Advertisements

Asuransi mobil yang #MakinGampang aja

Author: | Posted in Otomotif 2 Comments

#MakinGampang dengan asuransi mobil – Bagi yang ingin membeli asuransi, pasti salah satu hal yang selalu ditanyakan – tentunya selain manfaat dari produk asuransi itu ya – adalah ‘gampang ga klaimnya?’ Klaim asuransi itu menurut saya merupakan hal yang sangat diperlukan, tetapi kadang nritil banget ya prosesnya. Selain dari prosesnya, kita pun juga harus sabar untuk proses klaimnya. Sepertinya proses asuransi model lama seperti itu ya kira-kira, baik asuransi kesehatan, maupun asuransi mobil. Bener ga? Menurutmu gimana?

Pengalaman klaim jaman dulu

Bagi yang punya mobil, pasti satu hal yang ga boleh dilupain adalah membeli asuransi mobil. Kalau bisa, sebelum mobil dibawa keluyuran, asuransi mobil harus udah punya dulu haha. Namanya asuransi, kan berarti jaga-jaga, alias ‘sedia payung sebelum hujan.’ Kita ga tau ada apa di luar sana deh, walaupun kita nyetir mobilnya udah extra hati-hati.

Saya masih inget waktu dahulu kala saya perlu mengurus klaim asuransi mobil karena spion mobil saya ditabrak dari arah yang berlawanan, atau sekadar mau cat luaran mobilnya akibat baret-baret. Saya harus meluangkan waktu untuk mengurus klaim asuransi, mulai dari mengantar mobil saya ke bengkel rekanan asuransi, dan kalau prosesnya cepat, ya saya menunggu di sana aja daripada bolak-balik. Pernah juga waktu saya tinggal di Bandung, dan mengurus klaim asuransi mobilnya di sana, sempat harus meninggalkan mobil saya di bengkel, karena spare part-nya ada di Jakarta. Lalu kalau prosesnya udah kelar, ya udah saya datang lagi ke bengkelnya.

klaim asuransi mobil di bengkel rekanan

Ini pas lagi di bengkel rekanan asuransi. Padahal cuma benerin spionnya, tapi karena kebetulan alat-alatnya canggih, jadi minta tolong untuk dicek aja lainnya hahaha!

Oh iya, karena dulu semuanya paper based ya, jadi makanya harus pula mengurus dokumen-dokumennya. Ada yang dikirim via email, kalau ga salah, mulai form klaimnya, KTP, dan sebagainya. Memang agak merepotkan ya, tapi kan klaim asuransi itu perlu hehe. Jadi ya udah dijabanin aja deh prosesnya.

Asuransi mobil saat ini

Saat ini, digital sudah diserap di mana-mana. Kalau di sektor finansial atau lembaga keuangan, mulai dari bermunculannya startup di sektor financial technology, perbankan dengan digital banking-nya, kemudian sekarang digital juga mulai diserap oleh lembaga keuangan non-bank, misalnya aja di perusahaan asuransi.

Yang saya rasakan dari munculnya teknologi digital ini adalah banyaknya kemudahan-kemudahan yang saya dapatkan. Kalau di sektor perbankan, digital banking mulai diterapkan pada pembukaan rekening tabungan dengan e-form-nya, maka di asuransi mobil pun demikian, seperti contohnya perusahaan Asuransi Astra.

Seperti yang kita ketahui, Asuransi Astra udah punya produk asuransi mobil bernama Garda Oto yang udah dikenal sejak cukup lama. Mungkin kamu pernah lihat logo muka dengan senyuman yang dibuat di salah satu sisi gedung di Jalan TB. Simatupang, Jakarta hehe. Bener banget, itu

Tentunya untuk tetap bersaing, Asuransi Astra harus bisa melakukan inovasi-inovasi, yang bisa memberikan nilai tambah kepada layanan servisnya. Makanya dengan keberadaan teknologi digital ini, Asuransi Astra pun juga mulai melangkah ke dunia digital dan membuat sebuah layanan digital dari produk Garda Oto, yang bernama Garda Oto Digital.

#makingampang beli asuransi mobil garda oto digital

Dengan layanan Garda Oto Digital, kita bisa beli asuransi mobil secara online!

 

#MakinGampang dengan Garda Oto Digital

Tadi saya udah menyebutkan kalau bank udah memiliki e-form untuk pembukaan rekening, maka sama juga halnya kalau kita membeli asuransi mobil melalui layanan Garda Oto Digital. Kita tinggal meluncur ke website-nya, kemudian klik ‘beli sekarang’ dan kita akan langsung diarahkan ke e-form pembelian asuransi mobil. Pengisiannya standard sih, tapi sepertinya biar cepat untuk mengisi e-form-nya kita perlu tau beberapa informasi untuk pengisian e-form-nya, seperti misalnya nomor rangka, nomor mesin, no plat, dan tahun pembuatan. Untuk jenis dan tipe mobil, pastilah udah tau luar kepala ya hehe.

pendaftaran asuransi mobil garda oto digital

Beli asuransi mobil garda oto secara online

Oh iya, membeli asuransi mobil tentunya ada 2 pilihan ya, antara TLO alias Total Loss Only, dan juga Comprehensive. Saya sih kebiasannya beli yang comprehensive ya, karena kita udah bisa klaim dan ga perlu nunggu sampai mobilnya rusak parah (biasanya kalau di TLO baru diganti kalau nilai kerusakaannya hingga 75%). Pastinya kalau yang namanya comprehensive, harganya jauh lebih mahal daripada yang TLO, seperti bisa dilihat di halaman berikutnya pada e-form. Di samping kanan udah terdapat perkiraan total harga premi untuk asuransi mobil jenis comprehensive! Melihat angkanya pun sambil ngelus dada ya haha.

ringkasan harga pertanggungan asuransi mobil garda oto digital

Udah bisa terlihat premi asuransi yang harus kita bayar, berdasarkan data yang kita masukkan

Karena Asuransi Astra udah memiliki cabang di mana-mana, maka di layanan Garda Oto Digital ini, kita bisa pilih di cabang manakah kita ingin membawa mobil kita itu untuk disurvei oleh pihak Asuransi Astra. Karena di awal saya memilih tarif wilayah asuransinya itu di wilayah 2, alias DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, maka tempat lokasi survei pun berada di daerah Jakarta. Mudah, ‘kan prosesnya?

lokasi survei asuransi mobil garda oto digital

Bisa pilih lokasi surveinya juga

Nah, setelah semua e-form-nya diisi, kita akan menerima email notifikasi terkait pembayaran, dan selanjutnya tinggal melakukan pembayaran deh. Untuk polis asuransi mobil Garda Oto nanti akan dikirimkan dalam bentuk soft copy terlebih dahulu melalui email, baru kemudian dikirimkan hard copy-nya, setelah dilakukan survey dan pastinya melunasi tagihannya dong, ya.

Lalu bagaimana dengan proses klaimnya di saat sekarang?

Kalau berdasarkan cerita saya di atas, ketika dulu saya mau klaim asuransi mobil, sayalah yang harus membawa mobilnya ke cabang asuransi mobil tersebut, dan dicek kerusakannya, baru kemudian meluncur ke bengkel rekanan asuransi. Hmm, kalau waktunya banyak sih mungkin oke-oke aja lah, ya, tapi kalau misalnya jadwal lagi padat merayap, sepertinya bakal repot kalau mesti seharian mengurus ini, ya.

Makanya demi memudahkan konsumennya, layanan Garda Oto Digital memberikan satu kemudahan yang menurut saya sangat menarik. Kita bisa minta tolong Asuransi Astra untuk datang ke tempat pilihan kita untuk memeriksa kendaraan yang ingin diperbaiki dengan klaim asuransi mobil ini. Pilihan lokasinya pun terserah, mau di kantor boleh, di rumah boleh, atau di tempat lain juga boleh, tinggal buat janji aja dulu.

#makingampang klaim asuransi mobil garda oto digital

Sekarang #MakinGampang klaim asuransi mobilnya

Kemudahan klaim melalui layanan Garda Oto Digital ga hanya sampai di situ. Kita juga bisa minta pihak Asuransi Astra untuk menjemput kendaraan kita yang ingin diperbaiki dan dibawa ke bengkel lho. Setelah selesai, kita juga bisa minta Asuransi Astra sekali lagi untuk mengambil kendaraan kita dari bengkel, dan mengantarkannya ke rumah kita, atau tujuan yang lain. Wah wah wah, ini beneran #MakinGampang proses klaim dengan menggunakan layanan Garda Oto Digital, ya?! Sangat membantu banget di kala kita lagi sibuk, dan ga sempat wara-wiri dari kantor ke bengkel dan kemudian balik lagi ke kantor.

#MakinGampang cek klaim

Bagaimana kita bisa tau kalau proses perbaikan dari bengkel rekanan asuransi tersebut sudah selesasi. Hmm, saya kurang ingat, apakah dulu biasanya ditulis perkiraan tanggal selesainya ga, ya? Tapi sepertinya waktu itu saya meninggalkan nomor telepon saya, dan kalau udah selesai akan ditelpon oleh bengkelnya.

Memang sih sebenarnya saya ga perlu pusing mikirin kapan kelarnya, karena tinggal tunggu telpon aja. Namun menunggu adalah sesuatu hal yang saya kurang sukai hahaha. Saya penasaran prosesnya udah sampai mana. Ga enak juga kalau misalnya setiap hari saya telponin bengkelnya, untuk menanyakan apakah proses perbaikannya udah selesai belum.

Makanya untuk memudahkan para konsumennya, Asuransi Astra pun juga meluncurkan aplikasi Otocare 3.0, yang memungkinkan kita sebagai konsumennya untuk melihat progress klaim asuransi mobil kita secara real-time dari awal hingga selesai. Dan seperti yang udah disinggung di atas, kita juga bisa meminta agar mobil kita yang udah kelar proses perbaikannya, untuk diantarkan ke tempat yang kita maui.

aplikasi garda oto care

Bisa cek progress klaim asuransi mobil kita via app

Tentunya aplikasi Otocare 3.0 ga hanya itu aja sih, karena kita sebagai pengguna Otocare 3.0 juga bisa menikmati fast line booking saat ingin melakukan survei kendaraan kita, dan fitur-fitur seperti reminder untuk perpanjangan SIM, STNK, serta asuransi, lalu rate calculator, fitur Near Me yang menyediakan informasi lokasi untuk cabang Asuransi Astra, Rumah Sakit, apotik, supermarket, bahkan hingga kantor polisi. Cakep banget dan berguna sekali ini aplikasi Otocare 3.0, ‘kan?

Kamu bisa download aplikasi Otocare 3.0 di sini, ya:

aplikasi otocare android aplikasi otocare ios apple

 

 

Banyak bonus dari Garda Oto

Dalam rangka peluncuran layanan Garda Oto Digital, kalau kamu membeli produk asuransi Garda Oto melalui website, kamu bisa mendapatkan banyak macam bonusnya, misalnya:

  • E-Toll On Board Unit (hanya untuk pembelian tipe perlindungan Comprehensive)
  • Voucher Optik Melawai (Khusus untuk pembelian tipe proteksi TLO & Comprehensive selama bulan Oktober)
  • Spin to Win Samsung Galaxy Note 8 (hanya untuk pembelian tipe perlindungan Comprehensive)
banyak bonus beli asuransi mobil garda oto digital

Banyak bonusnya nih kalau beli asuransi mobil Garda Oto

Oh iya, masih ingat dengan angka perkiraan premi asuransi mobil untuk saya? Biar terlihat ringan, kita sebagai konsumen juga diberi kemudahan cicilan 0% untuk pembayaran premi asuransi mobil Garda Oto dengan kartu kredit Bank BCA, Bank Mandiri, atau PermataBank.

Periode promo hadiah langsung ini berlangsung hingga 31 Desember 2017 lho.

Ya udah deh, ga ada alasan lagi untuk menunda lagi membeli asuransi mobil. Cuss, langsung beli asuransi mobil Garda Oto secara online aja. Udah #MakinGampang Klaimnya, Banyak Bonusnya! ?

Asuransi Mobil Garda Oto

w: https://www.gardaoto.com/
p: 1500112

Advertisements
Comments
  1. Posted by Ikrom
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment