Asus ROG Strix GL502VS, salah satu laptop gaming unggulan dari ASUS

Author: | Posted in Liputan, Teknologi 16 Comments

Kalau berbicara mengenai game, rasanya saya jadi ingat waktu dulu suka main game di PC yang dalamnya rakitan. Rasanya memang lebih enak main di PC karena waktu itu spesifikasinya lebih oke dari laptop yang saya punya. Dulu laptop saya karena hanya biasanya untuk kerja aja ya, jadi spesifikasinya yang biasa-biasa juga, dan kalau dipake untuk main game udah ga kuat deh. Beda dengan laptop Asus seri ROG alias Republic of Gamers yang memang di-design khusus bermain games. Contohnya aja si Asus ROG Strix GL502VS (selanjutnya saya sebut sebagai GL502VS aja ya) yang udah dilengkapi dengan processor Intel Core i7-6700HQ dan RAM 32GB DDR4 dan kartu grafis dengan teknologi terkini dari Nvidia, yakni Pascal GPU GTX 1070.

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-blogger-gathering

Penampilan GL502VS yang saya foto saat Asus Blogger Gathering di Surabaya

The graphic

Si GL502VS memang ga basa-basi ya. Ketika seorang gamer ingin membeli laptop gaming, yang dilihat pertama kali biasanya adalah graphic card-nya dulu, karena itu akan menentukan game seberat apa yang bisa dimainkan menggunakan GL502VS. Apalagi sekarang udah ada game dalam bentuk 3D, berarti grafik game yang dihasilkan bisa cukup berat.

Kamu pernah ga, ketika main game trus tiba-tiba gambarnya patah-patah dan ga mulus. Kok sepertinya malah ga cakep ya kalau dilihat hehe. Oleh karena itu Asus menyematkan Nvidia GeForce GTX1070 8GB DDR5 128-bit (G-Sync) ke dalam GL502VS. Seri GTX seri 10 merupakan seri tertinggi untuk saat ini. Makanya cocok banget dipakai untuk memainkan game-game yang berat. Apalagi kalau menurut benchmark Cinebench di bawah, nilai fps dari GL502VS udah di atas 30fps, jadi gambarnya sudah cukup mulus. Selain itu, GL502VS sudah VR-ready lho!

Untuk tambahan info, grafis yang berbasis Pascal ini, selain akan memberikan performa yang tinggi, juga bisa memberikan efisiensi energi yang sangat baik ternyata.

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-benchmark-cinebench-cpu-opgl

Hasil benchmark Cinebench untuk CPU (processor – kiri) dan OPGL (fps – kanan)

The processor

Nah biasanya, jenis processor akan mengikuti graphic card yang ada pada laptop itu. Kalau untuk urusan grafik udah pakai GTX 1070, maka processor yang cocok untuk ini minimum i5. Anggaplah ketika GTX1070 mengirim data sejumlah 1 juta sedangkan kalau laptopnya hanya memiliki processor i3, maka mungkin data yang bisa diolah sekitar 250.000, jadi makanya ga sejalan deh.

GL502VS udah menggunakan processor i7-6700HQ dengan kecepatan mulai dari 2.6GHz dan bisa menjadi cepat hingga 3,5GHz saat dibutuhkan. Kapan sih biasanya suatu laptop butuh kecepatan yang lebih cepat? Biasanya kalau task yang dilakukan cukup berat, misalnya pas booting awal kita mulai menyalakan laptop, kemudian waktu kita buka browser yang udah ada banyak tab-nya (kalau di Chrome, kita pakai opsi: ‘continue where you left off’ itu), atau misalnya waktu main game, seperti game petualangan, yang suka pindah dari satu area ke area yang lainnya. Waktu pindah kan biasanya suka loading. Ini juga sama, kalau misalnya di game lagi loading untuk video pendek film-nya.

Oh iya, kenapa ga seterusnya 3,5GHz aja sih kecepatannya? Sepertinya kalau untuk laptop, kecepatan di bawah 3,0GHz sudah cukup, dan untuk kecepatan yang cepat, hanya dibutuhkan saat kondisi yang saya jabarin di atas. Makanya dalam keadaan normal cukup dengan kecepatan 2,6GHz aja, biar ga boros baterai juga, toh nanti kalau dibutuhkan, dengan turbo boost, kecepatannya bisa ditingkatin jadi 3,5GHz.

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-performance-test-pcmark

Performance test untuk GL502VS oleh PCMark

The display

Kalau main game, pastinya hal lain yang dilihat adalah resolusi dari layarnya. Makanya dicari yang pixelnya tinggi, sehingga kerapatan pixel yang membentuk gambar lebih banyak. Nah, si GL502VS yang layarnya berukuran 15,6”, ternyata sudah Full HD alias 1920 x 1080p, dan masih enak juga kalau dibawa ke outdoor, karena layarnya sudah non-glare alias bisa ga silau.

Misalnya kamu mau disambungkan ke layar TV sehingga monitornya lebih besar dan lebih asyik untuk dilihat, di GL502VS juga udah ada port HDMI 4K2K yang bisa kamu gunakan.

The Cooling System of GL502VS

Cooling system untuk GL502VS menggunakan Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU notebook secara terpisah. Dengan sistem seperti ini, maka sistem pendingin bisa berjalan dengan efisien dan stabil apalagi kalau lagi dipakai untuk gaming marathons.

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-cooling-system

Cooling system dari GL502VS (gambar dari website Asus)

Berbicara mengenai suhu, ternyata di GL502VS juga sudah ada IceCool Technology, agar bagian yang sering tersentuh sama telapak tangan, suhunya dijaga tetap dingin. Apalagi kalau kamu waktu pakai laptop, telapak tangannya menempel terus ke atas permukaan laptop. Kan, ga enak ya kalau lama-lama permukaan laptop-nya panas.

Keyboard

Gamers biasanya akan lebih sering menyentuh tombol keyboard ketika bermain. Makanya memang butuh keyboard yang nyaman, apalagi pada waktu menekan tombol keyboard-nya, seperti misalnya di GL502VS yang jarak tekan untuk tombolnya sebesar 1,6 milimeter. Plus di keyboard GL502VS sudah dipasang lampu merah sebagai backlight. Dan untuk tombol yang biasanya sering dipakai oleh gamers, yakni tombol WASD, juga sudah diberikan highlight, jadi gamer bisa membedakan dengan cepat.

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-keyboard

Saya sempat foto tombol WASD yang terlihat di-highlight di GL502VS ketika Asus Blogger Gathering di Surabaya

Oh iya, pernah ga, waktu main game, dan ketika kamu harus mengeluarkan jurus-jurus tertentu, kamu harus bisa menekan beberapa tombol sekaligus. Karena tekannya sekaligus, terkadang malah ga keluar jurus apa-apa, atau keluar jurus lainnya. Ini terjadi karena ada satu atau beberapa tombol yang ga berfungsi ketika kita tekan berbarengan. Ini sama aja, ketika kita lagi mengetik dan menekan beberapa tombol sekaligus, kemudian ada huruf yang ga muncul. Huruf yang ga muncul inilah yang dinamakan sebagai ‘ghosted’. Enaknya di GL502VS, keyboard-nya sudah support anti-ghosting hingga 30 tombol sekaligus. Jadi mau tekan tombol beberapa sekaligus juga sudah ga masalah sekarang di GL502VS

The RAM memory

RAM GL502VS memang oke punya. Bandingkan dengan laptop pada umumnya yang menggunakan memory RAM di kisaran 4 – 8GB. Lah GL502VS sudah memiliki RAM sebesar 32GB dengan kecepatan 2.133 MHz. Saya jadi ingat waktu menggunakan laptop untuk bekerja, dan diperlukan pengolahan data di Excel yang jumlahnya lumayan banyak, padahal waktu itu paling memory RAM di laptop saya hanya sekitar 4GB aja. Wah, waktu itu kalau mau proses data masih suka menunggu loading beberapa saat, baru akhirnya si hasil muncul.

Dengan adanya RAM sebesar ini, sebenarnya membuat ‘ruang gerak’ laptop menjadi lebih leluasa dan bisa membantu kinerja dari grafik juga sih.

The capacity

Nah, kalau ini sih bagian yang disuka untuk orang yang ga sempat pindahin file secara regular. Kapasitas penyimpanan data di GL502VS sudah mencapai 1TB dengan kecepatan hingga 7.200rpm. Selain itu juga sudah ada SSD harddisk berukuran 256GB yang bisa kita gunakan sebagai tempat untuk program Windows kita. Sebenarnya SSD ini cukup membantu ketika booting awal laptop kita, karena istilahnya bisa ‘instant ON’, alias kita buka laptop, kemudian dinyalakan, dan booting-nya hanya memakan waktu sebentar saja. Ini karena memang SSD memiliki kecepatan yang lebih cepat dari harddisk biasa. Bisa lihat di bawah kecepatannya deh 🙂

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-crystaldiskmark-hdd-sdd

Performance test untuk harddisk GL502VS

Selain dari yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi beberapa keunggulan lainnya, seperti misalnya adanya port USB type-C (USB 3.1 Gen 2), yang memiliki kecepatan transfer hingga 20Gbps.

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-usb-port-c

USB Port-C (lubang yang kanan) di Laptop Asus ROG GL502VS yang sempat saya foto ketika Asus Blogger Gathering di Surabaya

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca spesifikasi laptop Asus ROG Strix GL502VS di bawah ini:

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-specification

Spesifikasi Asus ROG GL502VS

Untuk lebih meyakinkan kamu mengenai laptop ini, di bawah ini ada benchmark dengan laptop gaming lainnya. Terlihat kalau Asus ROG GL502VS bisa di atas rata-rata.

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-performance-test-3D-mark-fire-strike

Benchmark untuk laptop gaming

Nah, menurutmu sendiri bagaimana laptop Asus ROG Strix GL502VS ini?

Tolong sekalian share ya di media sosial kamu, siapa tau ada temanmu yang sedang mencari laptop gaming 🙂

FIND ME HERE
FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
email: mixedupalready@gmail.com
SNAPCHAT: timo_wp

laptop-gaming-asus-rog-gl502vs-game-test-doom

Game DOOM yang sedang di-test menggunakan Asus ROG GL502VS

Advertisements
Comments
  1. Posted by unggulcenter
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Travelling addict
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Choirul Huda
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Adiitoo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Kartes
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by cumilebay
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Shintaries
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Lucky Sucipto
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment