Haus? Minum air mineral Aqua aja

Author: | Posted in Liputan 6 Comments

Hmm, oke lah, sepertinya judul ‘Haus? Minum air mineral Aqua aja’ ga terlalu nyambung karena ini tentang sejarah Aqua serta kegiatan Aqua Lestari di Indonesia. Wah, apa tuh Aqua Lestari. Monggo dibaca ya 🙂

Kalau berbicara mengenai air mineral Aqua, sepertinya saya sudah sedari kecil minumnya menggunakan air mineral Aqua, mulai dari yang berbentuk kemasan gelas, botol 600 ml, hingga yang galon. Kalau urusan galon kami memang sudah langsung sedia beberapa galon, karena kalau habis bisa langsung diganti, ga perlu menunggu orang toko galon Aqua mengantar ke rumah. Dan air dari galon Aqua pun selain digunakan untuk minum, juga digunakan untuk memasak, karena ya kami percaya kalau air mineral Aqua itu bersih.

air mineral aqua galon

Di rumah biasanya sedia air mineral Aqua galon beberapa nih

Di awal saya katakana kalau saya sudah minum air mineral Aqua dari kecil. Nah, kira-kira kamu tau ga kapan Aqua ada di Indonesia? ?

Sekilas mengenai perjalanan air mineral Aqua di Indonesia

Konon katanya dulu Pak Tirto Utama terinspirasi dari para pekerja Amerika yang membantu dalam pembangunan tol pertama di Jakarta, yaitu tol Jagorawi. Para pekerja ini membawa minuman air mineral yang sudah bersih dalam kemasan botol, berbeda dengan kebanyakan kita yang masih minum dari air keran yang dimasak.

Pak Tirto pun mulai mencoba melakukan hal yang sama, dan mendirikan PT. Aqua Golden Missisissipi di tahun 1973. Karena waktu itu lebih sering orang minum air dari keran yang kemudian dimasak, jadi dulu air minum dalam kemasan (AMDK), seperti air mineral Aqua, kurang mendapatkan tanggapan. Kemudian seiring berjalannya waktu, ternyata semakin banyak orang yang percaya dengan produk serta brand air mineral Aqua. Dan pada tahun 1998, akhirnya Aqua bergabung dengan grup Danone (sebut saja kemudian menjadi Danone Aqua), dan Danone Aqua menjadi manufaktur terbesar pembuat air mineral dalam kemasan botol.

Sekarang air mineral Aqua sudah mempunyai serentetan produk yang pastinya kita juga udah sering temui dan bahkan sering kita minum juga. Kemasan dari botol air mineral Aqua pun bermacam-macam, tergantung dari campaign apa yang sedang dijalankan. Kamu pasti sering menonton iklan Aqua yang #AdaAqua , ‘kan? Atau juga ketika ada campaign #TemukanIndonesiamu yang meluncurkan beberapa video mengenai ‘arti Indonesia di mata sutradara muda Indonesia’.

Eh tapi kalau ngomongin kemasan, menurut saya kemasan yang paling berkesan itu yang karya Sebastian Gunawan, yang menggunakan botol beling hehe. Eh tapi itu jenisnya memang still water dan sparkling water sih huehe.

ragam kemasan air minum dalam kemasan aqua

Ragam kemasan air mineral Aqua

Selain Aqua, Danone Indonesia juga menjadi kelompok usaha dengan mendirikan perusahaan sendiri bernama Nutricia dan mengakuisisi perusahaan lokal, Sari Husada. Dengan demikian produk yang dimiliki oleh Danone Indonesia meliputi air mineral, produk Early Life Nutrition, dan produk medical nutritions.

produk danone indonesia

Jenis produk dari Danone Indonesia

Aqua Lestari untuk Indonesia

Setiap perusahaan besar, pasti akan selalu mempunyai program untuk giving back untuk komunitas di sekitar perusahaan itu berada, seperti contohnya Aqua dengan ‘Aqua Lestari’. Kira-kira apa aja yang menjadi program Aqua Lestari ini?

Pelestarian Air dan Lingkungan

Danone Aqua melakukan bisnis di air mineral, dan sudah sepantasnya jika Danone Aqua melakukan konservasi air. Kalau dilihat dari tahun 2014 aja, Danone Aqua sudah memproduksi sekitar 11 miliar liter air lho. Jadi wajar kalau Danone Aqua memiliki beberapa program konservasi air yang sudah dilakukan, seperti contohnya memberikan komitmen ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan menanam pohon minimal 10.000 pohon setiap tahunnya. Untuk hal ini, bahkan Danone Aqua sejak 2011 sudah melebihi komitmennya kepada KLHK. Selain itu, Danone Aqua juga sudah melakukan pembuatan lubang biopori dan sumur resapan.

program konservasi air danone aqua

Program konservasi air dari Danone Aqua (sumber: data presentasi saat blogger gathering Aqua di Bandung 20 Maret 2017)

Danone Aqua juga peduli dengan masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik. Misalnya membuat sarana air bersih dan disertai dengan memberikan pendidikan mengenai pola hidup bersih dan sehat. Soalnya ‘kan ya percuma, misalnya airnya sudah bersih, tapi pola hidupnya ga sehat, ya?

Praktik perusahaan ramah lingkungan

Komitmen lain dari Danone Aqua adalah agar perusahaannya ramah lingkungan adalah dengan mengurangi jejak karbon di setiap pabriknya. Untuk Danone Aqua aja, memiliki sekitar 18 pabrik dengan 7 pabrik berada di Jawa Barat. Sejak 2008, Danone Aqua sudah mengurangi jejak karbonnya sekitar 22%. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengurangi rasio kemasan hingga 17,5% sejak 2005, misalnya kemasannya dijadikan lebih tipis, serta mengurangi penggunaan bahan baku kemasan plastik.

lini produksi danone aqua by thomas haley

Komitmen Danone Aqua untuk mengurangi jejak karbon, dengan mengurangi penggunaan bahan baku plastik serta menjadikan kemasan lebih tipis (photo by: Thomas Haley)

Danone Aqua juga ketika ingin mencari sumber air, mereka akan melakukan studi dulu selama 2 tahun dengan menyertakan para ahli di bidangnya, seperti ahli biologi. Selain untuk melihat kandungan mineralnya, apakah sudah sesuai dengan standar atau belum, para ahli juga ingin melihat, apakah setelah dilakukan pemanfaatan air, memungkinkan dilakukannya konservasi atau ga.

Oh iya, pabrik Danone Aqua Subang juga sedang menargetkan untuk mendapatkan Proper Biru nih.

Apa sih tuh Proper? Proper itu Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLH). Nah, kalau Proper Biru sendiri artinya perusahaan itu sudah melakukan semua aspek yang dipersyaratkan oleh KLHK, minimal di beberapa bidang seperti di tata kelola air, pengelolaan limbah B3, pengendalian pencemaran air, implementasi AMDAL, dan sebagainya.

statistik danone aqua indonesiaa

Danone Indonesia produksi 11 miliar liter air di tahun 2014, dan sudah memiliki 18 pabrik di Indonesia

Pengelolaan Distribusi Produk

Untuk urusan distribusi, memang salah satu jenis sarana pengangkut yang digunakan Danone Aqua adalah truk. Makanya salah satu kontribusi Danone Aqua adalah dengan melakukan perbaikan serta pemeliharaan jalan. Tentunya untuk hal ini, Danone Aqua juga bekerja sama dengan berbagai propinsi, contohnya propinsi Jawa Barat.

Lalu untuk urusan pengelolaan sampah plastik, Danone Aqua juga punya Recycling Business Unit, yang terbesar ada di Tangerang. Di sini yang didaur ulang adalah kemasan-kemasan botol plastik.

Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Sudah sejak berdiri, Danone di Indonesia selalu memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar pabriknya, misalnya dari total seluruh pegawai di pabrik Danone Aqua Subang, Jawa Barat, 85% merupakan putera daerah.

Danone Aqua juga selalu berupaya memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat, misalnya dengan melakukan pelatihan untuk pembibitan, melakukan studi banding tentang linkungan, dan pembinaan kelompok tani. Misalnya sejak tahun 2015, di dekat sumber air milik Aqua Subang di desa Pesanggrahan, Jawa Barat, dibangun Taman Kehati yang luasnya sekitar 5,8 hektar. Di lokasi ini terdapat rumah bibit dan juga ada pelatihan untuk mengenal dan membuat arang kompos berbahan bioaktif yang diadakan untuk para petani sekitar pabrik.

Selain pemberdayaan masyarakat secara umum, Danone Aqua juga turut mengembangkan kemampuan perempuan Indonesia, misalnya dengan membentuk dua koperasi di Desa Darmaga dan Desa Pasanggrahan. Dengan adanya koperasi ini, para ibu-ibu yang juga merupakan pelaku usaha mikro, bisa berkesempatan untuk menjual produk-produknya keluar daerah mereka.

Wah, sejak semakin tau program Aqua Lestari ini, jadi semakin cinta berat dengan brand Aqua, dan so pasti tetap selalu minum air mineral Aqua hehe.

Kelar buat blog post ‘Haus? Minum air mineral Aqua aja’ jadi haus beneran haha! Kamu #AdaAqua ?

Terima kasih Aqua sudah mengundang saya dalam acara blogger gathering di Bandung tanggal 20 Maret 2017. Ditunggu acara blogger selanjutnya 😀

air mineral aqua botol gelas by sebastian gunawan thomas haley

Botol gelas air mineral Aqua ini memang layak untuk dikoleksi deh hehe (photo by: Thomas Haley)

Advertisements
Comments
  1. Posted by inayah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by lendyagasshi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by ria buchari
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment