Fakta Menarik Tentang Wi-Fi

Author: | Posted in Advertorial, Teknologi 12 Comments

Fakta Menarik Tentang Wi-Fi – Kebutuhan masyarakat akan jaringan internet di masa kini semakin tinggi dan mendesak. Hal ini karena jaringan internet ga lagi hanya jadi media untuk mendapatkan hiburan aja, melainkan juga sebagai sarana untuk bekerja, bertukar informasi, dan berkomunikasi.

Sumber jaringan internet yang digunakan saat ini bisa bermacam-macam, seperti dengan mengunakan tethering dari smartphone, atau bahkan dengan koneksi Wi-Fi. Belakangan ini, keberadaan Wi-Fi sih udah cukup marak dan berkembang pesat ya, karena mampu memenuhi kebutuhan untuk berinternet dengan cepat dan dapat diakses banyak orang sekaligus. Pastinya kalau saya mampir ke tempat makan atau tempat nongkrong di Bintaro yang dekat rumah saya, pertanyaan wajib yang muncul adalah ada Wi-Fi dan colokankah? Hehe.

jaringan-internet-melalui-wi-fi-1

Salah satu cara untuk mengakses internet

Berbicara soal Wi-Fi, di bawah ini ada beberapa fakta menarik tentang Wi-Fi yang bisa kamu baca.

Fakta menarik tentang Wi-Fi

Tau singkatannya?

Apakah kamu udah tau singkatannya?

Wi-Fi itu merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Ini adalah sebutan bagi teknologi jaringan nirkabel yang berfungsi untuk memberikan layanan jaringan untuk peralatan elektronik sehingga dapat mengakses jaringan internet.

Jenis Wi-Fi

Kalau diliat dari segi teknis, jenis gelombang radio yang sering digunakan ada 2, yakni Super High Frequency 5 GHz dan gelombang radio Ultra High Frequency 2 GHz.

Selain itu, jaringan Wi-Fi juga bisa dilihat dari jenis koneksinya, mulai dari koneksi yang disebut Ad-Hoc atau peer-to-peer. Dengan koneksi ini sebuah perangkat elektronik dapat terhubung langsung dengan sebuah hotspot atau titik akses. Jenis koneksi lainnya adalah koneksi yang dengan infrastruktur. Sistem ini digunakan untuk mengontrol lalu lintas paket data jaringan Wi-Fi.

Perangkat yang digunakan

Untuk mengakses jaringan internet di rumah, saya sudah berlangganan paket internet cable plus dengan TV. Kemudian saya sambungkan internet cable dengan perangkat modem Wi-Fi, sehingga bisa digunakan oleh beberapa orang di dalam rumah.

Namun terkadang jaringan internet cable-nya mengalami kendala, apalagi kalau ada perbaikan jaringan kabel internetnya. Mau ga mau saya menggunakan smartphone, yang nomornya sudah ada paket internet, untuk dijadikan sebagai ‘perangkat Wi-Fi’ bagi laptop saya.

Karena saat ini saya lagi sering di rumah, dan akses internet menggunakan Wi-Fi dari internet cable, terkadang saya suka ga ngeh kalau kuota internet saya udah mulai menipis. Eh tapi sekarang sih udah ga perlu panik lagi ya kalau gitu, karena udah banyak cara untuk membeli paket internet dengan mudah. Salah satunya dengan mengakses aplikasi Traveloka untuk membeli paket internet.

Kaget dan bingung kalau bisa beli paket internet dari Traveloka?

Saya juga kaget! Ternyata Traveloka baru aja meluncurkan layanan baru untuk melayani pembelian pulsa dan paket internet bagi penggunanya. Sepertinya, nanti akan ada banyak penawaran menarik nih, baik untuk pengguna Simpati, XL, Indosat, dan sebagainya. Asik deh!

Cara membelinya juga mudah, cepat dan aman. Tinggal akses aplikasi Traveloka versi terbaru, di sana kamu tinggal pilih menu beli pulsa atau paket internet, konfirmasi pembelianmu dan lakukan pembayaran dengan cara yang kamu inginkan. Setelah itu ya tinggal tunggu sebentar kalau kuota internetnya sudah terbeli dan menambah kuota internet yang sekarang.

membeli-paket-internet-untuk-wi-fi-melalui-traveloka

Membeli paket internet melalui Traveloka

Intinya sih membeli pulsa atau paket internet melalui Traveloka, bisa dilakukan di mana aja – mau kamu lagi di angkot, kamar, atau sedang di kantor, dan juga kapan aja – mau subuh atau siang. Langsung aja buka aplikasi Traveloka, cuss … beli deh.

Ga perlu terhubung dengan kabel

Sebagai teknologi yang dibuat dengan tujuan untuk menyediakan akses pada jaringan internet, Wi-Fi udah sangat sukses dan berhasil karena mampu memberikan akses secara praktis pada jaringan internet tanpa membutuhkan koneksi fisik seperti kabel. Hal ini ga lepas dari peranan frekuensi radio di sebuah lingkup area, yang menjadi sarana penghubung pertukaran data melalui jaringan internet. Koneksi ini biasanya juga disebut dengan WLAN alias Wireless Local Area Network. Ini sama seperti saya di rumah jadinya, yang koneksi internetnya bisa digunakan hingga beberapa orang di rumah, melalui laptop, smartphone, atau tablet.

Jangkauannya

Hotspot adalah sebutan untuk titik akses jaringan nirkabel atau Wi-Fi. Melalui titik akses ini, koneksi jaringan internet dapat dijangkau oleh benda elektronik yang dipakai oleh pengguna. Rata-rata, hotspot memiliki jarak cakupan sejauh 20 meter dari pusat atau sumber Wi-Fi. Jarak itu diasumsikan jika kamu ada di dalam ruangan ya, tapi kalau hotspot ada di luar ruangan, berarti jaraknya bisa lebih jauh lagi. Kenapa bisa begini, ya karena frekuensi radio dapat terhalang oleh dinding ruangan.

jaringan-internet-melalui-wi-fi-2

Biasanya kamu akses internet di rumah menggunakan apa?

Posisi orang yang mengakses Wi-Fi dengan pusat titik akses juga bisa menentukan cepat atau lambatnya kecepatan internet. Ini sama aja seperti saya kalau di rumah. Pusat titik aksesnya di lantai atas, jadinya kalau saya lagi di bawah, apalagi masuk ke dalam kamar di bawah, kecepatan internetnya jadi lebih lambat deh ya. Udah jauh, ketambahan dengan kehalang dinding ya haha!

Masalah keamanan

Penggunaan Wi-Fi bukannya tanpa kelemahan. Sistem nirkabel yang digunakan, jauh lebih rawan daripada jika menggunakan kabel Ethernet. Penggunaan gelombang radio bisa membuat penyusup lebih mudah masuk karena dia ga membutuhkan sambungan fisik, melainkan hanya cukup dengan berada pada area titik akses Wi-Fi. Namun demikian, berbagai sistem pengamanan udah dikembangkan kok dalam bentuk metode enkripsi guna meningkatkan keamanan.

Nah, itu beberapa fakta menariknya. Kalau kamu mau menambahkan fakta lain tentang Wi-Fi, monggo tinggal tulis di kolom komen ya.

Dan kalau kamu suka dengan blog post ‘7 Fakta Menarik Tentang Wi-Fi’, tolong di-share melalui media sosial kamu, ya 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by Travelling Addict
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Haya Aliya Zaki
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Mesra Berkelana
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Sie-thi Nurjanah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Dzulfikar
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Intan Rosmadewi
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment