Belajar keuangan untuk anak secara fun bersama HSBC dan Prestasi Junior Indonesia

0
1183
belajar keuangan untuk anak bersama hsbc prestasi junior indonesia - kadungcampur
Nyobain belajar keuangan di website Anak Cerdas hehe

Belajar keuangan untuk anak secara fun – misalnya dirimu melihat ke belakang tentang belajar keuangan saat masih kecil, masih inget ga? Saat dulu pas masih kecil, kebetulan banget era digital masih belum ada. Telepon aja masih pakai kabel, apalagi streaming TV, hmm, seingetku dulu masih pakai parabola deh hehe. Jadi saat dulu, belum ada tuh yang namanya e-wallet atau tabungan online hehe.

Eh iya dulu secara ‘income’nya masih dari orang tua ya, makanya dikasihnya harian gitu uang jajannya, jadi bisa dibilang terkontrol dengan baik ~ dikontrol dengan baik oleh orang tua haha. Toh waktu itu jajanan saat SD yang ada di depan sekolah harganya juga murah-murah kok. Kayak telor dadar yang dibuatnya pake semacam cetakan kue apem gitu deh (bukan digulung), trus snack-snack, dan lainnya hehe.

Terus jadi belajarnya bagaimanakah? Caranya sederhana banget lho, misalnya dari uang jajan yang sisa setiap harinya, trus dikumpulin. Masih inget ga dikumpulin di mana? Di celengan macan yang terbuat dari tanah liat haha. Dan hari yang menyenangkan adalah kalau celengannya digepruk buat liat hasil akhir dari menabung di celengan haha.

belajar menabung dengan celengan - kadungcampur
Saat kecil belajar menabung di celengan

Seiring bertambahnya usia, cara menabungnya pun mulai ada alternatifnya, ga hanya di celengan macan. Saya mulai dikenalkan dengan menabung di bank. Uang dari sisa jajan setiap hari kemudian dikumpulkan dan pas akhir bulan dihitung-hitung lagi dapat berapa. Nah uang ini kemudian dimasukkan ke tabungan deh. Menyenangkan memang rasanya ketika melihat angka di buka tabungan yang semakin banyak hehe.

Lain dulu lain sekarang yang mana semuanya sudah hampir serba digital, termasuk salah satunya cara belajar keuangan untuk anak-anak hehe.

Belajar keuangan untuk anak secara digital

Di jaman digital seperti sekarang ini, banyak yang bisa didapatkan melalui internet, termasuk salah satunya kegiatan belajar keuangan untuk anak. Baik anak-anak maupun orang tua, bisa mengambil bahan untuk belajar keuangan dari berbagai sumber di internet. Namun biar lebih mudah, sudah ada website bernama Anak Cerdas. Anak Cerdas ini merupakan sebuah edutech hasil kolaborasi antara Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI).

website anak cerdas prestasi junior - kadungcampur
Tampilan depan website Anak Cerdas hasil kolaborasi HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia

Program Anak Cerdas ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama yaitu sekitar tahun 2015. Dulu waktu pertama kali diluncurkan, masih berupa sebuah program aplikasi yang hanya bisa diakses dengan menggunakan tablet saja. Jadi memang jangkauannya terbatas, karena tabletnya hanya dibagikan ke beberapa sekolah saja. Sejak adanya internet akhirnya program edutech Anak Cerdas, bisa lebih mudah diakses oleh orang banyak di berbagai daerah. Dan dari tahun 2015 – 2018, ternyata program Edutech Anak Cerdas berhasil meningkatkan pemahaman keuangan 15,000 anak dari yang sebelumnya sekitar 40-50% ke sekitar 80%.

Tentunya proses belajar keuangan untuk anak bisa dibantu oleh orang tua, karena untuk proses registrasi dibutuhkan email. Setelah proses pendaftaran selesai, nanti akan ada 15 sesi pembelajaran pengelolaan keuangan yang terbagi jadi tiga segmen, yaitu JA Ourselves, JA Our Community, dan JA Our City.

website anak cerdas prestasi junior kelas - kadungcampur
Ada beberapa tingkatan saat belajar keuangan di website Anak Cerdas

Belajar Keuangan untuk anak di website Anak Cerdas dibuat untuk mengenalkan konsep-konsep dasar kepada anak, dan tentunya mulai membiasakan anak untuk bisa mengelola uang jajannya dengan lebih baik. Contohnya apa ajakah konsep dasar yang diajarkan di sini? Mulai dari mengenal kebutuhan atau keinginan, menyadari pentingnya menabung, memahami kalau seseorang harus bekerja atau bahkan berbisnis untuk bisa memperoleh uang, mengenali beragam pekerjaan dan bisnis di komunitas, dan masih banyak lagi.

Intinya sih, karena ini program belajar keuangan untuk anak, berarti memang dibuat sedemikian rupa sehingga fun, termasuk di dalamnya ada permainan-permainan juga kok 😊

Pengenalan program Edutech Anak Cerdas di Event Fun-ancial Day

Beberapa waktu lalu saya sempat datang ke acara Fun-ancial Day yang diadakan oleh HSBC dan PJI di Kebun Binatang Ragunan, tepatnya di kawasan Taman Wisata Anak. Memang sengaja diadakan di tempat umum seperti itu, biar pengunjung yang datang ke Kebun Binatang Ragunan juga bisa ikutan – alias terbuka untuk umum kok.

peserta funancial day ragunan jakarta hsbc pji - kadungcampur
Peserta Fun-ancial Day di Ragunan Jakarta

Waktu itu acaranya cukup panjang, dimulai dari jam 9 pagi hingga sore, karena dibagi ke tiga batch. Di setiap batch, susunan acaranya juga sama kok, dimulai dari pengenalan program hingga praktek belajar langsung di tempat, karena sudah disediakan laptop-laptop. Di acara ini juga sudah hadir para volunteer dari HSBC yang memang sengaja datang untuk membantu para orang tua dan anak-anak ketika sedang belajar di website Anak Cerdas.

funancial day bersama volunteer hsbc indonesia - kadungcampur
Belajar keuangan di acara Fun-ancial Day Ragunan Jakarta bersama volunteer dari HSBC Indonesia
sertifikat belajar keuangan di website anak cerdas - kadungcampur
Sertifikat hasil belajar keuangan di website Anak Cerdas

Di acara ini, para anak diminta untuk menyelesaikan setiap sesi pelajaran yang ada di program Edutech Anak Cerdas ini. Di akhir program, nanti setiap anak akan mendapatkan sertifikat lho 😊

Kota selanjutnya untuk event Fun-ancial Day

Di kuartal pertama tahun 2020, rencananya setelah Jakarta, kegiatan Fun-ancial Day akan diadakan di Medan pada bulan Februari 2020, dan kemudian Surabaya di bulan Maret 2020.

Info detail tentang kegiatan ini, jangan lupa untuk cek media sosial dari Prestasi Junior Indonesia, ya:

Instagram : https://www.instagram.com/prestasijunior/
Website Anak Cerdas : http://anakcerdas.prestasijunior.org/

funancial day ragunan jakarta hsbc pji - kadungcampur
Nantikan Fun-ancial Day selanjutnya di kotamu, ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here