawab pertanyaan dari pembeli. Ga perlu cape juga buat jawabin pertanyaan yang sama berulang kali huehe.

Emang cara kerja chatbot gimana tuh?

Kok bisa sih si chatbot ini jawabin pertanyaan dari pembeli? Caranya bagaimana?

Sebenarnya cara kerja si chatbot ini adalah dengan menganalisa pertanyaan si pembeli dan kemudian mencari kata kunci dari pertanyaan tersebut, sehingga bisa memberikan respon yang sesuai.

Kamu bisa tonton video singkat di sini tentang teknologi chatbot:

Ga bisa koding, gimana buat chatbot?

Kan udah dibilangin, di jaman digital, hidup bisa lebih mudah hehe. Udah ga perlu koding kok untuk buat chatbot. Sama halnya kan dengan ngeblog. Untuk ngeblog, bagi yang pemula, tentunya ga perlu tau tentang koding untuk memulai ngeblog. Ini semua karena udah ada banyak platform yang bisa bantu kita untuk ngerjain hal-hal tersebut. Dan kalau ngomongin chatbot, platform chatbot yang saya maksud adalah BJtech.

BJtech itu singkatan dari Bang Joni Technology. Pasti udah banyak yang tau tentang Bang Joni kan, ya? Itu lho, si temen virtual yang bisa bantuin kamu untuk beliin pulsa, token listrik, pesen tiket pesawat, sampai tanya info cuaca. Bang Joni ini pakai teknologi chatbot lho. Keren kan kalau kamu dapat bala bantuan seperti layaknya si Bang Joni ini alias dengan chatbot?

Caranya gampang kok, karena kita hanya perlu mendaftar layanan chatbot ini di website BJtech.

Nanti di platform BJtech itu, kita bisa memasukkan beragam skenario pertanyaan beserta respon yang sesuai. Misalnya pertanyaan tentang produk. Bisa aja ada pembeli yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik untuk bertanya:

‘Produk apa saja yang tersedia di toko ini?’

Tapi pastinya ada juga pembeli yang menggunakan susunan kata dan pemilihan kata yang berbeda untuk maksud yang sama. Misalnya seperti ini:

‘Toko ini jualan produk apa aja sih?’
‘Jualan apa aja nih?’

Di platform BJtech, nanti kamu bisa masukkan beberapa contoh kalimat pertanyaan di atas dan memberikan respon yang sama. Serta pastinya, kamu juga bisa menampilkan ragam produkmu dalam bentuk foto.

sinonim chatbot bjtech - kadungcampur

Kita bisa masukkan beberapa sinonim kata yang memiliki arti mirip atau sama 🙂

Tentunya respon yang kamu bisa berikan, bisa berupa kalimat aja, ataupun berupa gambar-gambar produknya beserta harga.

Platform chat nya apa aja nih?

Kalau saya perhatiin sih ya, untuk urusan chatbot, banyak yang menggunakan Line dan juga Telegram. Tapi ternyata kalau pakai BJtech, bisa dipakai untuk beberapa platform chat selain Line dan Telegram, seperti Facebook Messenger, BBM, WhatsApp, dan bahkan Twitter!

channel chatbot bjtech - kadungcampur

Beberapa platform chatting yang bisa diintegrasikan dengan chatbot BJtech 

Sedangkan untuk contoh dialog dengan chatbot bisa dilihat di bawah ini:

contoh dialog chatbot bjtech - kadungcampur

Contoh dialog konsumen dengan chatbot 

Siapa aja nih yang bisa hidup nyantai dengan chatbot?

Fasilitas chatbot ini ga hanya cocok untuk kamu yang jualan online. Kamu yang sibuk pun juga boleh banget lah minta bantuan chatbot untuk balesin pertanyaan dari ribuan fans-fans mu.

So udah siap mau hidup lebih nyantai dengan chatbot?

Langsung aja deh ya cek website BJtech! ?

website platform chatbot bjtech - kadungcampur

Biar hidup lebih nyantai dengan chatbot, so langsung aja meluncur ke website BJtech, ya 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by diskartes
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment