Bincang-bincang tentang CSR Semen Merah Putih

Author: | Posted in Liputan 4 Comments

Bincang-bincang tentang CSR Semen Merah Putih – Sudah beberapa kali saya ikut acara yang membicarakan mengenai kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dari sebuah perusahaan. Kegiatan CSR perusahaan ini merupakan salah satu bagian penting dari perusahaan, karena mempunyai berbagai tujuan, misalnya agar mendapatkan ijin sosial dari masyarakat sekitar tempat perusahaan tersebut beroperasi atau juga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Beberapa waktu lalu saya sempat ikutan acara bukber Semen Merah Putih, dan di acara ini saya bisa mengetahui lebih lanjut mengenai 5 pilar CSR Semen Merah Putih yang sudah mereka jalankan.

Sekilas mengenai Semen Merah Putih

Ngomong-ngomong, kamu pernah ngeliat iklan ini ga di TV atau pas di bioskop sebelum filmnya mulai:

Haha, iya itu iklan dari Semen Merah Putih.

Semen Merah Putih merupakan produk semen dari PT. Cemindo Gemilang yang sudah berdiri sejak 2011. Dari tahun 2011 hingga akhir Desember 2015, PT. Cemindo Gemilang beroperasi dengan melakukan impor semen, sebelum akhirnya memiliki pabrik sendiri yang beroperasi sejak awal 2016. Pabrik PT. Cemindo Gemilang ini berlokasi di Bayah yang masuk wilayah Banten. Jadi kalau kamu lihat simbol dari Semen Merah Putih itu gambarnya badak bercula satu, ya karena ingin melambangkan lokasi di mana si pabrik berdiri.

 

semen merah putih logo badak bercula satu

Badak bercula satu menjadi logo Semen Merah Putih

Saat ini pabrik di Bayah sudah 100% beroperasi dan memiliki kapasitas produksi sebanyak 4 juta ton setiap tahunnya. Dan karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai Sawarna yang cakep itu, maka Semen Merah Putih menerapkan pabrik dengan konsep ramah lingkungan. Selain pabrik di Bayah, PT. Cemindo Gemilang juga mempunyai beberapa pabrik finishing mill di 7 lokasi, seperti di Gresik, Bengkulu, dan Pontianak.

Ngomong-ngomong soal Pantai Sawarna, saya dulu pernah ikutan open trip ke daerah sana. Monggo dilirik bagaimana cakepnya pantai-pantai di sana hehe.

(Baca juga: Weekend Getaway to Pantai Sawarna)

Pabrik Semen Merah Putih merupakan pelopor industri di Bayah, jadi Semen Merah Putih harus bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat di Bayah. Misalnya dengan menjadi pilihan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di sana, apalagi setelah dilakukan pemeriksaan, deposit bahan untuk industri semen di sana, bisa mencapai 200 tahun, atau sama dengan 8 generasi. Selain memberikan lapangan pekerjaan, diharapkan akan ada industri pendukung lainnya yang muncul di masyarakat, misalnya dalam hal transportasi, supplier bahan baku, kontraktor, usaha kuliner dan banyak hal lainnya.

Selain memberikan manfaat di atas, Semen Merah Putih juga sudah menyusun program CSR mereka yang mencakup 5 pilar.

5 Pilar CSR Semen Merah Putih

Pendidikan

Pendidikan yang menjadi salah satu unsur penting dari kemajuan suatu bangsa, dimasukkan menjadi salah satu pilar dari CSR Semen Merah Putih. Tentunya ‘pendidikan’ ini biasanya menjadi salah satu kriteria yang disyaratkan suatu perusahaan dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan. Ini karena pendidikan menjadi salah satu filter dari rekrutmen. Kalau kamu belum mencapai level pendidikan yang disyaratkan, kamu belum bisa melamar pekerjaan tersebut.

Makanya salah satu CSR Semen Merah Putih adalah menyediakan beasiswa ke masyarakat sekitar yang berprestasi, termasuk tentunya dukungan program pendidikan lanjutan (S1 dan S2) untuk karyawan di Bayah. Untuk saat ini sudah sekitar 100 putra-putri terbaik di Bayah yang menerima beasiswa dari Semen Merah Putih.

sigit indrayana semen merah putih

Pak Sigit Indrayana (kiri) yang merupakan Corporate PR dari Semen Merah Putih menjelaskan mengenai 5 pilar CSR Semen Merah Putih. Duduk di kanannya adalah Eko Pujianto dari Mediatrust

Semen Merah Putih juga sudah bermitra dengan Universitas Tirtayasa di Banten dan kementerian Perindustrian RI untuk memberikan program peningkatan kompetensi bersertifikat untuk para pekerja lokal yang masih lulusan SMA / SMK. Hingga kini sudah ada sekitar 90 tenaga kerja lokal yang mengikuti program sertifikasi Operator.

Selain memberikan beasiswa dan program sertifikasi, Semen Merah Putih juga menilai pentingnya minat membaca dari para siswa. Kali ini daerah Bekasi yang menjadi target program Ayo Gemar Membaca dari Semen Merah Putih dan mencakup siswa SD – SMP di daerah tersebut.

Sosial

Beberapa contoh kegiatan sosial yang merupakan bagian dari CSR Semen Merah Putih, misalnya perbaikan fasilitas umum di sekitar. Untuk fasilitas umum, perbaikan pada mushola dan masjid di daerah Banten dan sekitarnya. Selain itu, juga dilakukan perbaikan jalan-jalan desa dan pembangunan MCK.

Semen Merah Putih juga turut berpartisipasi dalam program Bedah Rumah dari Pemprov DKI. Saat ini baru sekitar 83 unit rumah ga layak huni di daerah Cilincing, Jakarta Utara, yang masuk dalam bagian Bedah Rumah Semen Merah Putih.

Ekonomi

Kegiatan CSR Semen Merah Putih di bidang ekonomi, berkaitan dengan UKM. Ada banyak kreasi khas Bayah yang bisa dipamerkan, misalnya usaha batik khas Lebak, atau usaha makanan ringan khas Bayah, seperti keripik pisang. Semen Merah Putih bisa membantu para UKM dalam hal pemasaran, contohnya bisa menjadikan hasil produksi para UKM sebagai suvenir untuk para tamu Semen Merah Putih. Dalam hal produksi, Semen Merah Putih memang ga membantu secara langsung, tapi dengan mendatangkan ahlinya misalnya dari Kementerian Perindustrian, untuk membantu proses tesebut.

keripik pisang asal bayah banten

Keripik pisang dari Bayah, Banten

Dalam hal permodalan, para UKM memang mendapat dana dari pihak ketiga, seperti bank BRI, tapi para UKM yang tergabung dengan program CSR Semen Merah Putih, bisa mendapatkan prioritas untuk mendapatkan kredit dari BRI.

Kesehatan

Dalam hal kesehatan, Semen Merah Putih bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk memberikan berbagai layanan kesehatan untuk masyarakat sekitar, misalnya layanan kesehatan dalam hal penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gratis. Hingga saat ini sudah ada sekitar 2.500 warga Bayah yang sudah menikmati manfaat ini.

Selain itu, Semen Merah Putih juga sudah memberikan donasi sebuah unit ambulance ke Dinas Kesehatan setempat, untuk kemudian diserahkan ke kecamatan Bayah.

Lingkungan Hidup

Lokasi yang berdekatan dengan pantai, tentunya pabrik Semen Merah Putih harus turut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup sekitar. Misalnya dengan adanya program Green Cleaning. Di program ini, bersama dengan 500 warga masyarakat, berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih di Pantai Sawarna, Bayah. Dan dalam hal menjaga kelestarian lingkungan hidup, Semen Merah Putih juga sudah menyerahkan 1.000 bibit tanaman ke masyarakat sekitar.

Lingkungan sekitar berarti berhubungan juga dengan sarana infrastruktur sekitar, seperti contohnya merawat jalan sekitar sehingga tetap layak digunakan, bahkan juga melebarkan jalan nasional di depan pabrik dari sekitar 4 meter ke 12 meter. Dalam hal perawatan, Semen Merah Putih mendonasikan batu kapur yang digunakan untuk merawat jalan Propinsi dan Kabupaten sepanjang 80 km.

Di atas hanyalah contoh singkat dari kegiatan CSR Semen Merah Putih. Tentunya ke depannya, akan ada banyak lagi kegiatan CSR yang akan diadakan untuk lebih mendukung kelima pilar ini. Menurutmu, apalagi nih yang bisa ditambahkan di kegiatan CSR Semen Merah Putih?

Advertisements
Comments
  1. Posted by Utie adnu
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Nugraha Amijaya
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment