Apa sih istimewanya dinding gypsum?

Author: | Posted in Liputan 40 Comments

Dinding gypsum? Ada gitu? Ada lah, udah banyak digunakan juga sih, tapi emang kalau dinding, apalagi di rumah-rumah, ya, lebih sering menggunakan batu bata. Kalau gypsum biasanya memang lebih sering digunakan untuk plafon alias langit-langit ruangan.Β  Eh, tapi kalau gypsum dijadikan dinding, emang beneran kuat ya? Ga gampang jebolkah?

Well, sekarang masa-masa gypsum yang gampang jebol udah lewat sih, karena dinding gypsum udah berevolusi mengikuti jaman.

Saint Gobain dan Gyproc

Masih ingat postingan saya beberapa waktu lalu tentang Saint-Gobain? Kalau dulu postingannya tentang semen instan MU Weber. MU (Mortar Utama) Weber ini merupakan bagian dari Saint-Gobain, dan sepertinya perusahaan Saint-Gobain suka banget melakukan inovasi dan memberikan kemudahan untuk umat manusia. Dari awalnya repot banget buat olahan semen, sekarang udah lebih mudah dengan semen instan dari MU Weber.

(Baca juga: Inovasi bahan bangunan dari MU-Weber)

Kalau kita melihat perusahaan Saint-Gobain sendiri, memang sudah berdiri sekitar 350 tahun di Perancis, jadi memang wajar ya, bisa bertahan sedemikian lama karena inovasi-inovasinya. Selama 350 tahun itu pula, Saint-Gobain sudah melakukan ekspansi ke sekitar 67 negara dan memiliki puluhan brand hasil inovasi, termasuk untuk urusan konstruksi dan bangunan. Selain brand Weber, Saint-Gobain juga ada brand Gyproc yang berurusan dengan dinding gypsum, alias gypwall (gypsum wall), yang kadang bisa disebut juga dengan drywall.

Awalnya Gyproc Indonesia memang belum mempunyai fasilitas produksi sendiri di Indonesia. Dari awal berdiri di tahun 2007, Gyproc Indonesia masih melakukan import dari negara tetangga yang memiliki pabrik gypsum ini, misalnya dari Malaysia. Baru pada tahun 2014, Gyproc Indonesia yang memiliki nama perusahaan PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia memiliki sebuah pabrik yang terletak di Cikande Industrial Estate.

Produk terbaru dari Gyproc Indonesia

Beberapa waktu lalu, Gyproc Indonesia baru saja meluncurkan beberapa produk dinding gypsum terbaru. Produk dinding gypsum terbaru ini memiliki keistimewaan yang berbeda, menyesuaikan dengan peruntukannya. Tentunya produk dari Gyproc Indonesia ini merupakan hasil inovasi dari serangkaian riset dan hasil survei dari para konsumennya.

Habito

banner gyproc dinding gypsum berkualitas

Banner acara Gyproc

Mungkin waktu beberapa waktu lalu sempat melihat hashtag #IniHabito di Twitter? Well, yes, itu adalah keriuhan di Twitter pada saat peluncuran beberapa produk Gyproc Indonesia di salah satu hotel di Jakarta.

Yang menjadi keistimewaan dari produk Habito ini adalah kekuatannya. Biasanya mungkin kalau dinding terbuat dari gypsum, ya udah, gitu aja, ga dipasang apa-apa yang berat, karena mungkin takutnya ga kuat aja gitu. Beda dengan Habito! Bahkan kekuatan Habito yang merupakan dinding gypsum dari Gyproc Indonesia bisa terlihat dari banner acaranya.

Kalau melihat banner-nya aja mungkin masih ga percaya, ya. Makanya saat hadir di acara peluncuran tersebut, juga dibuat area untuk memamerkan kualitas dari dinding gypsum dari Gyproc Indonesia, termasuk si Habito ini.

Pernah melihat motor digantung di dinding gypsum? Pertanyaannya pasti β€˜emangnya kuat?’ Hehe. Coba aja lihat sendiri nih.

 

gyproc habito dinding gypsum berkualitas kuat

Kuat ‘kan menahan beban motor πŸ™‚

Bagaimana kalau pasang kursi di dinding, biar kalau ngepel lantai lebih mudah hehe. Bisa juga kok? Eh, ga percaya, ya? Sama sih, awalnya saya juga begitu, tapi ya udah, saya coba dudukin aja kursinya, sambil deg-deg-an haha! Wah!

gyproc dinding gypsum berkualitas uji kekuatan habito

Biar ngepelnya gampang, makanya kursi digantungin aja di dinding πŸ˜€

Glasroc H

Pasti pernah beberapa kali mengalami plafon yang terbuat dari gypsum bocor, termasuk saya juga. Itu karena lapisan luar dari papan gypsumnya terbuat dari kertas. Beda dengan Glasroc H, produk dinding gypsum lainnya dari Gyproc Indonesia. Keistimewaan Glasroc H dibandingkan yang lain adalah produk ini tahan air, karena dilapisi oleh serat kaca (hence, the name using the word β€˜glass’ = kaca). Pantes aja, ya, kalau produk Glasroc H ini bisa menghalau air. Oh, dan juga anti jamur, ya!

Mau tau perbandingan lainnya antara Glasroc H dengan produk dinding gypsum lainnya yang biasa digunakan sebagai dinding di area basah? Coba cek perbandingannya di bawah:

gyproc dinding gypsum berkualits perbandingan ketahan air glasroc h

Perbandingan Glasroc H dengan lainnya

Walaupun di permukaan Glasroc H terdapat serat kaca, bukan berarti susah untuk diapa-apain permukaannya. Malah kebalikannya kok, kalau Glasroc H ini siap pakai, siap didekor dengan menggunakan ubin ataupun cat.

Oleh karena itu, produk Glasroc H sangat cocok digunakan di ruangan yang bersentuhan dengan air, seperti contohnya toilet, ruang shower / kamar mandi, ruang ganti / locker, dan masih banyak lagi.

Pada saat pameran juga sempat diperlihatkan si Glasroc H ini direndam di dalam air.

gyproc dinding gypsum berkualitas glasroc h tahan air

Menguji Glasroc H yang tahan air

XRoc

Inovasi lainnya dari Gyproc Indonesia adalah XRoc. XRoc bukanlah dinding gypsum biasa, karena keistimewaan dari XRoc adalah bisa menahan radiasi dari X-Ray. Tentunya karena ini merupakan dinding gypsum khusus, makanya harus ada pengawasan khusus, dan ga bisa sembarangan. Oleh karena itu XRoc sudah mendapat sertifikasi dari Public Health England serta BATAN Indonesia untuk diuji ketahanannya dalam menahan radiasi.

Biasanya kalau di Rumah Sakit, ruangan untuk pemeriksaan menggunakan X-Ray biasanya memiliki dinding yang lebih tebal. Namun, kalau udah menggunakan XRoc, coba deh dibandingkan sendiri ketebalan yang diperlukan untuk membuat ruangan khusus X-Ray ini. Ternyata hanya menggunakan 2 lapis XRoc! πŸ˜€

gyproc dinding gypsum berkualitas perbandingan ketebalan xroc

Perbandingan ketebalan XRoc dibandingkan dinding lainnya

Kenapa menggunakan dinding gypsum dari Gyproc Indonesia?

Mungkin kita masih ada yang bingung, memang apa sih bedanya penggunaan batu bata untuk membuat dinding, dibandingkan dengan menggunakan dinding gypsum dari Gyproc ini? Secara kita sudah dari dulu dalam membangun rumah menggunakan batu bata untuk dindingnya. Jadi apa sih istimewanya penggunaan dinding gypsum dari Gyproc itu?

Ringkes dan cepat

Lebih ringkes ini udah pasti sih. Coba perhatiin deh, ketika membangun rumah, atau renovasi rumah yang menggunakan batu bata, berapa banyak bata yang diperlukan, dan menggunakan area yang ga sedikit juga. Dan kalau udah menggunakan bata, tentunya untuk menyusunnya harus menggunakan semen dan air juga. Kalau dilihat mungkin rasanya kok berantakan ya area tempat menaruh semen dan kawan-kawan.

Paling kalau menggunakan dinding gypsum, hanya membutuhkan beberapa helai dinding gypsum yang tebalnya sekitar 12 mm, untuk peruntukan satu sisi dinding ruangan yang disusun menjadi satu. Ringkes, kan?! Pastinya bahan dinding gypsum ini ringan, jadi lebih mudah dalam pemasangan.

gyproc habito dinding gypsum berkualitas ketebalan

Perbandingan ketebalan Habito dengan hape saya hehe

Oleh karena pemasangannya yang cepat, maka dinding gypsum semakin banyak digunakan dalam pembangunan hotel ataupun kantor-kantor. Misalnya kalau hotel, pastinya mereka ingin bangunannya cepat selesai, sehingga bisa mulai menerima tamu, β€˜kan?

Mau tau seberapa ringkesnya membuat dinding menggunakan papan gypsum? Ini video dari Gyproc, mengenai pemasangannya.

Kalau melihat dari video di atas, dalam membuat dinding, biasanya menggunakan dua dinding gypsum, satu untuk sisi luar, dan satunya untuk sisi dalam. Lalu di tengah-tengahnya kosong toh? Ini salah satu keistimwaan lain dari penggunaan dinding gypsum, yaitu bisa digunakan untuk ruangan MEP alias Mechanical, Electrical, and Plumbing.

Flexible

Penggunaan papan gypsum sebagai dinding ruangan sebenarnya memungkinkan untuk dilakukan modifikasi ruangan. Sudah lihat β€˜kan di atas bagaimana ringkesnya membuat dinding menggunakan papan gypsum? Nah, kalau ada keinginan untuk merenovasi rumah, kita bisa pindahkan tuh papan-papan gypsum tersebut, dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Kuat dan tahan benturan

Masih ingat foto-foto di atas yang dinding gypsum – nya dipasang kursi bahkan untuk β€˜garasi’ motor hehe. Nah, itu tandanya dinding gypsum seperti Habito dari Gyproc ini memang lebih kuat dari dinding gypsum yang reguler. Misalnya kita ingin memasang kursi seperti yang ada di gambar atas itu, maka kita bisa memasangnya dengan menggunakan paku ulir saja yang dipaku ke beberapa titik. Apakah kuat? Pastinya untuk uji kekuatan sudah melalui pengetesan beberapa kali ya. Karena untuk satu titik (tempat paku diulir pada dinding gypsum) itu bisa menahan beban hingga 30 kg. Jadi tinggal dihitung aja berat barang yang ingin dipasang di dinding, kemudian tinggal kita perhitungkan aja butuh berapa titik.

gyproc dinding gypsum berkualitas pemasangan mudah paku ulir

Pemasangan dinding gypsum Gyproc mudah dengan menggunakan rangka dan paku ulir

Nah, saat acara launching, para pengunjung juga bisa lho mencoba ketahanan dinding gypsum ini, yaitu dengan menghantam sekencang-kencangnya menggunakan palu!

gyproc dinding gypsum berkualitas uji kekuatan habito

Mas Sato, blogger, sedang menguji kekuatan dari Habito

Eco-friendly

Bagaimana bisa dibilang eco-friendly, ya? Karena dinding gypsum dari Gyproc, kalau udah ga digunakan lagi bisa didaur ulang, bahkan bisa β€˜ditarik’ hingga ke pabriknya untuk didaur ulang menjadi produk baru lagi.

Selain itu, coba deh lihat kembali video pemasangan dinding gypsum untuk menjadi dinding ruangan. Apakah menggunakan air dalam prosesnya? Mungkin kalau orang yang masang haus, ya? Hehehe. Penggunanan air ketika membangun menggunakan dinding gypsum, bisa dibilang minimal, dan ini tentunya mendukung konsep dari green building yang sekarang udah mulai trend. Bahkan di negara-negara maju seperti Singapura, dinding gypsum udah banyak digunakan, karena kita ketahui kalau air merupakan salah satu sumber alam yang sangat berharga di Singapura.

Keistimewaan lainnya

Sebenarnya ada beberapa keunggulan lainnya penggunaan produk dari Gyproc ini. Misalnya tahan api hingga 2 jam, sehingga bisa memberikan waktu orang-orang untuk evakuasi, kemudian sound proof, alias bisa menahan suara dari luar hingga 57 dB – tergantung menggunakan dinding gypsum Gyproc jenis apa. Selain itu, penggunaan dinding gypsum dari Gyproc itu bisa menahan suhu ekstrim dari luar. Oleh karena itu udah banyak digunakan pada rumah-rumah atau bangunan di negara 4 musim. Dinding gypsum Gyproc ini bisa menahan panas atau dinginnya udara dari lingkungan luar.

…

Ternyata ada banyak ‘kan keistimwaan dari penggunaan dinding gypsum dari Gyproc ini. Siapa tau kamu ada rencana untuk membangun atau renovasi rumah, bisa banget mempertimbangkan untuk menggunakan dinding gypsum Gyproc ini πŸ™‚

gyproc habito dinding gypsum berkualitas gypwall

Kalau udah ga ada tempat di garasi buat taruh sepeda, ya udah, digantung aja di dinding seperti ini πŸ˜€

Advertisements
Comments
  1. Posted by Windah tsu
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by retno
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by William Giovanni
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Farhandika Mursyid
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Flo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Perempuan November
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Jiah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Dikki Cantona Putra
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by omith
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by ruziana
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Nurul Fitri Fatkhani
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by Sally Fauzi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  13. Posted by Atanasia Rian
    • Posted by Timothy W Pawiro
  14. Posted by HELLO FIKA
    • Posted by Timothy W Pawiro
  15. Posted by Mahadewi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  16. Posted by Kang Alee
    • Posted by Timothy W Pawiro
  17. Posted by andreas
    • Posted by Timothy W Pawiro
  18. Posted by Dzulkhulaifah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  19. Posted by nina
    • Posted by Timothy W Pawiro
  20. Posted by Noe
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment