5 Destinasi Solo Traveling Terjangkau di Indonesia

26
566
solo traveling destinasi indonesia - kadungcampur

5 Destinasi Solo Traveling Terjangkau di Indonesia – Kapan terakhir kamu traveling? Saya sih terakhir di bulan Agustus 2018 hehe, tapi itu traveling bareng teman sih ke Cambodia, cerita menyusul ya. Masih banyak cerita traveling yang belum dimasukkan ke blog nih hehe. Tahun ini saya udah beberapa kali traveling, tapi bareng-bareng teman sih, karena kami udah berencana dari tahun lalu hehe. Beberapa destinasi yang saya kunjungi di tahun ini memang merupakan destinasi baru, dan kebetulan merupakan destinasi luar negeri.

Traveling sama teman memang sebenarnya menyenangkan sih ya, tapi terkadang kalau mau cari teman yang bisa klop saat traveling itu susah-suah gampang. Klop dalam hal availability soal tanggal jalan, destinasi tujuan, budgetnya berapa, naik pesawat apa, dan sebagainya haha. Kebetulan banget, teman-teman yang traveling bareng saya tahun ini bisa klop semua tanggalnya, jadi paling ngobrol bentar aja, langsung eksekusi haha.

Nah, yang susah tuh kalau misalnya udah janjian mau traveling bareng, tapi kok susah banget nemuin tanggal yang tepat, ya. Tanggalnya aja belum tepat, belum diskusi buat itinerary-nya, alamat bisa tunggu-tungguan nih, tiket promo pun melayang. Ya udah lah, kalau begini ceritanya mah, kita pergi aja sendiri hehe. Kalau kamu baru pertama kali mau solo traveling, kenapa ga mulai dari beberapa destinasi di Indonesia aja dulu. Itung-itung buat cari pengalaman solo traveling gitu.

Tapi enaknya ke mana ya kalau mau solo traveling di Indonesia?

Beberapa destinasi solo traveling di Indonesia

1 | Bandung

Hmm, okay ini sih menurut saya solo traveling paling mudah, apalagi kalau kita berangkatnya dari Jakarta. Tinggal naik sepur, sekitar 3 jam kemudian udah sampe.

Di Bandung, ada berbagai macam wisata, mau wisata alam ada, seperti ke Tangkuban Perahu, Taman Hutan Raya Juanda, atau yang agak jauhan dikit, seperti Kawah Putih. Mau jalan-jalan di dalam kota juga ada, seperti jalan-jalan di Braga atau Asia Afrika, dan bahkan kalau mau, bisa juga nongkrong di cafe hits Bandung hehe. Oh tentunya kalau udah sampai di Bandung, jangan lupa mampir ke Lembang, ya hehe. Di sini ada beberapa tempat wisata juga kok yang udah terkenal, termasuk Maribaya Lodge itu hehe.

wisata bandung mariabaya lodge lembang - kadungcampur
Mampir-mampir ke Mariabaya Lodge kalau udah di Bandung hehe

Untuk transportasi di Bandung, terbilang cukup mudah, karena udah ada transportasi online. Mau transportasi umum yang biasa juga ada, bahkan kalau mau rental mobil juga udah banyak.

2 | Jogja

Jogja tuh selalu ngangenin, sesuai dengan slogannya tentunya, yaitu Jogja Istimewa. Udah beberapa kali ke sana, tetap aja pengen balik lagi, apalagi tiket pesawat ke Jogja terbilang terjangkau, seperti maskapai Citilink yang harganya sangat terjangkau.

Hidup di Jogja terbilang cukup terjangkau juga kok, terutama makanannya ada banyak, dan murah-murah. Jajanan pinggir jalan juga udah banyak, apalagi tuh di Malioboro hehe. Tapi di sana, ga hanya jalan Malioboro aja yang menyenangkan untuk dilihat, ada juga jalan Prawirotaman. Eh, itu kalau kamu mau cek cafe yang cukup populer di Jogja hehe.

Kalau wisata di Jogja, ga usah tanya sih, mau keraton, mau candi, mau wisata alam, seperti lava tour di kaki gunung Merapi, ada semua. Ngomong-ngomong soal candi, di Jogja ada banyak candi kok, tentunya yang utama adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

lava tour gunung merapi jogja naik jeep - kadungcampur
Abis ikutan Lava Tour di Jogja, bawaannya pengen keramas haha!

Kalau kamu pecinta batik seperti saya, wah, tempat yang tepat untuk belanja kain batik. Mau di butik atau di pasar Beringharjo, boleh!

Oh iya, ga jauh dari Jogja, juga ada daerah yang cukup populer juga kok, dan bisa dijangkau dengan motor. Daerah Mangunan. Di sini terkenal dengan hutan pinus Mangunan, dan kalau udah sampai di sini, jangan lupa icip-icip sate klatak yang lezat hehe.

(Baca juga: Jogja itu ngangenin, ya)

3 | Bali

Bali? Perlu ditanya? Hehehe. Kayaknya Bali merupakan destinasi idaman dan favorit dari banyak orang. Bali tuh seperti kayak punya magnet, yang β€˜bisa menarik’ orang untuk mengunjungi Pulau Dewata ini lagi, dan lagi, dan lagi hehe. Saya aja kalau ngeliatin foto-foto terdahulu pas lagi traveling di Bali, rasanya langsung pengen balik lagi hehe.

Kalau mau solo traveling di Bali pun juga mudah kok, terutama didukung sama transportasi online yang udah cukup banyak juga di pulau ini. Tempat penginapan juga ga perlu ditanya, karena ada banyak dan bervariasi, tergantung dari budget kita aja sebagai solo travelers hehe.

naik sepeda ubud bali - kadungcampur
Sepedaan di Ubud, Bali, kayaknya seru juga πŸ˜€

Lokasi wisata di Bali juga beraneka ragam, mulai dari pantai, gunung, bawah laut, pura, ada semua di sini. Mau yang ramai, yang sepi, seperti di daerah Bali utara, juga bisa. Saya aja yang udah beberapa kali ke sana, rasanya masih ada aja yang belum sempat dikunjungi dari Bali. Apalagi pantai-pantai di Bali yang banyak banget deh hehe. Pantai favorit saya sih Pantai Suluban dan Pantai Padang-Padang, ya. Kalau kamu, apa nih?

(Baca juga: Asyiknya jalan jalan sambil road trip di Bali (1))

Selain pulau utama Bali, di sekitarnya juga ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi lho, seperti Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida ?

4 | Bukittinggi

Saya ke Bukittinggi udah beberapa tahun yang lalu, dan Bukittinggi memang kota yang menyenangkan untuk disinggahi. Tempatnya adem, makanannya enak-enak, jadi cocok buat mau yang solo traveling santai. Kalau mau ke pusat keramaian, tinggal mampir aja ke area Jam Gadang, biasanya kalau malam suka ramai, banyak orang yang nongkrong di sini, termasuk orang yang mau foto-foto dengan latar Jam Gadang hehe.

Nanti dari Bukittinggi kita bisa menjelajah ke daerah sekitarnya, misalnya ke Lembah Harau, Istana Pagaruyung, atau Danau Maninjau. Oh, mungkin kamu pernah mendengar Kelok 99 itu? Nah ya itu, kalau kita mau ke Danau Maninjau, akan melewati Kelok 99 yang cukup ekstrim kelokannya hehe.

ngarai sianok bukittinggi sumatera barat - kadungcampur
Di deket Ngarai Sianok ada tempat makan bebek yang enak! πŸ˜€

Untuk menuju ke Bukittinggi memang melalui Padang terlebih dahulu – misalnya kamu menggunakan pesawat, ya. Nanti dari Padang tinggal bisa pakai travel minibus gitu, dan perjalanannya sekitar beberapa jam saja. Eh iya, sebenarnya di antara Padang dan Bukittinggi ada air terjun di pinggir jalan lho, namanya Air Terjun Lembah Anai. Areanya bisa dibilang cukup oke buat difoto kok.

5 | Malang

Satu lagi tempat yang emang enak buat disinggahi adalah Malang.

Malang bisa dicapai melalui Surabaya (kalau misalnya kamu pakai pesawat). Nanti dari Surabaya bisa naik travel minibus ke Malang. Saya dulu pas ke Malang, setelah sempat muter-muter di kotanya, saya juga akhirnya melipir ke pantai hehe. Tapi emang agak jauh sih ya ke arah selatan. Nanti kalau kamu udah di sini, bisa ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi, seperti misalnya pantai Goa Cina. Dan selain pantai, juga ada beberapa candi yang bisa dilihat di sini, misalnya Candi Singosari.

pantai bajul mati malang jawa timur - kadungcampur
Sekalian mampirin pantainya ya, kalau solo traveling ke Malang. Kalau ini namanya pantai Bajul Mati

Nah, kalau dari Malang sih biasanya, suka ada open trip dengan tujuan Bromo. Tapi biasanya berangkatnya subuh nih, biar nanti bisa sampai saat sunrise hehe.

Kalau ga suka pantai ke mana? Bisa banget ke Batu yang ga jauh dari Malang. Di sini lebih adem lagi dari Malang hehe. Nah, kalau ke Batu, pasti kamu cukup mengenal yang namanya Batu Secret Zoo. Di sini selain ada kebun binatang, di sampingnya juga ada museumnya. Selain Batu Secret Zoo, juga ada lho yang namanya Museum Angkut yang bisa dikunjungi. Sayangnya, waktu dulu ke sana, museum ini belum ada huhu. Well, itu salah satu alasan untuk kembali, bukan?

Kalau merasa di Batu ga cukup satu hari, kamu bisa banget stay di Batu beberapa malam, udah ada cukup banyak penginapan kok, mulai dari guest house sampai hotel.

So, mau traveling ke mana selanjutnya?

Ada banyak kan pilihan buat kamu yang ingin solo traveling di Indonesia. Toh kalau misalnya kamu mau share cost saat di tempat tujuan, kamu juga bisa cari open trip ke tempat wisata yang kamu mau ?

So, mau solo traveling ke mana selanjutnya?

jalan di pulau nusa lembongan bali - kadungcampur
So mau solo traveling ke mana selanjutnya?

26 KOMENTAR

  1. Aku rencana mau ke Bali lagi sih tahun depan bareng suami, anak2 dan orangtua. Pulau Dewata yang satu ini emang ngangenin ya ga pernah bosen deh berkunjung ke sana. Kalau traveling sendirian sih enakan deket2 aja hihiihi πŸ™‚ Siapa tau nambah temen.

  2. Aku pingin jugak ke Bukittinggi dari dulu.. Alamnya bagus ya Mas Timo.. Semogaaa bisa kesampaian ke sana juga.. Oiya sama kalo solo traveling pingin juga ke daerah Lasem.. Waktu itu pernah baca tulisan perjalanan ke sana gitu. Dan aku jadi tertarik banget buat eksplorasi daerah itu sendirian aja.. πŸ™‚

  3. Ampun, aku yang ngakunya berasal dari Sumatera aja belum pernah nyampe Bukittingi. Dulu sempat merantau ke Padangsidimpuan, baliknya naik bus legendaris Sibual-buali via jalur maut ke Jambi. Tapi kayanya beda jalur deh dengan Kelok 99, entahlah. Jadi pengen eksplorasi Sumatera sebagai pulau kelahiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here