Alasan orang kredit mobil?

Author: | Posted in Otomotif 15 Comments

Alasan orang kredit mobil? – Hayoo, siapa yang beberapa waktu lalu hadir di pameran mobil GIIAS 2017? Saya sempat hadir di sana dua kali di waktu yang berbeda. Pada kunjungan yang kedua, saya hadir pas tanggal 17 Agustus, jadi ini pas hari libur. Dan wow, rasanya orang-orang pada numplek di sini. Pameran mobilnya penuh, dan di setiap booth mobil pasti ada banyak pengunjungnya. Tujuan orang datang ke pameran mobil juga macam-macam sih, ada yang memang mau membeli mobil, ada yang hanya mau cuci mata melihat brand mobil kesukaannya, atau ada yang hanya foto-foto.

cari mobil idaman giias 2017

Cari-cari mobil idaman di GIIAS 2017

Sembari berkeliling, saya melihat ada salah satu sudut pada booth mobil ternama, yang menjadi tempat untuk berdiskusi dan negosiasi antara calon pembeli dan sales mobil tersebut. Pastinya selain negoisasi untuk dapat bonus macam-macam, ada juga diskusi mengenai cara pembelian mobil idaman itu, antara cash ataupun dengan kredit. Terus saya jadi mikir, apa ya alasan orang kredit mobil?

Alasan orang kredit mobil

Ga mau beli secara tunai

Ada sebagian orang yang kalau beli mobil secara cash tuh ga rela. Ga rela kalau tabungannya langsung bolong, karena langsung menggelontorkan uang sekian ratus juta untuk mobil. Mending uangnya dipake buat yang lain aja. Eh tapi tetep butuh mobilnya sih haha. Makanya cara lain untuk mendapatkannya dengan opsi kredit mobil.

Udah banyak kok penyedia jasa kredit mobil, kita tinggal membandingkan aja bunga kredit serta persyaratan lainnya, seperti nilai Down Payment (DP) -nya. Setelah semua persyaratan kreditnya oke, kita ya mesti tetap rela untuk menggelontorkan uang untuk DP-nya, dan mempersiapkan diri untuk pembayaran cicilan tiap bulannya.

alasan kredit mobil malas tunai

Ah, males beli mobil pakai tunai, mending kredit aja deh.

Eh iya, kalau kita butuh mobil dan ingin membelinya secara kredit, sekarang ga hanya mobil baru aja lho yang bisa kredit, mobil bekas pun juga bisa, kita tinggal bandingin aja harganya di situs jual beli mobil bekas, nanti biasanya di situ akan ada opsi untuk mengajukan kredit mobil.

Kredit mobil buat usaha

Pasti sering naik taksi online kan, ya? Saya sembari duduk di samping Mas atau Mba driver, biasanya saya juga ngobrol-ngobrol mengenai pengalamannya jalanin taksi online ini. Ada beberapa driver yang memang bekerja ke orang lain, dan dia membayar harian ke orang tersebut. Jadi si driver itu menganggap kalau dia membantu membayar cicilan mobil si orang tersebut hehe. Ada juga driver yang berani langsung membeli mobil secara kredit hanya untuk ikutan taksi online ini. Wah, saya pikir berani juga nih, karena untuk taksi online begini kan ga tentu ya, kadang sepi, kadang rame. Jadi tuh bisa dibilang, mereka membayar cicilan kredit mobil dari usaha taksi online ini, dan ga pake uangnya sendiri. Setelah kelar, bisa aja mereka menjaminkan mobil yang udah kelar cicilannya, dan kredit mobil lagi haha.

Kredit mobil untuk usaha pastinya ga hanya untuk urusan taksi online lah, ya. Ada yang usaha katering, atau ada juga yang usaha kain gelondongan, jadi menggunakan mobil untuk mengantarkan barang dagangannya. Jadi dengan begini, mobil bisa digunakan juga untuk urusan logistik lah, ya. Nah, daripada beli mobil baru dengan tunai, mending beli mobil bekas secara kredit aja.

Dapat soft loan dari kantor

Biasanya kalau kamu kerja kantoran, pegawainya suka dapat pinjaman lunak alias soft loan dari kantor tersebut.

Soft loan-nya bisa digunakan untuk apa? Seperti saya dulu waktu kerja di bank, soft loan bisa digunakan untuk kredit rumah ataupun kredit mobil. Lho bedanya soft loan ama kredit dari tempat lain apaan? Karena soft loan itu hanya diperuntukkan untuk pegawai yang bekerja di kantor tersebut, maka cicilannya akan dipotong langsung dari gaji pegawai tersebut. Sebenarnya lebih enak gini sih, langsung dipotong ya, soalnya kalau kita yang mesti transfer sendiri, terkadang uangnya suka kepake duluan haha.

vw tiguan giias 2017

Aaahhh pake soft loan kantor buat kredit Tiguan aja dehh 😀

Yang beda lainnya pasti di persyaratan dan bunga. Ngapain juga dia ngambil kredit mobil di perusahaan dia, kalau bunganya lebih tinggi dari penyedia kredit lainnya toh? Makanya, soft loan dari perusahaan dia bekerja, bunganya bisa lebih rendah dari bunga kredit pada umumnya. Besaran bunganya pun berbeda, tergantung kantornya.

Nah, karena mumpung bunganya lebih rendah, mending dimanfaatkan aja untuk kredit mobil. Daripada nanti setelah keluar kantornya, terus kredit mobil dengan bunga yang lebih tinggi, mending sekarang aja kan ya hehe. Eh, iya, ada soft loan dari kantornya yang bunga nol persen ga sih? 😀

Nah, kalau kamu sendiri alasan kredit mobil apaan? Kayaknya sih sebagian besar seperti yang udah dikasih tau di atas, ya? 😊

Advertisements
Comments
  1. Posted by deddyhuang.com
    • Posted by nur annisa hamid
      • Posted by Timothy W Pawiro
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Puspa
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Liswanti
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Dini
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by uli
  6. Posted by Marga
  7. Posted by ivonie
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Wian

Add Your Comment