Berkunjung ke Jakarta

Author: | Posted in Wisata 24 Comments

Beberapa kali saya sempat bingung ketika ditanya oleh orang yang akan berkunjung ke Jakarta. Pertanyaannya standar sih, seperti misalnya tempat yang bisa dikunjungi ketika di Jakarta. Secara saya anak kota, jawaban otomatis yang keluar dari mulut saya adalah mall atau pusat perbelanjaan haha! Akhirnya saya coba melihat-lihat koleksi foto saya untuk referensi tempat-tempat untuk orang yang berkunjung ke Jakarta.

Nah, mungkin beberapa tempat di bawah ini bisa dijadikan referensi tempat ketika berkunjung ke Jakarta.

berkunjung ke jakarta bunderan hotel indonesia

Berkunjung ke Bunderan Hotel Indonesia di Jakarta

Referensi tempat ketika berkunjung ke Jakarta

Ancol

Tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol atau yang biasa disingkat menjadi Ancol ini, merupakan salah satu tempat yang bisa didatangi ketika berkunjung ke Jakarta. Ancol terletak di bilangan Jakarta Utara, dan sebenarnya ada 4 tempat atau lebih tempat rekreasi yang bisa dikunjungi di kawasan Ancol sendiri, tapi sepertinya kamu ga bisa menikmati semuanya dalam satu hari saja deh. Namun, kalau memang kamu ada rencana untuk menikmati beberapa atraksi yang tersedia di Ancol, kamu bisa saja mencari hotel di Jakarta yang lokasinya dekat dengan Ancol. Jadi kalau besoknya ingin mengunjungi tempat rekreasi lainnya di Ancol, ga perlu terlalu jauh perginya.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau Dufan ini merupakan tempat rekreasi di Jakarta yang memiliki berbagai macam wahana seru. Dulu, saya sudah mengunjungi Dufan beberapa kali. Saya masih ingat wahana yang saya naiki seperti Bianglala, Niagara-gara, dan Halilintar. Tentunya yang paling seru adalah Halilintar, yang semacam kereta cepat dengan lintasan berliuk-liuk dan naik-turun. Katanya sih paling seru kalau kamu duduk di kursi paling depan atau belakang, tapi sepertinya saya waktu itu pilih untuk duduk di kursi tengah aja deh hehe.

Berkunjung ke Dufan memang paling seru kalau beramai-ramai, dan waktu itu saya bisa menghabiskan waktu seharian bersama keluarga atau teman-teman saya. Saya juga selalu bawa baju ganti kalau bermain di Dufan, kalau misalnya saya naik wahana yang basah-basahan hehe.

Oh iya, Dufan sepertinya jadi wisata ‘wajib’ bagi anak-anak yang tinggal di Jakarta maupun dari luar kota. Makanya Dufan akan jadi penuh banget waktu liburan sekolah.

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra atau Gelanggang Samudra ini lebih seperti kumpulan dari pertunjukan-pertunjukan. Misalnya ada pertunjukan teater dengan menggunakan teknologi 4D, dan filmnya bisa berganti-ganti tergantung jadwal pemutarannya. Waktu dulu, film yang ditayangkan ada 3 jenis, seperti contohnya Dora, Little Prince, dan Turtle Vision. Serunya karena ini adalah pertunjukan 4D, jadi kalau ada air, maka kita juga bisa merasakan semprotan airnya hehe.

gelanggan samudra the scorpion pirates

Berkunjung ke Gelanggang Samudra

Selain itu, ada juga pertunjukan The Scorpion Pirates Show. Pertunjukan ini lebih ke pertunjukan drama aksi yang mengambil setting mirip film ‘Waterworld’. Kita bisa melihat ketangkasan para pemain dalam mengendarai speedboat atau motorboat dalam melewati berbagai rintangan. Oh iya, untuk yang duduk di baris ketiga terdepan, siap basah-basahan terkena cipratan dari speedboat-nya ya hehe.

Seaworld Ancol

Seaworld ini cocok untuk orang yang suka lihat ikan, karena ibaratnya Seaworld seperti aquarium dengan ikan air laut. Di sini juga ada aquarium raksasa, dan ada lorong dengan travelator yang menembus aquarium tersebut dari bawah. Jadi ibaratnya kita bisa melihat ikan serta hewan air laut lainnya dari sisi yang lain. Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang bisa kita lihat di sini, seperti misalnya kita bisa melihat staf Seaworld memberikan makan ke ikan-ikan di aquarium pada jam-jam tertentu.

Lokasi Seaworld berdekatan dengan Gelanggang Samudra, jadi waktu itu, setelah saya puas berkeliling di Gelanggang Samudra, saya langsung berjalan kaki menuju Seaworld.

berkunjung ke jakarta ancol seaworld

Berkunjung ke Seaworld di Ancol

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure atau Atlantis Ancol ini, cocok banget untuk orang yang suka basah-basahan ketika berkunjung ke Jakarta. Ini karena di Atlantis Ancol ada berbagai jenis kolam dengan seluncuran seru. Seluncurannya juga ada berbagai macam jenis, ada yang sederhana untuk anak-anak, atau ada yang lebih ekstrim, dengan banyak liukan-liukan. Selain itu, kita juga bisa bersantai dengan hanya tiduran di atas ban besar, sambil mengikuti aliran air di salah satu kolam di sana.

Untuk ke Atlantis Ancol, sebenarnya kita bisa juga naik angkutan umum hingga pintu gerbang, lalu menumpang bis Wara-Wiri yang sudah disediakan oleh Ancol ini.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan ga kalah populer dibandingkan dengan Safari, karena lokasinya yang ada di dalam kota Jakarta, dan tiket masuknya yang tergolong murah itu. Makanya kebun binatang Ragunan suka dijadikan sasaran destinasi saat akhir pekan bagi keluarga. Kompleks kebun binatang Ragunan terbilang cukup luas, dan ada banyak taman dan lahan yang kosong, jadi suka dijadikan oleh keluarga dan rombongan untuk berpiknik ria.

Beberapa hewan yang bisa kita lihat ketika berkunjung ke kebun binatang Ragunan itu ada rakun, monyet, beruang, komodo, jerapah, dan masih banyak lagi.

berkunjung ke jakarta konservasi primata schmutzer ragunan

Berkunjung ke Konservasi Primata Schmutzer di Ragunan

Kalau kamu ke sini, sempatkan juga mampir ke konservasi primata yang bernama Schmutzer. Di sini kita bisa melihat berbagai jenis primata, termasuk salah satunya adalah gorilla.

Kota Tua

Kalau kamu suka dengan fotografi, biasanya salah satu tempat yang bakal dituju adalah Kota Tua. Karena di Kota Tua ada alun-alun yang banyak dikunjungi orang. Di sini biasanya suka ada orang yang sengaja menggunakan kostum alias cosplay, sehingga orang-orang bisa berfoto dengan dia. Kostumnya juga beraneka ragam, mulai dari kostum karakter film anime hingga kostum pejuang Indonesia. Selain itu, suka ada juga tempat penyewaan sepeda onthel.  Saya jadi ingat, diajarin teman saya teknik foto panning dengan mengambil objek orang yang sedang naik sepeda onthel ini.

Selain alun-alun itu sendiri, di sekeliling alun-alun, terdapat beberapa museum yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Museum Bank Mandiri, Museum Sejarah Jakarta, dan Museum Wayang. Jadi kalau kamu memang pecinta sejarah, bisa juga berkunjung ke sini. Pastikan juga kamu berkeliling keluar dari alun-alun ini, karena banyak bangunan-bangunan kuno yang menarik kamu jadikan objek foto.

Petak Sembilan

Kalau destinasi Petak Sembilan itu lebih bagus ketika kamu berkunjung ke Jakarta saat perayaan Imlek. Karena terdapat beberapa vihara yang letaknya berdekatan di area ini, sehingga kita bisa melihat bagaimana perayaan Imlek itu dilakukan.

Beberapa waktu lalu saya sempat berkunjung ke Petak Sembilan pada saat perayaan Imlek, dan memang menjadi penuh sekali dengan para pemeluk agama Buddha yang datang untuk sembahyang. Jangan kaget saat kamu masuk ke dalam viharanya, kamu akan menemukan banyak lilin-lilin dalam ukuran jumbo. Akibatnya, asap yang dihasilkan juga tergolong tebal dan mata bisa perih hehe.

berkunjung ke jakarta petak sembilan

Berkunjung ke Petak Sembilan

Monas

Monumen Nasional atau disingkat Monas merupakan salah satu icon dari kota Jakarta yang memiliki lidah api berlapis emas di bagian paling atasnya. Saya masih ingat ketika membawa teman saya dari luar negeri untuk berkunjung ke sini pada saat akhir pekan. Waktu itu kami datang belum terlalu siang, tapi antrian untuk masuk ke dalam Monas sudah mulai mengular hehe.

Kalau kamu sudah masuk ke dalam, selain museum, kamu juga bisa naik ke atas pelataran dari Monas dengan menggunakan lift. Nanti di pelataran ini, kamu akan bisa melihat pemandangan kota Jakarta dari atas. Pastinya, Monas sebagai ikon kota Jakarta, jangan sampai kamu lewati ketika berkunjung ke Jakarta.

berkunjung ke jakarta monumen nasional monas

Berkunjung ke Monas

Sepertinya kalau kamu punya waktu yang cukup banyak ketika berkunjung ke Jakarta, kamu bisa menggunakan sarana transportasi umum untuk mengunjungi tempat-tempat di atas. Namun kalau waktumu terbatas, kamu bisa juga mencari sewa mobil di Jakarta dengan harga yang terjangkau.

Dan kalau kamu ada masukan tempat-tempat yang bisa didatangi ketika orang berkunjung ke Jakarta, kamu boleh lho beri inputnya di kolom komen di bawah, ya 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by Kurnia amelia
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Ani Berta
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Nova Violita
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Nurul Rahmawati
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Aldy
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Roy Vandi Tambunan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by zata ligouw
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Teras Kata
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by lindaleenk
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Kartes
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Fahmi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by Mesra Berkelana
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment