Alternatif investasi ala Koinworks

Author: | Posted in Keuangan, Teknologi 22 Comments

Alternatif investasi ala Koinworks – Beberapa waktu lalu saya membuat sebuah artikel mengenai mengajukan kredit melalui lembaga pembiayaan. Lembaga pembiayaan di sini merupakan lembaga non-bank. Kredit yang diberikan juga merupakan kredit tanpa agunan, dan memiliki syarat-syarat yang lebih simpel. Nah, sekarang ada lagi nih sebuah alternatif pembiayaan yang jenisnya peer to peer lending (biasanya sih ditulisnya ‘peer-to-peer lending’ pake garis tengah itu hehe) atau sering disingkat jadi p2p lending. Di blog post saya sebelumnya mengenai lembaga pembiayaan, saya berbicara dari sisi konsumen yang ingin mengajukan kredit. Kalau sekarang, saya ingin berbicara lebih ke sisi pendana atau lender.

Apa itu peer to peer lending?

Biasanya untuk sebuah produk kredit, yang menyediakan dana adalah sebuah lembaga, mulai dari bank dan non-bank. Dengan adanya sistem peer 2 peer lending ini, maka dana kredit bisa melalui perorangan, bukan lagi dari lembaga perbankan atau lembaga pembiayaan. Jadi p2p tuh gampangnya, dari perorangan (peer) ke perorangan (peer). Dan untuk saat ini, p2p lending dimungkinkan dengan menggunakan platform dari Koinworks, yang merupakan marketplace untuk para pendana dan peminjam.

peer-2-peer-lending-koinworks

Peer 2 peer lending, dari perorangan untuk perorangan

P2p lending ala Koinworks untuk siapa?

Dengan sistem P2p lending ini, maka target konsumen untuk Koinworks merupakan perorangan hingga Usaha Kecil Menengah (UKM). Kenapa UKM termasuk juga? Karena bisnisnya masih dalam skala yang tidak begitu besar, maka terkadang agak susah untuk mencari pinjaman di bank. Mungkin juga pembukuannya tidak serapih perusahaan besar yang sudah punya staf akuntan sendiri. Jadi secara tidak langsung, Koinworks ingin membantu para UKM untuk mengembangkan usahanya.

Untuk saat ini, target peminjam masih difokuskan kepada UKM terlebih dahulu, seperti online shop yang sudah terdaftar di berbagai marketplace di Indonesia. Terdaftarnya para online shop di marketplace besar di Indonesia, seperti Lazada, Hijabenka, dan Livaza, akan sangat membantu dalam hal pengecekan data. Koinworks bisa melihat data transaksi penjualan dari online shop tersebut, sehingga bisa ditentukan pula peringkat risiko dari para online shop ini. Peringkat ini misalnya ditentukan dari berapa lama si online shop ini sudah beroperasi.

Koinworks sebagai alternatif investasi?

Sekali lagi, prinsip dari Koinworks adalah p2p lending, yang merupakan dari perorangan untuk perorangan. Di sini, kamu, berlaku sebagai ‘bank’ yang bisa meminjamkan uangmu kepada orang lain melalui perantara Koinworks. Tentunya seperti kredit pada bank, akan ada yang namanya bunga kredit. Dan dari sinilah kamu bisa mendapatkan keuntungan.

investasi-koinworks

Koinworks sebagai salah satu alternatif investasi

Apa bedanya dengan deposito atau instrument keuangan lainnya?

Minimum nilai investasi

Kamu tau berapa minimum uang yang harus kamu punya untuk produk deposito bank? Untuk saat ini, nilai minimum dari deposito adalah Rp. 8 juta. Dengan minimum Rp. 8 juta ini, mungkin saja ada orang yang belum bisa menikmatinya. Oleh karena itu, Koinworks menetapkan nilai minimum untuk berinvestasi dimulai dari Rp. 100.000 saja, jadi bisa semakin banyak orang yang dapat menikmati manfaat dari investasi melalui p2p lending ini.

Bunga yang lebih tinggi dari deposito

Biasanya bunga deposito di bank paling di kisaran 6.5 – 7% tergantung nominalnya. Semakin tinggi uang yang didepositokan, semakin tinggi pula bunganya. Kalau kamu berinvestasi di Koinworks, maka persentase bunga tahunan yang bisa kamu dapatkan itu dimulai dari 15% – 38% / tahun. Wow! Lumayan kan ya?! Jadi bisa dibilang, Ini merupakan salah satu pilihan investasi menguntungkan nih, apalagi jika dibandingkan dengan deposito, kan? Hehe.

Di bawah ini, screen shot tabel bunga dari website Koinworks.

bunga-investasi-koinworks

Jenjang persenan suku bunga tahunan (diambil dari sini)

Mengelola risiko sendiri

Masih ingat dengan peringkat risiko online shop yang saya sebutkan di atas. Di tabel di atas, kamu bisa melihat ada peringkat ‘Grade A hingga E’. Ini merupakan peringkat dari jenis risiko ‘para peminjam’ yang sudah ditentukan oleh Koinworks. Sama seperti kalau kamu ingin berinvestasi di reksa dana, ada beberapa jenis reksa dana berdasarkan jenis risiko yang ingin kamu ambil. Dimulai dari risiko yang paling rendah, yakni reksa dana pasar uang, hingga risiko yang paling tinggi, yakni reksa dana saham. Sama halnya dengan di sini. Grade A mewakili tipe investasi dengan risiko yang rendah, dan semakin ke kanan (Grade E), maka tingkat risiko akan menjadi lebih tinggi. Mengacu pada tabel di atas lagi, maka semakin tinggi risiko yang kita ambil, semakin tinggi pula suku bunga yang akan diberikan.

Dengan Koinworks, kamu bisa mengelola risiko dan tentunya juga mengelola keuntungan secara sendiri. Kamu bisa memilih secara langsung, siapakah orang atau UKM yang ingin kamu bantu, dari daftar yang sudah disediakan oleh Koinworks. Dalam menentukan peminjam, kamu juga bisa membaca profil dari para peminjam yang sudah disediakan oleh Koinworks. Ini tentunya berbeda dengan reksa dana, di mana pengelolaan dana dilakukan oleh para Fund Manager dari instansi terkait.

Apakah berinvestasi di Koinworks aman?

Sepertinya semua investasi itu mengandung risiko, ya? Investasi di saham, mengandung risiko akibat nilai saham yang naik turun. Menaruh uang di deposito juga mengandung risiko, misalnya risiko tujuan finansial dari seseorang tidak tercapai akibat dari suku bunga yang rendah dan faktor inflasi. Demikian pula dengan Koinworks, juga memiliki risiko, misalnya risiko gagal bayar dari para peminjam. Oleh karena itu, Koinworks sudah menyediakan yang namanya Dana Proteksi atau bisa dibilang sebagai ‘fail safe’ atau ‘dana kompensasi’. Dana Proteksi ini mirip seperti Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin dana para nasabah di lembaga perbankan.

Dana Proteksi yang sudah disediakan oleh Koinworks untuk saat ini berjumlah Rp. 1 milyar. Jadi ketika sebuah pinjaman dianggap gagal bayar (biasanya setelah periode 90 hari), maka akan diberikan kompensasi kepada pendana yang diambil dari Dana Proteksi ini. Besarnya dana kompensasi ini akan diberikan sesuai dengan tingkat risiko yang kamu pilih tadi.

Besarnya dana proteksi yang akan diterima pendana, bisa dilihat dari screen shot di bawah ini, yang saya ambil dari website Koinworks.

perlindungan-dana-proteksi-investasi-koinworks

Besaran dana proteksi yang bisa diterima para pendana jika terjadi gagal bayar (diambil dari sini)

Investasi ini cocok untuk siapa saja?

(mohon baca disclaimer di akhir blog post ini)

Investasi di Koinworks itu cocok untuk orang yang:

  • Mencari alternatif investasi menguntungkan
  • Paham dan tau akan risiko dari berinvestasi
  • Mau membantu orang lain, termasuk UKM dalam mengembangkan bisnisnya.

Cara daftar sebagai lender bagaimana?

Karena ini merupakan sebuah online investment, jadi sistem pendaftarannya pun tidak seribet kalau kita mau daftar sebuah produk keuangan di perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Semuanya serba online, bahkan kita tidak perlu mem-fax bukti transaksi kita ketika sudah melakukan transaksi hehe.

Di bawah ini cara pendaftaran sebagai lender atau pendana di Koinworks:

1) Ke website Koinworks di sini dan daftar sebagai pendana dengan klik ‘Pinjamkan Uang’

cara-daftar-koinworks-step-1

Daftar sebagai pendana

2) Isi data diri kalian termasuk meng-upload scan KTP kamu

cara-daftar-koinworks-step-2

Isi data diri dan upload scan KTP

3) Hubungkan akun Facebook-mu

cara-daftar-koinworks-step-3

Hubungkan akun Facebook-mu

4) Informasikan pendaftaranmu dengan mengirimkan nama, email, nomor HP ke email jonathan@koinworks.com untuk memberitaukan kalau kamu sudah melakukan pendaftaran.

Mudah, kan? .

Free 1.000.000 untuk 1.000 pendana

Koinworks sekarang sedang melakukan promosi gencar dan sedang mencari total 1.000 pendana yang akan diberikan dana sebesar 1.000.000 koin. ‘Koin’ ini hanyalah istilah saja, karena nilai 1 koin sama dengan Rp. 1,-. Dengan demikian dana 1.000.000 koins itu setara dengan Rp. 1 juta. Masa ga ada yang mau? Hehe.

promo-1000-lender-koinworks

Sedang dicari 1000 pendana atau lender

Tapi karena dana yang diberikan dalam bentuk ‘koin’, maka kamu tidak bisa mencairkan dana 1.000.000 koin tadi menjadi rupiah. Kamu hanya bisa menginvestasikannya di Koinworks. Namun, tentunya kamu bisa menarik hasil keuntungan (dalam bentuk Rupiah) yang kamu dapatkan dari Koinworks ini.

Jadi bagaimana?

Sudah siapkah menjadi salah satu lender atau pendana di Koinworks? Ikuti langkah-langkah yang sudah saya sebutkan di atas, dan langsung menuju ke website Koinworks di sini. Jangan sampai kamu jadi peserta yang ke 1.001, ya?! hehe.

Di bawah ini ada video singkat mengenai Koinworks, biar kamu tambah yakin untuk berinvestasi di Koinworks.

(semua image di blog post ini, diambil dari website dan youtube video Koinworks)

Disclaimer:

Ini merupakan sekedar share info ya. Segala keputusan yang diambil setelah membaca ini di luar tanggung jawab saya. Dalam memilih suatu produk investasi, jangan hanya melihat dari sisi return saja, tapi juga harus memperhatikan risiko dari investasi tersebut. Saya kebetulan termasuk salah satu orang yang diajak dalam promosi 1.000 lender ini. Karena kesibukan, saya jadinya batal ikut dalam program promosi 1.000 lender ini.

Advertisements
Comments
  1. Posted by dani
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Mutia Nurul Rahmah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by zamiel
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Iqbal Kautsar
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Carolina Ratri
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by cumilebay
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Edi Naba
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by wahid
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Walter
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by jodhi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by may
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment