Confero S menantang pasar MPV Indonesia

Author: | Posted in Liputan, Otomotif 11 Comments

Confero S menantang pasar MPV IndonesiaPasar MPV di Indonesia bisa dibilang pemainnya itu-itu aja, dan kebanyakan brand-nya merupakan brand Jepang, dan ada juga brand dari Paman Sam. Seperti si mobil sejuta umat yang udah merajai kelas MPV sekian lama tanpa ada pesaing, kemudian muncullah beberapa brand yang mulai merasuki segmen MPV ini. Ada yang tumbang, ada yang bertahan. Walaupun begitu, segmen MPV merupakan segmen yang menarik untuk ditunggangi, karena memang secara tradisi, kebanyakan orang Indonesia suka dengan rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Apalagi saat momen Lebaran, saat orang-orang dari kota pulang kampung ke tempat asalnya dengan naik mobil sendiri. Biasanya yang pulang kampung akan bawa keluarga besar dan bawaannya pun juga banyak. Yang cocok, tentunya mengendarai MPV toh?

automotive mpv market indonesia

Ini dia pasar otomotif di Indonesia. Maaf ga terlalu jelas, tapi bisa keliatan kan, kalau pasar MPV lebih besar hehe.

Wuling si pemaing baru di segmen MPV

Setelah pemain di segmen MPV bisa dibilang itu-itu aja, tahun ini muncullah pemain baru dari negeri tirai bambu, yakni si Wuling Motors! Berbicara mengenai Wuling Motors, perusahaan ini sebenarnya sudah merupakan perusahaan yang cukup mapan di negeri asalnya, dan sudah lama pula berdiri. Wuling Motors berada di bawah SGMW, yang merupakan perusahaan gabungan dari 3 perusahaan otomotif ternama di Cina, seperti SAIC Motor, General Motors China, dan Liuzhou Wuling Motors, dan sudah berdiri sejak 2002. Fokus dari perusahaan ini adalah di kendaraan niaga dan kendaraan perorangan. Saking populernya merk ini, kendaraan mereka bisa terjual hingga 2 juta kendaraan dalam setahun, yakni dari tahun 2015 – 2016.

bloggers gathering wuling motors indonesia bloggercrony

Bloggers gathering bersama Wuling Motors Indonesia bersama Pak Arief (Product Manager Wuling Motors Indonesia) dan Ibu Dian (Brand Manager Wuling Motors Indonesia)

Nah, sejak 2 tahun lalu, akhirnya Wuling Motors mulai melirik pasar otomotif di Indonesia, tapi mereka ga langsung jualan. Wuling Motors udah berkomitmen untuk tinggal di Indonesia dalam jangka panjang, makanya mereka melakukan persiapan yang matang terlebih dahulu, sebelum mulai menjual kendaraannya.

Investasi jangka panjang dalam jumlah besar!

Segitu percayanya Wuling Motors terhadap pasar otomotif Indonesia, mereka memutuskan untuk berinvestasi secara jangka panjang dengan membangun pabrik. Pabrik Wuling Motors Indonesia berada di Cikarang, tepatnya di Greenland International Industrial Center. Coba tebak, kira-kira berapakah total nilai investasinya? Nilai investasi Wuling Motors mencapai US$700 juta!

wuling motors indonesia confero s

Sebelum meluncurkan Confero S, Wuling Motors Indonesia melakukan persiapan panjang, termasuk dengan membangun pabrik di Cikarang!

Pabrik Wuling Motors Indonesia berdiri di tahun 2015 di atas tanah yang luas, yakni 60 hektar. Area seluas ini langsung dialokasikan ke dua area, 30 hektar untuk pabrik, dan 30 pabrik sisanya untuk Supplier Park. Kalau sesuai rencana, maka kapasitas produksi dari pabrik ini bisa mencapai 120.000 mobil per tahun! Mudah-mudahan nanti Wuling Motors Indonesia bisa menjadi pusat produksi di Asia Tenggara deh. Oh iya, pabrik Wuling Motors Indonesia (atau nama perusahaannya PT. SGMW Motor Indonesia) udah diresmiin Juli 2017 oleh Pak Jusuf Kalla.

Selain pabrik, Wuling Motors Indonesia juga mempersiapkan dealer-dealer yang tersebar di Indonesia. Rencananya di tahun 2017, dealer yang udah siap akan berjumlah 50 dealer.

wuling motors indonesia giias 2017

Booth Wuling Motors Indonesia di GIIAS 2017

Walaupun Wuling Motors Indonesia udah nongol di GIIAS 2016, tapi tetap aja, karena masih dalam proses persiapan, Wuling Motors Indonesia baru benar-benar melakukan peluncuran produknya pada GIIAS tahun ini.

Confero S, produk pertama Wuling Motors Indonesia

Wuling Motors Indonesia tahun ini mulai meluncurkan produknya di segmen MPV. Karena melihat tradisi masyarakat Indonesia, nama produknya pun dibuat sesuai dengan tradisi ini, yaitu Confero S. Confero diambil dari bahasa Latin, yang terjemahannya adalah ‘bring together’, lagi-lagi tentang kebersamaan, ‘kan? Bahkan Wuling Motors Indonesia, mengklaim kalau Confero S adalah ‘the real spacious MPV’ khususnya di segmen Low MPV.

confero s wuling motors indonesia

Ini dia si Confero S ‘The Real spacious MPV car’

wuling motors indonesia confero s the real spacious family mpv

Pastinya Confero S cocok untuk dipakai sebagai kendaraan keluarga 🙂

Lalu apa aja sih fitur-fitur unggulan dari Confero ini? Coba dicek dulu, siapa tau kesengsem.

Fitur unggulan Confero S

Fitur keamanan

Salah satu pertimbangan ketika membeli mobil adalah adanya fitur safety yang tersemat di dalamnya. Tentunya kita semua mau aman toh dalam mengendarai mobil tersebut. Beberapa safety features di Confero S, misalnya adalah TPMS alias Tire Pressure Monitoring System. TPMS ini akan memberitahukan tekanan angin di setiap ban pada kendaraan Confero S. TPMS akan ditampilkan pada layar speedometer, jadi sang pengendara bisa langsung ngeh, kalau salah satu ban udah mulai kempes.

Kemudian ada juga parking sensor yang bisa mendeteksi area depan dan belakang mobil. Bahkan untuk bagian belakang ada kameranya segala, jadi kita ga perlu minta bantuan tukang parkir untuk memberi aba-aba. Saat kita mundur, maka tampilan pada headlight di dashboard, akan menampilkan gambar dari kamera belakang.

parking sensors rear camera confero s

Rear camera pada Confero S yang memudahkan untuk parkir mundur

Contoh lainnya dari safety features yang paling oke adalah immobilizer. Apa tuh? Kalau dikira-kira dari kata ‘immobilizer’, mobil berarti bergerak, sedangkan imbuhan depannya ‘im-‘ kira-kira berarti ‘tidak’. Jadi bisa berarti ‘ga bergerak’. Nah lho, kok malah ga bisa bergerak? Jadi begini, ternyata di kunci mobil Confero S udah ditanam sebuah chip, jadi ketika kunci kita hilang dan digandakan oleh orang ga bertanggung jawab, maka si orang tersebut ga akan bisa menyalakan kendaraan kita. Keren, ‘kan?!

Fitur lainnya yang ga kalah penting adalah dual airbag di bagian depan, disc brake pada ban depan dan belakang, alarm (anti-theft system), dan ISO Fix seat, untuk mengunci tempat duduk bayi sehingga akan tetap stabil ketika kendaraan belok-belok.

Fitur kemudahan

Siapa sih yang ga mau banyaknya fitur yang memberikan kemudahan di mobil barunya. Pasti ya iyalah semuanya mau. Makanya ada beberapa convenience features pada Confero S, yang memukau! Misalnya USB Port di dalam mobil. Jarang-jarang sih ya USB Port di dalam mobil, paling nyambungnya ke audio system mobil atau ga nyolok ke pemantik api mobil. Tapi yang berbeda banget di Confero S adalah jumlah dari USB port. Ada banyak ternyata! Ada di baris pertama, kedua, dan ketiga haha! Jadi ga rebutan lah, ya.

Selain itu ada fitur ‘one touch tumble seat’ yang memberi kemudahan pada penumpang. Saat ini, tersedia 2 jenis untuk Confero S, dalam hal komposisi tempat duduk. Ada yang 7-seater, dan ada juga yang 8-seater. Nah, kalau yang 7-seater, di baris kedua hanya ada 2 tempat duduk, jadi orang bisa dengan mudah melenggang ke baris ke-3. Lalu bagaimana dengan yang komposisinya 8-seater. Penumpangnya mesti membalikkan kursi bangku ke-2 sehingga bisa masuk. Tau dong, kadang mencari tuas untuk membalikkan kursinya aja bingung, dan kalau udah nemu tuas untuk menurunkan sandarannya, selanjutnya mesti cari tuas untuk membalikkan kursinya. Revvot amat! Makanya inilah enaknya ‘one touch tumble seat.’ Tuas untuk membalikkan bangku ke-2 hanya satu jadi bisa lebih mudah dan cepat untuk ‘tumble’ tempat duduknya.

wuling motors indonesia confero s 8 seater

Bagi penumpang di baris ke-3, sekarang ga perlu ribet untuk membalikkan kursi baris ke-2 dengan ‘one touch tumble seat’

Kalau tadi di atas udah dibilangin fitur immobilizer untuk kunci mobilnya, memangnya secanggih apa toh kunci mobilnya? Selain diimbuhi chip, ternyata dari kunci mobilnya, kita bisa membuka jendela mobil secara otomatis dan membuka bagasi secara elektrik. Jendela mobil dibuka untuk apa coba? Hmm, pasti kamu sering parkir di area terbuka pas siang bolong nan terik nan panas? Apa yang kamu rasakan saat buka pintu mobil dan duduk? Wow, serasa sauna! Panas bener udaranya, ya? Makanya di sini kamu bisa buka dulu jendelanya menggunakan kunci mobil sebelum kamu masuk. Alhasil, ketika kamu udah masuk, suhu di dalam mobil udah ga terlalu panas 😊

Fitur lainnya

Sebenarnya masih banyaklah yang oke dari mobil ini, misalnya tampilan dari dashboard dengan headlight-nya yang menawan, audio system yang bisa disambungkan dengan smartphone – mu menggunakan kabel USB atau Bluetooth.

headlight menawan confero s wuling motors indonesia

Headlight yang menawan!

tombol cakep double blower confero s wuling motors indonesia

Tombol yang bentukannya cakep pada AC bagian belakang

Lalu, berapakah harganya?

Dari tadi udah bicarain mengenai fitur, fitur, dan fitur. Lalu, di manakah harganya?

Nah, ini dia price list dari Confero:

price list daftar harga confero s

Daftar harga Confero dari Wuling Motors Indonesia

Perbedaan dari setiap varian ada pada penyematan fitur-fiturnya. Dimulai dari seri Confero yang standar ke yang paling mahal adalah Confero S 1.5L Lux+. Varian jenis ‘lux’ tandanya udah menggunakan semi-leather untuk tempat duduknya, sedangkan yang ada tanda ‘+’ berarti ini jenis yang 7-seater. Yang dimaksud dengan captain seat adalah tempat duduk dengan sandaran tangan pada sisi kursinya.

Saat ini seri Confero S memiliki kapasitas mesin 1.5 Cc dan masih menggunakan transmisi manual semua, ya.

confero s engine wuling motors indonesia

Confero S yang mengusung mesin 1.5 Cc

So, kamu mau beli Confero S yang tipe apa nih?

wuling motors indonesia confero s timo wp

So, jadi kamu mau beli Confero S tipe yang mana?

Advertisements
Comments
  1. Posted by andreas
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Ikrom
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by swastikagie
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Farida
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Astin Astanti
  6. Posted by p
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment