Advertisements

Cerdas beli mobil impian

Author: | Posted in Keuangan, Liputan, Otomotif 2 Comments

Cerdas beli mobil impian – Tujuan orang beli mobil itu pastinya beda-beda deh, ya, ada yang beli mobil karena kebutuhan, ada yang beli mobil karena ingin bergaya dan meningkatkan nilai status, ada yang beli mobil karena ingin menambah aset aja. Apa pun tujuan beli mobil pastinya tentunya terserah dari orangnya ya hehe, tapi pastinya liat budget dulu, ada ga ya budget beli mobil.

Lalu kemudian kalau masih bimbang dan ragu dengan urusan budget, biasanya akan muncul perdebatan antara ‘keinginan’ dan ‘kebutuhan’. Apakah beli mobil yang kita impikan itu sebuah kebutuhan, atau hanyalah sebuah keinginan belaka? Kalau budget-nya ada, tentunya boleh lah ya memenuhi keinginan tersebut, tapi kalau budget belum ada, dan membeli mobil hanyalah berupa keinginan, berarti bisa ditunda dong, ya. Beda kalau misalnya mobil menjadi kebutuhan, tapi budget belum cukup. Apa dong yang harus dilakukan?

cerdas beli mobil impian - kadungcampur

Lagi cari mobil impian?

Beli mobil bekas ga ada salahnya kok!

Pilih Mobil impian itu ga mesti harus kudu mobil baru sih. Mobil impian itu bisa juga didapatkan dari mobil bekas. Namun mobil bekas bagi sebagian orang mungkin masih dilirik sebelah mata, karena pastinya ada orang yang ingin memiliki mobil yang baru daripada bekas dipakai oleh orang lain. Selain itu, ada juga orang yang masih belum paham mengenai otomotif, jadi makanya takut membeli mobil bekas. Padahal sebenarnya, ga ada salahnya tuh dengan beli mobil bekas hehe.

Misalnya kita hanya punya budget sekitar Rp. 150 juta, nah coba dibayangkan mobil impian apa yang kita dapat kalau beli mobil baru, dan apa yang bisa kita dapat kalau beli mobil bekas?

Saya sempat sekilas browsing, ternyata harga LCGC aja udah hampir mendekati Rp. 150 juta untuk harga mobil baru. Nah, kalau kita memilih beli mobil bekas sebagai mobil impian kita, tentunya bisa banget kita dapat mobil yang lebih besar dari itu kan, ya.

Untuk alasan beli mobil bekas lainnya, udah pernah saya post di artikel sebelumnya yang saya posting beberapa bulan lalu. Di postingan ini juga udah disebutkan kalau kita harus membeli mobil bekas dari tempat yang terpercaya, apalagi kalau kita ga tau mengenai otomotif, jadinya kita ga tau, apakah mobil itu bekas tabrakan atau mungkin bekas kerendam banjir. Poin ini penting banget deh, karena kita membeli mobil bekas dari uang yang kita kumpulkan, toh?

(Baca juga: Enaknya membeli mobil baru atau mobil bekas, ya?)

Oke, kalau udah yakin untuk beli mobil bekas, sekarang saatnya menyiapkan budget beli mobil impian kita.

Cara cerdas siapin budget untuk beli mobil impian

cerdas beli mobil impian ghita argasasmita financial planner - kadungcampur

Mba Ghita lagi bagi tips cara cerdas pilih mobil impian di acara Mobil88 dan Kompas.com

Manfaatkan bonus akhir tahun atau THR

Sebagai karyawan selain gaji bulanan, pasti yang ditunggu-tunggu adalah bonus atau THR yang datangnya sekali setahun, atau bahkan di beberapa perusahaan ada yang lebih dari sekali. Namanya juga bonus, berarti itu muncul sebagai bonus budget untuk anggaran belanja kita, dan bisa digunakan untuk memenuhi keinginan kita yang belum terwujud. Namun tentunya, bonus akhir tahun atau THR harus digunakan terlebih dahulu untuk menyelesaikan hutang konsumtif kita, seperti hutang kartu kredit yang biasanya kita bayar dengan minimum payment aja. Lumayan lho bunga kartu kreditnya hehe.

Nah, setelah hutang konsumtif kelar, ada baiknya kita gunakan bonus atau THR tersebut untuk hal lain yang lebih berguna, jadi jangan langsung dihabiskan begitu aja. Misalnya bonus bisa digunakan untuk menambahkan aset kita. Salah satu contoh untuk menambah aset itu apa? Bisa dengan beli rumah atau beli mobil impian kita.

Beli dengan tunai atau mencicil

Tentunya untuk poin ini balik lagi dari kesiapan uang kita. Siap ga kalau beli mobil impian dengan uang tunai? Kalau belum siap, ya jangan dipaksa hehe. Beli mobil impian dengan cicilan aja tidak apa.

Ini berhubungan deh dengan poin sebelumnya, yang mana kita barusan dapat bonus atau THR. Bonus atau THR itu bisa kita gunakan sebagai Down Payment (DP) saat kita beli mobil bekas. Ini akan sangat membantu dan meringankan cicilan kita selanjutnya deh ya. Intinya sih kalau kita ingin mencicil, diusahakan jangan melebihi dari 30% pendapatan kita. Aturan ini dibuat, agar kita bisa menggunakan 70% dari pendapatan kita untuk hal lainnya juga dong.

Untuk cicilan pun bisa kita dapatkan dari berbagai sumber.

Mencicil dari keluarga

Wah, ini enak banget deh kalau kita bisa mencicil dari keluarga kita, biasanya tanpa bunga sih dan bisa lebih luwes deh aturannya. Asal kita inget aja untuk mencicil sampai selesai hehehe.

Mencicil dari Lembaga keuangan

Kemudian juga ada cara lain untuk mencicil mobil impian yaitu dengan mencicil dari Lembaga keuangan seperti bank atau lembaga pembiayaan lainnya, seperti contohnya ACC: Kredit Mobil dari Astra.

Bank atau lembaga pembiayaan biasanya sudah membuat skema untuk kredit mobil, mulai dari berapa besar DP dan cicilannya. Ini tergantung juga dari berapa lama kita ingin mencicil sih. Semakin lama periode kreditnya, tentunya semakin kecil cicilan bulanannya, tapi biasanya bunganya akan lebih tinggi.

Mencicil dari uang sendiri

Nah lho, maksudnya bagaimana nih?

Mungkin dari kita ada yang ga suka menggunakan kredit, jadinya kalau mau beli mobil impian, kita harus bisa mengumpulkan dananya dari uang kita sendiri. Kita harus itung-itungan sendiri, mau beli mobilnya kapan, kemudian dibagi menjadi berapa bulan, dan kemudian besaran nilai bulanannya, balik lagi disesuaikan dengan kemampuan kita.

Untuk cicilannya pun, kita pastinya harus ‘ditaruh’ di tempat yang bisa memberikan keuntungan yang lebih baik dari bunga bank, misalnya kita coba taruh di Reksa Dana Pasar Uang. Reksa Dana Pasar Uang ini sebenarnya mirip deposito, tapi karena dalam pengelolaannya ada yang ditempatkan di obligasi, makanya bisa memberikan return yang lebih baik.

Memanfaatkan momen promo

Kalau kita mau beli mobil bekas, kita juga harus pintar lirik kanan kiri, cari mana yang lagi ada promo, biasanya momen akhir tahun gini banyak promo deh, apalagi habis ada momen Harbolnas ya hahaha. Contohnya aja nih Mobil88.

cerdas beli mobil impian mobil88 yes - kadungcampur

Promo YES dari Mobil88

Mobil88 baru aja meluncurkan promo YES, alias Year End Sale pada tanggal 15 – 17 Desember 2017. Dan ada banyak banget promo yang bisa didapatkan misalnya seperti:

  • Promo cashback hingga Rp. 29 juta
  • DP mulai dari Rp. 8 juta
  • Diskon sampai dengan Rp. 20 juta
  • Free service 1 tahun di Auto2000

Lumayan banget kan promo begini. Bakal sangat meringankan cicilan kita kalau misalnya dapat diskon sampai dengan RP. 20 juta hehe. Nah, moga-moga aja promo YES diperpanjang, yes! Hehe.

 

Sekilas tentang Mobil88

Mobil88 merupakan salah satu anak perusahaan dari Astra yang sudah berpengalaman selama 29 tahun dalam layanan jual-beli beragam jenis kendaraan. Dan setiap tahunnya, Mobil88 rata-rata bisa menjual hingga 13.000 kendaraan. Tentunya kualitas kendaraan yang dijual sudah bisa dijamin, karena udah lulus proses seleksi, kondisi, dan quality control. Jaminan yang bisa diberikan oleh Mobil88, meliputi:

  • Dokumen asli dan bebas kasus hukum
  • Mobil tidak pernah mengalami tabrakan yang menyebabkan perubahan struktur rangka
  • Mobil tidak pernah terendam banjir
  • Nomor rangka dan mesin sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK
  • Kilometer pada odometer tidak diputar balik alias asli.
cerdas beli mobil impian mobil88 - kadungcampur

Mobil88 yang sudah berpengalaman di layanan jual beli mobil seken

Untuk tau lebih banyak tentang Mobil88, bisa langsung meluncur ke website dan media sosialnya ya:

Website               : http://www.mobil88.astra.co.id/
Facebook            : https://www.facebook.com/mobil88Astra/
Twitter                 : https://twitter.com/mobil88Astra
Instagram            : https://www.instagram.com/mobil88Astra/

Nah, sekarang saatnya kita siap-siapin budget kita untuk beli mobil impian, yes!

Advertisements
Comments
  1. Posted by Utie adnu
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment