Persiapan Desa Siaga Bencana di Chairman’s Challenge 2019

0
733
prudential indonesia chairmans challenge 2019 featured image - kadungcampur
Ini tenda darurat sebagai tempat pengungsian ketika bencana banjir

Desa Siaga Bencana Chairman’s Challenge 2019 – Ga kerasa sudah satu tahun lalu ikutan Prudential Indonesia Chairman’s Challenge 2018, dan di awal bulan Oktober 2019 udah diadain lagi Chairman’s Challenge 2019.

Chairman’s Challenge 2019 merupakan salah satu program Community Investment Prudential Indonesia. Community Investment itu sama aja dengan Corporate Social Responsibility, jadi namanya aja yang beda, tapi tujuannya sama kok. Kegiatan Community Investment ini merupakan bagian dari salah satu kredo Prudential Indonesia yang ‘We DO Good’ – jadi Prudential Indonesia ingin memberikan positive impact kepada masyarakat di mana Prudential berada.

Chairman’s Challenge sendiri sebenarnya merupakan sebuah tantangan dari Prudential pusat kepada semua kantor Prudential, termasuk Prudential Indonesia. Tentunya tantangannya sesuai dengan kredo ‘We DO Good’ tadi, dan di tahun 2019, kegiatan Chairman’s Challenge 2019 diadakan di Desa Cijayanti dan Desa Leuwinutug, yang terletak di Bogor. FYI, Chairman’s Challenge 2018 juga diadakan di Bogor lho, tapi di Kampung Mulyasari ?

Setiap kegiatan Chairman’s Challenge, semua pesertanya merupakan relawan dari karyawan Prudential Indonesia sendiri, disebut juga sebagai PRUvolunteers. Karena merupakan karyawan, jadinya mereka meluangkan waktu untuk bekerja sukarela setiap weekend lho! Dan di tahun 2019 ini, PRUvolunteers bekerja selama lima kali weekend.

prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana pruvolunteers - kadungcampur
Foto bareng PRUVolunteers dengan partner dari Chairman’s Challenge 2019

Selain itu, di setiap Chairman’s Challenge, Prudential Indonesia selalu menggandeng para partner-nya untuk turut menyukseskan program Chairman’s Challenge ini. Yang sudah menjadi partner tetap dari Prudential Indonesia untuk program Chairman’s Challenge adalah Prestasi Junior Indonesia. PJI inilah yang turut andil dalam menentukan lokasi atau desa yang membutuhkan bantuan. Selain itu di tahun ini, Prudential Indonesia juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI).

prudential indonesia chairmans challenge 2019 kerja sama dengan prestasi junior indonesia - kadungcampur
Bu Nini Sumohandoyo (dari Prudential Indonesia) dan Robert Gardiner (dari Prestasi Junior Indonesia)

Bisa aja setiap tahun, partner yang digandeng berbeda, karena disesuaikan dengan tema dari Chairman’s Challenge setiap tahunnya. Di tahun ini, temanya adalah Desa Siaga Bencana untuk Indonesia. Makanya PMI dianggap cocok untuk menjadi partner Prudential Indonesia tahun ini.

Chairman’s Challenge 2019: Desa Siaga Bencana

Untuk di Chairman’s Challenge 2019, jenis ‘bencana’ yang lebih diutamakan adalah bencana banjir. Kalau kita liat di tahun 2017 aja, tercatat kalau banjir terjadi hingga 979 kali – menurut Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI). Dan kenapa dipilih daerah Jawa Barat, karena ternyata Jawa Barat menempati urutan ke tiga tertinggi untuk kejadian banjir – jumlah rata-rata mencapai sekitar 84.9 kali sepanjang 2019. Berarti ini termasuk daerah Bogor, ya, dan berarti juga ini termasuk Desa Cijayanti dan Desa Leuwinutug.

prudential indonesia chairmans challenge 2019 nini sumohandoyo - kadungcampur
Bu Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations & Community Investment Director Prudential Indonesia, di acara penutupan Chairman’s Challenge 2019

Memang di Desa Cijayanti dan Desa Leuwinutug sudah berapa kali terjadi banjirkah? Di sepanjang 2019 aja, sudah terjadi tiga kali bencana banjir lho di kedua desa ini. Bahkan jembatan di Desa Cijayanti sampai roboh empat kali karena banjir. Pastinya selain akses ke mana-mana jadi susah ya, termasuk kesulitan mendapatkan air bersih.

Banjir satu kali aja pastinya bikin ribet, ya. Saya jadi keinget waktu banjir hebat melanda kota Jakarta di tahun 2000-an awal – tepatnya ga keinget, mungkin antara 2002 – 2003. Kebetulan saya pas lagi tinggal di daerah Jakarta Barat waktu itu. Dan pas banjir melanda, saya jadi kesulitan untuk pulang ke rumah yang letaknya di Tangerang Selatan. Macetnya di mana-mana, bahkan sampai stuck ya. Jadinya saya ga pulang, tapi melipir ke rumah saudara yang letaknya sama-sama di daerah Jakarta Barat. Akhirnya setelah beberapa hari, saya nekad balik aja deh ya. Ke luar rumah saudara saya aja banjirnya sudah sepinggang hehe.

Selain akses ke mana-mana yang jadi makin susah ketika banjir datang, yang bikin repot adalah ketika airnya masuk ke dalam rumah. Rumah sudah pasti kotor. Kalau bisa mengungsi, memang lebih baik mengungsi. Kalau sempat, bawa barang-barang yang dibutuhkan, mungkin termasuk dokumen penting. Selain itu, karena kan kita ga tau juga, apa yang ‘dibawa’ oleh air banjir itu, mungkin aja airnya kotor, malah bisa jadi sumber penyakit.

Desa Leuwinutug: Latihan evakuasi bencana banjir

Acara penutupan Prudential Indonesia Chairman’s Challenge 2019: Desa Siaga Bencana, diadakan di semacam lapangan di Desa Leuwinutug. Ternyata di samping lapangan itu, ada sebuah sungai yang mengalir. Padahal kalau dilihat-lihat, jaraknya antara sungai dengan lokasi tempat acara berlangsung itu cukup jauh. Tapi ternyata ketika saya ngobrol dengan salah satu petugas lokal dikasih tau kalau pas banjir, airnya bisa naik sampai daerah lapangan ini.

Makanya untuk menjadikan Desa Leuwinutug sebagai Desa Siaga Bencana, ada beberapa hal yang dilakukan. Salah satunya adalah latihan evakuasi bencana banjir. Tentunya latihan ini harus melibatkan semua penduduk di Desa Leuwinutug. Karena memang setiap orang harus bisa saling bantu.

Apa saja yang termasuk dari latihan evakuasi bencana banjir? Salah satunya adalah mendirikan tenda pengungsian. FYI, lokasi pendirian tenda bukan di area lapangan yang sama saat acara upacara penutupan Chairman’s Challenge 2019, ya. Waktu itu didirikan di area tersebut karena lebih ke ‘seremonial’ aja.

prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana bangun tenda evakuasi leuwinutug 01 - kadungcampur
Para warga dilatih untuk mendirikan tenda evakuasi (01)
prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana bangun tenda evakuasi leuwinutug 02 - kadungcampur
Para warga dilatih untuk mendirikan tenda evakuasi (02)
prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana bangun tenda evakuasi leuwinutug 03 - kadungcampur
Para warga dilatih untuk mendirikan tenda evakuasi (03)
prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana bangun tenda evakuasi leuwinutug 04 - kadungcampur
Di dalam tenda evakuasi

Dengan bantuan dari team Palang Merah Indonesia, para warga di Desa Leuwinutug, bisa dengan baik mendirikan tenda evakuasi dari nol. Dimulai dengan menentukan lokasi pendirian tenda tentunya. Kemudian semacam kain terpal digelar di area lapangan, dan kelompok lain akan membawa palang sebagai rangka dari tenda tersebut. Setelah semua rangka terpasang dengan baik, maka warga saling bekerja sama menegakkan tenda tersebut dan akhirnya dikembangkan.

Mendirikan tenda evakuasi harus dilakukan dengan cepat dan hati-hati, sehingga warga bisa berteduh di situ. Termasuk jika ada yang butuh bantuan medis, bisa segera diungsikan ke tenda evakuasi.

Oh iya, latihan evakuasinya ga hanya sampai di situ aja sih, ternyata juga ada latihan evakuasi korban banjir, dan juga bantuan evakuasi untuk ibu hamil.

Ada satu hal yang menarik pas saat latihan, ada bunyi sirene banjir. Lirik kanan lirik kiri untuk cari sumber bunyinya, akhirnya ketemu juga. Alarmnya simpel ya, hanya berbentuk seperti di bawah ini, tapi bisa dibilang efektif lah.

prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana alarm banjir - kadungcampur
Di samping saya ini adalah alarm banjir lho. Bentuknya simpel tapi sangat berguna.

Kalau dilihat dari gambar di atas, di bagian bawah alarm banjirnya berbentuk silinder, tuh ada lubang. Jadi ketika ada banjir, tentunya air akan masuk melalui lubang itu, dan mengangkat tongkat yang saya pegang itu ke atas. Ketika mencapai tingkat ketinggian tertentu, nanti sirene akan bunyi secara otomatis.

Lokasi peletakan alarm banjir ini juga ada dua, satu di samping sungai, dan satunya yang dekat dengan perumahan warga. Alarm banjir ini tentunya akan dicek secara rutin, terutama baterenya sih ya.

Desa Cijayanti: Jembatan gantung warna-warni

Sebelumnya udah sempat saya kasih tau kalau di Desa Cijayanti, sempat ada kejadian jembatan roboh sampai empat kali. Ga kebayang sih, ketika banjir melanda, trus ga bisa ke mana-mana karena jembatan roboh. Kalau misalnya stok makanannya abis setelah banjir melanda berhari-hari, terus mesti gimana dong, ya?

Makanya program Desa Siaga Bencana di Desa Cijayanti, lebih memfokuskan pada pembangunan jembatan gantung dengan posisi yang lebih tinggi. Jadinya mudah-mudahan nanti bisa terhindar dari terjangan banjir. Oh iya, jembatan gantung di Desa Cijayanti juga sekalian dibuat warna-warni lho hehe.

prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana cijayanti projek 1000 jembatan - kadungcampur
Penampakan jembatan gantung di Desa Cijayanti. Jembatan yang di sampingnya, posisinya lebih rendah (jadi kalau banjir ya kerendem)

Berhubung pembuatan jembatan gantung itu butuh skill khusus, kali ini Prudential Indonesia dan PMI pun juga bekerja sama dengan kelompok Vertical Rescue Indonesia, yang memang sudah berpengalaman dalam membuat jembatan gantung.

Tau ga, jembatan gantung pertama yang mereka buat itu di mana?

Ada di Gunung Cartenz Pyramid Papua dengan ketinggian 4,884 Mdpl. Ini memang lebih dikhususkan ke para pendaki sih, ya.

Nah, sejak jembatan gantung pertama itu mereka buat, selanjutnya, mereka juga punya gerakan ‘Program 1,000 Jembatan Gantung untuk Indonesia.’ Dan ternyata, jembatan gantung di Desa Cijayanti jadi salah satu dari program 1,000 jembatan gantung.

Ngomong-ngomong, menurut Mas Arief Muhammad, salah satu perwakilan dari Vertical Rescue Indonesia yang hadir di acara penutupan Chairman’s Challenge 2019, di Jawa Barat dan Banten sendiri ternyata ada kebutuhan sekitar 400 – 600 jembatan lho.

prudential indonesia chairmans challenge 2019 desa siaga bencana cijayanti jembatan gantung 02 - kadungcampur
Jembatan gantung baru di Desa Cijayanti

What’s next on Chairman’s Challenge 2020?

We’ll see, kira-kira Chairman’s Challenge 2020 akan diadain di mana? Tentunya mau di mana aja kegiatan ini diadakan, semoga bisa memberikan impact positif ke warga desa yang menjadi tempat diadainnya kegiatan Chairman’s Challenge ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here