Kalau ke Jogja, jangan lupa mampir ke Candi Sambisari

Author: | Posted in Wisata 5 Comments

Jangan lupa mampir ke Candi Sambisari – Jogja dan candi itu dua hal yang ga terpisahkan. Kalau orang ditanya, candi apa yang ada di Jogja, biasanya sih orang akan jawab antara Candi Borobudur atau ga Candi Prambanan. Bener atau bener?

Tapi sebenarnya Jogja punya candi-candi lainnya yang ga kalah menariknya dari Candi Borobudur atau Candi Prambanan, seperti contohnya Candi Sambisari.

Candi Sambisari ini ga terlalu jauh kok dari Candi Prambanan, sekitar 4 kilometer, dan ga susah untuk nemuinnya. Lengkapnya, Candi Sambisari ini terletak di Jalan Candi Sambisari, Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yang unik dari Candi Sambisari?

Candi Sambisari tuh unik dan beda dari candi kebanyakan. Bedanya ada di letak candinya yang lebih rendah 6,5 meter dari permukaan tanah.

Nah, kok bisa ya lebih rendah dari permukaan tanah?

candi sambisari jogja

Candi Sambisari yang letaknya lebih rendah 6,5 km dari sekitarnya (photo credit: Crisco 1492 – Wikipedia)

Dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dengan Gunung Merapi, jadi candi ini sempat tertimbun lahar dari Gunung Merapi saat dulu meletus besar-besaran pada abad ke-11. Ini salah satu kemungkinan aja sih, kenapa candi ini bisa lebih rendah dari permukaan tanah.

Karena tertimbun, candi ini baru ditemukan lagi secara ga sengaja oleh seorang petani bernama Karyowinangun dari Dusun Sambisari pada tahun 1966.

Ada apa aja di sini?

Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu bisa melihat masa-masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno atau disebut juga Mataram Hindu, pada jaman baheula. Jadi bisa dibilang kalau Candi Sambisari merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno.

patung ganesha arca candi sambisari jogja

Arca atau patung Ganesha di bagian timur Candi Sambisari (photo credit: Crisco 1492 – Wikipedia)

Candi ini dibangun di sekitar abad ke-9, pas pemerintahan Raja Rakai Garung. Jika diperhatikan dari tipe bangunan dan arca-arca yang ada di candi ini sih, bisa diketahui kalau candi ini merupakan sebuah candi Hindu beraliran Siwaisme, sebuah aliran yang menyembah Dewa Siwa.

Bicara soal bangunannya, bangunan inti terdiri dari sebuah candi utama dan kemudian ada 3 3 candi perawara alias candi pendamping. Di sekitarnya masih terdapat sekitar 8 lingga patok yang masing-masing berukuran setinggi 2 meter. Bangunan inti Candi Sambisari juga dikelilingi oleh dua lapis pagar persegi yang disusun dari batu tufa, yakni jenis batuan spongi yang dikeluarkan dari โ€˜perut bumiโ€™ ketika terjadi letusan gunung berapi.

Nah, tadi kan udah disebutin, kalau selain ada bangunan (candinya), juga ada arca-arca. Di Candi Sambisari ada tiga arca di dalam relung yang berada pada dinding bagian luar candi, seperti Arca Durga Mahisasuramardini di bagian utara, arca Ganesha berada di timur, sedangkan arca Agastya berada di sebelah selatan. Dengan keberadaan arca-arca ini, jadi melengkapi makna candi ini sebagai salah satu tempat pemujaan di masa lalu deh.

Di kompleks candi ini juga terdapat sebuah museum kecil, yang di dalamnya terdapat cerita menarik tentang Candi Sambisar, termasuk proses evakuasi untuk dari timbunan lahar Gunung Merapi.

Yuk, liburan ke sini juga!

Liburan ke Candi Sambisari sambil belajar sejarah tentu bakal menyenangkan, apalagi ke sininya ramean, bareng keluarga atau teman-teman. Di sini juga enak kok, bisa rileks, karena kompleksnya dikelilingi oleh lahan rerumputan hijau yang indah nan luas.

Bisa lah gelar tiker di sini, menikmati angin sepoi-sepoi sambil piknik bareng keluarga. Tapi ingat ya, jaga kebersihan lingkungan Candi Sambisari, dengan membuang sampah pada tempatnya. Oh iya, selain kebersihan, jangan kamu rusak atau coret-coret deh ya. Karena ini merupakan situs sejarah, dan aset negara yang mesti kita jagain bersama.

Nah, karena jaraknya ga terlalu jauh dari Candi Prambanan, boleh lah, sebelum atau sesudah berkunjung ke Candi Prambanan, kita mampir juga ke Candi Sambisari. Piknik ke sini juga bersahabat buat kantong kok, soalnya tiket masuknya hanya Rp. 3.000,- aja. Murah toh, cocok kalau kamu lagi jalan-jalan ala backpacker, apalagi klop banget kalau kamu dapat promo tiket pesawat murah pas ke Jogja, yekaannn?

Advertisements
Comments
  1. Posted by Nasirullah Sitam
  2. Posted by Inayah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Reza Andrian
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment